Mengintip 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit

Hola, apa kabarnya? Semoga selalu sehat dan tetap fit ya? Yes, menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit itu wajib hukumnya. Mengingat kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Apalagi, merawat kesehatan dengan baik akan meningkatkan produktivitas kita di setiap hari. Meski, untuk melakukan pola hidup yang sehat ini, tidaklah mudah. Apalagi bagi orang yang sudah memiliki kebiasan buruk seperti saya.

Well, agar tetap sehat orang bisa rela melakukan apa saja. Segala cara dilakukan baik yang bersifat medis maupun non medis, juga logis ataupun tak logis, untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Cara yang dilakukan pun bisa menghabiskan banyak biaya bahkan tak jarang melanggar aneka norma dan logika. Padahal sejatinya menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit tidaklah sulit. Bahkan bisa jadi tidak memerlukan biaya sama sekali. Hanya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan membuat enggak semua orang bisa konsisten menjalankan.

Tips Menjaga Kesehatan tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit


Nah, meskipun sulit, kita bisa saja keluar dari kebiasaan lama dan memilih cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit nantinya. Dan berikut 5 langkah yang bisa kita terapkan!


1. Menjaga Pola Hidup yang Sehat Setiap Hari

Mempertahankan gaya hidup sehat memang memerlukan sebuah konsistensi. Tidak peduli seberapa sibuknya kehidupan dan padatnya jadwal kita setiap hari.

Dirimu mungkin akan tergoda untuk mempertahankan kebiasaan sehat selama seminggu dan beristirahat pada akhir pekan, dengan alasan gapapa cheating seminggu sekali aja, kan?

Tapi tahu enggak, hal ini justru akan memperburuk kesehatan. Pasalnya menjaga konsistensi setiap hari ini penting bagi kesehatan dan baik untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Maka, cobalah untuk menjaga pola hidup sehat dengan memilih makanan yang seimbang. Juga, konsumsi jumlah kalori yang sama setiap hari dan bekerja sewajarnya sesuai kemampuan diri.

Oia, terkait pemilihan makanan sehat ini, kamu bisa memilih berbagai makanan ataupun camilan yang yang bisa didapatkan melalui marketplace kesehatan lokal, Awal Mula.

Yes, Awal Mula merupakan sebuah platform e-commerce lokal yang terkurasi untuk berbagai produk kesehatan. Platform e-commerce ini didirikan pada tahun 2020 untuk mengenalkan produk-produk lokal pilihan dari brand berkualitas se-Indonesia yang menggunakan bahan alami dan tentunya aman untuk dikonsumsi.

Di sini, tersedia berbagai produk pangan sehat seperti, makanan, minuman, snack, bumbu dapur, pasta, biji-bijian, serta berbagai produk kesehatan lainnya yang dapat membantu banyak orang untuk menjalani pola hidup sehat dari sekarang.

Marketplace kesehatan lokal


2. Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Tepat

Nah, tidak hanya menjaga pola makan sehat saja, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan tubuhmu. Sebab, langkah ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Enggak hanya itu, menjaga tubuh agar tetap bersih berarti menjauhkan diri dari virus dan kuman. Sebab, kebersihan pribadi yang buruk akan memberikan jalan bagi bakteri dan virus untuk menyerang sistem kekebalan badan. 

Kurangnya kebersihan pada tubuh juga akan menurunkan kekebalan yang menyebabkan penyakit tertentu yang susah disembuhkan.


3. Menjaga Agar Kebutuhan Kalori Tubuh Terpenuhi Secara Seimbang

Kemudian, meski kamu sudah memiliki berat badan ideal, harus tetap memperhatikan asupan kalori. Meskipun memasukkan berbagai jenis makanan bergizi ke dalam menu merupakan ide yang bagus, namun tetaplah penting memperhatikan asupan. Karena jumlah kalori ini akan memengaruhi produktivitas sehari-hari.

Nah, sesuai Total Daily Energy Expenditure atau TDEE, kita sebaiknya menentukan kalori yang dibutuhkan sehari-hari dengan tepat. Cara menjaga kesehatan tubuh ini akan membantu untuk mencapai keseimbangan badan yang ideal.

Kita bisa menghitungnya dengan cara berat badan dikali 1,2 jika tidak banyak beraktivitas dan kalikan dengan 1,5 jika sedang berolahraga.


