Hometown Dairy: Susu Pasteurisasi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehari-hari

Holaaa, sehat-sehatkan semua? Oh ya, sudah minum susu belum hari ini? Ingat, di masa pandemi COVID-19 ini, asupan makanan dan minuman yang bergizi sangat diperlukan untuk meningkatkan dan memperkuat daya tahan tubuh kita. Maka susu perlu dikonsumsi minimal satu gelas per hari demi mencukupi kebutuhan nutrisi. Nah, supaya asupan nutrisi optimal, susu pasteurisasi Hometown Dairy bisa jadi solusi tepat akan kebutuhan susu ini!


Hometown Dairy: Susu Pasteurisasi


Well, manfaat susu bagi tubuh tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain bermanfaat untuk regenerasi sel, menguatkan gigi dan tulang, menyokong pertumbuhan fisik, meningkatkan kecerdasan, mencegah stunting, susu juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. 

Tapi sayangnya masih banyak dari kita yang menganggap bahwa susu hanya perlu untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan saja. Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Apakah tidak perlu mengonsumsi susu? 

Faktanya kita membutuhkan susu sejak lahir hingga usia kita sekarang. Bahkan semua usia seharusnya tetap mengonsumsi susu. Sejak lahir sampai usia dua tahun, kita diberikan ASI. Seiring bertambahnya usia, ASI digantikan oleh susu sapi yang perlu dikonsumsi untuk banyak alasan kesehatan.

Tapi, kenapa sebaiknya pilih susu pasteurisasi?

Jenis-jenis Susu 


Banyaknya jenis susu yang ada di pasaran, apakah kita sudah tahu perbedaannya? 

Well, susu berdasarkan proses pengolahannya dapat dibedakan menjadi:


1. Susu Pasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang dilakukan untuk membunuh bakteri pada susu segar. Nah, kita harus segera mengonsumsi susu ini setelah proses pasteurisasi. Ketika sudah dipasteurisasi dan disimpan di dalam kulkas, susu hanya bisa bertahan sekitar 7-11 hari. Dan ketika kemasan sudah dibuka, daya tahannya 3 jam saja di suhu ruangan dan 3-4 hari di kulkas.


2. Susu Segar

Susu segar hanya dihasilkan dari hewan yang menyusui, seperti sapi, unta, kambing, dan sebagainya. Meski menyehatkan, susu segar berbahaya untuk dikonsumsi secara langsung. Hal ini karena susu segar masih menyimpan banyak bakteri dari induk hewannya.


3. Susu UHT

Ultra High Temperature (UHT) merupakan susu segar yang telah diproses pada suhu 135-145 derajat Celcius dalam waktu 2-5 detik. Proses pengolahan susu UHT ini yang paling kompleks, sehingga aman dikonsumsi. Membuat masa kadaluarsanya lebih lama, 6-12 bulan selama tidak terkena udara panas dan sinar matahari langsung.


4. Susu Skim

Skim merupakan susu bubuk tanpa lemak yang diolah dengan cara pengeringan atau spray dryer. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sebagian lemak dan air. Karena mengandung lemak yang lebih rendah, susu skim populer di kalangan orang yang sedang diet. 


5. Susu Full Cream

Lawan dari skim, susu full cream mengandung lemak lebih banyak yang biasanya dipilih untuk menambah berat badan. Kandungan lemak di dalamnya sekitar 3,25 persen dengan nilai kalori yang lebih tinggi.


6. Susu Kental Manis

Susu kental manis dibuat dengan cara menguapkan sebagian air dari susu segar (50 persen) dan ditambah dengan gula 45-50 persen. 


Nah, dari jenis-jenis susu yang ada, itulah mengapa susu segar yang didapat dengan proses pasteurisasi adalah jenis susu paling baik yang dianjurkan untuk konsumsi sehari-hari. Pasalnya proses pasteurisasi membuat susu segar aman dikonsumsi dengan mempertahankan kualitas tanpa mengurangi vitamin dan mineral yang membuat susu penting untuk pola makan yang seimbang dan sehat. 


Susu pasteurisasi susu terbaik
Susu Pasteurisasi Hometown Dairy

Tentang Susu Hometown Dairy


Hometown Dairy, susu pasteurisasi yang diantar dari peternakan ke rumah pelanggan. Bersumber secara lokal dari farm milik sendiri di Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Indonesia. Hometown Dairy membawa: keutuhan susu utuh, kesegaran susu segar dan kemurnian susu murni, dari peternakan ke rumah kita.

