Novakid, Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik

Oktober, November, Desember...terus tahun baru deh! Wah, cepet banget waktu berlalu yaaa. Ternyata tahun 2022 sudah di depan mata. Artinya, hampir 2 tahun anak-anak menjalani Pembelajaran Jarak Jauh alias online learning. Meski sudah ada beberapa wilayah yang diizinkan melakukan Pembelajaran Tatap Muka, tapi masih Terbatas sifatnya. Jadi teteup, putra-putri kita masih lebih banyak belajar dari rumah saja.

Novakid Indonesia

Online Learning... Oh... Online Learning!!


Etapii, gimana, gimana, masih strong kan ya, Ayah Ibunya? 

Semoga saja yaaa..! Demi kebaikan semua kita meski tetap sehat jiwa raga membersamai anak-anak kita! Semangaat!

Oia, selama online learning pasti sudah khatam dong dengan segala drama...hahaha. 

Sama kalau gitu kita. 

Duh, serius, selama sekian waktu jadi Ibu tantangan belajar anak selama pandemi beneran menantang sekali. Mau enggak mau, kita orang tua, jadi terlibat sepenuhnya dalam proses belajar anak-anak kita. 

Bukannya dulu enggak ya. Maksudnya, kalau sekarang, beberapa tugas guru jadi berpindah ke ortu. Lantaran anak belajarnya di rumah, otomatis pengawasan selama jam belajar diambil alih oleh orang tua. Belum lagi pembiasaan lainnya yang lazim diterapkan di sekolah. 

Hingga akhirnya banyak drama suka duka tercipta. Enggak heran, orang bilang "online learning bikin darting!

Tapi, jangan salah, meski keluhan bermunculan, online learning juga punya kelebihan. Memang di tengah merebaknya pandemi, menerapkan pembelajaran berbasis digital atau online learning sangat bermanfaat untuk melindungi anak-anak dari penyebaran virus Covid-19 ini. 

Pandemi juga telah memaksa kita untuk “bermigrasi” dari cara manual ke media digital dalam menjalani kehidupan, salah satunya dalam sektor pendidikan. Bagusnya, jika infrastrukturnya memadai, penerapan online learning dapat menjadi suatu metode pembelajaran yang hemat sumber daya, juga dapat membangun rasa percaya diri dan kemandirian pelakunya.

Lalu, Apa Kelebihan Online Learning Itu?


1. Fleksibel

Saat masih full ke sekolah dulu, paling tidak dari pukul 6 pagi sampai 12 siang (atau lebih) anak-anak berada di sekolah. Sampai rumah masih ada setumpuk kegiatan: ekstrakurikuler, les, dan lainnya, yang menunggu, hingga baru kelar semua di sore harinya. 

Nah, dengan aneka rupa online learning yang ada, waktu belajar jadi lebih fleksibel. Materi bisa dipelajari kapan saja tanpa terikat dengan jam belajar.

2. Memperluas Wawasan

Jika di sekolah, buku pelajaranlah yang jadi panduan. Buku yang bisa jadi di-upgrade dalam waktu berkala, sehingga pada saat dipelajari belum ada informasi terbaru. Berbeda dengan materi di online learning yang sifatnya up to date. Ada pembaruan setiap waktu sehingga wawasan akan makin luas.

3. Akses Mudah

Berbekal gadget dan koneksi internet, materi online learning bisa diakses dengan mudahnya, kapan saja dan dimana saja. Sehingga ketika di perjalanan, mudik ke kampung halaman, atau bertandang ke tempat teman, online learning tetap bisa jalan.

4. Hemat Biaya

Jika biaya jadi kendala untuk menambah pengetahuan, maka online learning adalah solusinya. Dengan modal HP, tab, laptop, desktop, plus kuota, semua sudah bisa mengakses berbagai materi pembelajaran tanpa harus datang ke tempatnya, bertemu langsung dengan pengajarnya, butuh biaya transportasi, juga keluar dana buat jajan sana-sini. Lebih hemat pasti!


