Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas

Holaaa...sudah cukup berkualitaskah tidurmu setiap harinya? Ingat, ingat...kualitas tidur yang baik berperan penting lho dalam produktivitas dan kesehatan. Apalagi saat hadapi pandemi seperti ini. Pasalnya tidur akan memengaruhi kesehatan kita. Oia, tak harus tidur dengan kuantitas ideal, tapi bagaimana tidur kita bisa berkualitas agar kesehatan dan produktivitas maksimal.

Lalu bagaimana agar mendapatkan kualitas tidur yang baik? 

Well, beberapa bahan herbal terbukti memiliki khasiat menenangkan dan dapat membantu tidur lebih baik dan pulas. Juga terbukti efektif mengatasi masuk angin dan menghangatkan badan sehingga tidur makin nyaman.

Adalah Antangin Good Night yang mengandung herbal Passion Flower dan ekstrak Valerian yang diolah secara tepat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, serta dilengkapi Jahe untuk meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan, sehingga mampu membantu kita mendapatkan tidur berkualitas.

Tapi, sejauh mana manfaat herbal mampu membantu tidur lebih baik lagi? 

Nah, pada Webinar bertema "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas", Jumat, 18 Juni 2021, bersama Antangin Good Night dan Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis dengan host Sara Neyrhiza saya temukan jawabannya.


Tips Tidur Berkualitas

Narasumber Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) Menyampaikan,


"Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur di malam hari. Tetapi kebutuhan kuantitas tidur setiap individu bisa saja berbeda. Ada yang butuh 6 jam saja, ada pula yang perlu 10-11 jam tidur di malam harinya. Yang utama dari semua adalah tidurnya berkualitas! Misalnya dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya terbangun 1 kali dan kembali bisa tidur dalam 20 menit setelahnya."

Dokter Inggrid mengingatkan jika tidur akan memengaruhi kesehatan kita. Pasalnya kurangnya kuantitas dan kualitas tidur akan memengaruhi:

  • Sistem Imun: menurunkan imunitas
  • Working Memory: menurunkan fungsi kognitif dan working memory span sebesar 38%
  • Mood: membuat rentan mengalami moodiness dan depresi
  • Kecelakaan: membuat makin besar kemungkinan mengalami kecelakaan
  • Kesehatan Kulit: membuat rentan mengalami penuaan dini
  • Kebiasaan Makan: meningkatkan selera makan junk food/makanan yang tidak sehat

Dan ternyata kualitas tidur itu lebih penting daripada kuantitas tidur!

Tentang hal ini, Dokter Inggrid yang juga Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menegaskan:

✔ Kualitas tidur lebih dominan dalam memengaruhi kesehatan secara keseluruhan daripada kuantitas tidur
✔ Kualitas tidur indikator yang lebih baik dalam menilai mood dan kepuasan hidup dibandingkan kuantitas tidur.

Lalu, bagaimana dengan kualitas tidur orang Indonesia sendiri?

Prevalensi gangguan tidur di dunia 5-15%, di mana 31-75 % berkembang menjadi masalah insomnia kronik. Sementara, survei terhadap 2944 responden Indonesia usia 18-24 tahun didapatkan data, lebih dari 2/3 masyarakat Indonesia mengalami kurang tidur.

Oia, insomnia di sini diartikan sebagai ketidakmampuan dalam menjaga atau mempertahankan kuantitas dan kualitas tidur yang baik. Yang mana sekitar 1 dari 3 orang di dunia kadang-kadang mengalami insomnia dalam derajat yang bervariasi.

Kemudian...pandemi begini memengaruhi kualitas tidur seseorang apa enggak ya? Seperti saya yang jujur sering enggak pulas tidur karena kepikiran inilah, itulah, overthinking dengan apa yang akan terjadi kini dan nanti. Apakah  ada di luar sana yang juga merasakan hal yang sama?

Well, ternyata menurut survey SleepHelp.org, sebanyak 22% orang menyatakan bahwa kualitas tidurnya memburuk karena adanya Covid-19 yang disebabkan karena stres, ketakutan dan kecemasan terhadap virus ini. 