Lalu, apa saja kelebihan susu pasteurisasi Hometown Dairy ini?

  • Bersumber Lokal

Susu Hometown Dairy bersumber dari sapi di peternakan milik sendiri yang dikontrol secara ketat prosesnya dari pertanian hingga prosedur pemerahan. Semuanya untuk memastikan kesegaran susu sesegar mungkin.

  • Pertanian Berkelanjutan

Semuanya dimulai pada peternakan yang terintegrasi dengan perkebunan. Beberapa makanan ditanam dan dipilih sendiri. Jadi sapi-sapi itu happy karena mendapatkan makanan segar.

  • Proses Perah Terintegrasi

Semua proses terjadi dalam satu lokasi. Artinya, susu langsung masuk ke dalam botol tanpa transportasi dan perjalanan jarak jauh yang dapat merusak kualitasnya.

  • Susu Olahan Minimal

Hanya pasteurisasi  di suhu 72 Celcius, tidak ada pemanasan berbahaya, tidak ada gula yang ditambahkan, tanpa aditif, 100% susu asli!

  • Hometown Dairy Dihasilkan dari Sapi yang Happy

Sapi yang bahagia menghasilkan susu yang baik! Setiap tetes susu adalah hasil dari dedikasi dan cinta untuk semua sapi dari tim Hometown Dairy. Yang menaruh hati, kepedulian, dan semangat untuk menjaga nilai terbaik yang dapat diperoleh dari susu asli, untuk konsumen yang menaruh hati, kepedulian dan semangat dalam memberikan terbaik bagi hidup mereka.


Susu Pasteurisasi Terbaik

Manfaat Susu Pasteurisasi


Resep Olahan Hometown Dairy


Nah, karena Hometown Dairy merupakan produk fresh (segar), maka susu ini hanya bisa tahan sebentar. Tak heran karena susu sapi memang langsung diperah dari ambing (puting) kemudian dipasteurisasi. Tidak ada tambahan aditif (pengawet) dan tidak ada juga yang diambil dari susunya. Jadi keep as it is seperti jaman dulu itu, masih real susu!

Dengan slogan TASTE REALLY GOOD AND FRESH, banyak konsumen bilang rasa susu ini mirip dengan rasa susu di Aussie/US/UK, tidak bikin enek sama sekali. Saya yang pernah tinggal di US dan berkunjung ke UK pun mencoba susu pasteurisasi di sana, memang merasa ini benar adanya, Hometown Dairy enggak ada eneknya!

Tak itu saja, saat susu dibuat jadi bahan masakan, bikin makin mantap rasa hidangan. Seperti dua resep yang saya coba berikut ini: Simple Casserole (Casserole Sederhana) dan Dragon Fruit Jelly (Jeli Buah Naga). 

Yuk mariiii!

Simple Casserole (Casserole Sederhana)


Bahan

250 gram pasta
1 sdm minyak goreng untuk menumis
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, iris halus
250 gram daging giling
100 gram sayuran beku
400 ml susu Hometown Dairy
1 pak saus bolognaise 
2 butir telur, kocok lepas
50 gram keju cheddar, diparut


Yuk Masak!

Rebus pasta sesuai dengan petunjuk memasak di kemasannya
Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. 
Masukkan daging giling, sayuran beku dan saus bolognaise. Masukkan pasta, telur dan susu, aduk rata.
Siapkan loyang, tuang adonan ke dalamnya. Taburi keju parut di atasnya.
Panggang dengan suhu 170 derajat celcius hingga kering dan berwarna kecoklatan selama sekitar 30 menit. 
Sajikan selagi panas!


Simple Casserole Recipe

Sarapan Hometown Dairy

Resep Casserole Sederhana



Dragon Fruit Jelly (Jeli Buah Naga)


Bahan

1 bungkus jelly bubuk
5 sendok makan gula pasir
1/2 buah naga merah, haluskan
3 gelas susu Hometown Dairy

Yuk Masak!

Campur semua bahan, masak sambil diaduk. Setelah mendidih, angkat dan tuang ke cetakan. Biarkan dingin dan sajikan!



Dragon Fruit Jelly

Jelly Buah Naga Hometown Dairy


Nah, selain coba segar dan enaknya Hometown Dairy yang very creamy, susu natural dengan cream alami susu, nothing added & nothing taken out, coba juga masak dengan berbahan susu ini. Makin mantap jiwa deh rasanya!

