Aplikasi Senyumku, Mudahkan Catatan Keuangan Keluargamu!

Memiliki catatan keuangan keluarga yang rapi, bagi saya adalah sebuah prestasi. Maklum, sebagai ibu rumah tangga yang mesti mikirin dan ngerjain itu ini, kadangkala pemasukan dan pengeluaran rumah tangga itu jadi enggak ada catatannya. 

Meski sejak dulu kala saya punya pembukuan sederhana untuk pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga, tapi tetap saja ada bolongnya, ada yang luput tercatat karena lupa.

Ujung-ujungnya jelang akhir bulan bingunglah saya, jumlah sekian rupiah buat apa ya, kok sudah habis saja uangnya? Padahal nyarinya....setengah mati, kaki jadi kepala - kepala jadi kaki!!

aplikasi keuangan senyumku

Manfaat Memiliki Catatan Keuangan Keluarga 


Memiliki catatan keuangan rumah tangga yang rapi, bisa membantu dalam menentukan skala prioritas di tengah banyaknya kebutuhan keluarga. 

Hal ini karena pencatatan keuangan akan memberikan gambaran mengenai pengeluaran, pemasukan, serta besaran uang yang bisa ditabung maupun diinvestasikan untuk memenuhi tujuan keuangan. 

Misalnya cita-cita untuk pergi haji, beli properti, nyekolahin anak sampai tinggi dan tujuan keuangan lainnya akan makin terlihat nyata saat semua direncanakan dan konsisten dijalankan sejak semula.

Nah, kalau catatan keuangannya acak-acakan gimana mau tercapai tujuan, yekan?

Kemudian, terbiasa rapi saat mencatat keuangan membuat kita akan lebih berhati-hati menggunakan uang dan makin mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Yup, jika kebutuhan merupakan sesuatu yang sangat diperlukan, keinginan lebih mengacu pada perasaan ingin memiliki sesuatu baik kini maupun nanti.

Kalau di catatan tertera berapa banyak belanjaan marketplace-mu, lain waktu kamu akan lebih bisa menahan godaan membeli keperluan yang tidak penting, kan? Kamu akan tahu seberapa besar nilai uang dalam setiap lembarnya, dan berpikir lagi dalam membelanjakannya.

Enggak itu saja, tertib melakukan pencatatan keuangan akan menghindarkan ketidaksepahaman pertengkaran soal keuangan dengan pasangan yang kadang menjadi sumber masalah rumah tangga. 

Jika transparan soal keuangan maka masing-masing jadi tahu kemana pergi uangnya. Setelahnya, diskusikan dengan pasangan soal alasan di balik pengeluarannya. Dengan begini, keuangan rumah tangga pun bisa terjaga.



Aplikasi Catatan Keuangan Senyumku yang Sungguh Membantu


Well, mengingat manfaat, catatan keuangan rumah tangga memang perlu dibuat. Saya dulu punya buku khusus untuk itu. Meski sederhana saya tuliskan berapa saja pemasukan dan pengeluaran keluarga setiap bulannya. 

Biasanya, di awal bulan saya langsung bayarkan tagihan rutin yang mesti dibayar, baik secara transfer, lewat e-wallet atau tunai. Kemudian saya catat pembayaran ini. Saya juga mengambil uang cash secara berkala dan mencatat berapa jumlah belanja harian di sana.

Masalahnya, kadang setelah belanja atau bayar-membayar sesuatu, saya lupa nyatet itu...huhuhu. 

Maka ketika saya mengenal aplikasi catatan keuangan Senyumku, langsung klik, merasa inilah yang bakal bantu. 

Pasalnya di Fitur Catat aplikasi Senyumku, saya bisa membuat catatan keuangan harian. Saya bisa menggunakan fitur Catat ini untuk mencatat keuangan dari akun perbankan, e-wallet maupun uang tunai hanya dengan satu aplikasi saja.

Yess, akhirnyaaa.....saya punya solusi! Ada Senyumku, layanan perbankan digital untuk memudahkan saya dalam mengatur keuangan bulanan dan juga menabung hanya dalam satu aplikasi!