Enggak hanya itu, pandemi juga memengaruhi aspek kualitas tidur yaitu pada latensi tidur, durasi, kualitas subjektif, efisiensi tidur sehari-hari, gangguan tidur, penggunaan obat tidur dan disfungsi di siang hari. 

Waaahh!!!

Etapiii, faktor penyebab masalah tidur itu apa saja sih ya? Ini dia:

  1. Gangguan Fisik: sedang sakit kepala, nyeri sendri, nyeri perut, dan lainnya
  2. Isu Medis: sleep apnea, dan lainnya
  3. Gangguan Psikologik/Psikiatrik: stres, depresi, ansietas
  4. Gangguan Lingkungan: lampu kamar terlalu terang, suara berisik, dan lainnya
  5. Genetik: Narkolepsi
  6. Penuaan/Faktor Usia: 1/2 lansia berumur 65 tahun atau lebih mengalami masalah tidur
  7. Obat-obatan: obat hipertensi, antidepresi, obat mengandung kafein
  8. Bekerja di Malam Hari: aktivitasnya berlawanan dengan biological clock

Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas

Tablet Herbal

Manfaat Tidur

Apa perlunya kualitas tidur?

Tips Kualitas Tidur

Peran Herbal Dalam Memperbaiki Kualitas Tidur


Kabar baiknya, beberapa ekstrak tanaman obat mampu membantu gangguan tidur ini, demikian lebih lanjut disampaikan Dokter Inggrid.

Seperti: Valerian, Lavender, Hop, Chamomile, Hawthorn, St. john's Wort, Rosemary dan Passion Flower. Dan, berikut manfaat dan khasiat beberapa diantaranya!


PASSION FLOWER

Berhabitat asli di Amerika Serikat bagian Tenggara (Florida-Texas). Bermanfaat: efek menekan aktivitas Sistem Saraf Pusat dengan cara meningkatkan kadar GABA (gamma-aminobutyric) dalam otak. Punya sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta antinyeri (analgetik). Mampu membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otor, sakit kepala, neuralgia, gangguan cemas/ansietas dan insomnia. Juga berefek hipotensif yaitu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

VALERIAN

Berhabitat asli di Eropa dan Asia Barat. Akar Valerian punya efek menekan aktivitas Sistem Saraf Pusat dengan cara mengikat reseptor GABA (gamma-aminobutyric) dalam otak, melepaskan GABA dan menghambat degradasi GABA. Punya sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta antispasmodik (melemaskan otot yang tegang/spasme), antinyeri (analgetik). membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, kolik usus, migrain, neuralgia, gangguan cemas/ansietas dan insomnia. Serta efek hipotensif dengan menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

JAHE

Berhabitat asli di Asia tenggara, Cina, India, kepulauan Pasifik. Memiliki efek antispasmodik (melemaskan otot yang spasme/tegang), antinyeri (analgetik), antiradang, termogenik (memproduksi kalor dengan meningkatkan laju metabolisme basal), diaforetik (merangsang pengeluaran keringat), karminatif (mengurangi gas dalam saluran cerna), mencegah muntah (antiemetik). membantu mengatasi gejala masuk angin seperti meriang/demam, kembung, mual/muntah, nyeri kepala, pegal linu/ kaku otot, ketegangan saraf dan batuk-pilek

Passion Flower, Valerian dan Jahe dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas. 

PT Deltomed Laboratories

Passion Flower

Tablet Herbal Antangin Good Night

Khasiat Valerian

Herbal Jahe untuk Kualitas Tidur

Jahe, Passion Flower dan Valerian

Tablet Herbal Antangin Good Night untuk Membantu Tidur Berkualitas


Well, tidur berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh pada masa pandemi Covid-19. Sementara:

  1. Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit
  2. Hal ini berkaitan dengan sistem bawaan (innate) daya tahan tubuh
  3. Pada saat tidur lelap, Interleukin-1, Tumor Necrosis Factor (TNF) dan Natural Killer Cells (NKC) akan tinggi di dalam darah dan menurun ketika bangun
  4. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Nah, terkait herbal yang mampu membantu memperbaiki kualitas tidur tadi, kita kini enggak perlu bingung lagi. No ribet-ribet, meracik herbal sendiri karena PT. Deltomed Laboratories punya solusi melalui Tablet Herbal Antangin Good Night, yang mengandung:

