Aktivitas Air dengan Kolam Renang Kisubo

Aktivitas air dengan kolam renang Kisubo menjadi hiburan tersendiri bagi saya dan anak-anak beberapa waktu terakhir ini. Seru-seruan yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi, tapi beneran bikin hati happy

Apalagi nih, kami masih belum bebas kemana-mana karena banyak tempat wisata yang akibat pandemi masih belum dibuka. Maka, melakukan aktivitas menyenangkan di rumah adalah sebuah solusi. Di antaranya dengan berolahraga/aktivitas air dengan kolam renang Kisubo ini!

Kolam Renang Kisubo

Tentang Olahraga/Aktivitas Air untuk Anak


Yes, olahraga/aktivitas air untuk anak itu banyak manfaatnya. Ini yang membuat saya mengenalkan aktivitas air pada anak sejak dini. Meski awalnya sih parno juga hahaha. Biasalah ibu-ibu kadang overthinking kalau ngenalin anak ke hal yang baru.

Saya ingat sekali waktu pertama kali bawa anak-anak ke kolam renang saat masih batita, enggak ada takut-takutnya mereka. Malah saya yang jejeritan melihatnya, hadeh. Memang kalau sudah ketemu air tuh anak-anak sepertinya lupa diri ya. Penginnya langsung nyebur saja. 

Berenang misalnya, adalah salah satu olahraga air yang sangat menyenangkan. Enggak heran, karena manfaatnya, banyak ahli merekomendasikan aktivitas air ini. Meski direkomendasikan juga jika program belajar teknik renang sebaiknya dimulai setelah anak berusia 4 tahun. 

Sementara untuk anak berusia di bawahnya, American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pernyataan, tujuan aktivitas adalah sebatas memberikan kesenangan dan meningkatkan ikatan antara anak dengan orang tuanya. Jadi aktivitas air bukan untuk belajar teknik berenang. 

Oia, pastikan juga untuk memerhatikan beberapa hal saat anak beraktivitas air ini. Seperti: terjamin kebersihan tempatnya dengan durasi maksimal 30 menit, karena suhu tubuh anak (apalagi di bawah satu tahun) lebih cepat turun dibandingkan orang dewasa. 

Kemudian, pastikan anak didampingi orang tua dan jadikan momen ini untuk mempererat bonding dengan mereka. Juga jangan memaksa, jika anak terlihat ragu atau cemas, tunda dulu aktivitas.

Manfaat Berenang untuk Anak

Manfaat Berenang untuk Anak

Manfaat Aktivitas Air untuk Anak


Merasakan basahnya air, mendengar percikan, melihat gelembung, merasakan tetesan dan aktivitas air lainnya bisa menjadi stimulus yang menyenangkan bagi anak. 

Selain itu, bermain air juga menjadi pengalaman belajar yang sensasional bagi anak karena ia bisa belajar menuang, memercikkan, mengamati tentang sebab dan akibat, juga berkenalan dengan sifat air lainnya. 

Tak hanya sekadar bermain air saat ia mandi atau berenang, banyak permainan air yang bisa sekalian dilakukan oleh anak. Tentunya selain dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi, aktivitas air ini juga memiliki segudang manfaat lain bagi mereka. 

Apa saja?

1. Mengembangkan keterampilan motorik

Beraktivitas di dalam air akan membuat anak menggerakkan tangan, kaki, jari, juga bagian tubuh lainnya dengan lebih banyak lagi. Keterampilan motorik halus dan kasar dapat berkembang dengan melakukan aneka permainan dalam aktivitas air ini. Keterampilan motorik serta koordinasi mata dan tangannya akan makin berkembang melalui tindakan seperti menuang, menyemprot, menggosok juga mengaduk.

2. Meningkatkan keseimbangan

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Universitas Sains & Teknologi di Norwegia menemukan bahwa anak yang rutin beraktivitas di dalam air memiliki keseimbangan yang lebih baik dan dapat memahami objek dengan lebih mudah. Berada di dalam air akan membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan anak.

