Brain Academy - Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Anak sulung saya kini kelas X SMA dan sedang menunggu pembagian rapor semester dua. Enggak pernah terbayang sebelumnya, selama setahun pembelajaran harus dijalaninya secara online. Seragam yang dibeli hanya dipakai sekilas saat sesi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Juga, hingga kini ia belum pernah sekalipun bertemu dengan teman sekelasnya secara nyata. Sedih rasanya, jika mengingat masa-masa indah putih abu-abunya serasa terlewat begitu saja.

Tapi, galau berkepanjangan tentu takkan mengubah keadaan. Semangat belajar demi masa depan harus terus dipertahankan. Keterbatasan pembelajaran dari sekolah tak boleh dijadikan alasan karena masih ada seribu cara untuk berburu ilmu. Enggak hanya dari bangku sekolah saja, bisa juga belajar online di bimbingan belajar (bimbel) yang kini banyak tersedia.

Apalagi jika bimbelnya merupakan kombinasi offline & online bersama guru les terbaik dan didukung juga oleh kelas pengembangan diri dan fasilitas modern seperti di Brain Academy yang dipersembahkan oleh Ruangguru ini! 

Yes, Brain Academy, bimbel online terbaik di Indonesia untuk mendukung PJJ anak-anak kita. Pertama di Indonesia, satu-satunya bimbel yang menawarkan kombinasi bimbingan belajar offline dan online dengan segala keunggulannya! Bimbel yang jadi jalan ninja solusi, yang akan membantu anak dan orang tua dalam hadapi PJJ di masa pandemi.

Brain Academy

Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh 


Well, sudah lebih dari setahun anak-anak belajar secara online. Tentu ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkan karena pemberlakuannya. Diantaranya:

Dampak Positif PJJ

✔ Anak punya lebih banyak waktu bersama keluarga
✔ Metode belajar lebih fleksibel dan variatif
✔ Anak jadi lebih peduli dan mampu beradaptasi dengan perubahan
✔ Meningkatnya kemampuan mengeksplorasi teknologi
✔ Sebagian anak merasa lebih nyaman belajar dari rumah karena tak ada lagi yang mem-bully

Dampak Negatif PJJ

✔ Penurunan capaian belajar
✔ Berisiko kehilangan pembelajaran atau learning loss
✔ Anak kurang bersosialisasi
✔ Intelektual dan emosional anak akan mengalami gangguan
✔ Berpotensi jadi korban kekerasan dalam rumah tangga

Terlepas dari dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan oleh PJJ, orang tua memiliki peran yang penting dalam metode belajar anak. Sebab biasanya guru yang melakukan tugas itu terutama terkait pembelajaran. 

Maka agar anak dapat belajar secara efektif walau di rumah saja, orang tua perlu melakukan hal-hal berikut, diantaranya: membuat rencana belajar anak, menjalankan kebiasaan pembelajaran yang sama, mengajarkan tanggung jawab, mempelajari kekuatan dan kelemahan anak, memanfaatkan teknologi dan menyediakan fasilitas penunjangnya.

Nah, bimbel bisa membantu orangtua untuk menjembatani kekurangan materi yang seharusnya didapatkan anak dari guru-gurunya.

Brain Academy

Mengapa Sebaiknya Pilih Bimbel Kombinasi Offline & Online?


Bimbel di era sebelum pandemi biasanya dilakukan secara offline. Ketika virus Covid-19 tiba-tiba menerjang, sama dengan sekolah, bimbel pun metodenya diubah menjadi online. Nah, kombinasi dari keduanya seperti yang ditawarkan oleh Brain Academy - bimbel online terbaik di Indonesia adalah solusinya. 

Mengapa???

1. Offline + Online = Perfect!

Di bimbel, siswa dapat berinteraksi dengan guru langsung jika punya pertanyaan. Sementara jika ketinggalan di sekolah/bimbel, materi pengajaran juga selalu tersedia online via aplikasi Ruangguru. Tak hanya itu bimbe di Brain Academy juga didukung oleh aplikasi tambahan khusus diagnostics test dan pendalaman materi HOTS yang diujikan di UN dan UTBK.

