Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuat Konten untuk Landing Page

Gaes, dirimu sudah tahu belum pengertian, fungsi, dan tips membuat konten untuk landing page itu apa saja? 

Etapii, sebelumnya dirimu sudah paham kan landing page itu apa? Yang perlu kamu tahu sih, dengan landing page, pemilik bisnis seperti kamu akan berkesempatan untuk menyampaikan pesan tertarget kepada audience yang tepat, di waktu yang akurat. Entah itu dengan tujuan untuk memperluas jangkauan ke audience baru atau memperkuat hubungan dengan pelanggan lamamu.

Jadi bisa dibilang, membuat landing page adalah salah satu contoh investasi yang menguntungkan. Pasalnya, dengan menanamkan modal untuk meluncurkan jenis laman web yang satu ini, kamu bisa mendapatkan return sebesar-besarnya atas waktu dan uang yang telah kamu keluarkan guna mengembangkan bisnismu.

Jadi, siapkah dirimu meningkatkan perolehan lead dan mendongkrak sales bisnismu? 

Jika iya, maka kamu sebaiknya mempelajari sederet kiat-kiat tentang membuat landing page dan cara optimasinya di panduan singkat berikut ini.

Tentu saja, pertama-tama mari kita awali dengan mempelajari hal paling mendasar mengenai landing page, yakni pengertian dan fungsi dari landing page itu sendiri.

Yuk, mariiiii!

Tips Membuat Konten untuk Landing Page

Pengertian Landing Page


Nah, dalam ranah digital marketing, landing page berarti laman web mandiri di mana pengunjung "mendarat" (karena itulah disebut landing) setelah meng-klik sebuah tautan.

Oia, landing page berbeda dari jenis laman web lainnya yaaa. 

Ini karena landing page dibuat berdasarkan satu tujuan yang sangat spesifik, yakni untuk mengubah visitor menjadi prospek yang mengarah pada terjadinya penjualan.

Well, landing page sendiri biasanya terdiri dari formulir yang meminta informasi kontak visitor (contohnya: alamat email) sebagai imbalan atas suatu penawaran tertentu.

Sedangkan untuk cara kerjanya, landing page ini kerjanya terbilang unik. 

Pasalnya, landing page mengubah lalu lintas web milikmu, yang awalnya terdiri dari pembaca yang sekadar lalu, menjadi prospek (lead) dan customer tetap, dengan fokus pada tujuan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Lalu, Fungsi Landing Page untuk Apa?


Fungsi utama landing page yakni mengubah traffic web yang umumnya terdiri atas visitor biasa menjadi subscriber dan pelanggan potensial.

Jadi, ketika seseorang mendarat di landing page kamu, orang tersebut akan disambut dengan sejumlah informasi yang biasanya bersifat persuasif dan mengedukasi.

Apabila visitor tersebut tertarik dengan konten yang disuguhkan, ada kemungkinan konversi akan terjadi.

Sehingga, landing page dibuat semata-mata untuk menarik audience untuk melakukan satu tindakan atau membuat keputusan tertentu sesuai dengan harapanmu. Keputusan yang dibuat bisa bermacam-macam, tergantung pada rencana kamu, mulai dari mengunduh e-book gratis, mendaftar ke newsletter situs web, dan sebagainya.

Memang Apa Pentingnya Membuat Landing Page untuk Website Bisnis?


Tujuannya, untuk menunjukkan kepada audience ideal bahwa bisnismu berbeda dari kebanyakan usaha serupa lainnya. Maka, kamu perlu menarik perhatian mereka dengan menciptakan user experience yang berkesan ketika mereka singgah di website-mu. Inilah pentingnya memiliki landing page untuk bisnis kamu.

Nah, salah satu keunggulan landing page ada pada susunannya yang unik, di mana layout-nya memberi kesempatan pada visitor umum untuk meng-upgrade statusnya sebagai pelanggan atau pengikut setia dari bisnis kamu.

Inilah kekhasan dari landing page yang tidak bisa dijumpai dari ragam webpage lainnya.

Oia di samping itu, beberapa keuntungan lain dari menjadikan landing page sebagai strategi online marketing-mu meliputi:

Mendorong Tercapainya Tujuan Bisnis 


Landing page menguntungkan bisnismu lantaran laman web ini dapat memenuhi sasaran tertentu yang kamu targetkan. Di samping itu, peluncuran landing page juga memungkinkan kamu mengukur tingkat kesuksesan dalam kaitan upayamu mencapai tujuan-tujuan bisnis.