✔ Passion Flower (Passiflora incarnata)
✔ Valerian (Valeriana officinalis)
✔ Ginger (Zingiber officinale)
✔ Myristica (Myristica fragrans)
✔ Sembung (Blumea balsamifera)


Seperti disampaikan oleh narasumber kedua pada Webinar, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., Chief Bussines Development and R&D PT. Deltomed Laboratories:

Antangin Good Night mampu membantu meringankan gangguan sulit tidur. Juga akan membantu meredakan gejala masuk angin  dan menghangatkan badan. Dengan dosis 2-4 tablet sebelum tidur, Antangin Good Night berfungsi memperbaiki kualitas tidur dengan keunggulan:


Formula Herbal
Bersertifikasi: Halal MUI, Badan POM RI, Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) Tablet, ISO 9001 : 2015 
Mudah dibeli: Apotik, Toko Obat, Online Store 
Harga terjangkau: Rp 5.000/strip

Manfaat Antangin Good Night

PT deltomed Laboratories

Tablet Herbal Antangin Good Night PT Deltomed Laboratories

Deltomed Laboratories

So, kualitas tidur bisa kita tingkatkan dengan beberapa cara, seperti disampaikan Dokter Inggrid saat mengakhiri acara, diantaranya:

  • Matikan TV/komputer
  • Berolahraga
  • Tidur dalam suasana gelap
  • Meditasi
  • Makan makanan kaya Magnesium dan Zinc
  • Membaca buku
  • Kurangi caffeine
  • Mandi air hangat

Sementara....., pesan dari Pak Victor jika perlu konsumsi juga Tablet Herbal Antangin Good Night yang berfungsi memperbaiki kualitas tidur kita!

Yes, Antangin Good Night mengandung herbal Passion flower dan ekstrak Valerian yang diolah secara tepat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, serta dilengkapi Jahe untuk meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan, sehingga mampu membantu kita mendapatkan tidur berkualitas.

Yeayyyy, akhirnya saya mendapatkan solusinya. Saya yang sering enggak pulas tidur karena kepikiran inilah, itulah, overthinking dengan apa yang akan terjadi kini dan nanti mesti mencoba tips meningkatkan kualitas tidur dari Dokter Inggrid dan Pak Victor ini. Sudah nyetok juga nih Tablet Herbal Antangin Good Night di rumah biar tidur saya lebih berkualitas lagi!

Well,  tak harus tidur dengan kuantitas ideal, tapi bagaimana tidur kita bisa berkualitas agar kesehatan dan produktivitas maksimal. Karena kesehatan dan produktivitas dimulai dari tidur berkualitas!

Oia, bagaimana dengan kualitas tidurmu? Jika bermasalah, pakai Antangin Good Night untuk membantu!💖


Antangin Good Night

Good Night, Sleep Tight

signature-fonts






38 comments

  1. Ini aku banget mba Dian. Suka kurang waktu buat merem di malam hari. Soale kalo siang rempong sama tuhas negara. Giliran bangun pagi suka gak fresh. Hm ternyata kualitas tidur lebih penting ya. Berarti selama inj kualitas tidurku kurang well ini. Cobain pakai antangin good night ah besok. Murah meriah juga ya harganya mba. Cucok ini buat mak emak. Makasih mba Dian

    ReplyDelete
  2. Belakangan ini aku juga sering bermasalah dengan kualitas tidur, sepertinya perlu nyoba konsumsi antangin good night ini, deh

    ReplyDelete
  3. Baru aja semalem susah tidur. Sejam usak-usek ga tidur-tidur. Ga tahu kepikiran apa...
    Bangun pagi ya engga seger...
    Sama suami cuma disuruh minum air anget. Mayan sih, jadi lebih tenang. Padahal ada Antangin Good Night, mengandung jahe. Emang bener dong, minum yg anget-anget bikin tenang. Makasih infonya...

