Luminer Cetak 3D Persembahan Signify Demi Dunia yang Lebih Berkelanjutan

Signify adalah produsen pencahayaan besar pertama yang memproduksi untuk dunia yang lebih berkelanjutan, melalui luminer cetak 3D dalam skala industri yang mendukung ekonomi sirkular untuk keberlanjutan yang lebih baik lagi dan mengurangi hingga 75% jejak karbon dalam pasokan bahan baku dan produksi.

 

Luminer Cetak 3D Persembahan Signify


Temaaan, sudah tahukah dirimu jika saat ini manusia menggunakan 1,6 kali lebih banyak sumber daya dari apa yang dapat ditopang oleh bumi? 

Ya, bumi sedang menghadapi situasi darurat iklim di mana kelangkaan sumber daya dan masalah limbah telah mencapai proporsi yang mengkhawatirkan. Apalagi di saat yang sama, laju perubahaan teknologi lebih cepat dari sebelumnya, seiring dengan kemajuan digitalisasi. Maka mendukung ekonomi sirkular, kini jadi lebih penting dari sebelumnya. Baik pemerintah, perusahaan maupun kita semua berkewajiban untuk menekan emisi dan menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan. 

Seperti Signify, pemimpin dunia di bidang pencahayaan yang membawa terobosan tidak hanya untuk inovasi pencahayaan terkini, tetapi juga cara produksi dengan memanfaatkan teknologi luminer cetak 3D. 

Luminer cetak 3D?

Yes,... FYI, luminer itu adalah alat untuk menghasilkan, mengontrol, dan mendistribusikan cahaya, merupakan unit pencahayaan lengkap yang terdiri dari komponen-komponen: 

  • Satu atau lebih lampu
  • Alat optik yang akan mendistribusikan cahaya
  • Soket untuk menempatkan, melindungi serta menghubungkan lampu dengan daya listrik
  • Komponen mekanik yang dibutuhkan untuk menunjang luminer

Nah, Signify adalah produsen pencahayaan besar pertama yang memproduksi luminer cetak 3D dalam skala industri. Di mana perusahaan telah menyempurnakan cara produksi yang sangat fleksibel dan lebih berkelanjutan dengan menggunakan bahan baku polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang. Ini memungkinkan luminer didesain khusus atau disesuaikan tepat seperti kebutuhan pelanggan dan didaur ulang di akhir masa pakainya sehingga mendukung ekonomi sirkular!!

Tuh, keren kan??



Signify Philips
Proses Signify Luminer Cetak 3D (sumber: Signify)

3D Printed Luminaires
Proses Signify Luminer Cetak 3D (sumber: Signify)


Tentang Signify


Well, Signify (Euronext: LIGHT) adalah pemimpin dunia di bidang pencahayaan bagi para profesional dan konsumen serta pencahayaan untuk Internet of Things. 

Nah produknya, Philips, adalah sistem pencahayaan terkoneksi Interact dan layanan data aktif yang memberikan nilai bisnis dan mentransformasi hidup di rumah, gedung dan ruang publik. 

Dengan penjualan pada tahun 2020 sebesar EUR 6,5 miliar, memiliki sekitar 38.000 karyawan dan hadir di lebih dari 70 negara, Signify membuka potensi luar biasa dari pencahayaan untuk kehidupan yang lebih cerah dan dunia yang lebih baik. 

Tak hanya itu, Signify juga telah mencapai netralitas karbon pada tahun 2020. Pun, termasuk dalam Dow Jones Sustainability Index selama empat tahun berturut-turut, serta didapuk sebagai Pemimpin Industri sektor ini pada tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Yup, selama lebih dari 125 tahun, Signify telah memelopori terobosan dalam pencahayaan dan menjadi kekuatan pendorong di balik begitu banyak inovasi. Rekam jejaknya dalam inovasi kuat dan banyak berinvestasi dalam R&D untuk tetap menjadi terdepan dalam perkembangan teknologi, termasuk diantaranya, teknologi luminer cetak 3D ini!


Luminer Cetak 3D
Luminer Cetak 3D untuk Area Dapur (sumber: Signify)

Ekonomi Sirkular
Aplikasi Luminer Cetak 3D di Ruang Tamu (sumber: Signify)

Aplikasi Luminer Cetak 3D
Aplikasi Luminer Cetak 3D di Kamar Tidur (sumber: Signify)


Luminer Cetak 3D Persembahan Signify


“Energi menyumbang 60% dari emisi gas rumah kaca dan dunia meminta perusahaan-perusahaan untuk turut mengatasi hal ini. Sehingga banyak perusahaan kini berkomitmen terhadap ekonomi sirkular, dan luminer cetak 3D adalah cara kami untuk berkontribusi mengurangi jejak karbon, tidak hanya milik kami sendiri tetapi juga bersama dengan para pelanggan kami.” demikian disampaikan Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia via Siaran Media.


