Sinar Mas Peduli Covid

Keterbatasan dana pembangunan menjadi salah satu masalah serius yang dihadapi pemerintah ketika pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Entah sudah berapa nominal rupiah dana terpakai untuk menangani pandemi, hingga tanpa partisipasi dari sektor swasta, besar kemungkinan daya tahan dana pembangunan akan keteteran.

Syukurnya, berbagai aksi kepedulian telah dilakukan sejumlah pengusaha nasional yang ikut berperan membantu masyarakat korban Covid-19. Di antaranya, dari kelompok Sinar Mas! 

Ya, Sinar Mas sejak awal pandemi merebak di Indonesia langsung bergerak cepat terjun ke masyarakat dengan berbagai program dan bantuan yang telah disalurkan ke penjuru Nusantara.


Tentang Kepedulian Pengusaha dalam Atasi Pandemi di Indonesia


Well, di tengah keterbatasan sumber dana pembangunan, kepedulian kalangan pengusaha memiliki peran yang strategis. Bukan saja untuk memperluas daya jangkau layanan terhadap korban Covid-19, tetapi juga untuk mempercepat proses penanganan di lapangan.

Kepedulian yang merupakan ekspresi dari tanggung jawab serta komitmen perusahaan terhadap berbagai masalah non-ekonomi yang secara langsung maupun tidak, timbul sebagai konsekuensi dari apa yang dilakukan dunia usaha. 

Lonjakan kasus dan ancaman mutasi virus memang telah membuat pemerintah Indonesia terus menggencarkan berbagai strategi atasi pandemi. Salah satunya adalah percepatan program vaksinasi nasional sebagai upaya melindungi masyarakat.

Tapi, tidaklah cukup jika hanya mengandalkan proteksi dari vaksinasi, melainkan juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah diberlakukan.

Yup, vaksin Covid-19 memang terbukti efektif mencegah virus, mengurangi keparahan penyakit dan tingkat kematian, serta meningkatkan kekebalan komunal. Namun, orang-orang yang sudah divaksin dapat tetap terkena Covid-19 dan berpotensi menularkan ke orang lain. 

Oleh karena itu, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5M menjadi proteksi yang wajib untuk kita terapkan bersama, dengan cara:

  1. Menggunakan masker rangkap dua 
  2. Mencuci tangan dengan sabun
  3. Menjaga jarak
  4. Menghindari kerumunan
  5. Mengurangi mobilitas

Juga, selain dukungan masyarakat berupa kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, sektor swasta harus bergerak cepat membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi. Melalui program kepedulian dari kalangan pengusaha ini, upaya penanganan dampak pandemi diharapkan akan dapat diperluas dan dipercepat nanti.

Seperti yang dilakukan Sinar Mas yang sejak awal pandemi merebak langsung bergerak melalui aneka program dan bantuan yang disalurkan melalui pilar-pilar usahanya.

baksos donor darah & donor plasma konvalesen

baksos donor darah & donor plasma konvalesen

Lalu, Apa Saja Kontribusi Sinar Mas dalam Membantu Atasi Pandemi?


1. Sinar Mas Berkontribusi dalam Program Vaksinasi


Dalam rangka membantu percepatan program vaksinasi di Indonesia, Sinar Mas bekerja sama dengan pemerintah menghadirkan program Vaksinasi Gotong Royong untuk karyawannya.

Pada pelaksanaan perdana Vaksinasi Gotong Royong, anak perusahaan Sinar Mas, yakni Sinar Mas Agribusiness and Food telah mem-vaksin hampir 600 karyawan. Secara bertahap, perusahaan juga akan menyuntikkan vaksin kepada lebih dari 3.000 karyawannya.

Oia, selain Sinar Mas Agribusiness and Food, anak perusahaan Sinar Mas lain yang turut bergabung dalam program Vaksinasi Gotong Royong adalah PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk yang berada di bawah naungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas.

Di mana secara bergelombang, perusahaan akan memvaksin 4.000 karyawan. Vaksinasi ini diadakan di Bekasi dan Tangerang Selatan dan difasilitasi oleh Tzu Chi Hospital dengan melibatkan Klinik Pratama Simas Sehat, Eka Hospital, serta SehatQ.