See, Enggak Sepenuhnya Buruk kan Online Learning Ini? Meski Memang Ada Kurangnya Juga, Di Antaranya:


1. Permasalahan Akses Internet

Kalau kita tinggal di area yang jangkauan internetnya stabil sih bakal lancar jaya proses online learning-nya. Beda cerita kalau kita tinggalnya di wilayah yang sinyal internet-nya lemah tak berdaya, bakal sulit mengakses materi pembelajaran yang ada. Belum lagi tidak semua orang mampu menjangkau biaya data internet yang di Indonesia termasuk masih memberatkan beberapa kalangan.

2. Butuh Memahami Materi

Ada tipe anak yang dari penjelasan gurunya saja bisa paham materi. Ada yang baru ngerti setelah baca dan mempelajari materi beberapa kali. Dan ada juga yang mesti dijelaskan lagi oleh orang lain (Ayah, Ibu, Guru Les) agar mampu paham lebih dalam.

Well, memang materi yang diajarkan dalam online learning direspon berdasarkan tingkat pemahaman yang berbeda-beda, tergantung kepada kemampuan si pengguna.

3. Kurangnya Interaksi

Ketika belajar tatap muka, pengajar dan siswa bisa berinteraksi selama berlangsungnya pembelajaran. Berbeda dengan online learning, yang interaksinya kurang atau bahkan enggak ada, terutama jika sifatnya searah hingga tak ada interaksi sama sekali. Ini menimbulkan kendala jika ada materi yang kurang dipahami karena anak tidak bisa langsung bertanya.

4. Rentan Kehilangan Fokus

Saat belajar di kelas, anak akan mendapatkan pengawasan dari pengajar, sehingga akan bisa lebih fokus pada materi yang diberikan. Berbeda dengan online learning yang membuat pengawasan jadi berkurang sehingga mereka rentan kehilangan fokusnya. 

Apalagi jika modelnya hanya penugasan saja, bisa jadi akan cenderung ditunda penyelesaiannya. Hingga perlu adanya kesadaran dari diri sendiri agar proses belajar dengan metode online learning menjadi terarah dan mencapai tujuan. Juga bimbingan, pendampingan dan pengawasan orang tua agar anak tetap bisa berkonsentrasi.


Tips Agar Online Learning Lancar Jaya


Well, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, memang diri sendiri yang mesti mampu beradaptasi dengan metode online learning ini. Apalagi mengingat kondisi saat ini, online learning tetaplah pilihan terbaik!

Dan terkait kendala, orang tua bisa membantu putra-putrinya dengan menyediakan sarana dan prasarana agar online learning berjalan lancar. 

Misalnya terkait tempat, sediakan lokasi dengan pencahayaan baik serta kursi dan meja yang nyaman untuk belajar, agar anak lebih fokus dan konsentrasinya enggak buyar. Juga, sediakan alat belajar di dekatnya sehingga saat diperlukan tinggal digunakan. 

Tak lupa, pastikan koneksi internet stabil, sehingga saat anak sedang online learning enggak bolak-balik mental karena masalah sinyal. Perhatikan juga asupan makanan, sediakan nutrisi yang cukup pun camilan kesukaan. Lalu, jauhkan anak dari benda yang membuatnya tak fokus, misalnya televisi atau mainan sehingga mereka bisa berkonsentrasi pada materi yang diberikan.

Oia, selain dari sisi anak dan sarana pendukung belajarnya, kita perlu juga menyiasati dengan memilih online learning yang punya metode belajar yang menyenangkan sehingga anak akan lebih fokus dan terhindar dari rasa bosan.

Seperti memilih kursus bahasa Inggris, misalnya. Yang kebayang sih, belajar bahasa Inggris secara online learning bakalan enggak ada asyik-asyiknya. Pasalnya, belajar bahasa, apalagi bukan bahasa ibu kita, perlu interaksi dengan pengajarnya, untuk mempraktekkan agar makin lancar ngomongnya.

Lha kalau teorinya melulu, pasif nanti jadinya. Padahal belajar bahasa bagusnya kalau dua arah, interaktif, sehingga makin lancar diucapkan. Kalau enggak, ya dijamin jauh dari menyenangkan dan  anak-anak bakalan bosan!

Eits, jangan salah, ada lho kursus bahasa Inggris online yang waktunya fleksibel dan metodenya menyenangkan sehingga menarik dan akan membuat anak-anak tetap fokus dan bersemangat selama belajar.  