2. Bimbel Online Terbaik di Indonesia

Brain Academy melayani siswa-siswi kelas 4 SD hingga 12 SMA. Dengan kegiatan belajar dan mengajar yang dikelola oleh pakar pendidikan terbaik yang telah mengajar dan mengembangkan materi belajar di berbagai negara di dunia maupun sekolah dan bimbel terbaik di Indonesia.

3. Diajar oleh Guru-guru Terbaik

Program, kurikulum, dan teknologi di Brain Academy dikelola oleh pakar pendidikan terbaik yang telah mengajar dan mengembangkan materi belajar di berbagai negara di dunia maupun institusi pendidikan terbaik di Indonesia. Di mana guru-guru diseleksi ketat, dari bimbel top, sekolah-sekolah favorit, dan lulusan PTN favorit serta dilatih dan terstandardisasi.

4. Smart Classroom

Fasilitas bimbel lengkap, modern, dan didukung dengan teknologi terkini sesuai dengan abad ini. Gadget dan high-speed WiFi tersedia di kelas untuk mendukung pembelajaran digital. Dengan lokasi di 29 kota di Indonesia, tersebar di provinsi: Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Yogyakarta

5. Kelas Tambahan Gratis

Termasuk kelas tambahan gratis untuk pengembangan diri di mana Brain Academy menawarkan kelas untuk pengembangan diri karena sukses di masa depan membutuhkan lebih dari kemampuan akademis. Terdiri dari kelas tambahan: critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dan lainnya.

6. Kunci Sukses

Brain Academy melakukan tes diagnostik di setiap sesi untuk mengukur kekuatan dan kelemahan siswa. Kemudian, sistem merekomendasikan materi belajar. Guru stand-by buat menjelaskan materi yang belum dipahami. Lalu, peserta bisa konsultasi di luar kelas (offline + online). Di rumah, siswa bisa belajar mandiri. Semua materi (video, latihan soal, modul dan tryout) bebas diakses 24 jam dari HP dan Laptop

7. Kolaborasi

Brain Academy berkolaborasi dengan dengan orang tua untuk memantau nilai siswa. Di setiap sesi pertemuan, akan didiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa secara individual sehingga tercapai tujuan: nilai di sekolah naik, masuk sekolah/PTN terbaik, sukses di abad 21
Kombinasi bimbel offline & online

Manfaat bimbel

Brain Academy by Ruangguru - Bimbel Online Terbaik di Indonesia


Well, tahun pelajaran 2020-2021 menjadi tahun yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, terutama untuk pelajar di Indonesia. Karena pandemi, sistem Pembelajaran Tatap Muka di sekolah, seketika berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh dari rumah.

Tapi, tidak perlu terlampau galau dengan kondisi ini. Karena, Ruangguru sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan, sudah membuat berbagai macam sistem belajar online, yang interaktif, lengkap, dan sangat mudah digunakan.

Salah satu inovasi yang dipersembahkan Ruangguru adalah Brain Academy. Kombinasi bimbel offline & online yang bertujuan meningkatkan efektifitas proses belajar siswa di era new normal dengan memberlakukan protokol kesehatan sesuai aturan.

Pilihan yang pas, termasuk buat anak sulung saya yang tahun ajaran ini naik ke kelas XI. Apalagi saya sudah ceki-ceki lokasi Brain Academy di Jakarta Barat yang ternyata enggak jauh dari rumah kami. 

Nah, buat yang lagi cari-cari bimbel online terbaik di Indonesia, Brain Academy kombinasi bimbel offline dan online adalah jawabannya!💖


Bimbel online

Web: www.brainacademy.id
IG: @brainacademy.id
Youtube: Brain Academy


Salam Sehat dan Semangat

signature-fonts

27 comments

  1. Waah, terima kasih kak Dian sudah review produk Ruangguru. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.
    FECAIP211 kode tersebut bisa digunakan untuk membeli paket belajar di ruangguru.

