3 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya

Guys,...saat ini Indonesia mengalami perkembangan dan memasuki era digital yang dipenuhi dengan kemajuan teknologi. Ini membuat beberapa aspek kehidupan mulai terbantu dengan adanya perkembangan teknologi, termasuk salah satunya dalam mencari kerja.

Nah, di zaman sekarang, orang tidak perlu repot untuk mendatangi satu persatu kantor atau perusahaan. Cukup dari rumah dengan melamar dari situs loker, maka pekerjaan bisa didapatkan. 

Enggak seperti saat saya hunting kerja pada masa dulu kala. Saya beli koran buat cari lowongan, juga tanya teman kiri kanan untuk mendapatkan info pekerjaan! Sungguh merepotkan!

Maka keberadaan situs-situs pencarian lowongan kerja beneran bisa membantu yang membutuhkannya. 

Situs Loker Terbaik dan Terpercaya

Meski teteup, kita harus berhati-hati saat mencari kerja lewat situs loker ini!


Pertama, pastikan platform iklan lowongan kerja yang digunakan merupakan platform yang benar-benar terpercaya. Ini untuk menjamin kepastian keamanan data pelamar, serta keaslian perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja. Sehingga jika terjadi sesuatu, misalnya merasa ditipu platform bisa lapor ke perusahaan itu.

Kedua, sebaiknya para pencari kerja tidak gampang membagikan data pribadi semacam CV (Curriculum Vitae) di media sosial. Jangan tebar di mana-mana! Data pribadi mesti dijaga agar tidak digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Upload data hanya di situs yang menyediakan lowongan kerja, jangan di-upload di publik.

Ketiga, lindungi keamanan akunmu pada situs cari kerja, dengan: ganti password secara berkala, tidak menggunakan satu password yang sama untuk semua akun digital dan tidak membagikan password ke siapa pun.

Keempat, sebelum mengirimkan lamaran, perhatikan baik-baik loker dan latar belakang perusahaan. Periksa deskripsi pekerjaannya, persyaratan yang diminta, gaji yang ditawarkan, situs resmi perusahaan, alamat operasional juga kontak perusahaan.

Kelima, kebijakan rekrutmen online setiap perusahaan bisa berbeda. Maka, saat mencari kerja online jangan ragu untuk bertanya pada perwakilan perusahaan yang menangani lamaranmu.

Nah, berikut situs-situs pencarian loker yang terbaik dan terpercaya!


1. LinkedIn


LinkedIn merupakan situs lowongan kerja dengan jaringan terbesar di dunia. Jumlah total dari keseluruhan pengguna LinkedIn diperkirakan mencapai angka hingga 690 juta dengan didukung oleh 200 negara lebih. Maka dari itu Microsoft mengakuisi LinkedIn pada tahun 2016.

Oia, penampilan LinkedIn dibuat layaknya sebuah sosial media dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Alasan dibuatnya penampilan seperti sosial media, agar para perekrut bisa dengan mudah memantau jaringan profesional para calon karyawannya.

LinkedIn mempunyai fitur yang menunjukkan sebuah rekomendasi. Rekomendasi ini bisa didapatkan dari kolega ataupun orang lain yang ingin mengulas dan mengisi keahlian dari pelamar. Tujuannya untuk membangun sebuah kepercayaan perusahaan.

Nah, keunggulan lain dari LinkedIn, selain untuk mengirimkan lamaran, pelamar di LinkedIn juga bisa mengubah mode profil. Pelamar bisa mengubah mode sedang membutuhkan lowongan pekerjaan baru. Sehingga perusahaan yang sedang butuh karyawan bisa mengidentifikasimu.

Sedangkan untuk pelamar, manfaat dari LinkedIn yakni pelamar juga bisa memantau perkembangan perusahaan incaran.

2. Jobstreet


Situs lowongan pekerjaan rekomendasi berikutnya adalah Jobstreet.

Jobstreet merupakan situs lowongan pekerjaan yang berasal dari Malaysia dan berdiri pada tahun 1987. 