Enggak itu saja, baru-baru ini, Sinar Mas melalui organisasi nirlaba Eka Tjipta Foundation (ETF) bekerja sama dengan alumni Kolese Kanisius, juga menyelenggarakan vaksinasi massal bertajuk Vaksinasi Kanisius pada 5-18 Juli dan pekan pertama Agustus 2021.

Vaksinasi Kanisius ini merupakan salah satu upaya untuk memperluas jangkauan vaksinasi kepada masyarakat di luar lingkup internal Sinar Mas. Yang mana, selain untuk dewasa, pelaksanaan vaksinasi yang juga turut dibantu beberapa perusahaan, seperti PT Combiphar, PT Petrosea, dan PT Prosehatini ini, juga diperuntukkan bagi pelajar di atas usia 12 tahun. 

Ini adalah dukungan pada pembelajaran tatap muka terbatas yang dicanangkan pemerintah yang mensyaratkan aspek keselamatan pelajar (dan pendidik).

Harapannya, vaksin Sinovac yang digunakan untuk seluruh rangkaian kegiatan, dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 pada anak-anak. Mengingat kasus terkonfirmasi pada rentang usia 12-17 tahun tergolong tinggi. Yakni, dari 2 juta kasus terkonfirmasi di Indonesia per akhir Juni 2021, lebih dari 108.000 kasus terjadi pada rentang usia 12-17 tahun ini.






2. Program Bantuan Oksigen dan OC dari Sinar Mas


Kemudian, selain ikut ambil bagian dalam berbagai program vaksinasi, Sinar Mas juga turut memberikan donasi peralatan medis berupa ribuan ton liquid oxygen dan puluhan ribu Oxygen Concentrators (OC).

Pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton per bulan ini dilakukan oleh pilar usaha Sinar Mas, yaitu Asia Pulp & Paper (APP) melalui unit bisnisnya PT OKI Pulp and Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp and Paper (Perawang Mill), serta PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry. 

Dengan kapasitas tersebut, setidaknya mampu mengisi sekitar 1 juta tabung oksigen medis dengan volume 1 meter kubik tiap bulannya.

Sedangkan untuk bantuan Oxygen Concentrator (OC), Sinar Mas bekerja sama dengan Yayasan Temasek, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, serta 14 perusahaan lain asal Indonesia dan Singapura, mendonasikan 11 ribu OC.

Pada pengiriman tahap pertama, sebanyak 1.500 unit OC telah diberangkatkan dari Shanghai, China, ke Jakarta, pada Selasa (13/7/2021) lalu. Di mana, pengiriman selanjutnya akan dilakukan secara bertahap setiap pekan.

Oia, bantuan OC ini ditujukan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Kemudian, bantuan akan disalurkan ke berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Tanah Air.

Harapannya, inisiatif Sinar Mas ini dapat membantu bangsa Indonesia menghadapi lonjakan angka Covid-19 sekaligus menggugah perusahaan lain untuk turut bergabung memberikan bantuan.




3. Sinar Mas Pelopori Gerakan Donasi Lintas Industri Lewat Pengusaha Peduli NKRI


Selanjutnya, Sinar Mas juga mempelopori gerakan donasi lintas sektor industri yang berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Adapun gerakan tersebut bernama Pengusaha Peduli NKRI.

Kabar baiknya, gerakan ini mampu meraih total donasi mencapai lebih dari Rp 650 miliar! Yang mana, jumlah ini melampaui target yang dicanangkan, yakni sebesar Rp 500 miliar. 

Nah, donasi diwujudkan berupa bahan pangan untuk masyarakat, beserta peralatan kesehatan. Seperti ventilator, alat pelindung diri, peralatan uji cepat, dan masker bagi para tenaga kesehatan dan fasilitas medis melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

Bantuan tersebar ke 358 institusi dan 1.080 rumah sakit serta puskesmas di Jabodetabek, dan 26 provinsi lain di Indonesia.

Enggak hanya itu, sebagai bentuk solidaritas bagi sesama, Pengusaha Peduli NKRI, Kadin Indonesia dan Yayasan Buddha Tzu Chi saat ini kembali menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Gerakan lintas industri ini menghasilkan donasi untuk pengadaan 35.000 ton beras bagi 7 juta keluarga yang penyalurannya mulai dilaksanakan pada Jumat (23/7/2021) di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara. 