Oh ya, karena umurnya yang hanya sebentar, perlu diperhatikan saran penyimpanan Hometown Dairy ini, yakni:
  • Selalu simpan dalam keadaan dingin (0-4 celcius). 
  • Tanggal di expiry date hanya berlaku selama kemasan belum dibuka.
  • Jika kemasan masih sealed, bisa tahan sekitar 7 hari di kulkas. 
  • Setelah kemasan dibuka hanya tahan maksimal 3 hari (bisa kurang atau bisa lebih lama tergantung penyimpanan)

Gimana, mau coba juga susu pasteurisasi Hometown Dairy? 

Cus, langsung cari, Hometown Dairy tersedia di: Lulu Hypemart, Aeon, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah.

Atau beli online juga bisa. Yuk ke Hometown Dairy Official Store saja!

  • Shopee: GGL Official Shop - https://shopee.co.id/ggfofficial
  • Tokopedia: GGF Mart - https://www.tokopedia.com/ggfmart

Baiquelah, semoga info ini bermanfaat, sehat-sehat dan tetap semangat ya!! 

See Ya!!💖


Hometown Dairy
www.hometown.dairy.com | FB: @hometowndairy.id | IG: hometowndairy.id | Youtube: Hometown Dairy



drink well live well

signature-fonts

40 comments

  1. Uwaa auto laperr lihat caseroulenya. Dinikmati anget anget nikmat banget kayaknya. Hometown dairy sudah ada di pasaran belum mbk? Aku belum pernah beli ini

    ReplyDelete
  2. Waktu kecil saya biasa minum susu segar yang dibelikan bapak saya. Rasanya jauh lebih enak daripada susu olahan. Sayangnya minum susu segar agak ribet, karena ga bisa dikonsumsi langsung. Kalau sudah dipasteurisasi seperti Hometown Dairy ini lebih praktis ya. Dan pasti rasanya juga lebih segar dibanding susu olahan yang lain.

    ReplyDelete
  3. woww... gak kepikiran bikin menu ini dengan susu pasteurisasi, btw aku sempet nyobain juga hometown dairy milk, enak ya, milky sekali.

    ReplyDelete
  4. Hometown Dairy dihasilin dari Sapi yang Happy. Susu segar emang harus kaya gini sih. Jadi hasilnya juga oke, termasuk nutrisi dan kesegarannya

    ReplyDelete
  5. Susu murni Hometown Dairy ini memang kualitasnya hebat sekali. AKu sekeluarga doyan banget mimi langsung atau dikombinasikan dengan makanan dan minuman juga masakan jadi semakin lezat. Kudu lekas dihabiskan ya karena ga bisa lama di kulkas, artinya betul2 tanpa bahan pengawet, mantapppp.

    ReplyDelete
  6. mbaaa, aduuh itu casserole-nya menggoda bangeett, minta dicolek :D
    Aku mupeng bebikinan roti/kue pakai susu pasteurisasi gini
    pastinya lebih endolita dan lebih sehat ye kaann

    ReplyDelete
  7. Aku sukaa susu ini mba.. rasanya fresh bgt. Itu lovee2nyaa mau mintaaa 🤣
    Waktu itu bikin mac and cheese pake susu ini. Nikmat bgt, creamy yummy

    ReplyDelete
  8. Selama ini saya cari di kampung, susu segar ini blm ada. Di minimarket sekalipun. Mungkin pendistribusian ga bisa lama kali ya
    Tapi saya saved resepnya, siapa tahu bisa tetap bikin meski pakai susu jenis lain, hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya sekeluarga penggemar susu murni. Begitu cobain Hometown pertama kalinya, reaksi anak saya langsung ketagihan. Gak bakal menolak deh kalau minum Hometown. diolah lagi juga enak

    ReplyDelete
  10. Caserole nya bikin ngiler nih Mba.. di rumah kami, resep pasta yang pake susu yang disuka anak-anak itu fusilli carbonara.
    Paling joss lagi kalo carbonara nya pake susu segar seperti Susu Hometown Dairy
    Syukurnya di daerah ku sudah ada nih Mba.. di supermarket Berastagi yang dekat dari rumah.

    ReplyDelete
  11. sungguh aku baru tahu jenis2 susu ini mbak, ya ampun katrok banget. wkwkwk
    jadi pengen cobain Hometown Dairy susu Pasteurisasi deh, trus dibuat2 resep yang mbak Dian buat, nyami banget pasti. udah pasti steril dan menyehatkan pula

    ReplyDelete
  12. Mau dong coba, Mba. Ini susu dari Indonesia ya. Biasanya aku beli yang dari luar. Asyik, deh jadi pengin cepat-cepat berkreasi dengan susu Hometown Diary ini.