Yes, di Novakid!

Di mana programnya dibuat khusus untuk online learning dengan kegiatan pembelajaran yang dikemas sedemikian rupa sehingga tetap menarik, aktif, dan tentunya efektif meskipun sesi dilakukan secara virtual. Segala hal menyenangkan yang akan mengalihkan perhatian anak dari kebosanan.

Tak itu saja, metode pembelajaran tanpa tekanan juga memastikan bahwa anak-anak menerima dan menyimpan informasi dengan lebih baik. Membuat belajar menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka.

 



Novakid - Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik


Nah, di Novakid anak-anak belajar bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. Keterampilan siswa dalam berkomunikasi dilatih langsung oleh penutur aslinya.

Lalu apa saja keunggulannya?

1. Metode Belajar yang Menyenangkan

Kelas Novakid diselenggarakan dengan cara yang menyenangkan namun efisien dan berlangsung selama 25 menit sehingga anak-anak tetap fokus, tidak kehilangan konsentrasi dan memperoleh materi dengan lebih efektif. 

Ini didasari penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa 25 menit adalah waktu yang optimal bagi anak-anak untuk berkonsentrasi pada pelajaran individu dengan penutur asli. 

2. Program Novakid Dibuat Secara Spesifik untuk Kelas Virtual

Pengajar Novakid menggunakan metode Total Physical Response (TPR) yang menggunakan gestur tubuh untuk berkomunikasi dengan murid. Sehingga meskipun guru tidak hadir secara fisik dan komunikasi hanya dilakukan dengan Bahasa Inggris, pembelajaran berlangsung efektif.

Nah, saat menggunakan metode TPR, guru tidak hanya menampilkan slide tetapi melakukan materi dengan gerak tubuh, ekspresi wajah dan gerakan. Anak-anak mengulangi gerakan setelah guru dan mereka mempelajari materi lebih cepat dan lebih efisien. Dengan pendekatan komunikatif, metode TPR memberikan hasil yang baik.

3. Belajar dari Rumah dengan Program Sesuai Usia

Kelas Novakid bisa diakses dari rumah saja, sehingga orang tua dapat menghemat waktu dan biaya untuk pergi ke tempat les. Anak-anak juga dapat belajar di rumah dengan nyaman dan menyenangkan.

Apalagi program Novakid dibuat oleh spesialis penutur bahasa Inggris yang berpengalaman dan berfokus pada karakteristik pendidikan dan psikologis anak usia 4-12 tahun.

4. Pendalaman Bahasa dari Guru yang Berpengalaman 

Belajar dengan penutur asli merupakan cara tercepat untuk mendapatkan hasil yang cepat. Hal ini merupakan praktik yang hebat dan memiliki banyak manfaat positif. Setiap guru di Novakid telah memiliki sertifikasi spesialis ESL dan pengalaman mengajar online.

5. Standar Pendidikan Eropa

Program online learning di Novakid  dibuat sesuai dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), dengan level dari yang paling mudah hingga tersulit. 

Di mana program akan dimulai dari yang sederhana dan secara bertahap beralih ke program yang lebih rumit. Pada saat yang sama, Novakid juga mengawasi proses pendidikannya dan terus-menerus memperbaiki dan membenahi materi pembelajarannya.

6. Online Learning di Novakid Metodenya Menarik

Pelajaran di Novakid adalah permainan sekaligus praktik yang menarik. Format permainan itu melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran dengan mudah dan cepat. Hal yang dibicarakan tampil di slide, sedangkan guru menjelaskan bahan itu dengan sikap, ekspresi wajah, dan gerakan. 

Tanpa terjemahan atau penjelasan tambahan anak-anak mulai memahami bahan tersebut. Setelah beberapa sesi kelas anak mulai terbiasa dengan format belajar itu, dan tidak kesulitan lagi untuk mengulangi bersama guru, memilih opsi yang benar atau menjawab pertanyaan guru.



See, Novakid Beneran Kursus Bahasa Inggris Online untuk Anak yang Terbaik!