Oia, selain beras, donasi tersebut juga digunakan untuk pengadaan OC, penyaluran obat-obatan seperti Gammaraas, Remdesivir, serta Actemra untuk pasien Covid-19, serta dukungan penyelenggaraan sentra vaksinasi bersama.

Donasi ini masih  bertujuan yang sama seperti saat inisiatif Pengusaha Peduli NKRI bermula Maret tahun lalu, yakni solidaritas dan kepedulian kalangan usaha atas masyarakat yang terdampak pandemi dan memperkuat apa yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. 

Harapannya, selain dapat memperkuat daya tahan masyarakat menghadapi pandemi, gerakan ini juga turut menggugah perusahaan lain untuk turut bergabung nantinya.

Oia, hingga saat ini perusahaan yang bergabung dalam donasi adalah Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Permata Hijau Group, PT Samudra Marine Indonesia serta PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Sementara untuk penyaluran bantuan akan melibatkan para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di berbagai wilayah, dengan dukungan aparat TNI-Polri.

Pengusaha Peduli NKRI-kick off bantuan beras, Tsu Chi Center PIK

bantuan Tsu-Chi ke Sekretariat Negara

bantuan bansos Kantor Pusat Muhammadiyah

bantuan peduli Covid kepada jurnalis

bantuan paket sembako di sekitar kantor Sinar Mas


Sinar Mas Ajak Berbagai Pihak untuk Berkolaborasi Atasi Pandemi di Indonesia


Well, fokus Sinar Mas kini adalah terus membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Untuk itu, Sinar Mas mengajak dunia usaha yang bernaung di bawah Kadin bergandengan tangan dan bersatu membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Seperti yang disampaikan oleh Board Member of Sinar Mas, Franky O. Widjaja yang berpesan agar semua pihak memiliki peran masing-masing untuk mengatasi pandemi. Juga untuk tak pernah lelah terus berbagi dan berjuang bersama melawan Covid-19 ini.

“Sinar Mas memang melakukan berbagai hal, tetapi (upaya itu) masih belum cukup. Kita butuh seluruh elemen, kita perlu kebersamaan, dan bersatu untuk menekan penyebaran Covid-19. Mari doakan sahabat, rekan, dan saudara kita yang sedang berjuang melawan sakit,” ujar Franky.

Nah, keseluruhan bantuan yang telah diberikan oleh Sinar Mas merupakan langkah baik yang perlu dilakukan oleh pihak lain. Sebab, semua elemen masyarakat, pihak swasta, dan pemerintah harus saling bergandengan tangan untuk menyelesaikan masalah pandemi di negeri ini. 

Sungguh, kepedulian Sinar Mas dan Pengusaha Peduli NKRI, dalam bantu atasi pandemi adalah tindakan mulia yang patut diapresiasi. 

Semoga kepedulian yang telah dilakukan tersebut bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Juga, semoga kepedulian ini tak berhenti di sini saja, tapi bisa terus dikembangkan pada program-program yang substansial dan menyentuh kebutuhan masyarakat lainnya.💖


Stay Safe & Healthy

signature-fonts




86 comments

  1. Mantap, luar biasa peran serta perusahan perusahaan yang membantu proses vaksinasi dan program sosial selama Pandemi sehingga program pemerintah bisa terlaksana. Semoga amal baik dari perusahaan perusahaan ini mendapat balasan yang kesuksesan dari Tuhan. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..semoga peran serta perusahaan-perusahaan ini akan membantu pemerintah tangani pandemi

      Delete
  2. Memang perusahaan besar harus CSR yang membantu penanggulangan covid ya. Masa kalah sama masyarakat. Kalau Sinarmas sih dari dulu sudah banyak terlibat dengan program2 seperti ini. Bagus ini, taking dan giving.