Lebih lanjut disampaikan jika investasi Signify di pencetakan 3D menggambarkan lebih jauh mengenai komitmen perusahaan terhadap konsumsi dan produksi bertanggung jawab (SDG12) dengan produk-produk yang dapat dicetak ulang, diperbarui, digunakan kembali, atau didaur ulang.

Ini merupakan elemen kunci dari komitmen Signify untuk menggandakan pendapatan sirkularnya menjadi 32% pada 2025, sebagai bagian dari program keberlanjutan Brighter Lives, Better World 2025 yang diluncurkan perusahaan pada September 2020.


Lalu, keunggulan luminer cetak 3D ini apa?


1. Mengurangi Limbah Material

Umumnya produksi luminer cetak 3D (tidak termasuk elektronik dan optik) memiliki jejak karbon 47% lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional. Dengan pencetakan 3D luminer, Signify dapat menggunakan kembali seluruh bahan baku, sehingga menghasilkan sangat sedikit limbah dan menciptakan siklus hidup produk yang sepenuhnya ramah lingkungan. 


2. Mengurangi Lebih Banyak Jejak Karbon

Layanan ini menghemat waktu, energi, limbah produksi, pengemasan dan transportasi. Dengan menjaga produksi tetap dekat dengan area perkotaan, perusahaan dapat mengurangi lebih banyak lagi jejak karbon. Juga, bahan yang digunakan untuk luminer cetak 3D adalah ⅔ dari berat luminer konvensional, yang berarti menghemat 35% emisi karbon saat pengiriman dan lebih sedikit bahan bakar yang digunakan selama pengangkutan. Pun, bobot polikarbonat yang ringan, lebih sedikit energi (pengurangan 27%) yang dikonsumsi selama akhir masa pakai untuk dirobek menjadi bagian kecil. Sehingga total, Signify dapat mengurangi 75% jejak karbon atas pasokan dan produksi bahan, transportasi, dan akhir masa pakai, jika digabungkan.


3. Inovatif

Pencetakan 3D membuka jalan bagi desain luminer yang lebih inovatif dengan bentuk dan warna yang lebih kompleks dan menarik pasti.


4. Personalisasi

Pelanggan dapat dengan mudah memepersonalisasi luminer sesuai kreasi dan kebutuhan, memesan dan mewujudkan ide mereka dalam waktu lebih singkat, bahkan dalam hitungan hari. Oia, pelanggan juga dapat dengan mudah menyesuaikan luminer mereka menggunakan konfigurator online di toko pencahayaan Philips. Sementara untuk bisnis dapat menghubungi perwakilan penjualan terdekat Signify untuk proyek profesional. 
 

5. Recyclable

Di akhir masa pakai luminer cetak 3D dapat didaur ulang di fasilitas Signify untuk kemudian digunakan dalam produksi luminer cetak 3D yang baru. Ini sejalan dengan penerapan prinsip ekonomi sirkular yang menekankan daur ulang untuk membuat model bisnis yang lebih berkelanjutan.


Produk Signify
Aplikasi Luminer Cetak 3D di Ruang Publik

Supermarket Albert Heijn
Luminer Cetak 3D di Albert Heijn Supermarket


Kesuksesan Luminer Cetak 3D


Well, Signify menggandeng pelanggan untuk mendukung keberlanjutan & ekonomi sirkular. Tak heran dengan misi yang diemban Signify mendapat serangkaian kesuksesan luminer cetak 3D mulai dari Albert Heijn, jaringan supermarket Belanda hingga M&S (Marks and Spencer), toko ritel asal Inggris. 

Di mana area makanan segar di Albert Heijn telah dilengkapi dengan lampu gantung yang didesain, diuji dan diproduksi secara khusus hanya dalam waktu 3 bulan, dan warna lampu gantung dekoratif dapat dengan mudah diganti tanpa menimbulkan limbah. 

Sementara itu, M&S telah memasang 11.000 luminer cetak 3D di toko mereka di Inggris, termasuk London, Manchester, Belfast serta Dublin dan Cork di Irlandia. Yang mana, proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja toko dan menghasilkan penghematan energi yang signifikan, seraya berfokus pada teknologi yang lebih berkelanjutan di toko-tokonya. Oia, produk-produk tersebut juga diukur sesuai dan sempurna dengan fitting lampu yang sudah ada, sehingga dapat terus menggunakan permukaan plafon yang dipakai sekarang.

