Belajar Investasi Reksadana di Skill Academy

Belajar investasi reksadana? Apa perlunya? Toh, usia masih muda. Bukannya investasi hanya untuk yang mau pensiun atau mapan keuangannya? Sedangkan buat yang masih unyu sepertiku, apa perlu? 

Well...well..., ada banyak milenial yang berprinsip hidup itu buat bersenang-senang, jadinya beli itu ini enggak pakai pikir panjang. Enggak peduli masa depan, uang yang ada di tangan langsung dihabiskan. Merasa enggak butuh tabungan, berhobi hepi-hepi sepanjang hari dan bisanya spending and say no for saving!!

Belajar Investasi Reksa Dana

Padahal jika diteruskan pola pikir seperti ini akan menjadikan hidup dalam ketidakpastian di masa depan. Karena masa yang akan datang ditentukan oleh apa yang kita lakukan kini dan nanti. Termasuk perihal keuangan ini.

Remember, you only live once! Hidup cuma sekali, jika disia-siakan, sungguhlah sayang! Jadi, lebih baik memaksimalkan potensi yang dimiliki. Lalu, kelola keuangan dengan bijak sehingga apa yang didapatkan dari hasil kerja keras takkan sia-sia. Salah satu diantaranya dengan cara investasi reksadana, investasi yang paling mudah dijangkau dan dilakukan oleh para investor pemula!!

Tentang Investasi Reksadana


"Hm, reksadana? Aman enggak ya?"

Aman dong, karena aturan reksadana ada tertera di Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi kita enggak perlu khawatir berinvestasi di reksadana, sebab sudah ada dasar hukumnya, terdata di pemerintah dan resmi sifatnya.

Oia, bagi yang belum kenal, reksadana itu wadah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi ke dalam berbagai macam instrumen investasi. Artinya, investasi reksa dana itu seperti membeli suatu paket yang ditentukan oleh ahli keuangan.

Reksadana saham, misalnya. Belinya tidak hanya satu saham saja. Tetapi bisa 30-50 saham dalam satu paketnya, dari hasil analisa profesional seorang manajer investasi, tanpa kita harus memilih sendiri.

Sehingga ibarat naik bus, saat berinvestasi di reksadana, kita serahkan ke sopir untuk kemudi busnya. Sedangkan saham, kita sendirilah yang jadi pengemudinya. Maka, investasi reksadana pas buat pemula, karena untung besar dengan modal kecil!

Lalu, bagaimana caranya memulai investasi reksadana?

Belajar Investasi Reksa Dana: Untung Besar dengan Modal Kecil

Belajar Investasi Reksadana


Nah, sebelumnya, kita perlu pahami cara kerja reksadana. Pertama, Manajer Investasi menghimpun dana dari investor (masyarakat). Kemudian dana itu diinvestasikan ke sejumlah instrumen, seperti pasar uang, obligasi dan saham, sesuai dengan kesepakatan. Selanjutnya, nasabah menerima laporan secara berkala tentang kinerja produk, komposisi aset dan portofolio efek.

Oia, dirimu juga mesti tahu dulu ya apa tujuan investasimu. Ini jadi motivasi dalam menjalankan investasi karena setiap investasi punya jangka waktu dan profil risiko yang berbeda. Tujuan juga akan jadi patokan dalam menentukan reksadana yang cocok bagi kita setelah tahu jangka waktu dan profil risikonya. Karena profil risiko bisa jadi berbeda dengan profil risiko lainnya  maka tujuan pun enggak bisa dianggap sama.

Next, kumpulkan informasi dan keterangan tertulis serta terperinci seperti tentang bagaimana proses uang kita diinvestasikan, siapa yang mengelola investasinya dan informasi lain mengenai produk secara lebih detail perlu kita pelajari juga. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu kita untuk memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan yang kita harapkan.

Then finally, tentukan dimana kita akan membeli reksadana. Caranya, dengan memilih perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record yang terpercaya.

"Hm, mudah sih caranya, tapi kok masih agak bingung ya?"

Gosah pusing, kalau masih bingung, coba belajar investasi reksadana di Skill Academy saja!

"Wah, ada ya?

Ada dong...!!

Investasi Untung Besar dengan Modal Kecil

Belajar Investasi Reksa Dana di Skill Academy


Yes, enggak hanya kelas bisnis dan hobi, aneka kelas keterampilan juga tersedia di Skill Academy. Dengan harga, ekonomis dan terjangkau bagi semua, materi disampaikan langsung oleh ahli di bidangnya. Membuat kursus online di Skill Academy memungkinkan siapa saja untuk berani maju karena pengembangan diri dapat dilakukan dimana dan kapan saja.