Dalam hal mencari lowongan pekerjaan, Jobstreet mempunyai peranan sebagai fasilitator yang mencocokkan dan pencarian antara pelamar dengan perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan di berbagai negara. Di antaranya: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Diperkirakan pengguna Jobstreet sudah mencapai hingga 11 juta dengan 80 ribu lebih perusahaan. Yang mana di Jobstreet, pengguna bisa mengakses lamaran dengan cara masuk ke situs dan memperbarui profil. Hal ini sangat perlu dilakukan dengan tujuan untuk menarik perusahaan dari perusahaan yang dituju.

Jika beruntung nantinya pelamar akan dihubungi langsung oleh manajemen perusahaan melalui e-mail atau nomor telepon yang telah didaftarkan dalam formulir lowongan pekerjaan. .

Selain itu, Jobstreet juga memberikan akses bagi pengguna untuk memantau perkembangan proses lamaran. Dari mulai lamaran sudah dibaca, sudah diterima, hingga panggilan wawancara dan informasi mengenai tahapan seleksi. Tak heran dengan segala fitur lengkapnya, menjadikan Jobstreet sebagai situs lowongan kerja terpercaya dan mudah digunakan.

3. Karir


Karir merupakan situs lowongan kerja yang terpercaya dan berasal dari Indonesia, dengan fitur yang efektif serta memudahkan pengguna. 

Situs Karir dibuat oleh PT Karir Komunika Pratama yang berpusat di Jakarta Selatan. 

Pada laman utama, pelamar akan diperlihatkan lowongan kerja yang paling populer dan sesuai dengan profil pengguna tersebut. Selain yang paling populer dan sesuai, pelamar juga bisa mendapatkan lowongan kerja terbaik di domisili pengguna.

Yang menarik dari situs lowongan kerja Karir adalah fitur pengembangan Karir yang direkomendasikan oleh ahli psikolog. Selain itu, di situs Karir juga disediakan program khusus atau pelatihan perusahaan baik dalam lingkup nasional ataupun multinasional.

Enggak hanya itu, fitur lain yang disediakan situs Karir adalah tes pengembangan diri di berbagai aspek. Tes tersebut meliputi bahasa Inggris, tes minat, dan tes gaya komunikasi.

Nah, itulah ketiga situs lowongan kerja terpercaya untuk pencari kerja di Indonesia. 


Ketiganya bisa dijadikan referensi penyedia informasi lowongan pekerjaan yang valid. Tapi, sebelum memutuskan melamar pekerjaan, pastikan dirimu membuat curriculum vitae (CV) yang menarik, baik dari konten maupun desain. 

Juga, wajib membaca syarat dan ketentuan lebih lanjut yang tersedia pada laman masing-masing. Tak lupa, berhati-hatilah dengan tawaran pekerjaan sebelum memutuskan untuk melamarnya. 

Oia, meski cari kerja online lewat situs pencari kerja yang resmi umumnya aman, namun segera laporkan bila kamu:

  • Mendapat panggilan wawancara yang mencurigakan
  • Dihubungi orang yang mengaku rekruter padahal kamu tak pernah melamar pekerjaan itu
  • Mencurigai adanya penipuan lowongan kerja

Baiklah...., sembari menunggu, manfaatkan waktu untuk mencari dan menebar lamaran kerja di perusahaan lainnya. Jadi, peluangmu semakin besar nantinya. Ditolak atau tidak ada panggilan dari satu perusahaan, Insya Allah masih terbuka di tempat lain! 

Meski mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan, percayalah usaha yang kamu lakukan hari ini dan seterusnya tidak akan pernah sia-sia. 

Well, selamat mencoba dan tetap semangat ya, Kakak...!!💖


Happy Sharing

signature-fonts

18 comments

  1. Sudah punya LinkedIn, kayanya saya juga harus siap2 bikin di Jobstreet sama Karir:D

    Terima kasih sharing nya mbaak :)

    ReplyDelete
  2. Jobstreet ini jadi inget pas lagi hunting kerjaan dulu, emang udah terpercaya sejak lama yah mbak, kualitasnya dan job yang muncul bener-bener variatif. Semangat buat kalian yang lagi berburu kerjaan!

