Tips Memilih Tempat Belanja Online Produk Lokal Berkualitas

Guys, diantara produk lokal dan luar negeri, mana yang paling sering kamu beli? Well, tidak semua produk lokal itu kualitasnya buruk lho! Asalkan dirimu tahu tempat belanja online yang berkualitas, pasti bakal nemu produk yang pas! Apalagi, kini ada beragam produk lokal yang ditawarkan secara online, jadi makin gampang kalau kamu mau cari.

Sebut saja pakaian, makanan, aksesoris..., yang jadi produk UMKM saat ini, yang berlomba-lomba membuka tempat belanja online murah dengan kualitas tinggi. Membuat kita punya banyak pilihan sebelum menentukan barang yang kita butuhkan. 

Lagi pula, keuntungan yang akan kamu dapatkan dari belanja produk lokal pun ada banyak. Jadi, enggak bakal rugi kok kalau kamu beli local brand ini! 

Lalu, gimana cara kita bisa menemukan toko online yang menjual produk lokal berkualitas? Yuk, mari!

tempat belanja online

7 Tips Menemukan Tempat Belanja Online Barang Lokal Berkualitas


Produk lokal menawarkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang enggak kalah! Membelinya berarti kamu turut serta menunjukkan local pride sebagai wujud dukungan pada tren positif terhadap brand Indonesia. Yang tentu saja ini akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk dalam negeri. Membuat kamu juga turut meningkatkan kemajuan perekonomian negeri kita sendiri. 

Nah, untuk itu, setidaknya kamu harus tahu produk lokal apa saja yang ada di daerahmu, syukur-syukur produk lokal dari area lainnya.

Meski enggak perlu khawatir lagi. Karena kini, untuk memudahkan membeli, telah ada beberapa tempat belanja online yang menyediakan beragam produk lokal berkualitas ini.

Kita tinggal pilih saja mana barang lokal yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan. Meski, teteup harus di tempat belanja online terpercaya yang menjualnya agar aman nantinya. 

Dan, berikut ini beberapa tips yang kamu bisa ikuti untuk menemukannya!

1. Menjual Produk Tradisional Khas Indonesia

Pertama, kamu bisa mengecek terlebih dahulu produk apa yang ditawarkan. Supaya kamu tak salah beli produk asing, cara mudahnya adalah membeli produk tradisional yang khas Indonesia. Pasti tahu dong produk tradisional apa saja yang benar-benar khas Indonesia?

Misalnya saja aneka batik, kain tenun, kuliner khas seperti rendang, atau kerajinan tangan contohnya tas anyaman, dan lainnya. 

Semua itu adalah produk tradisional Indonesia. Di mana ciri khas tempat belanja online dengan brand lokal sebagian besar selalu menyediakan produk tradisional ini. Jadi kamu sudah pasti tidak akan salah beli.

2. Merupakan Toko Online dari UMKM

Kemudian, apabila kamu tak ingin membeli produk yang berbau tradisional tapi lebih ke arah modern, juga tidak masalah. Kamu hanya perlu mencari tempat belanja online terpercaya yang menyediakan produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

UMKM ini sudah dipastikan hanya menyediakan produk lokal dan sebagian besar memproduksi produknya sendiri. Beberapa contoh produknya seperti kue kering, fashion, minyak kayu putih dan masih banyak lagi.

belanja online produk lokal berkualitas

3. Memiliki Peraturan Belanja yang Jelas

Produk lokal yang ditawarkan sudah berkualitas, tentu saja harus ada alur belanja online yang jelas. Alur ini akan meyakinkan kamu bahwa tempat tersebut sudah terpercaya dan berpengalaman. Dengan begitu kamu bisa berbelanja dengan lebih nyaman.

Salah satu sistem yang paling penting untuk diperhatikan adalah soal pembayaran dan pengiriman. Sistem pembayaran yang profesional tentu saja telah terintegrasi dengan banyak bank. Selain itu terkait pengiriman, pastikan mereka juga bekerja sama dengan jasa pengiriman terbaik yang sudah terkenal di Indonesia.