Yess, melalui luminer cetak 3D, Signify telah memberi kontribusi:

  • Material: ekstrusi material polikarbonat memberikan dampak lingkungan 22% lebih rendah dan 35% lebih ringan dibandingkan dengan luminer aluminium
  • Produksi: luminer cetak 3D menghasilkan 73% jejak karbon lebih rendah
  • Transportasi: 35% pengurangan berat mengurangi 35% emisi karbon. Produksi lokal dapat mengurangi emisi karbon lebih jauh lagi
  • Instalasi: instalasi cepat tanpa limbah karena bentuk yang sempurna dan ringan
  • Penggunaan: salah satu produk paling hemat energi (karena menggunakan LED)
  • Daur ulang: saat polikarbonat didaur ulang 100% maka dapat mengurangi CO₂ hingga 86% dibandingkan dengan polikarbonat mentah
  • Dampak CO₂ yang lebih rendah atas material polikarbonat yang digunakan karena memang didesain untuk ekonomi sirkular


Cara Pemesanan Luminer 3D Signify
Cara Pemesanan Luminer Cetak 3D

3D Printed Luminaires
satu set Luminer Cetak 3D - Signify


Nah, kabar baiknya, enggak nyangka ternyata Indonesia adalah negara ketiga di luar Eropa, setelah Amerika dan India, di mana Signify menawarkan layanan ini. 

Yeayy!!

"Kami sangat senang dapat menyediakan produk baru yang berkelanjutan untuk pelanggan kami di Indonesia, serta membantu mereka mengurangi limbah material dan jejak karbon,” tegas Rami Hajjar dalam pernyataannya.

Jadi gimana, tertarik pakai juga luminer cetak 3D berbahan polikarbonat persembahan Signify demi dunia yang lebih berkelanjutan? 

Yuk, samaan dengan saya, kita berkontribusi bagi kelestarian lingkungan!

Oia, untuk info lebih lengkap, silakan ulik di laman resmi Signify berikut ini ya....! See Ya!!💖

Signify
Web: https://www.signify.com/id-id 
Twitter: @signify_ID


Luminer Cetak 3D



Stay Safe & Healthy

signature-fonts

30 comments

  1. Wah, jadi kepengen punya SIgnify juga nih. Lampu2 yang sangat menarik dan bisa didaur ulang seperti ini yang dibutuhkan agar tidak meningkat limbah2 industri yang tak terpakai lagi. Cetakan 3D Luminer bagus2 ya dan kayaknya sudah banyak restoran, cafe maupun perkantoran yang pakai produk ini.

    ReplyDelete
  2. kok keren banget sih luminer signify ini, menjaga kelestarian lingkungan, dan cetakannya juga bagus-bagus loh, sangat kekinian trus modelan 3D gitu ya

    ReplyDelete
  3. this is interesting... I haven't really heard about their service yet the products are cool indeed

    ReplyDelete
  4. Ternyata kalau mau ganti rumah lampunya bisa ganti trus didaur ulang ya rumah lampu lamanya jadi lebih ramah lingkungan udah gitu terbuat dari bahan yang ramah juga

    ReplyDelete
  5. Philips ini emang kren ya selalu saja ada inovasinya.
    ... keterangan bahwa memiliki jejak karbon 47% lebih rendah dibandingkan luminer logam, itu luar biasa untuk lingkungan

    ReplyDelete
  6. Luminer cetak 3D, bagus-bagus ya bentuknya, mupeng deh penge punya 1 buat di rumah. Ramah lingkungan juga bahannya. Inovasi yang keren banget ini.

    ReplyDelete
  7. Signify adalah produsen pencahayaan besar pertama yang memproduksi luminer cetak 3D dalam skala industri. Di mana perusahaan telah menyempurnakan cara produksi yang sangat fleksibel dan lebih berkelanjutan dengan menggunakan bahan baku polikarbonat yang 100% dapat didaur ulang. Ini memungkinkan luminer didesain khusus atau disesuaikan tepat seperti kebutuhan pelanggan dan didaur ulang di akhir masa pakainya sehingga mendukung ekonomi sirkular

    Mbaaa, aku takjuubb banget baca artikel ini, terutama di paragraf itu. Bukanmain yaa terobosan yg dilakukan SIGNIFY ini :D keceee!

