5 Tips Memilih Pembersih Udara yang Tepat untuk Kantor Rumah Kita

Temaaan, memiliki pembersih udara di ruangan yang kita gunakan untuk bekerja punya berbagai manfaat, lho! Pasalnya, udara yang lebih bersih dan sehat tentu akan bikin lebih fokus bekerja karena tidak perlu terganggu dengan berbagai polutan yang kadang dapat membuat sesak nafas kita. Sehingga memilih pembersih udara yang tepat untuk ruangan, tidak kalah pentingnya. Apalagi nih, selama pandemi banyak diantara kita yang bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Maka perlu kiranya memilih pembersih udara yang tepat untuk kantor rumah kita, agar kesehatan tetap terjaga.

Tips Memilih Pembersih Udara yang Tepat


Perlunya Pembersih Udara yang Tepat untuk Kantor Rumah Kita


Etapiiii, apa sih sebenarnya pembersih udara ini?

Well, pembersih udara merupakan sebuah barang elektronik yang digunakan untuk membersihkan udara. Setelah disaring, udara yang dihasilkan akan menjadi lebih bersih dan tingkat polusinya menjadi lebih rendah. Nah, pembersih udara ini digunakan untuk menetralkan asap rokok, menghilangkan bau, menyedot debu, menyaring udara dan membunuh bakteri, kuman, jamur, serta virus yang menyebar di udara yang ada di dalam ruangan. 

Sementara cara kerjanya, saat pembersih udara dihidupkan, udara di dalam ruangan akan tersedot. Kemudian dengan bantuan kipas ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang produk dan dikeluarkan kembali ke bagian depan produk. Hasilnya, kualitas udara menjadi lebih bersih dan segar, sekaligus bikin bakteri, kuman, jamur dan virus jadi ambyaaaar!

See, bermanfaat sekali kan pembersih udara ini? Apalagi kini ada banyak pilihan pembersih udara yang dijual di pasaran. 

Eits, tapi pilihnya jangan sembarangan ya! Perhatikan juga beberapa pertimbangan saat memilih pembersih udara yang tepat untuk kantor rumah kita! 

Apa saja pertimbangannya?

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Pembersih Udara 


Nah, beraneka pilihan pembersih udara ditawarkan di pasaran. Sebelum memutuskan, berikut 5 hal yang perlu diperhatikan saat memilih pembersih udara yang tepat:


1. Pilihlah pembersih udara dengan filter yang sesuai dengan kebutuhan

Inti dari memiliki pembersih udara adalah dapat menyaring udara dalam ruangan sehingga menjadi lebih bersih. Proses penyaringan ini tentu erat kaitannya dengan filter yang dimiliki oleh sebuah pembersih udara. Filter yang berbeda jenis akan memiliki fungsi yang berbeda pula. Jadi, pastikan pembersih udara yang kita pilih memiliki filter yang sesuai. Untuk itu, perlu untuk memastikan apa masalah yang dialami dengan udara di kantor rumah kita. 

Nah, beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan, diantaranya: jika kita memiliki alergi terhadap udara di ruangan, pilihlah pembersih udara yang memiliki beberapa lapis filter, salah satunya adalah filter HEPA yang dapat menyaring zat alergen. Sementara, jika kita memiliki asma, sebaiknya memilih pembersih udara dengan filter yang dapat menyaring bau dan zat kimia, serta filter HEPA. Sedangkan, jika asap atau bau kerap menjadi masalah di ruangan, pilihlah pembersih udara yang memiliki filter karbon.


2. Sesuaikan ukuran pembersih udara dengan ruangan

Selanjutnya, memilih pembersih udara dengan ukuran yang tepat juga sangat penting. Umumnya, semakin besar ukuran pembersih udara, maka kapasitas untuk membersihkannya juga akan semakin besar. Jadi agar berfungsi dengan lebih efektif, kita perlu memperhitungkan luas ruangan yang akan digunakan. Di sisi lain, memiliki pembersih udara, artinya kita perlu menyiapkan tempat di ruangan untuk menaruhnya. 

Sehingga untuk menentukan ukuran pembersih udara mana yang tepat untuk kita, beberapa hal dapat menjadi pertimbangan. Seperti, pembersih udara berukuran kecil, tepat untuk ruangan dengan luas hingga 27,9 m persegi. Sedangkan untuk ruangan seluas 28 hingga 64,9 m persegi, lebih tepat menggunakan pembersih udara berukuran sedang. Sementara, pembersih udara berukuran besar, tepat untuk ruangan seluas 65 hingga 176,5 m persegi.