3. Belajar memecahkan masalah 

Aktivitas air memungkinkan anak mengeksplorasi suatu benda dan membuat penemuan tentangnya. Ketika anak bermain bola lalu menaruhnya di atas air, ia bisa belajar tentang bagaimana benda mengapung juga benda apa yang bisa tenggelam. Olahraga air juga mendorong mereka untuk menggunakan imajinasi dan mencari solusi yang memainkan peran penting dalam problem solving nanti.

4. Menenangkan

Menurut informasi yang dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, aktivitas air dapat mengurangi kecemasan dan bisa mengubah suasana hati anak menjadi lebih baik sehingga kestabilan emosi mereka akan membaik.

5. Mendukung perkembangan sosial - emosional

Beraktivitas air, mendorong anak memainkan peran dan keterampilan sosial seperti kerjasama dan berbagi. Anak akan belajar bekerjasama dengan orang tua atau temannya, belajar bergiliran dan berbagi ruang. Saat melakukan kegiatan ini anak akan melepaskan energi, menyegarkan pikiran dan belajar berkonsentrasi pada satu aktivitas yang bisa jadi dilakukan berulang sehingga memungkinkan mereka belajar mengatur emosinya.

6. Mengembangkan kreativitas

Mengajak anak melakukan aktivitas air akan membuat anak menggunakan imajinasinya, terutama bila mereka ditemani mainan seru yang lucu. Ini akan mendorong anak mencoba ide baru yang baik untuk memupuk kreativitasnya.

7. Meningkatkan rasa percaya diri

Memperkenalkan aktivitas air pada anak sejak dini akan membuat mereka terbiasa dan kelak tidak akan memiliki ketakutan terhadap air. Menjadikan mereka pemberani dan percaya diri nanti.


Mendukung Kegiatan Anak dengan Olahraga/Aktivitas Air di Rumah Bersama Kisubo

Mendukung Kegiatan Anak dengan Olahraga/Aktivitas Air

Mendukung Kegiatan Anak dengan Olahraga/Aktivitas Air di Rumah Bersama Kisubo


See, kini jadi tahu kan cara merawat dan mengembangkan potensi anak dengan cara yang menyenangkan? Olahraga/aktivitas air adalah jawabannya! 

Well, kegiatan ini mungkin sederhana, namun memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan anak-anak kita. Yang kita perlukan hanyalah sebuah kolam renang, meluangkan waktu serta beberapa mainan lucu.

Kolam renang? Bukannya saat ini mengajak anak ke kolam renang belum bisa dan belum aman?

Enggak usah khawatir, seperti yang saya sebutkan di awal, ada Kolam Kisubo, rekomendasi kolam renang yang aman dan nyaman untuk anak dan keluarga. Karena:

High Quality Product

Kolam Kisubo berbahan PVC kualitas tinggi dengan Japan Quality. Keunggulan yang membuat produk ini berkualitas baik dan bisa digunakan kapan saja. Ukurannya tidak terlalu besar dan bisa diisi air untuk anak-anak sehingga bisa diletakkannya di halaman saat sewaktu-waktu ingin digunakan.

Children Safe & Comfortable

Dasar kolam kuat, tidak mudah bocor, enggak perlu menyediakan alas lagi. Sehingga aman dan nyaman untuk anak-anak. 

Children Friendly

Kolam Kisubo aman digunakan untuk anak. Pinggiran kolam empuk, tebal, dengan desain yang tidak licin. Menjaga anak agar tidak mudah terjatuh hingga tergelincir.

Affordable Price

Harga terjangkau! Lebih hemat, mengingat selanjutnya kita hanya menghitung biaya listrik untuk pompa elektrik dan air untuk mengisi kolam saja. Jauh lebih murah daripada tiket ke kolam renang! 

Colourful

Kolam Kisubo memiliki desain yang menarik dan kekinian. Tersedia juga pilihan warna yang cantik: Pink, Biru, Tosca, bisa disesuaikan dengan warna kesukaan

Mudah Dipompa dan Dikempiskan

Saat ingin digunakan kita tinggal siapkan tempat, kolam dan pompanya. Lalu pompa elektrik dengan cepat akan memompa kolam hingga kuat saat dipakai. Jika sudah selesai tinggal kempiskan lagi dengan pompa elektrik yang sama. Mudah dan cepat!

