10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak

Musik adalah satu bidang keahlian yang kerap Mama Papa kenalkan pada buah hati. Bisa karena kedua orang tua memiliki pengalaman bermain musik, bisa juga sebab mengetahui pengaruh positifnya pada anak. Nah, belajar piano adalah pilihan instrumen yang cukup populer. Tak heran, ada banyak kursus piano tersedia mengingat beragam manfaatnya yang sangat berguna bagi tumbuh kembang putra-putri kita.

Lalu, apa saja manfaat belajar piano bagi anak?

belajar piano
musik adalah salah satu hal positif yang bisa berpengaruh ke tumbuh kembang anak
(images credit: freepik.com)

1. Meningkatkan Konsentrasi

Bermain piano sangat erat hubungannya dengan fokus dan konsentrasi. Saat seseorang bermain piano maka ia akan melakukan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Menggerakkan kedua tangan, memencet tuts dan melihat teks lagu atau bahkan bernyanyi dalam waktu beriringan.

Nah, kalau anak dilatih untuk dapat melakukan multitasking maka secara tidak langsung Mama Papa sedang melatih konsentrasinya. Dan jika ini dilakukan secara terus-menerus maka kebiasaan memainkan piano bisa menjadi media untuk anak melakukan sesuatu dengan konsentrasi hingga tidak mudah teralihkan perhatiannya.

2. Melatih Kesabaran

Belajar piano bukanlah suatu hal yang mudah. Anak-anak bahkan orang dewasa perlu latihan yang konsisten dan waktu tidak sedikit untuk bisa benar-benar menguasai instrumen ini. Oleh karena itu, wajar saja kalau kegiatan ini akan melatih kesabaran bagi siapa saja yang memainkannya.

Mama Papa harus pintar-pintar memberikan dukungan bagi buah hatinya karena kesabaran pasti akan membuahkan hasilnya. Jadi, bukan hanya anak yang bisa belajar sabar, Keluarga Kiddo juga bisa melatih kesabaran dalam mengajarkan kemampuan musikal pada anak melalui piano.

10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak
anak sedang asik bermain piano (images credit freepik.com)

3. Mengurangi Stres dan Mendukung Perasaan Positif

Bermain musik memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah menimbulkan perasaan senang dan berfikir lebih positif. Aktivitas yang berkaitan dengan fisik yang diwakilkan dengan jari-jemari akan menghasilkan musik yang indah dapat menghindari stres atau depresi.

Kalau anak-anak sudah menyukai bermain piano maka kegiatan tersebut bisa mengusir rasa bosan atau stres. Studi bahkan ada yang mempelajari hubungan bermain piano dengan menurunkan tekanan darah serta korelasinya dengan kesehatan mental pada anak-anak.

4. Mengurangi Screen Time

Bermain piano dapat menjadi variasi aktivitas menyenangkan yang dapat mengasah berbagai kemampuan. Mama Papa bisa membuat jadwal aktivitas sehari-hari yang disukai anak khususnya untuk mengurangi penggunaan gadget atau elektronik secara umum.

Menonton televisi dan bermain ponsel bisa menjadi selingan kalau Mama Papa bisa mengkondisikan belajar piano sebagai rutinitas yang seru. Anak bahkan bisa berinisiatif bermain sendiri walau bukan waktunya meski sedang tidak ada guru yang membimbingnya.

5. Olahraga Tangan

Walau belajar piano dominan dilakukan dengan duduk dan lebih banyak menggerakan jari atau kaki. Sebenarnya keseluruhan aktivitas tersebut merupakan bentuk olahraga fisik yang cukup melelahkan.

Anak-anak diajarkan untuk memperhatikan postur tubuh yang baik selama bermain dan mempertahankannya untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, gerakan tangan yang kuat menekan tuts dan cepat beralih mengikuti lagu juga merupakan bentuk olahraga.

6. Menerima Kritik dan Masukan

Saat anak belajar main piano mereka juga belajar untuk menerima masukkan dan kritik. Anak mungkin merasa permainannya sudah bagus dan benar. Kalau ada pendapat berbeda dari guru les atau pengajarnya tentu anak berlatih menerima kalau pendapatnya tidak selalu benar. Hal ini sangat bermanfaat dalam mempelajari hal lain dan kehidupan bermasyarakat nantinya.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mempelajari instrumen yang terbilang sulit, melakukan latihan rutin dan menerima kritik orang, akan memengaruhi rasa percaya diri anak. Mereka akan menyukai belajar piano dan dengan dukungan yang tepat juga merasa keluarga bangga dengan apa yang dilakukannya. Hal-hal tersebut berkontribusi untuk membangun rasa percaya diri anak bukan hanya dalam bermain musik saja namun juga berbagai aspek lainnya.

kiddo.id

8. Kegiatan Bonding dengan Anggota Keluarga

Kalau Mama Papa atau Kakek Nenek mahir main piano maka anak bisa belajar piano dari anggota keluarga. Aktivitas ini bisa jadi sarana untuk membuat bonding dan juga Mama Papa tidak perlu mencari kursus atau guru les untuk membantu anak belajar main piano. Biasanya kemampuan ini bisa diturunkan karena sudah merasa sendiri berbagai manfaat dari mempelajari piano ini.