5 Tips Memilih Pembersih Udara yang Tepat untuk Kantor Rumah Kita


3. Perhatikan tingkat kebisingan yang dimiliki pembersih udara

Oh ya, seperti alat elektronika pada umumnya, saat sedang bekerja pembersih udara akan mengeluarkan suara bising. Maka perlu diperhatikan jangan sampai suara bising ini mengganggu konsentrasi kita saat bekerja atau beraktivitas. Jadi saat membeli pembersih udara, perhatikan juga berapa tingkat kebisingan yang dimiliki, kemudian bandingkan dengan pilihan lainnya. 

Pembersih udara yang senyap dapat memiliki tingkat kebisingan hanya sebesar 17 desibel saja. Tentunya suara yang dihasilkan ini tidak akan mengganggu aktivitas kita. Tetapi ada juga pembersih udara yang memiliki tingkat kebisingan hingga di atas 30 db, yang tentunya meskipun tidak dikategorikan bising, suara yang dihasilkan terus-menerus ini dapat memecah perhatian kita di suatu titik.


4. Tentukan fitur apa yang kita perlukan dari pembersih udara

Kemudian, pembersih udara hadir dengan berbagai macam pilihan bentuk dan fitur. Nah, jenis fitur seperti apa yang kita inginkan? Apakah kita memerlukan pembersih udara yang dilengkapi dengan remote control? Ataukah pembersih udara yang dapat dipindah kemana-mana dengan mudah? Atau mungkin kita menginginkan pembersih udara canggih yang dapat tersambung dengan Wifi dan dapat dikendalikan dari ponsel? Ataukah pembersih udara yang dapat menampilkan data kualitas udara? Apapun itu, sebelum membeli, perhatikan dengan seksama fiturnya!


5. Perhatikan pemeliharaan yang perlu dilakukan

Last but not least, memiliki pembersih udara tentu harus memperhatikan pemeliharaannya tetap berfungsi dengan efektif. Pembersih udara dengan jenis filter yang berbeda akan memerlukan pemeliharaan yang berbeda pula. Misalnya, pembersih udara dengan filter HEPA yang memerlukan pemeliharaan satu tahun sekali (tergantung pemakaian), atau pembersih udara dengan filter karbon yang memerlukan pemeliharaan 6 bulan sekali.


Nah, itulah 5 tips memilih pembersih udara yang tepat untuk kantor rumah kita. Jadi jangan lupa perhatikan 5 hal ini saat memilih pembersih udara, yaa... Jangan sampai salah beli, biar enggak nyesel nanti. Pastikan memiliki pembersih udara yang tepat bagi kantor rumah kita agar kesehatan tetap terjaga!

Baiklah temaaan, semoga info ini bermanfaat, kita semua selalu sehat dan tetap semangat!💖



like a breathe of fresh air

signature-fonts

26 comments

  1. Gegara pandemi ini, daku juga makin aware untuk lebih pehatikan kondisi rumah mbaa
    awalnya ngga terlalu concern dengan debu-debu di rumah, tapiii sekarang harus makin perhatian.
    Apalagi ada ibu mertua yg udah sepuh di rumah kami.
    Makasiii tipsnya mba Dian. Pankapan daku mau berburu produk yg cucok!

    ReplyDelete
  2. benar sekali mbak, udara di rumah jadi lebih sering kuperhatikan sejak pandemi ini
    emang butuh banget pembersih udara yg berkualitas
    kapan kapan mau cari aku, skrg nabung dulu
    hehe

    ReplyDelete
  3. kayanya saya harus beli pembersih udara deh
    akhir -akhir ini sering alergi
    sembuh, alergi lagi, sembuh lagi dst
    Cari pembersih udara dengan filter HEPA ya?
    Baik, #noted ... terimakasih sarannya

    ReplyDelete
  4. musim pandemi gini memang rasanya perlu ya beli produk air purifier tuh, biar udara di rumah jadi lebih fresh dan sehat

    ReplyDelete
  5. Kebersihan udara sebelum pandemi seeing diabaikan. Mungkin bisa disebut hikmah pandemi juga kali ya, karena sekarang banyak yg sangat ketat menjaga dan mempertahankan kebersihan udara khususnya di ruangan di rumah

    ReplyDelete
  6. Wah, kayaknya saya juga memerlukan air purifier nih. Kalo liat kotoran/debu yang nempel di kipas angin aja jadi bisa tau kan, seberapa banyak yang nempel di baling-balingnya itu. Euuww..

    ReplyDelete
  7. Rashif, salah satu anak kembar saya itu diwajibkan dokternya pakai pembersih udara khusus di rumah. Jadi harus punya humidifier mba. Sangat berguna buat keluarga.