    ReplyDelete
  4. Mbaaa, aku tuh pernah datang ke acara pameran kasur premium, di mana bintang tamunya Choky Sitohang. Doi bilang gini:
    “Tidur itu BUKAN penutup hari. Tidur adalah awal dari hari kita. Bagaimana kualitas dan kuantitas tidur, itu akan berpengaruh pada produktivitas kita. Selama ini, orang kerap terjebak menganggap tidur sesuatu yang take it for granted. Padahal, kalau tidur tidak berkualitas, bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi tubuh dan psikis, yang pada gilirannya ini berpengaruh negatif untuk masa tua kita,”

    Nah, aku setujuuu banget ama Choky, dan Alhamdulillah, seneng banget baca ulasan di artikel ini. InsyaALLAH ini bisa mengantarkan daku dan kita semua utk bisa tidur dgn kualitas prima, yeayy!

    ReplyDelete
  5. Wah ini masih jadi masalah aq mbak, selama ini jam tidurnya ngikuti bocil soalnya jam tidur dia juga gak teratur kadang sore kadang juga bisa sampe jam 10 malam baru tidur.. Harus lebih diperhatikan lagi ya biar kualitas tidur bisa maksimal

    ReplyDelete
  6. Tidur berkualitas diinginkan semua orang, pola hidup teratur juga mempengaruhi. Konsumsi Antangin good night membantu.

    ReplyDelete
  7. Minum herbal sebelum tidur yang ada kandungan jahe/ginger bikin badan Seger dan enak bobok ya mbak selain itu juga praktis 😊

    ReplyDelete
  8. Bener banget Mbak Dian. Tidur berkualitas itu penting sekali untuk kesehatan dan menunjang aktivitas sehari-hari. Mood juga sangat berpengaruh ya. Kalau tidur kurang, bawaannya 5L aja dan bisa gak produktif sama sekali.

    Semoga dengan adanya ANTANGIN GOOD NIGHT bisa jadi solusi di atas. Ada bonus tolak anginnya pulak ya.

    ReplyDelete
  9. Aku seringnya mood di pagi hari sampai malam lagi suka gak nyaman gitu. Kalau tidurku gak berkualitas. Makanya suka bingung harus gimana lagi. Misalnya udah matiin lampu, data internet hp mati, tetep aja susah. Kayaknya perlu asupan nutrisi yang bisa memberikan detoks untuk tubuh.

    Sekarang antangin mengeluarkan varian baru khusus untuk memberikan kualitas tidur.Nanti aku coba deh antangin good nightnya.

    ReplyDelete
  10. Aku tipe yang susah dapat waktu tidur yang cukup. Tips di sini sepertinya harus aku coba biar lebih sehat

    ReplyDelete
  11. Daripada jauh jauh ke Amerika dan Eropa sana nyari herbal Passion flower dan ekstrak Valerian mending konsumsi Antangin aja yg udah tersedia dan mudah kita dapat ya

    Beruntung nih ada Antangin jadi bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga kualitas tidur kita semoga makin baik.

    ReplyDelete
  12. Kalau saya badan gak fit dan capek biasanya paling suka minum wedang jahe kak, kadang minum suplemen kesehatan juga seperti antangin ini. setuju dengan tulisan di atas...jadi lebih mawas diri dan memang benar2 harus meningkatan kualitas tidur ya. Karena saya juga kadang sering begadang, hadeh... kalau bangun pagi jadi gak bugar kalo sering begadang itu. Makasih kak Dian atas pencerahannya semoga konten positif ini bisa dibaca oleh rekan2 lainnya.