4. Jangan Lupa Cek Review

Kamu mungkin sudah menemukan produk lokal di tempat belanja online termurah tapi jangan buru-buru untuk checkout, yaaaa. Sudahkah kamu mengecek review dari toko dan produk itu? Bahkan ada baiknya juga kamu melakukan riset harga dengan produk lokal sejenisnya.

Ketahui terlebih dahulu apakah review dari konsumen sebelumnya positif terhadap tempat tersebut. Seperti bagaimana layanannya, apakah produk sesuai dengan yang ditawarkan sampai pengirimannya tepat waktu atau tidak. Pokoknya cek dulu review di marketplace atau sosial media dari toko itu.

5. Mencari Informasi Brand Lokal

Jika kamu masih bingung dengan produk lokal, cara paling mudah menemukannya adalah dengan mencari tahu soal brand terkaitSaat ini brand-brand lokal Indonesia sangat mudah ditemukan di internet.

Misalnya saja kamu ingin mencari produk jaket, untuk tahu brand lokalnya apa kamu bisa mencarinya di search engine yang ada. Nah, dari hasil pencarian itu, kamu tinggal cari tahu di mana saja brand tersebut bisa kamu temukan. Mudah, kan?

6. Minta Rekomendasi Teman

Masih saja tidak percaya dengan beberapa tempat belanja online brand lokal yang kamu temukan di internet? 

Cara lainnya adalah meminta saran dari teman. Saat ini sudah banyak anak muda Indonesia yang lebih memilih produk lokal ketimbang luar negeri.

Jadi tak ada salahnya jika kamu menanyakan kepada mereka brand lokal apa yang biasanya jadi langganan. Mereka pasti akan memberitahumu dan kamu tinggal membelinya. Siapa tahu juga kamu bisa mendapatkan informasi diskon yang sedang diadakan oleh toko online tersebut.

Ladara Indonesia

7. Membaca dengan Teliti Detail Produknya

Terakhir supaya kamu beneran mendapatkan produk lokal yang berkualitas adalah memastikan tentang detail produk. Membaca dengan teliti detail produk itu kewajiban apalagi jika produknya adalah makanan atau pakaian.

Jika pakaian akan lebih baik untuk mengecek ukuran dan detail jenis bahan. Sedangkan untuk makanan kamu harus tahu tanggal kadaluarsa dan cara pengirimannya. Terutama untuk jenis makanan dalam kemasan frozen yang tentu membutuhkan proses pengiriman khusus.

Selalu pastikan ulang sebelum akhirnya kamu checkout dari keranjang belanja. Apabila masih ragu akan produk tersebut, kamu bisa menghubungi pihak customer service. Dari situ kamu juga akan tahu bagaimana pelayanannya, karena produk lokal tentu layanan yang diberikan harusnya memuaskan.

Nah, gimana? 

Semoga tips memilih tempat belanja online produk lokal berkualitas ini bisa membantu ya...

Oia, buat kamu yang masih kebingungan memilih mana tempat belanja online produk lokal yang berkualitas, coba deh kunjungi Ladara.id

Di LaDaRa kamu akan menemukan ratusan produk lokal UMKM dari seluruh Indonesia. LaDaRa menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti, fashion, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga, hobi, dan masih banyak lagi. Di mana sebagai situs belanja online buatan anak bangsa, LaDaRa berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas yang diproduksi langsung oleh UMKM Indonesia.

LaDaRa akan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan praktis dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih dengan komitmen membangun perekonomian masyarakat yang mendukung perkembangan produk UMKM ini.