Praktis: Bisa Disimpan dan Dibawa

Kolam Kisubo portable dan bisa dibawa ke mana saja. Kita bisa membawanya ke berbagai tempat yang kita inginkan. Misalnya dibawa ke rumah saudara karena di sana tidak ada kolam renang atau dibawa ke tempat outdoor saat piknik. 

Dilengkapi dengan Set Pompa Kisubo Elektrik

Pompa Kisubo elektrik memompa lebih cepat dibandingkan pompa biasa sehingga kolam bisa segera digunakan. Pompa angin listrik ini punya dua fungsi untuk memompa dan mengempiskan. Pompa dilengkapi dengan 3 mulut pipa, serta berdaya listrik 220W - 240V. Pompa bisa juga dipakai untuk memompa ban renang dan pelampung.

Dilengkapi Bola Mandi VRToys

Untuk menambah keseruan, tersedia bola mandi sehingga anak-anak makin happy!

Size Available

Tersedia berbagai ukuran kolam sesuai kebutuhan, yaitu: 155 cm x 150 cm x 50 cm | 200 cm x 150 cm x 50 cm | 262 cm x 150 cm x 50 cm | 305 cm x 150 cm x 50 cm

Mudah didapatkan

Kolam tersedia di oulet-outlet mainan dan e-commerce kesayangan!!


Oia, bukan hanya karena keunggulannya saja, Kolam Kisubo juga mudah dan cepat sekali dipompa dan dikempiskan. Caranya:

  1. Siapkan Pompa Kisubo
  2. Isi kolam dengan angin menggunakan Pompa Kisubo
  3. Pastikan terisi angin sepenuhnya sehingga kuat nantinya
  4. Isikan air ke kolam dan bersiaplah untuk seru-seruan
  5. Jika sudah selesai aktivitasnya, lepaskan tutup katup di bagian dasar kolam, hingga air keluar. Lalu buka katup di badan kolam untuk mengeluarkan angin di dalamnya 
  6. Gunakan pompa dengan posisi mengempiskan 
  7. Lipat kolam dan simpan

Well, punya Kolam Kisubo, bikin mudah saat sewaktu-waktu mau bonding dengan si Kecil. Beraktivitas penuh manfaat dan bermain sekalian belajar banyak hal dengan aman dan nyaman!


Manfaat Aktivitas Air

kolam renang kisubo

Kolam Kisubo: Play With Kids, Build Smart Kids


Nah, selama anak menikmati waktu mereka saat olahraga/aktivitas air, kegiatan ini adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental mereka. Selain itu, juga merupakan momen untuk membangun kedekatan antara anak dan orangtua. 

Maka yuk mengambil jeda sejenak untuk optimalkan kecerdasan anak! Karena dukungan orang tua untuk perkembangan mereka sangat dibutuhkan. 

Play with kids, build smart kids!

Oia, tapi ingat, perhatikan juga beberapa hal berikut saat melakukan aktivitas air ya:

  • Selalu berjarak dekat dengan anak untuk bisa membantu ketika sewaktu-waktu terjadi sesuatu
  • Pastikan tidak terdistraksi saat mengawasi anak
  • Terapkan aturan aman di sekitar kolam renang seperti jangan berlari atau dorong-dorongan
  • Usahakan agar ia tidak menelan air kolam renang 
  • Setelah aktivitas selesai, segera mandikan anak dan pastikan tubuhnya bersih kembali


Baiklah Ayah Bunda, selamat seru-seruan bersama si kecil dalam aktivitas air dengan Kolam Renang Kisubo yaaa! Oia, untuk info lebih lengkap silakan ke akun Instagram Kolam Kisubo @kisubo_official  . See Ya! 💗

review kolam kisubo



Stay Healthy & Happy

 signature-fonts

44 comments

  1. Yuk, beraktivitas air bersama anak-anak dengan kolam renang kisubo!

    ReplyDelete
  2. Aktifitas bermain air di sebuah kolam renang seperti tools kolam renang Kisubo menjadikan relaksasi anak, ditambah bermain bola di kolam renang menyenangkan tentunya.

    ReplyDelete
  3. Besar juga ya kolam renangnya, ukurannya macem-macem, bisa nyemplung berdua. Apalagi di Jakarta gitu cucok banget untuk berendam. Btw...Bandung juga sekarang makin panas sih...
    Gobyos aja kalo siang...

