Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy

Dua bulan lalu saya memenuhi undangan sebagai Orang Tua Murid (OTM) di sekolah anak sulung saya, di salah satu SMA Negeri di Jakarta. Undangan pembagian rapor bayangan semester dua ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan jadwal kedatangan sesuai nomor absen siswa. Nah, saat bertemu wali kelas dan menerima rapornya jujur saya sedikit kecewa. Ada beberapa mata pelajaran yang capaiannya menurun tak sesuai harapan. Diantaranya mapel 'Bahasa Inggris'. 

Sampai terlontar komentar saya ke walasnya kenapa bisa nilai Bahasa Inggrisnya jatuh banget enggak seperti biasa. Saya sampaikan anak saya saat SD dan SMP unggul dalam pelajaran ini. Lantaran saat kecilnya sempat mengenyam elementary school di luar negeri yakni saat ikut Bapaknya sekolah di Amerika. Lalu kami berdiskusi, dan saya sependapat dengan Bu Guru jika anak saya lancar di lisan tapi kurang di tulisan.

Terlebih sebagai gen Z yang aktif eksplor internet, English-nya lancar bisa jadi hanya di ucapan, namun secara teori bahasa belum sesuai kaidahnya. Sementara dari sekolah hanya belajar via online karena pandemi berdampak pada diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Maka, ada learning loss akibat tak ada Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Materi dari guru hanya singkat saja selebihnya siswa harus menggali sendiri kekurangannya. Sungguh untuk mempelajari bahasa ini sebuah hal yang sulit. Karena bahasa perlu pelatihan dari yang ahli, pemantapan teori serta  pembiasaan sehari-hari.

Well, ini sebuah masalah yang butuh solusi. Anak saya butuh bantuan tak hanya untuk memperbaiki nilai pelajaran Bahasa Inggrisnya saja. Tapi juga meningkatkan kemampuan berbahasanya baik secara lisan maupun tulisan demi kebaikannya di masa depan. Maka, ia perlu kursus agar menguasai beragam aspek keterampilan bahasa Inggris hingga siap bersaing secara global. 

Long story short, akhirnya saya coba cari di Ruangguru, ada enggak kursus bahasa Inggris online di situ! Secara Ruangguru punya kursus online segala rupa, yekan?

Eh, ternyata ada, Ruangguru punya kursus bahasa Inggris online di English Academy!

Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy

Etapiiii, Mengapa Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris Itu Penting Sekali?


Di era globalisasi, keterampilan berbahasa Inggris tidak lagi menjadi nilai tambah, tetapi merupakan keharusan. Pasalnya dunia sudah lintas batas dan kita hidup berdampingan dengan orang dari penjuru bumi. 

Itulah mengapa perlu kiranya bahasa Inggris dipelajari tidak hanya untuk kepentingan akademik tapi juga di kehidupan sehari-hari, karena:

✔ Bahasa Inggris bahasa internasional, merupakan bahasa yang paling banyak digunakan
✔ Memahami informasi terkini baik di dunia nyata maupun maya
✔ Berkomunikasi secara langsung maupun online dengan orang asing jadi lebih mudah
✔ Bisa melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri 
✔ Bekerja di perusahaan besar, go international

Kabar buruknya, berdasarkan hasil sebuah penelitian di tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat ke 74 dari 100 negara. Peringkat ini memperlihatkan bahwa kemampuan bahasa Inggris di Indonesia masih sangat rendah.

Maka untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris bagi para siswa di Indonesia, Ruangguru mempersembahkan English Academy. Kursus bahasa Inggris online yang menggunakan kurikulum berstandar internasional Cambridge dengan pengajar native speaker (internasional) dan lokal berpengalaman yang terintegrasi aplikasi dan sistem Ruangguru.

 

Kursus Bahasa Inggris Online

Tentang English Academy


Well, enggak tanggung-tanggung, Ruangguru menyiapkan English Academy ini dengan keunggulan:

  • Menggunakan kurikulum Cambridge (standar internasional)
  • Pengajar internasional dan lokal berpengalaman
  • Mempersiapkan 4 keterampilan utama:mendengarkan, membaca, menulis, berbicara
  • Pilih jadwal kelas sesuai dengan kebutuhan
  • Didukung dengan teknologi terkini dari Ruangguru, belajar online interaktif dan terkini
  • Sesi pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja (buku dan video pembelajaran)
  • Dapat diakses di HP dan laptop, terintegrasi dengan aplikasi Ruangguru
  • Ada program Toefl iBT preparation
  • Harga lebih terjangkau

Beneran deh, kalau yang punya Ruangguru kita enggak perlu ragu! Mengingat Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Di mana saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru juga menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Tak hanya itu, Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam dan Thailand.