Apalagi, Senyumku memiliki beberapa keunggulan yang pas untuk mendukung kebebasan finansial saya, seperti: buka rekening online tanpa setoran awal, bunga tabungan kompetitif dan pengelolaan keuangan semakin mudah dengan teknologi terkini.

Enggak itu saja, aplikasi Senyumku juga dilengkapi fitur-fitur yang mendukung cara mengatur keuangan dengan mudah, di antaranya: 

  • Fitur Celengan Senyumku
  • Auto Categorization
  • Spending Alert
  • Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest

aplikasi catatan keuangan

aplikasi senyumku


Oia, kalau kamu ingin coba juga membuat catatan keuangan yang mudah dan praktis seperti saya, kamu bisa mengunduh aplikasi Senyumku dari Playstore ya. 

Syaratnya mudah saja, yakni: WNI, usia 17 - 55 tahun dan kamu hanya perlu menyiapkan KTP saja untuk bergabung dengan saya dan Sahabat Senyumku lainnya.

Caranya?

Download aplikasi keuangan Senyumku dari perangkat Android kamu. Setelah itu buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”. Isi data diri kamu beserta alamat domisili dan data-data lain yang diminta. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie kamu. Lalu, tunggu hingga tim Senyumku menghubungi kamu untuk proses verifikasi!!

Etapiii, aman kan ini?

Tenang sajaaaa, Senyumku merupakan produk milik PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Bank Amar sendiri, sebelumnya sudah memiliki produk KTA Digital bernama Tunaiku. Dengan melakukan pendaftaran di Senyumku, kamu akan menjadi bagian dari nasabah PT Bank Amar Indonesia.

Jadi, lupakan cara membuat catatan keuangan yang lama, gunakan aplikasi Senyumku untuk mudahkan catatan keuangan keluargamu! See You!💖


Stay Happy & Healthy

signature-fonts

22 comments

  1. Wah menarik nih Mbak Dian ... bisa mengatur keuangan pribadi dengan aplikasi Senyumku.
    Di awal nikah dulu saya rajin banget ngitung tapi lama-kelamaan tidak ... akhirnya suka lupa uangnya kepake buat apa .... hiks.

    ReplyDelete
  2. merasakan sekali dampak mencatat keuangan nih ya mba. Setelah dicatat jadi lebih bisa kelihatan flownya kan, dan bisa diatur mana yg harusnya lebih penting mana yg nggak. Kadang klo nggak dicateeeet nih suka bocor halus aja gitu hihi. Sekarang ada apps kayak gini, jadi buat saving jugaa ya ini

    ReplyDelete
  3. Dengan catatak keuangan yang terekam rapi, kita lebih mudah melihat anatomi keuangan keluarga ya Mbak. Antara pemasukan dengan pengeluaran, serta mana yang harus di tahan untuk masa depan. Dengan aplikasi Senyumku kelihatannya mudah banget

    ReplyDelete
  4. aplikasi sekarang banyak banget ragamnya ya dan semkain mempermudah hidup kita sehari - hari. Aku perlu coba juga nih

    ReplyDelete
  5. Wah baru denger nih ada apps ini. Selama ini aku catatnya manual. Kayaknya ini menarik appsnya, bisa untuk spending alert juga.
    Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  6. Nama aplikasinya aja udah bikin senyum ya, hehe.... Selama ini aku bikin catatan di buku atau notes, kalau pakai senyumku pasti akan lebih tertata ya, biar lebih terkendali dan ngga ada pengeluaran berlebih juga

    ReplyDelete
  7. Aplikasi bagus nih, saya juga download nih aplikasi yang sangat membantu saya dalam mencatat keuangan sehari - hari.

    ReplyDelete
  8. Aplikasinya beneran bisa bikin senyum nih. Membantu sangat dalam menulis pengeluaran harian dan mengelola keuangan. Jadi makin mudah dipahami uang kita untuk apa aja. Terus yang pengeluaran besar gak penting ada atau enggak. Untuk next nya biar gak gitu lagi.