4. Pastikan untuk Menjaga Kebiasaan Olahraga Secara Teratur

Next, yang tak boleh terlupa adalah kebiasaan berolahraga. Seperti yang dilansir pada laman web.rhodes.edu, olahraga teratur sangat penting untuk membantu tubuh agar tetap fit. Jika kamu sudah terbiasa melakukan olahraga secara rutin, maka pertahankan!.

Oia, terkait olahraga, kita disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sekitar 60 menit setiap hari, seperti jogging, berjalan kaki, renang, gym, bersepeda dan lain sebagainya.


5. Hindari Konsumsi Alkohol Agar Imunitas Tubuh Tetap Terjaga dengan Baik

Kemudian, agar kekebalan tubuh tetap terjaga hindari juga konsumsi alkohol. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Clinical and Vaccine Immunology menunjukkan jika orang yang minum alkohol lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri. 

Hal ini karena alkohol dapat merusak sel dendritik yang merupakan bagian dari imunitas tubuh. Jadi, penting bagi kita menghindari minuman beralkohol sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Awal Mula

Konsistensi adalah Koentji untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit Setiap Hari


Well, berbagai penyakit berbahaya bisa dihindari jika kita menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Dengan begitu, kita bisa menjaga tubuh tetap sehat. Ingat, sehat itu mahal, jika sakit apapun yang kita punya bisa habis buat berobat. Karena itu jika ingin berhemat, yuk jalani saja pola hidup sehat! 

Salah satunya dengan mengikuti cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, seperti yang diuraikan di artikel ini. Jika konsisten dalam menjalankannya, selain bisa hemat biaya, kesehatan kita juga akan terjaga. 

Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu jagalah kesehatan kita sebelum aneka penyakit datang agar nantinya tak ada penyesalan.💖


Salam Sehat dan Semangat

signature-fonts

9 comments

  1. Dari ke lima poin cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit di atas, poin tentang olahraga yang masih bolong-bolong nih. Apalagi selama pandemi ini belum berani berenang. Jadi bingung mau lakukan olahraga apa? Padahal pertumbuhan badan udah makin ke samping gini. Waduh...(maaf malah curcol hi hi)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah alkohol haram sih. Jadi udah satu langkah menuju sehat. Olahraga yang harus lebih rajin lagi deh...
    Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  3. Bebersih diri ini kadang yang suka lupa. Atau pura-pura lupa. Mentang-mentang seharian di rumah terus ada aja yang suka males mandi. Alasannya kan nggak kemana-mana, nggak kotor. Begitu, Padahal mau bagaimana juga rutin mandi tetap penting ya. Heheheh

    ReplyDelete
  4. Aku ni masi PR untuk olahraga mba. Kayaknya adaa aja alesan buat enggak gerak gt. Palagi ngerasa udah capek ngurusin kerjaan domestik hehehe. Tapi emang kudu nyediain waktu ya buat aktif dan sehat itu. makasih sharingnya ya mba, akhirnya tau rahasia sehat ala mba Dian nih.

    ReplyDelete
  5. PR banget nih bagi saya untuk konsisten dengan menyediakan makanan sehat. Jadi kepo dengan Awal Mula ini. Namanya saja sudah menarik hehe
    Produknya cukup beragam untuk menjaga keinginan kita untuk makan sehat.
    Thanks sharingnya mbak diaan . Semoga kita sehat selaluu

    ReplyDelete
  6. Makasih tipsnya, cuma penyakit saya tuh adalah kurang konsisten. Kadang memberi kelonggaran buat diri sendiri untuk melahap semua makanan padahal belum hari Minggu, saya punya kebiasaan kalo hari Minggu bebas makan apa aja

    ReplyDelete
  7. Semakin menua, rasanya memang semakin hati-hati menjaga kesehatan ya, Mbak.
    Saya termasuk yang sampai hari ini berusaha mengatur pola makan secara seimbang. Udah mencoba beberapa pola makan sehat yang paling sesuai saking pengennya stay healthy.

    Alhamdulillah, baca ini jadi menambah semangat agar menjaga pola-pola yang lain. Jadi kangen main sepeda juga, nih. Kalo jogging insyaAllah hampir tiap hari. Berusaha displin puasa juga, insyaAllah.

    Kalo poin yang no.5 saya rasa kita BIG NO ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Olahraga yang mulai gak konsisten. Harusnya minimal 2 hari sekali nih. Tapi kalau lagi banyak DL begini, wis pol-polan cuma Sabtu-Minggu aja.

    ReplyDelete