    ReplyDelete
  13. Saya termasuk yang fokus pada kualitas tidur saja. Bagaimana bisa mendapatkan deep sleep. Adakalanya butuh Antangin Good Night untuk membantu mendapatkan deep sleep ini. Yang penting tetap sehatdan produktif. Itu fokus saya, Mbak

    ReplyDelete
  14. tidur yg berkualitas memang sangat penting bagi Produktivitas ya mbak
    aku jarang bisa tdr nyenyak, makanya nyoba minum antangin , alhamdulillah bisa Lebih nyenyak

    ReplyDelete
  15. Mba Dian, saya juga punya gangguan tidur. Memang saya tidur lebih awal, tapi setelahnya suka bangun tengah malam. Nah habis ini suka susah lagi bangun. Plus-plus ya manfaatnya, selain mengatasi masalah tidur bisa juga buat ngobatin masuk angin

    ReplyDelete
  16. Memang gak bisa dipungkiri ya mbak, pandemi ini banyak juga yang drop karena memikirkan si virus itu belum beranjak juga, makanya bisa berdampak pada kualitas tidur.

    Padahal dengan jaga daya tahan tubuh, pola hidup sehat, dan jaga kecukupan waktu tidur bisa bantu imunitas terjaga juga

    ReplyDelete
  17. Tidur yang baik berdampak positif pada kinerja yang baik. Makanya kalo di luar negeri karyawan yang tetap kerja di atas jam 5 atau jam 7 malam itu sudah dihitung lembur, dan gaji lemburnya itu tinggi-tinggi. Ini menunjukkan betapa berharganya istirahat malam bagi pekerja di rumah.

    Biasanya saya atau suami kalo terpaksa begadang beresin kerjaan, emang paling asik ditemani minuman yang hangat-hangat. Tentunya bukan sebatas enak, tapi juga menyehatkan. Antangin ini produk herbal yang bisa memperbaiki kualitas tidur.

    Dulu ada dalam bentuk cair, masih suka saya minum sampai sekarang. Baru tahu saya ada inovasi terbaru dalam bentuk tablet siap minum yang ekstraknya macam-macam. Joss mah pokoknya Antangin.

    ReplyDelete
  18. Tidur berkualitas memang bersinergi dengan kesehatan dan produktifitas, dulu saya minum wedang jahe/ Tahwa jika begadang karena susah tidur, sekarang ada antangin Good night merupakan obat herbal yang membantu membuat tidur berkualitas.

    ReplyDelete
  19. Belum mba, jujur aja tidur saya belum berkualitas malah sedang hancur ini jam tidur hehe. Dan olahraga rutin masih PR sekali untuk saya. Waaah tablet antangin good night sepertinya bagus nih untuk bapak saya biar lebih enak tidurnya.

    ReplyDelete
  20. Nah lho, tidur kurang berkualitas bisa memicu penuaan dini.

    Pas baca bagian ini, auto jleb. Tetap nggak banyak ngasih efek dong skincare yang dilakukan kalo tidurnya nggak nyenyak.

    Tablet Antangin Good Night boleh nih docoba. Kandungannya alami pula. Herbal.

    ReplyDelete
  21. Kondisi saya berada di urutan ke-6 untuk urusan penyebab masalah tidur ini, yaitu faktor usia.
    Sejak usia saya berhasil tembus ke angka 56 lebih, saya makin sering bangun tengah malam, bukan hanya sekali tetapi lebih dari sekali. Eh, malah curcol sih hahaha.
    Btw, saya mau coba minum herbal Antangin Good Night ini,semoga dapat tidur berkualitas lagi deh.

    ReplyDelete
  22. Bener banget kak
    Kualitas tidur itu pengaruhnya kemana-mana ya. Bikin kesehatan terganggu, moodyan dan paling kentara ya wajah jadi kusam dan banyak kerutan.

    Duh, padahal skincare mahal 🙈

    ReplyDelete
  23. Kurang tidur bikin kepala suka pusing. Kepala pusing bikin susah tidur. Kurang tidur bikin kulit jelek dan kasar, punya kulit jelek dan kasar juga bikin susah tidur. Untung ada suplemen yang bisa memperbaiki kualitas tidur.