    ReplyDelete
  2. kemarin anakku dapat tugas untuk menyebutkan perbedaan belajar dari rumah dengan belajar di sekolah, trus dia bingung bedanya apa saking udah cukup lama sekolah dari rumah

    ReplyDelete
  3. Mba, jadi ini by RuangGuru ya bisa offline dan online gitu. Mulai dari kelas 4 sd...Aku jadi kangen bimbel dulu. Kebayang jaman putih abu2 tuh yaa. Mereka offline. . Semangat yaa
    Sama kayak anak aku sd baru pakai seragam 1x di sekolah trus pakai seragam sisanya online 😁 sabar ya anak2..

    ReplyDelete
  4. Andai bimbingan belajar di zamanku sudah ada Brain Academy ini, pasti lebih semangat belajar. Dulu sama sekali gak ikut les di luar. Bingung kan karena jaraknya sementara kegiatan agak padat. Sekarang meski PJJ, Alhamdulillah bimbel semakin mudah

    ReplyDelete
  5. Emang berasa banget sih ini anakku selama PJJ ini, apalagi dia baru masuk kelas 1 kemarin jadi sosialisasi gak dapat, full di rumah saja emang ada plus minus. Enaknya kalau PJJ kita bisa memantau ya mak, makanya aku kadang gak bisa diganggu gugat di jam anakku sekolah. Btw ini Brain Academy ini mulainya untuk kelas berapa ya? Hanya kelas besar atau memang ada pembelajaran untuk kelas kecil? KOk aku jadi pengen tau banyak ini.

    ReplyDelete
  6. di masa PJJ seperti sekarang ini memang perlu banyak penyesuaian yaaa mba dan salah satunya bimbel untuk anak - anak ya mbaaa

    ReplyDelete
  7. Wah tepat banget ini lagi cari Bimbel yang online juga

    Yang kucatat dari tulisan ini, Brain Academy melakukan tes diagnostik di setiap sesi untuk mengukur kekuatan dan kelemahan siswa, karena kebetulan anak-anakku yang dua ini agak susah di soal seperti story telling.

    Yang lebih penting, bisa konsultasi di luar kelas (offline + online) dan materinya bebas diakses 24 jam dari HP dan Laptop, karena yang udah udah - si materi belum diunduh udah ga bisa diakses

    ReplyDelete
  8. Pas banget kalau ada Bimbel Offline+Online gini ya mbak. Apalagi buat anak yang butuh banget bertemu teman dan guru agar lebih paham. Kan anak-anak gak semua sama cara belajarnya. Kasihan anak-anak yang ekstrovert dan pengen belajar offline. Bimbel juga menolong ortu banget apalagi yang sibuk bekerja

    ReplyDelete
  9. Allhamdulillah ya Mba, sekarang bisa bimbel online dan offline di satu tempat kayak branin academy ini. Memudahkan untuk belajar jadinya.

    ReplyDelete
  10. bagus nih brain academy, menerapkan model blended learning, kombinasi antara online dan offline. Apalagi platformnya dikembangkan oleh Ruangguru, makin yakin deh sama tenaga pengajar, media pembelajaran dan juga metodenya. Mau cek juga ah, apakah malang termasuk 29 kota yang sudah difasilitasi

    ReplyDelete
  11. Saat Pandemi seperti ini, belajar online masih jadi pilihan terbaik ya mbak
    Sekolah PJJ , dan bimbel pun baiknya juga online ya mbak
    Beruntung sekarang sudah ada Brain Academy ini
    bimbel online yang menggunakan sistem blended learning ini

    ReplyDelete
  12. Sayangnya aku baru tahu nih ada Brain Academy bimbel yang mengkombinasikan sistem belajar online dan offline, tapi harus diakui Ruangguru banyak berperan untuk membantu anakku yang tahun ini lulus SMK dan Alhamdullilah bisa masuk SNMPTN 2021. Padahal sempat galau karena 3 semester pembelajaran dilakukan via daring. Tahun ajaran ini aku mau mendaftarkan adiknya nih, yang SD kelas 5 dan sudah aku daftarin ke Brain Academy. Bagaimana pun anak-anak memang butuh belajar tatap muka yang efektif dan efisien tentunya dengan Prokes yang ketat.

    ReplyDelete
  13. Anak kedua saya kelas 8, hari ini terima rapor. Untuk persiapan masuk SMA, sepertinya menarik nih kombinasi bimbel offline & online di Brain Academy.