Keren, kan!!

Demikian juga English Academy, yang pembelajaran pertamanya sudah dimulai pada 1 Februari 2021 lalu. Yang punya perbedaan dengan kursus bahasa Inggris lainnya, diantaranya: disediakan oleh Ruangguru yang sudah terdepan di bidang edukasi dan teknologi. Dan merupakan solusi belajar bahasa Inggris yang terjangkau terutama dengan pengajar asing native speaker dibanding kursus bahasa Inggris offline lainnya di Indonesia. Juga jumlah kelas 2x lebih banyak dibandingkan kursus Bahasa Inggris lainnya dengan jadwal yang fleksibel dan dapat belajar di mana saja dan kapan saja!

kursus bahasa Inggris online

English Academy by Ruangguru


Pembelajaran Berstandar Internasional yang Didukung Kurikulum Cambridge


Oia, pembelajaran di English Academy ini didukung oleh kurikulum Cambridge. Perbedaan kurikulum Indonesia dengan kurikulum internasional Cambridge ini adalah: kurikulum Cambridge memberikan mata pelajaran yang diminati oleh anak, sedangkan kurikulum di Indonesia memberikan beragam mata pelajaran yang belum tentu anak minati. Juga, konten pendidikan dalam kurikulum Cambridge lebih menarik sehingga membuat para siswa menjadi lebih mudah dalam proses pembelajaran. Lalu, kurikulum Cambridge lebih memperlihatkan cara pandang internasional yang membuat siswa mengetahui perbedaan di tiap negara.

Tak hanya itu, kurikulum Cambridge bisa digunakan untuk membantu anak yang mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran atau sekolah di luar negeri. Sebab, sistem pendidikan yang menerapkan kurikulum Cambridge lebih modern dan selalu up to date. Yang mana hal ini penting untuk mempersiapkan siswa menjadi future leader. Kemudian, kurikulum Cambridge juga sangat baik untuk melatih kefasihan bahasa Inggris anak.

Nah, dengan berpedoman pada kurikulum berstandar internasional, para siswa akan dibekali dengan kemampuan-kemampuan esensial dan kompetensi yang relevan meliputi listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara).

Berbagai fitur menarik pun dapat dimanfaatkan di antaranya digital book, rekaman video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja, dan placement test untuk menyesuaikan materi yang akan diajarkan berdasarkan level kemampuan.

Untuk itu di setiap kelas English Academy terdapat dua pengajar (Master Teacher) berpengalaman yang terdiri atas pengajar internasional dan lokal. Master Teacher akan membimbing para siswa dengan metode pendekatan komunikatif (communicative approach) sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam berbahasa Inggris. Beberapa pengajar ini di antaranya bahkan telah berpengalaman mengajar bahasa Inggris selama 7 hingga 10 tahun baik di dalam maupun luar negeri.

kursus online bahasa Inggris


Lalu, Bagaimana Tahapan Belajar di English Academy?


Nah, seluruh proses belajar di English Academy terintegrasi dengan sistem dan aplikasi Ruangguru dengan tahapan:

  1. Placement Test: terdiri dari Written Test dan Speaking 
  2. Tim konsultan dari English Academy akan menghubungi siswa mengenai hasil tes
  3. Menawarkan produk English Academy sesuai dengan hasil tes
  4. Tim konsultan akan mengirimkan sertifikat placement test melalui email

Setelah penempatan dan mulai belajar, siswa bakal dapatkan keseruan di English Academy ini. Pasalnya, English Academy memberikan kelas interaktif 2x lebih banyak dibanding kursus bahasa Inggris lainnya. Juga, setiap kelas akan dibimbing oleh 2 pengajar berpengalaman, yaitu pengajar asing dan lokal. 

Oia, video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran lebih mendalam. Materi pembelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa. Kolaborasi antara pengajar English Academy, konsultan, dan orang tua siswa juga ada nantinya dalam proses monitoring perkembangan belajar siswa.

Les bahasa inggris online

Terus, Usia Berapa Saja yang Bisa Mengikuti English Academy ini?


English Academy memberikan fasilitas kursus bahasa Inggris untuk siswa-siswi usia 7-18 tahun. Di mana di English Academy by Ruangguru ini, siswa bisa belajar sesuai dengan umur dan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, dengan jenjang:

1. Runner (7-10 tahun)

Di jenjang ini siswa akan diperkenalkan dengan bahasa Inggris dalam konteks yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran akan mencakup pengenalan grammar dan vocabulary yang terfokus pada kemampuan aktif siswa.