    ReplyDelete
  13. Banyak ya jenis-jenis susu di pasaran, yang disediakan produsen untuk berbagai keperluan. Nah sekarang saya sering menggunakan susu segar untuk keperluan bikin kopi susu gula aren..:)

    ReplyDelete
  14. Penasaran banget nih sama susu segar yang diPasteurisasi. Baru tahu juga ada jenis susu ini.

    Selain itu susu dari Hometown Diary ini bisa dibuat aneka kreasi makanan. Udah tampak enak banget.

    ReplyDelete
  15. Ternyata ada berbagai jenis susu yah mbak,
    Dan untuk susu pasteurisasi harus langsung dikonsumsi yaah

    Susu Home town Dairy ini selain bisa dikonsumsi langsung, ternyata bisa juga dipake buat masak yah. Itu bikin casserole-nya bikin ngiler banget deh

    ReplyDelete
  16. Aku baru tahu susu pasteurisasi Hometown Dairy, membaca rasanya yang segar dan gak bikin enek aku jadi pengin cobain mba.. Terima kasih sharingnya ya ^^.

    ReplyDelete
  17. Susu pasteurisasi dari Home Dairy ini pasti terjaga kualitas dan kesegarannya ya mbak. Semoga saya bisa melihat langsung cara memproduksi susu di peternak sapi ini.

    ReplyDelete
  18. Sebentar banget ya Mbak bertahannya. Dulu aku pernah sih beli susu cair Ultramilk. Dia kalau setelah dibuka, nggak dimasukkan ke kulkas juga cepat basi. Memang beda sih dengan Hometown Dairy yang pasteurisasi.

    ReplyDelete
  19. Saya termasuk yang hobi juga untuk meminum susu pasterurisasi dan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan kesukaan. Pemilihan susu pasterurisasi pun tidak boleh asal harus bisa lihat kemasannya karena untuk menjaga kualitasnya.

    Sekiranya produk ini bisa jadi alternatif lain untuk mencari susu pasterurisasi

    ReplyDelete
  20. Belum pernah coba susu merek ini tapi kualitasnya yakin deh terpercaya..aku naksir resep kaserolnya anakku suka sekali pasta..bisa pakai panggangan happy call di atas kompor ya nggak punya oven.

    ReplyDelete
  21. Kemasan susunya bagus ya mba Dian.
    Seperti kemasan susu di film film bule.
    Tapi saya bukan penikmat susu, kecuali susunya sudah dijadiin kue atau es krim hehehehe
    Untungnya anak-anak saya semua suka susu.

    ReplyDelete
  22. Banyak ya jenis susu, dan kalo di rumah sih meski anakku yg sulung udah kerja dan adiknya mahasiswa tetep aja minum susu.

    Oiya baru kemarin aku belanja dan anakku nemu Susu Hometown Dairy ini di supermarket. Dia suka susu segar seperti ini

    ReplyDelete
  23. Ouw, susu pasteurisasi dari Hometown Dairy ini asalnya Terbanggi Besar, Lampung rupanya. Tersedia banyak juga di pasaran dan supermarket.

    Penasaran pengen Jeli Buah Naga pakao Hometown Dairy deh. Jadi mau coba resepnya juga.

    ReplyDelete
  24. duh kayaknya enak banget buahnya ditambah susu ini mba, btw saya baru tahu jenis-jenis susu ini, selama ini cuman minum aja ga tahu jenis apa heheh

    ReplyDelete
  25. Huaaa.. saya nggak punya panggangan nih, Mba.. padahal ini pasta itu kesukaan anak-anak saya. Saya biasanya hanya dibikin spagheti biasa saja. Tapi pakai susu hometown wajib dooong.. secara susunya enak dan creamy banget, jadi rasa pastanya lebih maknyus.

    ReplyDelete
  26. Bener Mbak, di masa pandemi seperti saat ini, minum susu bisa menjadi tambahan vitamin dan mineral dan juga asupan nutrisi yang lebih lengkap

    Di rumah selalu sedia susu dan kami penggemar semua jenis susu. Kami bisa menghabiskan satu lusin atau satu kardus susu. Nah, kalau susu pasteurisasi ini minumnya beneran puas banget, karena diproses dengan sangat cepat jadi enggak menghilangkan kesegaran dan nutrisinya ya

    ReplyDelete
  27. Wah, resepnya kok bikin air liurku menetes ya mbak. Coba deket rumah mbak Dian, aku mau minta deh, wkwk. Sedih aku tuh kalau baca resep, bikin pengen, tapi mager buat eksekusi wkwk.