9. Kemampuan Kognitif

Kognitif adalah konstruksi kemampuan yang terbentuk dengan melibatkan otak. Kemampuan kognitif termasuk mengingat, berpikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Semua hal tersebut dapat diasah dengan belajar main piano. Anak akan mengingat nada dan tuts mana yang harus ditekan, berpikir cepat kalau ada nada yang salah dan membuat keputusan kalau tempo dan nada tidak sinkron. Masih banyak hal-hal lain yang dapat mempertajam kemampuan kognitif dengan main piano.

10. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Main piano mendukung berbagai kemampuan anak yang dapat menunjang performa akademisnya. Anak akan lebih mudah berkonsentrasi, percaya diri juga memiliki kemampuan kognitif yang mengesankan. Sehingga bukan suatu hal yang mengejutkan kalau prestasi di sekolah juga terbilang baik kalau buah hati kita terbiasa bermain piano ini.

See, terdapat banyak manfaat yang diperoleh anak bahkan sekeluarga dengan belajar piano, kan? 

Tidak hanya anak bisa mengembangkan kemampuan dirinya, tapi Keluarga Kiddo juga secara tidak langsung berlatih hal yang sama.

Mama Papa dapat mengajarkan anak belajar bermain piano dengan mencari referensi kursus piano yang menyediakan pembelajaran untuk anak-anak sesuai usianya. 

Nah, untuk referensi berbagai tips pengajaran piano di rumah dan juga rekomendasi tempat belajar, silakan kunjungi website Kiddo.id saja....

Oia, Mama Papa juga dapat memaksimalkan potensi buah hati dengan mengunduh aplikasi Kiddo.id ini!

Manfaatkan juga fitur Milestone Tracker yang ada, yang dapat memantau perkembangan Si kecil di sana yaaa

Yuk, jadi bagian dari keluarga besar Kiddo dan dapatkan berbagai informasi bermanfaat seputar pendidikan anak dan pengetahuan keluarga!💖


Sumber
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3579395/ini-alasan-mengapa-anak-perlu-les-piano
https://id.theasianparent.com/belajar-piano
https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/manfaat-belajar-piano-bagi-remaja


Happy Parenting

signature-fonts

27 comments

  1. Dengan mengunduh aplikasi KIDDO, artinya kita makin terfasilitasi untuk memaksimalkan potensi buah hati ya Mba.

    Apalagi ada fitur Milestone Tracker
    Ulala, ini keren abis! kita dapat memantau perkembangan Si kecil di sana

    ReplyDelete
  2. Wah iya, saya juga percaya kalau kemampuan main piano bisa meningkatkan kemampuan akademik, Mbak. Secara ... gak mudah menyelearaskan not-not balok dengan jemari dan penglihatan ya.

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu anak kecil aku pengen anakku les piano, keknya seru gituuu. HAhaaa, ambisi orang tua yang tak tersalurkan dan anaknya malah memilih buat karate.
    Keknya so sweet gituu kalo main piano, jari jemari yang lentik ketika memainkan tuts, suka bikin meleleeeh..

    ReplyDelete
  4. aku tuh memang pengen banget anak - anak belajar piano kalau mereka tertarik. Seneng aja liatnyaa ya mba

    ReplyDelete
  5. Baru tau nih aku ada 10 manfaat bagi anak bila belatih main piano. Aplikasi kiddo tentunya membantu juga ya. Jd penasaran dg aplikasi ini. Yuk ah cekidot.

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak manfaat bermanin piano bagi anak, ya mbak. Itu kenapa kawan-kawannya anakku, sejak TK sudah les piano, dan memang orang tuanya mereka kasih les itu karena tau bagus buat anak. Ya memang sih biaya kursusnya juga nggak murah, tapi selama mampu dan berguna buat si anak, kenapa tidak. Aplikasi Kiddo-nya tentu banyak membantu :)

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu kecil, kalau lihat film dan ada pemerannya yang main piano, kelihatannya keren banget. Ternyata nggak cuma keren, main piano juga banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  8. bermain piano itu ga mudah ya..makanya ada manfaat melatih kesabaran sekaligus melatih mental anak untuk menerima kritik dan masukan.
    aplikasi kiddo.id bantu banget ya buat memantau milestone anak.