    ReplyDelete
  14. di saat PJJ sekarang kita memang perlu selalu pastikan kualitas belajar anak - anak bisa tetap terus terjaga yaa mbaaa. Bimbel online ini bisa jadi satu alternative ya

    ReplyDelete
  15. Jadi model bimbelnya blended earning gtu ya mbak? Aku kepoh kalau pas luring tu di mana kegiatan belajarnya?
    Iya nih pandemi mengubah segalanya, maka manusia harus beradaptasi, salah satunya para pelajar yang sekolahnya PJJ
    Enak zaman skrng ya ada bimbel kyk gini, aku pun keknya bakalan milih belajarnya di rumah andai aku anak sekolah zaman now secara aku tu mageran hehehe

    ReplyDelete
  16. Terima kasih ulasannya Mak, butuh banget info ini sebab Juli, tahun ajran baru kabarnya masih PJJ yah.di Bengkulu kasus kovid juga masih tinggi

    ReplyDelete
  17. Kalau menurut saya, belajar dirumah juga nggak masalah, benar jauh dari bullyan, tapi lebih efektif memang. Apalagi kalau orang tua selalu dirumah aja, anak jadi makin terkontrol. Tapi ya itu.. harus pandai menjaga sabar hahaha.. kayaknya di daerah saya belum ada ini Brain Academy, pinggiran mungkin ya. Nanti coba saya cek ah..

    ReplyDelete
  18. Masa pandemi gini makin banyak bimbel online ya mba, yang salah satu terkeren ya pasti brain academy ini. Bisa ada offline dan online juga lagi. Dan pasti ikut protokol kesehatan ketat lagi. Pandemi tetap semangat belajar pokoknya

    ReplyDelete
  19. Baru lagi nih ya dari Ruang Guru.. mantepp.. Kadang pertemuan online memang kurang memuaskan ya.. jadi harus dikombiniasikan nih sama offline

    ReplyDelete
  20. Yang menarik dari Brain Academy ini adalah bahan ajarnya dikirim ke rumah.
    Jadi bener adanya bahwa pembelajaran offline + online = perfect!

    Aku jadi tertarik berlangganan Brain Academy niih..

    ReplyDelete
  21. Mau coba cek-cek lokasi untuk bimbel Brain Academy ini kalau di Semarang ada atau enggak ya. Tapi kayaknya nunggu kondisi tidak merah membara lagi kayak sekarang ya supaya bisa mencoba bimbel yang satu ini, disesuaikan dengan kebijakan pemerintah setempat terkait diperbolehkannya acara tatap muka.

    ReplyDelete
  22. Kudu mulai mempertimbangkan ini nih aku untuk si AA. Naik kelas 2 SMA jelas pelajarannya nambah susah. Waktu kemaren kelas 1 aja, aku banyak bengong saat ditanya. Kudu diskusi nih sama si AA dan bapaknya.

    ReplyDelete
  23. semenjak pandemi otomatis kegiatan pergi ke lembaga bimbel offline juga nggak ada.
    dan bimbel online seperti ini bisa jadi solusi juga ya buat anak-anak biar tetep bisa belajar

    ReplyDelete
  24. Brain Academy ini jadi solusi banget nih untuk menghadapi PJJ. Apalagi melihat angka covid di Indonesia yang akhir-akhir ini meningkat

    ReplyDelete
  25. Wah, Brain Academy solusi banget ini untuk mendukung proses belajar mengajar anak-anak di era pandemi.
    Meski sarana pemebelajaran semakin inovatif sekarang, tetap saja kontrol dan motivasi dari orang tua menjadi yang utama dan pertama ya kan mak! Smg anak-anak kita bisa melewati masa-masa pandemi ini dengan baik, tidak perlu mengalami loos learning.

    ReplyDelete
  26. Aku dulu tertarik pakai brain academy mak. Cuma sayangnya anakku masih kelas satu jadi kudu cukup yang reguler biasa itu
    Pdhl enak ya bisa tatap muka langsung secara beneran beda online dsn offline

    ReplyDelete