Skill Academy, inovasi dari Ruangguru, merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah digunakan oleh 4 juta pengguna selama tahun 2020 lalu. Di mana kehadirannya ternyata bisa menjadi jawaban untuk meningkatkan technical & soft skill di berbagai bidang baik bagi mahasiswa, profesional juga siapa saja, termasuk yang ingin belajar investasi reksa dana.

Well, kelas Belajar Investasi Reksa Dana - Untung Besar dengan Modal Kecil di Skill Academy diampu oleh instruktur mumpuni, Liyanto Sudarso. Merupakan Certified Securities Analyst (CSA), penulis buku "Taktis Berinvestasi Reksa Dana",  serta aktif menjadi pembicara di TV dan seminar mengenai investasi dan saham.

Nah pada kelas ini, dirimu akan memperdalam pengetahuan tentang bagaimana memilih reksadana dan memaksimalkan keuntungannya dengan mempelajari 5 topik dan 14 materi, yakni:

  1. Reksadana dan Investasi: Sadar Berinvestasi, Faktor Penghambat Investasi, Skema Kerja Reksa Dana, Keuntungan Reksadana 1, Keuntungan Reksadana 2
  2. Tipe Investor & Tipe Reksadana: Profil Investor, Selfa Assessment, Profil Investor 2, Jenis Reksadana
  3. Reksadana Lebih Detail: Fund Fact sheet & Prospektus 1, Fund Fact Sheet & Prospektus 2
  4. Strategi Investasi: Teknik Investasi, Cara dan Jalur Memulai Investasi
  5. Ringkasan: Belajar Reksa Dana

Skill Academy


See, lengkaaap ya materinya, kesemuanya bakal dipaparkan dalam 12 video, 2 dokumen, ada Exam juga Sertifikat.

Oia, enggak itu saja, akan ada bonus tambahan, kita bisa ikutan Career Mentoring untuk mendapatkan panduan: Membuat CV, Menulis Surat Lamaran, Menyusun Profil Linkedln, Menghadapi Interview. Dan, bagian terbaiknya, untuk itu semua kita hanya perlu keluar dana Rp 119.000 saja!

Wah....!!

Jadi tunggu apalagi, mari belajar investasi reksadana - untung besar dengan modal kecil hanya di Skill Academy!💖



Skill Academy
Web: https://skillacademy.com/ | IG: https://www.instagram.com/skillacademy.id | Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCi3PrU13BbwgBN4QDHYCWZg | Blog: https://blog.skillacademy.com/ | Blog Daftarprakerja: https://daftarprakerja.com/



Salam Semangat

signature-fonts

7 comments

  1. Yuni sendiri suka rada bingung mau membeli reksadana dimana? secara kan banyak banget aplikasi-aplikasi investasi begitu, mbak. Semua menawarkan kebaikan masing-masing. JAdi masih pilah dan pilih sih. Barangkali belajar dulu kali ya. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah iya bener nih mumounvt masi muda mendingan mulai mikirin investasi ya mba Dian. Aku sempet nyesel juga nih pas masih single dulu blm sempet investasi. Kerja keras uangnya abis muluk huhuhu. Coba dulu nyisihin dana investasi kan sekarang udah bisa lebih mapan gitu. Tapi kayaknya msh belum terlambat ya buat mulai .. better late than never sih heheh. Thnks insight nya mbaa..

    ReplyDelete
  3. Mengelola keuangan memang seharusnya dilakukan sejak masih muda ya mbak...supaya bisa menikmati masa tua dengan berkecukupan...dari dulu penasaran dengan yang namanya Reksadana...tapi bingung mau belajar kemana..mungkin ini waktunya saya belajar di skill academy 🥰

    ReplyDelete
  4. AKu pengin belajar yang serius gitu kok gak tekan-tekan. Selama ini masih ngambang aja kayak belum tuntas gitu, akhirnya ya belum bergerak main reksadana. Mau coba-coba deh di skill academy aja. Nyari yang murce buat pemula.

    ReplyDelete
  5. Aku pengen belajar ini mbak. Selama ini cuma baca aja, kok berasa kurang gitu. Ini beneran cuma 119k ya ? Kalau udah ada ilmunya kan lebih pede mau terjun juga

    ReplyDelete
  6. harga kelasnya terjangkau, di skill academy ini banyak pilihan kelas, makin bingung pilihnya
    aku sendiri belajar reksadana selama ini hanya dari baca baca saja mbak, mungkin kalau ikut kelas seperti ini bisa lebih banyak tau lagi soal reksadana ya

    ReplyDelete