    ReplyDelete
  9. aku dulu waktu smp memutuskan sendiri pengen les piano. tapi sayang berhenti karena banyak kegiatan jadi harus pilih2.
    sekarang udah gede pengen lanjut lagi bareng sama anak2 hihihi

    ReplyDelete
  10. Kakak ipar saya guru piano. Salah seorang anaknya juga bisa main piano. Memang menarik sih. Dulu saya pengen anak saya bisa piano, tetapi dia milih drum ^_^

    ReplyDelete
  11. Ini tuh aku banget deh, ingin rasanya minta anakku untuk ikutan les piano karena aku emang senang banget alunan piano. Di rumah kadang kalau lagi beraktivitas sambil dengerin beberapa pianis lewat spotify

    ReplyDelete
  12. Dulu waktu sma pas ada pelajaran seni musik aku sedih deh ga bisa lincah maenin piano, Mak hehe. Aku buta nada ga bisa bedain nada ini apa,nada itu apa. Salut sama yang punya kecerdasan musik. Dan emang dengerin musik bisa membantu melepas stres. Musik-musik soft atau instrumen gitu bikin hanyut ngelamun dan bikin cepet lelap tidur

    ReplyDelete
  13. Ahhh, ini mah pas bener membuka lembaran impian saya di masa remaja (sekarang mantan remaja), pengen bisa main piano, selain pengen bisa main biola. dua jenis alat musik yang memiliki alunan suara paling menenangkan (menurut saya).

    ReplyDelete
  14. Belajar musik berefek ke kecerdasan lainnya ya termasuk anak makin percaya diri. Apalagi kalau dia berminat, makin rajin latihan piano.

    Anakku belum tertarik Main alat musik. Mungkin karena jarang dipaparkan, emak bapaknya ga ada yang bisa. Heheh

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah kami dirumah semua suka musik, Si sulung pun suka sekali bermain keyboard. Ya dari pada megang gadget melulu. Tapi bener nih mbak bermain keyboard aja bisa ngebantu anak-anak melatih daya ingat dan kreativitasnya juga

    ReplyDelete
  16. Impian banget bisa main piano. Aku punya cita-cita punya satu alat musik yang aku kuasai.
    Tapi sampai usia segini, huhuu...belum ada. Tapi suka banget sama musik. Penting mengenalkan anak-anak akan kepekaan terhadap nada yaa..

    ReplyDelete
  17. iya mbak, belajar alat musik termasuk piano ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak ya mbak
    belajar piano punya banyak manfaat
    senangnya, sekarang belajar piano juga bisa lewat aplikasi

    ReplyDelete
  18. Anakku mau aku les in piano aja apa ya mba biar bisa mendapatnkan 10 manfaat yang udah dijabarkan oleh sampean di postinyan ini

    ReplyDelete
  19. Main apapun ya klo ditekuni anak2 pasti banyak manfaatnya apalg sedini mungkin

    Banyak gerakan piano yg melatih motorik dn jg konsentrasi jadi mau unduh aplikasi Kiddo.id penasaran

    ReplyDelete
  20. Selalu salut dan ngiri deh sama orang yang bisa main piano. Iya banget tuh, konsentrasi mereka kereeen. Aku kok ya gak bisa-bisa aja. Kalo pegang piano, cuma bisa mainin Ibu Kita Kartini aja sejak kecil

    ReplyDelete
  21. dulu aku ajari main drum anakku trus berhenti xD ibunya berat nganterinnya
    tapi dari dulu emang pengen les piano tapi umur anakku masih mau ga ya latihan piano gitu secara sekolahnya dah sibuk rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku dulu juga les piano terus berhenti karena ga sempat lagi, Bapaknya ngajarin di rumah sendiri..lanjut les gitar aja di rumah

      Delete
  22. Selalu salut sama orang-orang yang jago main piano, apalagi kalau jago nyanyi juga. Ya ampun seru amat itu, gimana koordinasinya. Hihihi. Saya seumur gini, blas gak tahu main piano T_T padahal pengen akutu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ga bisa Mbak hiks..suamiku yang jago main piano

      Delete
  23. Aku dulu belajar orgent mba, 11 - 12 lah sama piano. Tapi anak2 ku kuajak belajar musik belum pada tertarik. Padahal kan asyik. Emaknya aja pingin belajar biola. Hehe

    ReplyDelete
  24. Jadi pengen ngelesin anak piano juga nih rasanya abis baca iniiii.. tapi mesti nabung buat beli pianonya juga yaaaa

    ReplyDelete