Yes, Novakid adalah satu-satunya kursus bahasa Inggris untuk anak-anak yang menggabungkan pembelajaran imersif (mendalam) dan kenyamanan di rumah untuk membuat anak-anak kita fasih berbahasa Inggris sejak usia muda. 

Dengan kelas berbasis games berdurasi hanya 25 menit dan pendekatan menarik - menggunakan TPR - yang memastikan anak-anak tetap terlibat, bersemangat, mengikuti pelajaran secara menyenangkan dan efektif dengan guru penutur asli bahasa Inggris.

Tak hanya itu, jadwal yang fleksibel memudahkan ibu dan anak bisa membangun rutinitas belajar di antara kegiatan sehari-hari.

Jadi, tunggu apa lagi yuk coba kelas Novakid mumpung lagi ada langganan uji coba/trial subscription, dengan harga promo Rp327.000 dapat 4 kelas nih....

Untuk info lebih lanjut, langsung DM aja ke Instagram @novakid_id , ya! See Ya!💖



NOVAKID
IG: @novakid_id | WhatsApp: +6281311319877




Happy Parenting

signature-fonts

43 comments

  1. Online learning kalau ditunjang fasilitas yang oke pasti menyenangkan. Nah kalau di kampung seperti kami ini, internet Lola, listrik sering mati, susah juga.
    Meski kuota cukup tetap aja mandeg.
    Jadi dramanya tuh beneran kerasa banget.
    Enaknya ya kalau sistem online, kami dipelosok juga bisa berkesempatan belajar. Seperti di Novakid ini meski kami di kampung kalau punya akses kan bisa tetap belajar. Ga harus ke kota dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak pasti membantu sekali ya, asal ada gadget dan paket internet bisa deh belajar Bahasa Inggris secara online

      Delete
  2. Bener mbak, belajar bahasa Inggris dengan metode online itu tantangannya berat, kalau nggak ada komunikasi dua arah, bisa-bisa anak jadinya trampil nulis aja, tapi pengucapannya nggak bisa/salah.

    Di Novakid, nggak cuma komunikasi dua arah, tapi mengutamakan gerak dan ekspresi juga dari pengajar, jadi lebih menarik tentunya buat anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak selain komunikasi interaktif juga ada gerak dan ekspresi serasa tatap muka belajarnya

      Delete
  3. Membayangkan saja, online learning sudah bikin saya gimana gitu. Untung anak-anak sudah gak sekolah lagi. Karena kita para orang tak didik khusus unatuk mengajar seperti halnya guru. Jadi berangkat dari pengalaman dan sharing dari teman-teman di sosial media saja.

    Begitu pun belajar bahasa Inggris, karena butuh praktek, pastinya juga butuh sedikit perjuangan ya. Untung Novakids bisa mengatasi masalah belajar jarak jauh ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa jadi solusi khususnya untuk belajar bahasa Inggris secara online

      Delete
  4. Pengin euy cobain novakids. Kemarin2 anak saya ikutan les online bahasa inggris tp durasinya 1 jam per sesi, 5 hari per minggu. Jadi si anak agak bosen dan minta rehat dulu. Sisi baiknya, saya jd kembali belajar bahasa inggris spy bisa bercakap2 dengan anak. Bagaimanapun, belajar bahasa paling efektif adl praktik setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..belajar bahasa memnag mesti dipraktekkan ya...biar makin lancar ngomongnya

      Delete
  5. Hanya sampai usia 12 tahun ya, Mbak. Cocok buat keponakan saya kalau begini. Belajar online kalau dibikin seru memang menarik

    ReplyDelete
  6. Wah, keren banget ini kursusnya dibuat secara khusus untuk pertemuan online. Bener juga sih, kalau online class gini durasi nggak bisa terlalu panjang. Dengan harga segitu, sepertinya Novakid recommended banget ya, Mbak, sebagai kursus bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  7. Salah satu keinginan saya yang belum terwujud itu masukin anak les English. Novakids kayaknya bisa mewujudkan itu ya, cuma saya masih mikir anak belum bisa anteng, jd kalau masih online learning dia belum bisa fokus.

