Review Buku: Secawan Impian Kasih

Temaaan, setiap kehidupan memiliki kisahnya masing-masing. Tentu saja selalu ada aneka cerita bahagia, tangisan, tawa dan kesedihan menyertainya. Dalam kehidupan semua berbaur menyatu saling bertabrakan atau berpapasan. Segala sensasi rasa yang akan menjadi sebuah pelajaran yang bisa dipetik hikmahnya. Kesemuanya, akan menghasilkan pengalaman yang lebih baik lagi di kehidupan nanti. Seperti pada kisah novel berjudul Secawan Impian Kasih karya Tommy Indra berikut ini. 

Review Buku Secawan Impian Kasih

Tentang Novel Secawan Impian Kasih


Data Novel Secawan Impian Kasih

Judul Buku: Secawan Impian Kasih
Penerbit: Deepublish
Penulis: Tommy Indra
ISBN: 978-623-02-1473-8
Ukuran: 13×19 cm
Halaman: viii, 221 halaman
Tahun: 2020

Blurb Secawan Impian Kasih:

Novel ini bercerita tentang perjalanan 3 kakak beradik pemulung yang sudah yatim piatu bertahan dan berusaha mencari kehidupan yang lebih baik. Kasih, sebagai anak tertua membawa kedua adiknya yang masih sangat kecil, Tegar dan Suci pergi meninggalkan kota kelahiran mereka menuju Ibukota. Mereka pergi dengan cara menyusuri perlintasan kereta api dari tempat asal mereka menuju ke tempat tujuan. 

Berbagai halangan dan rintangan mereka lalui dalam perjalanan. Ada banyak perjuangan dan kesedihan yang mereka alami yang akhirnya membuat mereka terpisah satu dengan yang lainnya. Banyak kisah mengharukan di cerita ini terutama tentang perjuangan dan kasih sayang seorang kakak yang berjuang mencari kebahagiaan demi kelangsungan hidupnya dan kedua adiknya.

Review Secawan Impian Kasih


Novel ini adalah novel yang cukup unik, karena menghadirkan banyak tokoh di dalam cerita yang secara tidak langsung mengajarkan keberagaman karakter. Padahal umumnya semakin banyak tokoh yang dihadirkan, semakin sulit dalam menuliskannya, pasalnya karakter dari masing-masing tokoh haruslah kuat.

Nah, di satu sisi ini memang baik, tapi di sisi lain terlalu banyak tokoh dari sudut yang lain memberikan ketidakfokusan pembaca terhadap cerita itu sendiri. Kecuali penulis memang mahir dan lihai dalam mengemasnya. Dan, Tommy Indra berhasil melakukannya!

Secawan Impian Kasih, menceritakan kehidupan Bu Minah, seorang pemulung yang tinggal bersama ketiga anaknya. Mereka: Kasih yang berusia 11 tahun, Tegar 6 tahun dan terakhir si bungsu Suci yang masih berumur 2 tahun. Suami Bu Minah sudah meninggal karena kecelakaan kerja saat Suci masih bayi. Bu Minah mengasuh ketiga anaknya sendiri dalam keterbatasan hingga satu waktu nyawanya juga melayang saat menyelamatkan Suci dari sebuah kecelakaan. 

Saat itu ia ingin menyelamatkan Suci yang sedang bermain di tengah rel kereta api. Naluri seorang ibu membuatnya segera datang menyelamatkan buah hati tercinta, meski nyawa jadi gantinya. Menjadikan Kasih, Tegar dan Suci anak yatim piatu. Berawal dari inilah, kisah perjuangan mereka di mulai. Petualangan ketiga bocah mencari rezeki pun uji.

Dan perjalanan penuh drama pun dimulai. Mereka bertiga menantang kerasnya zaman, mencoba bertahan hidup dengan cara menjadi seorang pemulung. Di mana,  perjuangan Kasih sebagai anak pertama, tentu menjadi beban tersendiri. Karena harus menghidupi kedua adik-adiknya yang masih kecil.

Nah, mereka memutuskan pergi ke Ibukota untuk mengais rezeki, melawan kerasnya hidup yang mencekik. Karena tidak memiliki uang, mereka pun ke Ibukota dengan tidak menaiki transportasi, melainkan berjalan kaki dengan cara menyusuri rel kereta api.

Anak mana yang rela menyusuri ribuan kilometer menyusuri kereta demi mencapai tujuan. Belum memikirkan masalah makan selama perjalanan, juga terik dan hujan yang sewaktu-waktu datang. Secara psikologis, tentu saja kedua adiknya butuh kasih sayang dari sosok orangtua. Si anak pertamalah yang merangkap memenuhi kebutuhan psikologis ini. Bisa dibayangkan, betapa berat perjuangan dan pengorbanan seorang kakak terhadap adik-adiknya. Hiks!

Duh, beneran mengaduk-aduk emosi bacanya! Apalagi, kisah dalam novel setebal 221 halaman ini dikemas menggunakan bahasa yang ringan dan mengalir sehingga enak dibaca.

Lalu, bagaimana kisah hidup Kasih dalam menjaga adik-adiknya? Dapatkah mereka mewujudkan impiannya? 

Yuk, temukan jawabannya di buku yang terdiri dari lima belas bab ini. Di mana setiap babnya menyuguhkan sensasi nano-nano dan bikin kepo!

Gimana, penasaran?

Dirimu bisa dapatkan novel Secawan Impian Kasih ini di www.penerbitbukudeepublish.com dengan mudah dan harga yang ramah. 

Oia, temukan juga berbagai buku novel yang menarik lainnya di sana ya....Selamat Membaca!!💖


Stay Happy & Healthy

signature-fonts

2 comments

  1. Mba, endingnya tapi sedih ato bahagia :D. Jujurnya aku termasuk yg mudah banget kebawa kalo baca suatu cerita. Cerita sedih bisa bikin aku bad mood berhari2 Krn masih keinget Ama sad endingnya. Makanya agak menghindari buku dengan ending begitu :D.

    Menarik sih alurnya. Berarti kalo mau beli, hrs dr websitenya itu yaaa. Ntr aku mau cek ah :). Kali aja ada buku2 yg menarik lainnya

    ReplyDelete