Cari tempat belanja online produk lokal berkualitas? Ke LaDaRa yang paling pas!💖


Sumber:
https://realfood.co.id/artikel/7-alasan-kenapa-harus-beli-produk-lokal-banyak-untungnya/
https://www.bamzsusilo.com/2018/09/7-alasan-memilih-olshop-agar-kamu-tidak.html
https://www.merdeka.com/gaya/tips-belanja-barang-lokal-terbaik-di-singapura.html
https://fikashop.com/blog/cara-memilih-online-shop-terpercaya



Happy Shopping

signature-fonts

31 comments

  1. LaDaRa. Wah, mana yang unik banget nih untuk online shop :) Jadi kepengen melihat2 ada apa aja produk2 UMKM yang ditawarkan di sana. Kebetulan nih aku kadang suka beli tas kulit, batik tradisional dll. Iya, penting sekali cek ulasan konsumen lain agar lebih yakin jadi klik 'buy' nya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ke tekape, banyak pilihan produk UMKM di sana

      Delete
  2. Belanja online juga ada resikonya, pernah sekali dlu hampir trauma belanja online, tapi setelah tau tipsnya jadi nyaman belanja online

    ReplyDelete
  3. Wah baru tau ada yang namanya ladara. Sekilas kebacanya lazada hehe... jadi lebih fokus produk-produk umkm ya. terimakasih sudah mereview!

    ReplyDelete
  4. Asik, asiikk, aku hepi banget ada LaDaRa ini mbaaa
    karena memang makin ke sini aku lebih suka belanja local brand
    sekalian menyemangati para pegiat UMKM ye kaannn

    ReplyDelete
  5. Sebelum belanja aku selalu cek dan baca review-review dari pelanggan. Ini penting banget sih

    ReplyDelete
  6. keren banget sih ini, LaDaRa memang pilihan banget untuk kita support produk lokal. Semoga langkah kecil ini bisa jadi penggerak UMKM ya kak

    ReplyDelete
  7. Ladara ini baru ya mba? Makin banyak referensi tempat belanja online yg bagus nih.

    ReplyDelete
  8. Sayaa suka belanja apalagi beli produk-produk lokal Indonesia, wah bisa belanja disini yaa. Senang sekali mendengarnya

    ReplyDelete
  9. wah aku baru tau ada tempat belanja online produk Indonesia gini. Keren banget

    ReplyDelete
  10. LaDaRa, nanti mau liat-liat ah produknya. Aku tuh penyuka barang-barang berbau etnik khas daerah. Suka aja sama batik pekalongan, kayanya tenun khas NTT bagus-bagus. Bagus juga ada LaDaRa, membantu memasarkan produk lokal biar pengrajin lokal makin maju.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu aku Mbak tentang LaDaRa ini. Coba ah entar aku cari tahu. Kebetulan aku suka banget cari-cari produk yang punya ciri khas lokal daerah.

    ReplyDelete
  12. suka sekali belanja produk produk lokal. tapi kemarin kesal juga masa sampe ke sapu aja ternyata made in china nih, huhu..

    aku langsung ngecek nih webnya ladara, mba dian. baru dengar, tapi tampilan websitenya cakep banget, produk yang ditampilkan khas produk lokal banget...

    ReplyDelete
  13. Betul, Mba Dian. Banyak banget produk lokal yang kualitasnya gak kalah jauh sama produk luar, aku sendiri lebih sering belanja produk lokal karena emang lebih pas sama kantong dan selera sih, untuk nentuin toko online pun aku juga nerapin semua poin di atas, terutama poin ke-4 dan ke-6. Review dari pembeli dan rekomendasi dari teman itu salah satu alasan utama aku percaya sama toko online yang bakal jadi tempat belanjaku. Hehe

    Dannnn, aku baru tau ada marketplace yang namanya Ladara.id, langsung otw ngecek produk-produk di dalamnya dan semuanya produk lokal, huah keren banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banyak produk lokal ga jauh kualitasnya dengan produk luar

      Delete
  14. Asikkkk akhirnya ada marketplace yang berfokus kepada produk lokal. Seneng banget dapat kabar dan tau tulisan ini. Semoga produk-produk lokal bisa terus menggeliat dan mencuri perhatian. Dengan adanya marketplace ini pun cukup keren.

    Keknya bakal sering belanja disini nanti nih, hitung-hitung ngedukung produk lokal

    ReplyDelete
  15. biasanya aku bacain review temen temen dulu atau follow akunnya untuk tau toko mana aja yang terlibat, terus cari info disana.
    dan kalau nemu yang menarik, cocok, langsung beli

    suka sama ide dari umkm indonesia, ada aja yang menarik pastinya barang barang yang dijual

    ReplyDelete