2. Sprinter (11-14 tahun)

Jenjang ini akan lebih berfokus pada pengembangan kemampuan lanjutan siswa dalam berbahasa Inggris. Konten pembelajaran yang diberikan merupakan hasil riset yang panjang. Sprinter membantu siswa lebih dalam menulis dan berbicara.

3. Ranger (15-18 tahun)

Maksimalkan keterampilan dan potensi siswa berbahasa Inggris. Siswa akan lebih siap menghadapi jenjang pendidikan tinggi yang dinamis dengan keterampilan berbahasa Inggris.

4. Explorer (di atas 18 tahun)

Meningkatkan kepercayaan diri siswa dewasa dalam berbahasa Inggris. Explorer membantu mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global dalam dunia kerja.

Yess, beneran pas ini buat anak sulung saya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Solusi kursus bahasa Inggris zaman now ya kursus bahasa Inggris online di English Academy!

Yuk, kepoin juga info English Academy buat putra-putri Anda agar masa depan yang lebih cerah menanti mereka! See Ya!💗



Web: www.english-academy.id/ | IG: @englishacademy_id
Youtube: Ruangguru Bimbel Online No. 1



Language is the Light of the Mind

signature-fonts

28 comments

  1. Waahh, aku baru tauuu kalo RuangGuru punya program English Academy juga mba
    super duper menariikk
    karena bahasa Inggris ini kan semacam "paspor" untuk menjelajah dunia.
    beragam literatur ilmu pengetahuan juga ditulis dlm bahasa Inggris, ye kan.

    Keren banget!
    Kayaknya aku berminat utk kepoin lebih lanjut ttg kursus online yg disediakan oleh Ruangguru ini.
    Bener2 solusi belajar bahasa Inggris yang cihuy!!

    ReplyDelete
  2. Mirip kasus Bahasa Indonesia ya?
    Banyak yang pede bisa mengerjakan ujian Bahasa Indonesia karena merupakan bahasa sehari-hari
    padahal ada banyak pakem yang harus dipelajari, untungnya enggak seribet grammar Bahasa Inggris ya?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget ya aplikasi ruangguru ini, sekarang belajar bahasa inggris jadi lebih mudah. Anak-anak bisa ikutan kursus bahasa Inggris online di English Academy. Jadi gak perlu ke luar rumah. Soalnya masih serem dengan pandemi ini.

    ReplyDelete
  5. Anakku kemaren baru bilang pengen ikut kursus bahasa Inggris dan kayaknya aq tertarik daftarin dia di ruangguru aja karena bisa belajar via online

    ReplyDelete
  6. Oooooh, itu toh perbedaannya :) Dengan kurikulum internasional yang didukung kurikulum Cambridge ini, tentu anak2 lebih semangat dan antusis belajar ya, karena sesuai dengan minat anak2. Berarti anakku pilih sprinter dan ranger nih...kelas 7 dan 10. Kepengen coba deh English Academy ini dari Ruangguru :D Kayaknya masih PJJ terus nih. Boleh ah nanti ceki2 lebih lanjut. TFS mbak Dian.

    ReplyDelete
  7. wah English Academy ini bagian dari Ruangguru ya mbak?
    mantap makin lengkap
    English Academy ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk belajar bahasa inggris bagi generasi Z ya mbak

    ReplyDelete
  8. Wah, mauuu ... POG sudah, rapotan sudah, anak-anak udah liburan sekolah juga, nih. Sebenarnya anak-anak lebih ingin belajar bahasa asing yang lain. Tapi sepertinya dipertajam dulu deh bahasa Inggrisnya karena ini sudah menjadi kebutuhan untuk bisa beradaptasi dengan perubahans secara lebih cepat. Tadinya aku khawatir, program di English Academy ini hanya untuk siswa usia menengah. Soalnya inget, anak sulung Mbak Dian udah besar, hihihi ... Alhamdulillah, untuk yang masih unyu-unyu pun bisa gabung karena ada klasifikasi usianya. Makasih infonya ya, Mbak Dian ...

    ReplyDelete
  9. Kursus bahasa inggris itu menyenangkan, peradaban negeri juga dipengaruhi bahasa. Belajar bahasa inggris salah satunya bisa di english academy. Dulu dan sekarang perbedaannya sekarang banyak panduan kursus bahasa inggris.

    ReplyDelete
  10. Paket belajarnya sangat lengkap ya, bisa untuk umur-umuran +18 tahun, cocok untuk para adult yang pengen meningkatkan kapasitas diri supaya lancar berbahasa inggris. Biaya pendaftaran masuknya berapa itu kak?