    ReplyDelete
  3. Pt sinar mas keren banget sih ... Banyak andilnya ternyata Untuk membantu sesama yang terdampak Karena virus covid 19 ini ya programnya keren-keren deh

    ReplyDelete
  4. senang deh kalau banyak perusahaan yang peduli sama masyarakat yang terdampak covid gini. soalnya kayaknya pandemi masih panjang, uluran tangan kita pun perlu terus datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar enggak tahu kapan berakhir pandemi ini, peran serta semua dibutuhkan

      Delete
  5. Senangnya mengetahui kalau masih banyak yang peduli sesama termasuk para pengusaha seperti PT. Sinar Mas ini. Semoga bantuan yang mereka berikan bisa digunakan sebaiknya dan bermanfaat bagi banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga bantuan bisa bermanfaat bagi banyak orang

      Delete
  6. Memang sekarang masyarakat lagi banyak butuh bantuan, syukurlah banyak orang baik yang membantu. Apalagi program bantuan kaya gini banyak dibutuhkan, darah, plasma, oksigen, dsb.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, terlibatnya perusahaan nasional termasuk Sinarmas dalam membantu masyarakat dimasa pandemi merupakan hal positif.

    ReplyDelete
  8. Di era pandemi ini, kepedulian makin terus menampakkan jati dirinya
    baik masyarakat, maupun institusi/korporasi harus senantiasa berkiprah, membantu sesama.
    Keren banget SInar Mas!

    ReplyDelete
  9. Kadang suka ngerasa terharu banyak yang turut bantu untuk menangani covid.

    ReplyDelete
  10. Bagus. Perusahaan besar kan ada porsi anggarannya.. atau dana CSR. Prusahaan lain hrus mncintoh sinar mas

    ReplyDelete
  11. Bener2 bentuk CSR yang nyata dan terasa ya program2nya Sinar Mas. Semoga banyak perusahaan besar yg mengikuti jejak ini sehingga banyak masyarakat yang lebih terbantu.

    ReplyDelete
  12. Sinar Mas tuh salah satu perusahaan yang aktif dalam aksi kepedulian sosial ya. Sering banget melakukan aksi peduli, salah satunya kegiatan sosial yg membantu masyarakat di masa pandemi ini

    ReplyDelete
  13. SInarmas ini menurutku salah satu perusahaan yang bagus, karena adikku salah satu karyawan Sinarmas dan memang selalu mementingkan kesejahteraan karyawan juga. Selama pandemi ini apalagi, gak hanya memberikan bantuan saja tapi juga ini dilakukan ke karyawannya dalam memenuhi kebutuhan hari0hari juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selain bantuan di kalangan internal juga ke sekitar dan ke masyarakat luas

      Delete
  14. alhamdulillah sekarang sudah banyak perusahaan swasta yang terlibat dan peduli terhadap pandemi ini sehingga memberikan fasilitas vaksin pada masyarakat

    ReplyDelete
  15. Baru tau kalau sinar mas bener2 sangat peduli tentang kondisi pandemi gini. Perusahaan2 lain juga ikutan berkontribusi nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada infonya di atas Kak, lengkap:

      Selanjutnya, Sinar Mas juga mempelopori gerakan donasi lintas sektor industri yang berada di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Adapun gerakan tersebut bernama Pengusaha Peduli NKRI.
      hingga saat ini perusahaan yang bergabung dalam donasi adalah Sinar Mas, Agung Sedayu Group, Astra International, Djarum Foundation, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Intisumber Bajasakti, First Resources Ltd., Putera Sampoerna Foundation, PT Sampoerna Agro Tbk., Panin Group, Triputra Group, KPN Corp, Gan Konsulindo, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Permata Hijau Group, PT Samudra Marine Indonesia serta PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

      Delete
  16. Apa yang dilakukan oleh Sinar Mas ini sangat inspiratif ya mbak
    bisa dibilang ini adalah wujud tanggung jawab sosial perusahaan atau csr nya ya mbak

    ReplyDelete
  17. Salut banget sama peogram Sinar Mas bgni, banyak yang terbantukan dengan donasi okasigennya, semoga kedepannya makin sukses

    ReplyDelete
  18. Wahh mantab nih
    InsyaALLAH problem yg dihadap masyarakat tatkala pandemi, bisa makin enteng ya ma
    salut banget dgn program SinarMas peduli covid ini.