    Btw, ini pasti masakannya uenak-uenak, soalnya ada hometown dairy susu pasteurisasi, susu segar yang kaya vitamin dan pasti rasanya gurih2 asli gitu.. hmm tapi produk ini sampai ke Semarang nggak ya...

    ReplyDelete
  28. Saya barusan cek harganya. Hometown dairy yg 1 liter itu di bawah 30 ribu. Masya Allah. Terjangkau ya Mba Dian. Kalo soal kualitas, memang susu pasteurisasi lebih bagus. Dulu waktu di kampus saya selalu minum susu pasteurisasi setiap hari.

    ReplyDelete
  29. Woww casserole dan jelly buah naga! KOk ya pas banget mbak Dian, aku pas pengen casserole atau kentang tumbuk dan dirumah sedang ada persediaan buah naga seabreg abreg

    mukuciiih ya mbak Dian resepnya

    ReplyDelete
  30. Susu Hometown Dairy ini produk lokal dari Lampung ya. Ikut bangga, karena sudah ada produk susu segar dipasteurisasi dan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

    Eh, saya termasuk yang beranggapan susu itu buat anak di masa pertumbuhan dan lansia aja lho. Ternyata seusia saya pun tetap harus minum susu ya

    ReplyDelete
  31. hmmmh...jelly buah naganya sangat menggodaku, Mbak dian. Dan simple juga ya cara buatnya. Mudah2an nggak mager untuk nyobain resepnya.

    btw sepertinya saya lebih akrab dengan susu dengan perasa (entah kental manis -yg dikiit banget susunya- atau susu uht dengan rasa). Namun, belakangan selera saya berubah sendiri deh. Saya lebih suka susu plain. Keknya pas ya cobain hometuwn dairy ini.

    ReplyDelete
  32. Aku juga suka susu segar Hometown ini mbak. Dulu agak susah nemu di sini, tapi skrmg udah gampang beli online ya.
    Seger kalau diminum pas dingin.
    Wah enak nih kyknya resep casserolenya, izin nyontek ya :D
    Buat camilan sekaligus makan berat nih hehe TFS

    ReplyDelete
  33. Aahh,kalo susu segar favorit banget, rasanya emang beda dari susu lainnya. Lebih syeger dan fresh banget. MAu diminum langsung atau buat olahan, makin enyaaak. Hometown ini emang yummy banget yaak, apalagi makin menggoda lihat Simple Casserole dan Puding buah naga ituuuu.
    Mauu nyomoot laah..

    ReplyDelete
  34. Kesegaran Susu pasteurisasi dari Home Dairy ini uda gak diragukan lagi yaa..
    Bikin yang minum dan makan olahan yang terbuat dari Hometown Dairy makin semangaaat...

    ReplyDelete
  35. Udah lama ga bikin kaserol jadi ngeces liat penampakannya, makasih resepnya Mbak, aku jadi kepingin buat juga jadinya hihi tinggal nyari susu hometown dairynya aja nih, Moga ada di supa terdekat

    ReplyDelete
  36. Bisa minum langsung bisa buat olahan juga ya mba. Yang jelas produk lokal yang berkualitas gini perlu kita support

    ReplyDelete
  37. Sudah lama nih gak minum susu pasteurisasi terakhir waktu di bandung karena di sana banyak banget variannya, susu pasteurisasi ini rupanya gak bisa tahan lama ya tapi nilai gizinya bagus memang cocok kalau segera dihabiskan langsung ya mba :)

    ReplyDelete
  38. Wah susu bisa dimasak juga ya, di keluarga saya belum pernah ada yang masak pakai susu, saya sendiri pun agan kurang suka susu.

    ReplyDelete
  39. Wah jadi gak bagus ya susu segar, kalau dipikir iya sih, kan proses pemerasan juga gak menjamin susu steril karena sudah ada sentuhan tangan, meskipun pakai sarung tangan, ember penampungan, lalu media penyimpanan dll. Semakin banyak alat yang bersentuhan dengan susu semakin besar peluang kontaminasi. Oh ya mba Dian terimakasih resep cosserel nya, ini kemarin lihat youtubenya keluarga Yoon kelihatannya enak banget tapi gak tau resepnya. Eh ada disini rupanya.

    ReplyDelete