Memproduksi Data dan Insight yang Diperlukan untuk Keperluan Marketing


Landing page mampu melacak perilaku pengunjung situs web dan menghasilkan insight yang penting untuk mengembangkan bisnismu. Wawasan ini dapat membantumu menyempurnakan strategi pemasaranmu secara keseluruhan.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis 


Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yakni dengan memasukkan testimonial pelanggan di landing page situs web kamu. Dengan menunjukkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan, kamu turut memudahkan calon pembeli untuk membuat buying decision tanpa was-was.

Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuat Konten untuk Landing Page

Tips Membuat Konten Landing Page


Nah, setelah kita ulik pengertian, fungsi, dan pentingnya landing page untuk website bisnismu, sekarang saatnya untuk membuat landing page kamu sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Cara termudah melakukannya yakni membuat landing page dengan menggunakan Zyro.

Walau lebih dikenal sebagai website builder, Zyro rupanya turut menyediakan layanan untuk membuat landing page dengan fungsionalitas tinggi.

Malah, tidak berlebihan rasanya untuk menyebut Zyro sebagai pembuat landing page terbaik. 

Pasalnya, dengan Zyro, kamu dapat berkreasi sesuka hati untuk merancang landing page desain modern yang sedap dipandang mata dalam sekejap.

Ini berkat fitur drag and drop-nya yang intuitif, menjadikannya sangat mudah digunakan oleh pemula. Ditambah lagi, Zyro memiliki ratusan template landing page yang menarik.

Kedua fitur utama inilah yang kemudian memungkinkan siapa pun untuk meluncurkan landing page secepat kilat, meski tanpa didampingi oleh profesional sekalipun.

Nah, berikut tips sederhana membuat konten untuk landing page dengan memanfaatkan fitur-fitur unggulan Zyro lainnya:

1. Pilih Template yang Sesuai


Zyro hadir dengan beraneka ragam premade landing page templates yang didesain dengan apik. Dengan menggunakan template-template ini, kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam merancang landing page dari nol.

2. Kustomisasi Tampilan Landing Page


Pada tahap ini, kamu akan mendesain landing page di halaman khusus yang mengandalkan fitur drag and drop Zyro. Dengan Zyro, menyesuaikan landing page kamu pun menjadi mudah dan cepat.

Oia, kamu dapat mengganti warna, font, atau menambahkan elemen lainnya ke landing page-mu, seperti:

  • Teks
  • Gambar
  • Video
  • CTA
  • Daftar produk

Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan seluruh profil media sosial bisnismu dan testimonial dari pelanggan.

3. Periksa Tampilan Pratinjau dan Publikasikan Landing Page


Setelah semuanya siap, kamu dapat melihat pratinjau dari landing page buatanmu dan memublikasikannya dengan segera.

Nah, di bagian atas webpage builder Zyro, dirimu dapat menjumpai opsi untuk mengecek preview dari landing page kamu. Tersedia pula opsi “Mobile Preview” untuk memastikan bahwa tampilan landing page tampak sesuai untuk perangkat mobile.

Next, kamu dapat meluncurkan landing page-mu dengan mengklik tombol "Publish" di pojok kanan atas. Untuk menerbitkan landing page, kamu mula-mula harus membeli paket domain dan hosting Zyro.

Oia, kamu tidak perlu risau soal biaya yaa...... Dengan mengalokasikan anggaran sedikitnya belasan ribu rupiah saja per bulannya, kamu sudah dapat meng-online-kan landing page situs web bisnismu!!

Penutup


Landing page adalah laman web khusus yang dirancang untuk memfasilitasi satu CTA (Call To Action). 

Contohnya, kamu dapat membuat landing page untuk mendorong visitor web mencoba produk gratis, mengunduh e-book, atau mendaftar ke webinar yang akan kamu selenggarakan.

Sesuai dengan namanya, di laman web tersebutlah visitor akan "mendarat" setelah mengklik tautan yang kamu unggah ke Facebook, iklan Google, atau lewat sumber traffic lainnya.

Landing page bekerja efektif untuk mendorong terjadinya konversi. Ini karena landing page terpusat pada satu CTA saja yang ditargetkan untuk audience spesifik.

Untuk membuat landing page dengan desain yang menarik dan menghasilkan conversion rate tinggi, gunakan Zyro. Fitur-fitur unggulannya akan menghemat waktu dan uangmu. Dengan begitu, dirimu dapat secepatnya dapat meluncurkan landing page milikmu dan memaksimalkan strategi marketing bisnismu.

Nah, jadi dirimu kini sudah tahu ya pengertian, fungsi, dan tips membuat konten untuk landing page itu apa saja! Selamat mencoba!đź’–



Happy Sharing

signature-fonts

2 comments