    ReplyDelete
  4. senangnyaaa......sekarang anak2 bisa berenang tanpa harus keluar rumah

    cukup menggunakan kolam renang Kisubo

    dulu anak2 saya harus nunggu kiriman dari kerabat di LN

    sekarang kolam renang Kisubo mudah dibeli di e-commerce

    ReplyDelete
  5. Wih sepertinya Kisubo ini lumayan besar ya! Enak juga nih kalau ada di rumah, bisa main air tanpa perlu ke kolam renang dan punya family time.

    ReplyDelete
  6. Ih racuunnn banget Mbaaa, anak-anak saya bakalan hepi nih kalau main air gini, apalagi masih pandemi gini kan ye, mau ke kolam renang kok ya bawaannya takut.
    Mana ini ukurannya gede ya, ada pompa elektriknya pula, jadi mudah banget pompanya.
    Warnanya juga colourful banget, kan menarik banget nih :)

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat anak-anak saya ketika masih kecil. Sering banget main air di kolam begini. Sayanya juga seneng, ya. Bisa nyenengin anak tanpa harus keluar rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan punya keponakan yang masih kecil juga. Kayaknya jadi pengen punya. Biar kalau dia main ke rumah, mau saya ajak main air di kolam renang Kisubo

      Delete
  8. anak2 pasti senang main air, ya. kalau kolamnya aman begini, jadi lebih optimal deh buat tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuuun anak aku klo liat ini pasti mupeng mba pengen cobain hihi emang ya bocil doyan main air, sejak pandemi jarang nih berenang di kolam huhu tapi Kisubo bisa jadi solusi di rumah yahh

    ReplyDelete
  10. Ternyata ada manfaat ya melatih anak untuk mau berenang atau berada pada lingkungan yang ada airnya supaya semakin PD dan pemberani. Btw, punya kolam renang kisibo ini lebih praktis yang penting ada tempatnya yang terhubung dengan kran air. Anak-anak pastinya suka ya mandi pake kolam renang artificial seperti Kisibo ini. Thanks infonya kak Dian, sudah kubaca artikelnya.

    ReplyDelete
  11. Jaman anak-anak saya masih di bawah 10tahun, berenang di kolam plastik seperti ini dah jadi kegiatan rutin. Terutama pas weekend. Duuhh itu susah banget disuruh berhentinya. Apalagi kalau diisi dengan Booba Boom dan bola-bola plastik kecil warna-warni. Kalau gak sampe keriput atau bibir gemetaran, rasanya gak bakalan sudah acara main airnya.

    Ternyata ada yang ukuran sampe 3m juga ya? Lumayan nih jadi bathup orang tua hahahaha. Berendam menghilangkan rasa gerah dan sumuk karena cuaca panas.

    ReplyDelete
  12. Kolam renang kisubo, mama dan papanya bisa sekalian nyebur ya, Kak. Jadi kalau diberikan ponakanku nggak worry. Emaknya bisa sekalian menemani. Hehehehe

    ReplyDelete
  13. Oh, ada pompa elektriknya ini udah satu set kolam reanng Kisubo yach, mbak Dian? Mayan ada ukuran 150 cm panjang juga lah buat anak2 main air hihihi. Iya, menenangkan. Bahkan kita orang dewasa aja bisa berendam di dalamnya. Praktis ya, bisa dibawa ke mana2. Bahannya juga berkualitas. Tandain nih ntar kepengen beli buat anak2ku :D

    ReplyDelete
  14. Aku nggak bisa renang mbak, tapi kalau kolam renangnya begini seru banget sih ini hahahaha
    aku jadi pengen beli bikin di rumah cemplungan gitu.

    ReplyDelete
  15. Lebih baik berenang di rumah ya mba lebih aman dan tenang apalagi di masa pandemi. Duh saya pub jadi ingin ikut nyemplung nih udh lama ga ke kolam renang

    ReplyDelete
  16. Lhoooo, mbaaa, ini kok seruuuu
    ukurannya gede yaa
    asik asiikk
    aku ajukan proposal ke suwamik, ahhh
    moga2 approve!