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yang malas bikin catatan keuangan mbak. Kadang udah pengen bikin catatan, cari bolpen nggak ketemu. Pindah buat catatan di excel, kadang males mesti hidupin laptop, akhirnya ketumpuk-tumpuk terus lupa deh.

    Menarik ini senyumku, bisa bikin catatan keuangan dari handphone aja, nggak ribet dan repot. Praktis

    ReplyDelete
  10. AKu termasuk orang yang hobi mencatat! Udah gitu catatannya manual dan bukunya banyaaaak banget!
    Aku koleksi beberapa buku notes besar dan kecil dan suka suka aja ngisinya karena sekalian untuk digambar gambarin plus nyatetin ide inspirasi baru

    untuk catatan keuangan nanti kucoba dengan digital gini deh biar ketahuan bocornya di mana

    ReplyDelete
  11. Aplikasi ini buka cuma namanya senyum. Tapi pengguna emang dibuat senyum sebab ia mendukung banget Mobilitas apalagi aktifitas perbankan jadi smart

    ReplyDelete
  12. Suamiku bakalan highly recommended deh...kalau tahu ada pencacatan keuangan yang detail seperti di aplikasi Senyumku ini. Beliau teliti sekali dalam hal keuangan. Dan aku kebalikannya.
    Hiiks~

    ReplyDelete
  13. Aku sekarang juga belajar untuk mencatat keuangan lewat aplikasi. Biasanya pakai nulis dj buku. Tp ngga praktis saat keluar rumah dan beli2 ini itu. Kalau pakai aplikasi, kan mudah. Set set set, kecatat udah. Coba sih besok pakai Senyumku

    ReplyDelete
  14. Boleh Juga nih mba .. aku baru Tau Ada aplikasi Senyumku yg dilengkapi fitur2 mendukung cara mengatur keuangan dengan mudah.. mau coba lihat2 nih aplikasinya

    ReplyDelete
  15. Sekarang sih apa-apa serba dimudahkan ya mba. Jika dulu kita hanya tau rekening bank konvensional. sekarang menggunakan app Senyumku ini kita jadi punya banyak bantuan dalam mengatur keuangan, baik personal maupun bisnis.

    ReplyDelete
  16. Aku Udah baca-baca lebih jauh. Udah download juga. Tapi belom install nih Senyumku ini. Kepengen bikin deh rekeningnya. Biar bisa ngatur keuangan nih Senyumku ini.

    ReplyDelete
  17. aku juga lumayan rajin mbak bikin catatan keuangan. cuma jeleknya aku kalau sudah mau akhir bulan suka malas tracking pengeluarannya jadinya nggak terlalu teratur catatannya. heu

    ReplyDelete
  18. Aku tuh baru sampai wacana belaka mencatat pengeluaran keluarga tapi kalau ada aplikasi Senyumku seperti ini sepertinya lebih mudah ya mencatatnya, fiturnya lengkap pisan..

    ReplyDelete
  19. Udah 2021 saya nih belum tergerak juga bikin catatan keuangan, dulu pernah tapi akhirnya berhenti karena lupa dan malah banyak kurangnya tuh duit. Tapi makin banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan pencatatan keuangan seperti Senyumku ini

    ReplyDelete
  20. Luar biasa perkembangan dunia digital ya mba, hampir semua masalah ada solusinya dengan menggunakan aplikasi termasuk masalah keuangan ini. Sayang, usiaku sudah tak masuk kategori buat instal aplikasinya, hiks.

    ReplyDelete
  21. Aku sepertinya juga perlu ini mbak.. Catetanku masih suka bolong-bolong juga. Kok uangnya cepet banget habis ya.. Eh ternyata banyak bocor sana-sini yang nggak terasa. Harus mulai rapiin catetan keuangan ini..

    ReplyDelete
  22. Nama aplikasinya udah bikin senyum, auto senyum kalau ngitung keuangan pake aplikasi ini . Btw penting banget bikin catatan keuangan agar tahu dimana dan kapan membeli barang yang sebenarnya ga penting jadi bisa koreksi diri

    ReplyDelete