    ReplyDelete
  19. Amin-amin. Semoga program seperti ini banyak yang tergerak dan saling membantu ya. Pandemi memang berat, tapi kalau ada uluran tangan dan program yang bantu kaya gini, jadi lebih ringan

    ReplyDelete
  20. Sinar Mas gercep banget udah bergerak sejak awal pandemi. Semoga aja semakin banyak yang peduli. Karena kalau ingin bebas dari pandmei butuh kebersamaan

    ReplyDelete
  21. Aamiin.
    MAkin salut sama kiprahnya Sinar Mas yang peduli sama covid, semoga berkah buat semuanyaa dan aksinya banyak diikuti oleh perusahaan lainnya. Btw perusahaaan yang bergabung pun familiar semua tuuhh.Sukses buat semuanyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak yang tergabung semoga bisa membantu masyarakat

      Delete
  22. Sinar Mas intens ya di program CSR membantu masyarakat termasuk saat pandemi ini. Insya ALlah bermanfaat bagi masyarakat. Waktu banyak permintaan oksigen Sinar Mas juga ikut bantu ya dengan kerjasama pihak lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bantuan baik dari sisi kesehatan maupun kebutuhan hidup

      Delete
  23. Mantap ya kontribusi Sinar Mas khususnya di masa Covid-19 ini di mana banyak masyarakat yang terdampak, tidak hanya mengalami masalah ekonomi karena kehilangan sumber penghasilan tapi juga mengalami penurunan kesehatan. Semoga semakin banyak perusahaan seperti Sinar Mas yang peduli dan melakukan aktivitas sosial untuk membantu masyarakat yang paling merasakan dampak Pandemi Covid-19.

    ReplyDelete
  24. terima kasih sinar mas atas kepeduliannya. semoga makin sukses. btw aku masih penasaran ama seluk beluk soal donor plasma ini. semoga banyak yang bisa terbantukan dengan program ini yah mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bantuan semoga bisa meringankan yang membutuhkan

      Delete
  25. Super keren nih namanya. Sinar Mas begitu peduli dengan masyarakat dan pemerintah. Ya, kalau bantuan dan lainnya hanya dari pemerintah, rasanya begitu berat. Alhamdulillah, Sinar Mas turut serta membantu, bahkan masuk dalam vaksinasi gotong royong.

    Semoga makin banyak yang terinspirasi dari Sinar Mas untuk saling peduli dengan sesama, apalagi sedang pandemi gini.

    ReplyDelete
  26. Pandemi adalah masa dimana kita harus lebih peduli dengan sesama ya, mbak. Bersyukur, Sinar Mas membuktikan itu, bahwa perusahaan besar pun peduli dengan sesama di saat seperti ini

    ReplyDelete
  27. Wah, eren banget ini Sinar Mas..benar-benar perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini terus berlangsung dan diikuti oleh perusahaan lain

    ReplyDelete
  28. Sinar Mas selalu bergerak aktif membantu dengan program CSRnya sejak lama ya mba Dian. Kayak saat pandemi seperti sekarang, membantu pemerintah dan warga dengan program vaksinasi. Dan berkolaborasi bersama Tzu Chi Hospital juga.

    Aku baca sambil terharu, semoga banyak juga perusahaan lain yang melakukan hal ini. Berkontribusi agar pandemi lekas surut, kondisi negri jadi membaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kontribusi banyak pihak diperlukan agar kondisi negeri ini segera pulih

      Delete
  29. Bagus nih yang kayak gini, aksi nyata pelaku usaha untuk membantu pemerintah di masa pandemi. Pemberian vaksin, menggalang donor darah dan juga donor plasma, bantuan oksigen, benar-benar wujud nyata bantuan dalam turut menanggulangi efek pandemi covid-19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, wujud nyata dalam ikut serta menaggulangi dampak pandemi

      Delete
  30. sinar mas csr nya memang manteppp banget. di sekeliling kantornya sasja peduli apa lagi pandemi gini pasti rasa menolongnya besar jadi bukan hanya bisnis yang dilihat
    kebayang bantuan oksigen itu banget banget berguna :") apalagi sekarang mahal banget buat oksigen kecil juga :" ( pada tega sama harga.
    semoga kita semua survive pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ga cuma di kalangan internal, ke masyarakat sekitar juga yang lebih luas bantuan didistribusikan

      Delete
  31. Seneng deh ada perusahaan yang peduli covid19. Mulai dari donor plasma, vaksinasi, sampai bantuan oksigen. Keren euy!