    ReplyDelete
  17. Eh jadi pengen beliin kolam renang Kisubo buat bocil di rumah aq mbak, biar dia bisa main air sepuasnya dan gak perlu ke kolam renang ya

    ReplyDelete
  18. Jadi inget anak-anak nih, udah lama banget gak berenang karena sampai sekarang masih was-was ngajak mereka ke tempat umum begitu. Kayaknya kolam renang kisubo bisa jadi solusi nih. Emm.. jadi pengen beli juga.

    ReplyDelete
  19. Aktivitas di air memang menyenangkan, dan banyak manfaatnya. Jadi ingat zaman anak-anak kecil, kalau diajak ke kolam girang banget, sampe susah berhenti haha. Dulu juga pakai kolam renang anak buat di rumah. Dipakai sampai mereka SD, abis itu saya kasih orang :D Tapi dulu belum kenal Kisubo, eh tapi tahun 2003 - 2010 belum ada kali ya? Aku liat kolam renang Kisubo ini terlihat kokoh dan tebal, sekilas jadi mirip boat penyelamat yang tebal2 dan biasa dipakai di laut dan sungai berarus deras.

    Dari ulasan Mbak Dian di sini boleh dibilang Kisubo ini produk berkualitas yang recommended.

    ReplyDelete
  20. Mak... pengen... Harganya berapa sih? Aku scroll up scroll down kok ngga nemu, huhuhu... Pompa elektrik ini investasi ya... modal kolam kisubo dan pompa anak udah happy. Pengen banget beli buat anak nih mak...

    ReplyDelete
  21. Serunya melihat anak bermain air begini ya,kok pengen ikutan nyebur main juga nih. Punya kolam renang begini di rumah tentu buat anak betah juga sepertinya. Ternyata banyak manfaat anak dikenalkan dengan bermain air gini ya,mengasah kreatifitas juga tentunya. Praktis juga bisa dibawa-bawa ya,nanti kepoin lagi deh kolam renangnya.

    ReplyDelete
  22. huwoo asik banget bisa punya kolam renang sendiri di rumah. tetanggaku punya, lho. tiap wiken kolam renangnya dipompa buat anak2nya berenang. keseruannya sampe kedengeran ke rumahku :)

    ReplyDelete
  23. Wah ngeliat review Mba Dian tentang kolam renang kisubo ini jadi inget mau beli pompa elektrik deh. Secara di rumah dapet hadiah kolam renang dr Paddle Pop belum diapa-apain. Soalnya ga ada pompa elektrinya. Kalau Kisubo kan lengkap ya.

    ReplyDelete
  24. Aku jadi pengen punya juga buat anak nih mba. Lengkap juga paketnya jadi bisa langsung digunakan ya mba. Ada beberapa pilihan ukuran juga. Makasih rekomendasinya mba

    ReplyDelete
  25. auto cari di e-commerce mbak, soalnya Saki suka banget main air. Kalau disuruh mandi dingin, tapi giliran main air seneng banget hihihi. Makasih rekomendasinya mbak, jadi ada bayangan beli kolam renang karet di rumah

    ReplyDelete
  26. Di musim pandemi gini gak memungkin ajak anak berenang di kolam renang. Alternatif lain ya main air di rumah aja. Ini rekomendasi yang pas banget nih. Karena anak saya juga betah banget kalau main air.

    ReplyDelete
  27. Emaknya juga bisa ikutan nyemplung di Kisubo ini ya... Udah ga harus jaga image kalau main airnya cuma sama anak kita sendiri. Hehehe...

    ReplyDelete
  28. iya ya aktivitas bermain dengan air ini sangat disenangi anak-anak, kadang ortunya aja yang parno berlebihan. Awal-awal ngajak anak ke kolam renang saya pun begitu, teriak-teriak melarang dan mengingatkan ini itu sampai suara serak. Kalau nggak teriak, mereka nggak denger karena main air sambil cekikikan. Lama-lama saya pikir, ngapain saya mesti capek teriak sampai suara serak, lha wong mereka menikmati kegiatan main airnya kok.