    ReplyDelete
  8. Wajah kakak tampak gembira ya mba saat ikut les onlinenya, berarti ini metodenya apik dan menyenangkan. Apalagi saat pandemi ini memang membantu kalau kursusnya via online, makasih infonya mba

    ReplyDelete
  9. Ngajar bahasa inggris off line aja menantang apalagi online. Harus banyakin trik gurunya biar anak2 ga bosen ya. Pengen nih ngelesin anakku usia 4th biar mulai belajar bahasa inggris sejak kecil

    ReplyDelete
  10. Keren ya Novakids, senang kalau Online learning bisa membuat anak lebih bisa belajar Bahasa Inggris ya jadi makin menyenangkan deh

    ReplyDelete
  11. Pernah tertarik nih buat bocah TK ku les. Tapi ntar nunggu promo dulu. Hihihi. Kebetulan sekolah TK nya juga campuran pakai Bahasa Inggris juga. Jadi lebih Ok kalau ditunjang les online.

    ReplyDelete
  12. Wah, kayaknya seru banget ini kursus online di Novakid. Selain belajar materi juga ada games ta, bikin anak anak nggak bisa ya selama pelajaran

    ReplyDelete
  13. Metode TPR ini yang paling bikin Novakid jadi lebih unggul sih menurutku. Meskipun online, anak2 merasakan bahwa guru mereka itu benar2 hadir. Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak jadi jauh lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. Coba gratis itu untuk 4 kali pertemuan, Mba Dian?
    Bagus ya metode pengajaran di Novakid ini, Mbak. Dengan metode Total Physical Response (TPR). pakai gestur tubuh untuk berkomunikasi antara guru dan muridnya. Jadi murid diajak menghafal dengan gerakan, yang pasti bikin semangat berlatih

    ReplyDelete
  15. Kalau belajar bahasa inggris fun begini pastinya anak2 Juga bakalan happy ya mba gak bikin boring bisa belajar sambil bermain bersama Nova.kid

    ReplyDelete
  16. Kayaknya Novakids ini jadi pilihan yang tepat untuk ponakan yg duduk di kelas 3SD buat les bahasa Inggris secara online deh. Belajar jadi tambah menyenangkan walau tdk sg tatap muka

    ReplyDelete
  17. Wah boleh juga nih Novakid buat si kecil, belajar menyenangkan kalau terprogram begini

    ReplyDelete
  18. Bbrp kali baca review novakids jd tertarik nyoba kebetulan anak yg kedua lg cari tempat les bahasa Inggris nih

    ReplyDelete
  19. sepakat banget mbak. Pembelajaran online ini ada nilai plus minusnya juga ya. Apalagi di maasa pandemi ini, bisa memutus jarak antara sekolah dan anak. Jadi anak-anak masih bisa belajar meskipun online. Cuma ya gitu deh, kalau internet lancar, belajar juga lancar. Tapi kalau pembelajaran udah gak menyenangkan anak juga jadi males belajar yaa.

    Alhamdulillah ada kursus bahasa Ingris online Novakid ya, bisa menambal kelemahan gaya pembelajaran di sekolah sehingga bahasa inggris tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus. Apalgi biayanya juga terjangkau ya mbak. dengan kelas yang interaktif pula.

    ReplyDelete
  20. Big wish, semoga dengan adanya aplikasi kursus bahasa Inggris secara online seperti kursus online di Novakid inibisa menjadi alternatif solusi yang cespleng bagi ortu yang membutuhkan media pendamping pembelajaran, khususnya untu Bahasa Inggris buat putra-putrinya. Saya sendiri ngalami gimana galaunya ngajari anak Bahasa Inggris, jadi memang butuh media pembelajaran yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan membuatnya belajar dengan enjoy seperti kurikulum yang ditawarkan oleh Novakid ini

    ReplyDelete
  21. Aku penasaran gimana metode TPR ini bisa diaplikasikan ke semua materi bahasa Inggris. Tapi karena ini guru dan muridnya satu-satu. Rasanya emang akan lebih memudahkan.

    ReplyDelete
  22. Wah, bagus jg ya Nova kid ini. Aku tertarik jg nih buat anakku spy bahasa inggrisnya bagus. Di sekolahnya gak ada pelajarannya cb. Heu. Jd di rumah aj belajarnya. Itupun kdg bs lupa.

    ReplyDelete