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah makin banyak perusahaan swasta yang turun tangan membantu pemerintah dalam menangani kasus covid. Semoga Indonesia bisa secepatnya bebas dari virus corona. Terutama agar proses pembelajaran bisa kembali tatap muka. Saya sudah bosan mengajar daring, hiii malah curhat sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga bosan anak belajar daring...kasihan kalau kelamaan

      Delete
  33. Seneng deh jika banyak pihak membantu penanganan Covid-19 seperti bantuan yang diberikan Sinar Mas ini. Tabung oksigen itu memang banyak banget yang butuhin. Masih ingat di bulan July lalu banyak yang kesulitan mencari oksigen. Semoga dengan bantuan ini membawa berkah untuk kita semua.

    ReplyDelete
  34. Memang harus gitu kalo ada program pemerintah ..gak cuma masyarakat secara pribadi tapi juga di dukung oleh semua pihak termasuk perusahaan2.. pt sinar mas ikut menyukseskan program vaksinasi di masyarakat..

    ReplyDelete
  35. Yuhuu, ini keren banget!
    pandemi ini ga tau kapan berakhirnya.
    dengan kepedulian ala SinarMas insyaALLAH bisa ringankan beban warga terdampak.

    ReplyDelete
  36. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut. Di masa pandemi ada banyak hal yang harus dilakukan secara gotong royong. Dengan begitu semua bisa mendapatkan manfaatnya dan terbantu.

    ReplyDelete
  37. Senang melihat perusahaan sebesar Sinarmas mau membantu masyarakat kita. Harapannya program ini bisa berlangsung dan merambah ke daeran dan pelosok. Aaamiin

    ReplyDelete
  38. Wah senangnya ada donor darah. Dulu aku rutin donor darah semenjaka kena tekanan darah tinggi kadang ga boleh sama dokternya. Sinar Mas memang peduli ya mba sama kemanusiaan

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah PT. Sinar Mas nggak lupa ya sama mereka-mereka yang terdampak Covid-19. Semoga makin banyak acara-acara sosial yang digalang untuk membantu masyarakat yang kesulitan.

    ReplyDelete
  40. Senang ya sudah banyak pihak yang peduli dengan penanganan covid-19. Seperti yang dilakukan Sinar Mas ini ya mbak. Semoga semakin memberikan semangat dan motivasi bagi pihak lain untuk ikut berkontribusi dalam penanganan cobis-19.

    ReplyDelete
  41. Sinar Mas keren. Terima kasih, Sinar Mas. Semoga usahanya lancar dan diberkati.

    ReplyDelete
  42. Ternyata program kepedulian Sinar Mas begitu banyak ya. Di sektor swasta pula. Semoga makin membantu ekonomi di era pandemi ini

    ReplyDelete
  43. Salah satu program sosial perusahaan ya Mbak. Alhamdulillah banyak membantu yang terdampak pandemi. Semoga semakin luas kebermanfaatannya

    ReplyDelete
  44. Salut dengan peran dan bantuan yang disalurkan oleh Sinar Mas.
    Setuju sekali kalau kita semua bergerak aktif untuk saling membantu dan peka terhadap lingkungan yang membutuhkan, semoga pandemi ini bisa kita lewati bersama dengan baik.

    ReplyDelete
  45. Sukses selalu buat sinar mas, makin jaya dan makin luas jangkauan berbaginya. Semoga program sinar mas ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk berbagi juga.

    ReplyDelete
  46. Sinar mas keren banget ya mbak Dian kepeduliannya pada Masyarakat di Masa pandemi begini amat sangat berarti nih ya semoga programnya terus berlanjut ya mbak

    ReplyDelete
  47. Seneng ya kalau liat ada perusahaan peduli sama masyarakat gini. Semoga makin banyak yang mau turut serta membantu masyarakat. Sekaligus mengingatkan diri sendiri, untuk berpartisipasi membantu sekitar, meski dimulai dari hal kecil.

    ReplyDelete
  48. Masya Allah luar biasa sekali aksi dan peran dari sinar mas ini ya mbak. Dapat membantu dan memberi manfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  49. Seneng deh dengan info positif begini. Semoga ini bisa jadi motivasi untuk perusahaan besar lainnya.

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah banyak ya, mbak perusahaan yang bergerak aktif mengulurkan bantuan di masa pandemi ini. Pastinya bantuan tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat kita

    ReplyDelete