    Enaknya kalau punya kolam renang kisubo ini di rumah, pengen main air, bisa langsung gelar aja setiap saat

    ReplyDelete
  29. Menyenangkan sekali mengajak anak berenang nih makin happylah ya kalau di rumah aja ada kolam plastik gini, makin semangat deh bersama kolam renang kisubo

    ReplyDelete
  30. Jadi inget dulu pas masih balita, anak2 juga pakai kolam renang portable macem gini. Sampai kemudian diwariskan ke teman karena mereka maunya ke kolam renang betulan. Kalau dipasang di halaman, abis mandi2, airnya bisa buat siram tanaman hehehe

    ReplyDelete
  31. Kualitasnya bagus, dan terlihat bakal awet. Jadi pengen beli buat hadiah anak sodara. Ulasan yang bermanfaat sekali mbak Dian. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  32. bermain air di dalam kolam anak-anak udah pasti seneng sampai kakinya keriput kedinginan juga gak terasa ya.. hahahah tapi happy juga ngeliat mereka happy

    ReplyDelete
  33. Anakku pasti bakal senang banget nih. apalagi pilihan ukurannya variatif juga ya, kalau yang gede itu , emaknya bisa sekalian ikut nyemplung main air. Btw harganya berapa mbak?

    ReplyDelete
  34. Ini dia yang lagi saya mau beli. Aku cari ah di e-commerce. Mana tau lebih murah dibanding beli di mall di tempat kami.

    ReplyDelete
  35. asik bener nih bisa rendaman di rumah yah mba pake kisubo ini pengen deh punya di rumah buat anak-anak berendam di belakang

    ReplyDelete
  36. Asyik banget sih main di Kolam Kisubo ini. Aku kemarin nyari-nyari kolam, tapi belum ada yang cocok. Dekat sungai sih, tapi ya gak mungkin ngajak bayi ke sana. Lebih aman di kolam. Nanti kucek deh Kolam Kisubo ini

    ReplyDelete
  37. Sebelum pandemi pengen les-in anak renang eh keduluan wabah.
    Sementara emang di rumah aja anak2 bisa pakai kolam kyk gini ya mbak. Mayan buat kecek2 di rumah sambil mainan supaya anaknya juga gak merasa bosan di rumah.
    Wah asyik banget ukuran size beragam jd bisa menyesuaikan dgn gede kecilnya halaman rumah ya mbak TFS infonya

    ReplyDelete
  38. Aku jadi inget saat ulang tahun anakku yang pertama, kami masih memikirkan hadiah apa yang bagus untuk anak yaa.. mana waktu itu rumah kami masih terbatas ruangannya.
    Eh keidean beli kolam. Memang gak diisi air, tapi kami penuhi bola warna warni. Dan kolamnya pun cari yang seperti di playgroung. Ada perosotan dan halang rintangnya. Ada pohon kecil dan kolam tendanya.

    Sangat menyenangkan sekali.

    ReplyDelete
  39. Wah wah seru banget ini main air di kolam begini. Udah lama nih anak-anak minta yang begini. Abisnya udah lama juga gak berenang. Ceki-ceki ke akun Instagram-nya ah 😍

    ReplyDelete
  40. berenang kesukaan semua anak ya mak
    aku pun seneng sebenarnya masih berenang cuma skrg enakan nonton anak aja wes wkwkwk
    enaknya berenang di rumah sendiri hepi ya mak kayak lagi di kolam renang gede sayang pandemi aku masih maju mundur kolam renang enak berenang di rumah saja dah

    ReplyDelete
  41. Berenang memang aktivitas menyenangkan Mbak. Hanya saja rumah kontrakan saya enggak cukup kalau ada kolam ini. Berharap segera bisa punya rumah sendiri supaya bisa main Kisubo

    ReplyDelete
  42. Anak-anak nih pada minta kolam sendiri di rumah, tapi kami masih mikir mau taruh di mana. Hihi.. Iya sih ya, kalau renang di rumah sendiri pasti lebih enak dan nyaman. Apalagi berenang kan memang banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  43. Huwah asyik banget sih kalau punya kolam buatan ini di rumah. Apalagi kalau ada keponakan-keponakan di rumah, udah pasti bakal seneng banget kalau ada ini. Betah deh kayanya kalau pas panas-panas gitu buat berendam ahahahaha

    ReplyDelete