    ReplyDelete
  8. Karena studio kerja saya sering didatangi orang, sudah setahunan ini saya pasang filter/penyaring udara. Apalagi kalau lagi ada yang belajar di studio, ruangan ditutup dan menyalakan AC. Terasa banget loh Mbak perbedaan kesegaran ruangannya. Saya pasangkan juga pewangi ruangan yang bisa nyemprot berkala gitu (bisa disetel rentang waktunya). Jadi tambah seger

    ReplyDelete
  9. Pembersih udara jadi salah satu alat andalan dalam perlengkapan untuk menyaring panas atau polusi maupun udara yang tidak sehat. Tidak hanya kecanggihan fitur, lebih dari itu yang harus diperhatikan adalah perawatan nya juga karena pembersih udara dengan jenis filter yang berbeda akan memerlukan pemeliharaan yang berbeda pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga Mbak, alatnya pun perlu perawatan juga ya. Wah, kalo saya ni orangnya 'tau pake' aja. Kalo ada kenapa-kenapa, biasanya cek tempat servisnya. Kalo pembersih udara nih saya belum pernah menggunakan, punya juga belum. Jadi harus banyak ngantongin berbagai info nih sebelum membeli.

      Delete
  10. Humidifier alias pembersih udara semakin dikenal dan menjadi perhatian banyak orang, terutama di masa pandemi ini, ya, Mba? Apalagi dengan cuaca yang tak menentu ini, udara yang semakin jauh dari bersih, bikin kita memang harus lebih perhatian akan hal ini, nih! Thanks for the tips, mba, well noted.

    ReplyDelete
  11. ini perlu bangeeeeet. secara di rumah banyak bulu anak2 meong.
    ntar coba cek2 deh tipe yg bersahabat.....dengan kantong hehe

    ReplyDelete
  12. air purifier sangat penting buat dimiliki setiap orang di rumahnya masing, tujuannya untuk menjaga kesehatan para penghuni rumah

    ReplyDelete
  13. Pembersih udara saat ini makin diperlukan. Terlebih sekarang musim suka nggak menentu, ditambah pandemi. Thanks buat tipsnya ya mba. Jadi tahu kalau mau beli pembersih udara harus yang gimana.

    ReplyDelete
  14. True. Lagi pandemi gini udara bersih itu harus banget. Kalau aku memilih yg Alami,udara luar masuk semua jd ada pergantian.

    ReplyDelete
  15. Aku belum pake nih mba. Sempet kepikiran pengen beli, tapi lumayan juga ya harganya. Apalagi masa pandemi gini ya. Udara di dalam rumah sebisa mungkin harus bersih.

    ReplyDelete
  16. Ohh baru tahu kalau pertimbangan membeli pembersih udara itu selain tingkat kebisingan juga harus dilihat juga luas ruangan yg digunakan supaya bisa maksimal ya mbak.

    ReplyDelete
  17. oh jadi filternya pun beda-beda ya. Kalau yang alergi debu cocok pakai yang filter HEPA.
    Aku pernah pakai dan enggak ada suaranya jadi ya tidak mengganggu apalagi ditaruh di dalam rumah yang minimalis.
    Perawatannya ini yang perlu rutin dilakukan supaya bisa berfungsi optimal

    ReplyDelete
  18. Dalam memilih produk yang dipakai sehari-hari, apalagi yang berkaitan dengan kesehatan, kita mesti teliti ya. Jaminannya kesehatan kita seumur hidup soalnya. Termasuk pembersih udara. Noted untuk tipsnya, Mbak Dian.

    ReplyDelete
  19. Thanks for all the tips ya mba. I need to have one at home and the office as well for our heatlh

    ReplyDelete
  20. Adanya filter ini sangat membantu banget apalagi udaranya jadi lebih bersih kalau pakai filter seperti ini keren banget ya produknya

    ReplyDelete
  21. Sekarang masa pandemi gini jadi berasa banget pentingnya punya pembersih udara kayak gini ya mak

    ReplyDelete
  22. Pembersih udara yang mengeluarkan suara kadang mengganggu apalagi kalau kita butuh konsentrasi ya. Walaupun namanhay pembersih udara tapi tetap alatnya harus diepelihara ya supaya maksimal bisa bekerjanya

    ReplyDelete
  23. air purifier, sering dengar tentang alat pembersih udara tapi belum pernah lihat bentuk barangnya secara langsung. Dengan terjadinya pandemi ini, membuat kita semakin perduli dengan kesehatan lingkungan (selain kesehatan personal diri kita), salah satunya kesehatan udara ini.

    ReplyDelete
  24. Rasanya beda yaa, kak?
    Aku masih menimbang-nimbang niih...perlu atau engga yaa... melihat luasan rumah juga.

    ReplyDelete