    ReplyDelete
  24. aku juga paling sebel banget mbaaa kalau ada masalah dengan tidur tuh.. soalnya asli mengganggu yaaa

    ReplyDelete
  25. dulu tuh aku jam sembilan malam da tidur mbak
    tapi nggak tahu kenapa, sekrang baru bisa merem setelah jam 11 malam. tapi jam 4 pagi da bangun
    kurang tidur memang kadang bikin uring uringan dan lemas, memang jadi nggak produktif.
    makanya sudah nyoba minum Antangin Good Night, alhamdulillah sekarang bisa mulai punya tidur yang berkualitas

    ReplyDelete
  26. Ternyata perkara tidur aja bisa besar efeknya buat kesehatan ya mbak, dan Allah sudah menciptakan siang untuk manusia bekerja, sementara malam untuk beristirahat. Jadi memang kodratnya malam itu untuk istirahat, kalau ada masalah sehingga tidak bisa istirahat/tidur dengan tenang, bisa minum antangin good night

    ReplyDelete
  27. Setuju banget, karena bagaimanapun juga sebagai manusia itu yang butuh tidur untuk rehat yaa.. karena sudah banyak merasakan akibat kurang tidur jadinya pusing dan kalo dah pusing ngaruh banget sama produktivitas dan tentunya juga kesehatan diri jadi gampang lelah

    ReplyDelete
  28. Cantik banget penampakan passion flower...
    Enggak perlu repot ngeracik ya, semua udah ada di antangin good night untuk mendapatkan tidur yang berkualitas...

    ReplyDelete
  29. Memang tidur nyenyak itu adalah anugerah ya. Meskipun singkat kalau bisa tidur nyenyak akan sangat membahagiakan

    ReplyDelete
  30. Sepakat mba klo kualitas tidur mempengaruhi kualitas kesehatan dan kualitas tidur kita secara keseluruhan apalagi di musim pandemi di mana kita butuh imun kita terjaga. Tidur yg lelap dna berkualitas buat imun yg kuat... Antangin inovatif nih

    ReplyDelete
  31. wah, bisa jadi rekomendasi jika ada yang mengeluhkan kesulitan tidur nih mbak dian. benar banget, kalau tidur kita tidak berkualitas, semuanya jadi berantakan. daan, penyebab ODGJ kambuh penyakitnya, mengamuk dan enggak bisa mengendalikan diri, rata2 karena enggak bisa tidur. kita aja uring-uringan kan kalau ga bisa tidur. selama ini perepan obat tidur memang harus betul-betul diperhatikan, ga boleh sembarangan kasih. Syukurnya Antangin meluncurkan varian herbal untuk mengatasi sulit tidur

    ReplyDelete
  32. Apaalgi saat pandemi seperti sekarang tidur berkualitas harus untuk menjaga daya tahan tubuh. Boleh dicoba nih produk Antanginnya

    ReplyDelete
  33. Ternyata banyak sekali yaa...penyebab orang tidak bisa tidur dengan nyenyak.
    Dan ini bisa dilihat dari aspek kesehatan fisik dan mental.
    Kalau sudah begini sebaiknya memang dibantu, agar produktivitas tetap terjaga dengan konsumsi Antangin Good Night.

    ReplyDelete
  34. bener banget mbak kalau tidur berkualitas sangat bagus dan penting untuk daya tahan tubuh ya. btw baru tahu nih ada Antangin good night. bagus ya kemasannya

    ReplyDelete
  35. Antangin goodnight yang pastinya tidur lebih bsrkualitas produktivitas meningkat

    ReplyDelete
  36. Setuju banget nih mbak kalau kesehatan dan produktivitas dimulai dari tidur berkualitas karena saya juga punya pengalaman dengan kedua hal tersebut. Saat saya kurang tidur karena insomnia maka produktifitas saya dalam menulis artikel semakin turun. Berhubungan sekali deh ya pokoknya.
    Nah, tipsnya mantul nih. Selama ini saya belum pakai herbal-herbal dan baru tahu kalau ada antangin good night. Biasanya saya kalau gak bisa tidur ya yoga dan olahraga gitu.

    ReplyDelete
  37. Ya ampun, aku baru tau banget loh ada Antangin ini. Tapi aku setuju banget sama judul dan isi tulisan mbak dian. Memang kalo mau sehat harus bisa tidur yang berkualitas. Kalo tidur aja gak berkualitas, bangun tidur bukannya seger malah lemes

    ReplyDelete