    ReplyDelete
  8. Philips selalu Ada inovasinya ya mba kayaknya belum pernah Ada yg ngalahin deh klo sal lampu aplagi Ada inovasi signify yg green earth banget

    ReplyDelete
  9. Casing luminernya cantik, Maaak. Aku pengen ngadopsi deh. Ditambah lagi produknya ini eco friendly, ya. Philips ini emang juara banget soal perlampuan

    ReplyDelete
  10. Seneng banget sih banyak inovasi teknologi yang lebih ramah lingkungan seperti signify dari Philips ini, keren. Btw, lampunya cantik2 banget

    ReplyDelete
  11. wah salut dgn luminer signify ini, bisnis yang dijalankan bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan, dan hasil cetakannya juga bagus-bagus ya mbak, kekinian banget dan 3D gitu ya

    ReplyDelete
  12. Aku penasaran kalo nanti udah gak kepakai gitu, bisa dikembalikan untuk daur ulangnya ya mbak?
    Bagus juga sih jadi enggak ada sampah yang terbuang. Keren ide kreatif Luminer Signify ini, mbak

    ReplyDelete
  13. Baru tau nih tentang Luminer Cetak 3D dari Signify, bukan hanya cantik bentuknya ya, ternyata ramah lingkungan juga...

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali ternyata tenologi baru yang ramah lingkungan misalnya luminer cetak 3D ini ya kak
    lampunya cantik-cantik banget, sukaaa ..

    ReplyDelete
  15. Luminer cetak 3D membuat designnya tidak hanya indah, tapi juga ramah lingkungan dan banyak keistimewaan lain. Keren sekali...
    Kecantikannya terpancar walau belum dinyalakan lampunya.
    Wiii~

    ReplyDelete
  16. Sudahlah inovatif, ramah lingkungan lagi. Keren ya. Awalnya aku bingung pas baca kok lampu tapi ada 3Dnya. Pas baca, oh baru ngerti deh terutama pas lihat foto-fotonya.

    ReplyDelete
  17. Gak hanya mempercantik tampilan, tetapi juga ramah lingkungan. Ihh jadi pengen juga deh memperindah tampilan rumah pakai luminer cetak 3D ini.

    ReplyDelete
  18. Keren ga mba baru tahu aku tentang signify ini makin inovatif yah apalagi yang gambar desainnya cakep

    ReplyDelete
  19. 3D Modelling dan 3D printing memang sedang ngehits krn solutif untuk kebutuhan custom dan disukai. mana bahannya bisa pakai yg bagus misalnya ramah lingkungan. keren!

    ReplyDelete
  20. wah ku baru tau nih tentang luminer dari signify ini.. kok keren banget sih.. bikin hunian makin kece dengan signify ini yaaa

    ReplyDelete
  21. Tadi malam udah ngantuk pas baca "Signify" kok otak koneknya ke "Spotify" :D
    Btw, Luminer ini kan bisa didaur ulang ya, Mbak. Kalo misal nih kita mau beli Luminer yang baru, yang lama bisa ditukerkan nggak? Tuker poin, potongan harga, atau apalah gitu.

    ReplyDelete
  22. Inovatif banget, Mbak, ini karena memang emisi karbon yang dilepas ke udara sangat mencemaskan. Kalau ga kita mulai dengan mengambil langkah aktif dengan memilih peranti rumah tangga yang hemat dan eco-freindly, bisa-bisa bahan bakar kita habis dan Bumi terancam musnah akibat perilaku kita sendiri. Signify layak dicontoh buat pengembangan bisnis yang tetap sadar lingkungan. Cakep lampunya dan keren solusinya.

    ReplyDelete
  23. 2 minggu lalu, saya ikut webinar Green Jobs. Ternyata Signify ini benar2 termasuk Green Jobs karena benar2 memerhatikan dampak ke lingkungan terutama emisi karbon. Thanks for sharing kak dian.

    ReplyDelete
  24. Selain kece desainnya, ternyata bahannya yang dari polikarbonat minim jejak karbon ya mba. Mudah didaur ulang pula, jadi tidak menambah beban bumi.

    ReplyDelete
  25. Hasilnya bagus ya Mbak
    3D dan seakan nyata sekali kalau ruangannya secantik itu
    Hmm bahannya aman kan ya buat balita...

    ReplyDelete
  26. Hasil cetakannya bagus banget nih mbak. Ini mah profesional banget. Sekarang banyak nih yang jualan wallpaper 3 D dengan desain cantik. Bisa jadi peluang usaha

    ReplyDelete
  27. Keren ah ternyata produk hasilnya Itu Philips ya. Apalagi bahannya ramah lingkungan. Semoga makin banyak produk seperti ini.

    ReplyDelete
  28. Menarik sekali, Mbak,
    Memang tekanan pada bumi karena pertumbuhan penduduk dan aktivitas manusia semakin luarrr biasaaaa.
    Btw, ada yang mencuri perhatian saya.
    Ekonomi sirkular itu seperti apa penjelasannya, ya?

    Terima kasih dan salam hangat

    ReplyDelete
  29. Keren sekali Luminer Cetak 3D Signify ini, dekorasi furniture nya juga bagus dan memberikan kesan minimalist jika dari lihatnya

    ReplyDelete