    ReplyDelete
  3. Inget jaman-jaman dulu saat harus membeli koran hari sabtu dan minggu kemudian mata sampai siwer membaca loker haha...Pengalaman yang mungkin di jaman digital ini enggak bisa di dapat. Tapi ya, plus nya di masa digital ini kita bisa lebih banyak kirim lamaran dan biayanya juga lebih murah dibanding dulu.

    ReplyDelete
  4. Sekarang buat ngelamar kerja juga enggak bisa asal ya kak. Banyak penipuan yang berkedok lowongan kerja. Jadi, lebih baik terus waspada dan pakai alat pendukung atau aplikasi yang aman serta terpercaya.

    ReplyDelete
  5. LinkedIn memang bagus kok untuk meningkatkan profil bisnis dan biasanya saya dapet newsletter setiap bulannya. Lewat email gitu...

    ReplyDelete
  6. Linkedin cek. Jobstreet. Aku akui dia memang memiliki banyak sekali lowongan pekerjaan dari beragam perusahaan. Tapi telah lama aku nggak pernah nengokin akunku di sana. Hehehe

    Kalau karir itu yang belum pernah kulihat, Kak. HEhehe

    ReplyDelete
  7. aku baru bikin akun di LinkedIn tetapi belum diapa-apain. Seperti mau dibenahi ah, kali aja nanti dapat tawaran nulisa dari sana.

    ReplyDelete
  8. Aku pakai dua apps yang atas, kalo yang bawah malah belum tau, di LinkedIn malah aku pake buat tebar-tebar backlink artike terbaru di blog secara otomatis hehe

    ReplyDelete
  9. beberapa waktu lalu, saya baca berita di sosmed ttg perekrutan karyawan dg syarat aneh² Nah ini juga patut diwaspadai. Intinya cari kerja di tempat yg resmi plus harus waspada bgt lah, jaman begini.

    ReplyDelete
  10. Kemana Aja Aku selama ini baru tahu Ada situs lowongan kerja yang keren gini mbak. Pas ponakan sibuk Cari kerja bisa nih dijadikan rujukan, trims mbak Dian.

    ReplyDelete
  11. Ya ampuuun, Karir dan Job street sudah ada 15 tahunan kali ya mba sejak saya lulus kuliah awal awal saya pakai situs itu. Membantu banget

    ReplyDelete
  12. Aku dulu pas lulus kukiah, apply juga di situs jobstreet. Dan dapat panggilan beberapa kali hehe
    Emang terpercaya sejak dulu

    ReplyDelete
  13. Beberapa temanku pakai Jobstreet saat cari pekerjaan. Lewat online, cari pekerjaan pun bisa dipakai. Malah lebih mudah. Makasih mbak artikelnya.

    ReplyDelete
  14. Oww Jobstreet dari Malaysia. Ya ampun keinget banget dulu sering banget buka tutup Jobstreet pas baru anget-angetnya lulus kuliah. Jadi nostalgia rasanya hehe

    ReplyDelete
  15. Wah naice info mbak kebetulan adik sepupuku belum dapat kerja nih jadi mau tak kasih artikel ini untuk situs lowongan kerja terbaik

    ReplyDelete
  16. Dari ketiga situs yang linkedIn baru tahu sekarang aktif banget situsnya, karena dulu cuma ikutan daftar-daftar aja. Kalau Jobstreet dari jaman kuliah sudah ikutan milisnya hihi sempat ngelamar-ngelamar juga dulu dari sana. Thanks for sharing mb di.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah nyoba yg linkedIn itu butuh jaringan yg kuat kayaknya mbak, pas aku buka kelihatan putih2 aja huhuhu aku juga mau cari kerjaan mbak, baru tahu yg LinkedIn, ad ajg jobstreet dan karir ya, pas bgt aku coba ntar buka

    ReplyDelete