    ReplyDelete
  11. Dulu, pas masih ngajar B. Inggris, emang PR terbesar itu mengajarkan siswa writing. Kalau speaking, anak zaman sekarang mah lebih gampang, dan nggak takut buat ngomong. Eh, btw, English Academy ini keren juga, belajar b. Inggris akan jauh lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  12. Emang beda ya mbak anak jaman dulu sama sekarang. Jaman saya dulu, bahasa Inggris tertulis banyak yang pinter, tapi kalau untuk lisan, banyak yang nggak berani ngomong.

    Jaman anak-anak saya sekarang, bisa mengucapkan lancar tapi untuk tertulis dan tata bahasa masih belum paham. Bagus juga nih kalau diikutkan kursus di English academy. Bagus ya Ruangguru, mulai fokus pada bidang tertentu.

    ReplyDelete
  13. Aku tiap ngeliat youtube tuh ada iklan english academy ini mbak, ternyata ini punya ruang guru ya.
    Aku juga lagi pengen belajar english nih, jeblok banget diriku mba. Sangat membantu banget kelas ini ya untuk english yang kurang

    ReplyDelete
  14. Sekarang nih memang anak-anak dituntut untuk lancar berbahasa Inggris karena tuntutan kemajuan jaman ya Mbak. Sumber ilmu pengetahuan dan informasi sebagian besar mengunakan bahasa internasional. Jadi skill tentang bahasa ini tidak bisa dianggap enteng. Harus terus ditingkatkan. Baik dari percakapan, grammatical (pasifnya), plus terus menambah kekayaan vocabulary.

    ReplyDelete
  15. Ruang guru semakin keren fasilitasnya. Sekarang merambah les bahasa inggris dengan english academynya. Jadi anak bisa belajar bahasa inggris dari rumah. Keren bangettt

    ReplyDelete
  16. Asyik banget neh belajar Bahasa Inggris di Ruang Guru. Selain murmer, praktis, standard kurikulumnya international.

    ReplyDelete
  17. Terobosan Ruang Guru memang super duper mantab soul!
    Banyak banget varian produk yg dikreasikan sesuai dgn kebutuhan siswa.
    English Academy ini top markotop!
    Saya suka saya suka

    ReplyDelete
  18. Tahu ga mbak, aku pun rasanya ingin belajar di English Academy ini karena kok aku makin lama sadar kemampuan berbahasa Inggrisku makin menurun drastis. ENglish Academy ini bisa juga untuk persiapan TOEFL kan ya, aku udah browsing dan sampai daftar lho, hihihi

    ReplyDelete
  19. Hari gini ya bahasa inggris itu udah jadi kebutuhan banget
    Apalagi buat anak-anak usia sekolah. Kalau pinter bahasa inggris udah modal banget tuh ke masa depan
    Pilih tempat kursus juga ya harus yang berkualitas biar hasilnya juga mantap
    English academy pasti jadi pilihan terbaik

    ReplyDelete
  20. ngebantu banget buat diriku yang kepengen mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan baik apalagi dengan kurikulum internasional dan mentor yang kece pasti tingkat keberhasilan tinggi

    ReplyDelete
  21. Wah senangnya zaman now sudah ada kursus bahasa inggris online jadi tidak repot lagi ya buat yang ingin memperdalam kemampuan bahasa inggris terlebih ada English Academy pasti makin lancar nih bahasa inggrisnya

    ReplyDelete
  22. Wah iya bener, jago speaking memang kadang nggak diimbangi oleh writing ya Mbak. Pas baca keterangan tentang kursus ini, ternyata asyik juga kalau bisa bikin balance kemampuan bahasa Inggris dari segala sisi.

    ReplyDelete
  23. Kemampuan bahasa Inggris emang penting banget saat ini.apalagi yg kurikulum internasional dan mentor terbaik..keren bgt kak

    ReplyDelete
  24. Aku perlu banget nih Mbak be;ajar lagi bahasa inggris. Secara pengin banget kapan-kapan lajut S3, sementara aku speaking dan nulis jurnal masih grotal-gratul. TOEFL juga masih ngepas banget. Wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Nggak heran ya mbak ruang guru menjadi idola para orang tua saat masa PJJ begini. Karena ruang guru sellau berinovasi. Seperti kursus bahasa Inggris online di English Academy ini yang secara nggak langsung sebagai pemancing generasi Milenial untuk lebih menyukai bahasa Inggris dan mengenal manfaatnya

    ReplyDelete
  26. Pengen banget belajar bahasa inggris lagi. Pengennya buat kerjaan sih yang berkaitan profesionnal ada gak yaa pengen kepoin lebih lanjut

    ReplyDelete
  27. duh pengen banget ikut kursus bahasa inggris model beginian, selain gk ribet juga menurutku lebih praktis karena via online. Apalagi para gurunya terlihat profesional, pasti gk bakal ngebosenin, semoga kapan2 bisa ikutan deh,

    ReplyDelete