Sodexo ePass, Hadiah untuk Karyawan yang Pas!

Mencari hadiah yang pas untuk karyawan memang susah-susah gampang. Diberikan barang belum tentu dibutuhkan. Dikasih jasa perawatan badan, service kendaraan, atau jasa kebersihan belum tentu sesuai keinginan. Dihadiahi jalan-jalan, eh pandemi masih membatasi kita untuk pergi-pergi... Hmm!


Pagi-pagi saya sudah diajak suami diskusi tentang tema ini, apa hadiah yang pas untuk karyawan di masa pandemi. Karena sebentar lagi jadwalnya family gathering di perusahaan tempat suami saya bekerja. 


Yang mana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan rutin setiap setahun sekali ini biasanya diisi dengan berwisata. Namun sejak tahun lalu, acara traveling ditunda dulu.


Padahal yakin deh, pasti banyak yang kangen dengan acara seru-seruan yang beneran bikin happy ini!


Yup, kegiatan yang membawa banyak manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan. Enggak hanya akan menguatkan silaturahmi, tapi juga sekalian menyegarkan pikiran. Sebagai salah satu bentuk reward atau penghargaan dari perusahaan yang akan memberikan motivasi pada diri karyawan.


Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Etos Kerja Dalam Perusahaan


Sebuah reward yang jangka panjangnya akan memberikan suasana lingkungan kerja yang positif  sehingga membuat karyawan lebih kreatif dan produktif.

 

Sodexo ePass


Pentingnya Penghargaan Bagi Motivasi Kerja Karyawan


Jadi, reward berupa family gathering di kantor suami itu biasanya diisi dengan liburan di akhir pekan. Satu sub-divisi akan jalan-jalan ke tempat wisata, biasanya berangkat Jumat - jika jauh tempatnya atau Sabtu jika dekat, lalu pulang pada Minggu siang.


Seluruh biaya kegiatan akan ditanggung perusahaan. Ibaratnya, karyawan tinggal bawa badan. Bahkan, jika ada anggota keluarga yang mau ikutan, dipersilakan - tentu dengan biaya sendiri. Maka tak heran gathering ini jadi ngangeni!


Kami pernah ke Tanjung Lesung, Banten. Pernah juga ke Labuan Bajo. Nah, tahun lalu rencananya ke Lampung, tapi karena pandemi akhirnya enggak jadi. Diganti acara makan - hanya untuk karyawan - di salah satu restoran di Jakarta (dengan taat protokol kesehatan pastinya). Selain itu ada pengiriman hadiah yang dikirim ke rumah berupa barang elektronik dengan jenis berbeda tapi nilainya sama.


Nah, kata suami saya, dengar-dengar ada yang ngeluh tuh. Seorang teman dapat hadiah air fryer padahal di rumah lagi butuh mesin cuci. Ada juga yang pengin kulkas baru karena yang di rumah sudah waktunya dilembiru, eh malah dapat TV hihihi.


Hadeh, kalau enggak pas hadiahnya gini, bukannya bikin happy plus menambah motivasi, yang ada malah ngganjel hati!


Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Disiplin


Reward punya banyak manfaat, seperti:


1. Meningkatkan Produktivitas Kerja


Suasana hati bisa memengaruhi kinerja seseorang. Jika suasana hati sedang baik, orang akan cenderung lebih produktif. Nah, untuk meningkatkan suasana hati para karyawan salah satunya adalah dengan memberikan penghargaan.


2. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Bahagia


Saya rasa semua akan happy jika apa yang sudah dilakukannya diapresiasi. Begitu juga yang dirasakan karyawan saat mendapat reward sehingga termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi. Hal ini akan menciptakan lingkungan kerja yang bahagia dan membuat karyawan bangga menjadi bagian dari perusahaan tempatnya bekerja.


3. Meningkatkan Kepercayaan Karyawan Terhadap Perusahaan


Pemberian reward membuat karyawan merasa lebih dihargai kinerjanya. Mereka juga merasa mendapat pengakuan yang tepat karenanya. Saat karyawan mendapatkan apresiasi yang tepat, maka ia pun akan semakin percaya pada perusahaan. Dengan kepercayaan ini, motivasi kerja akan naik nantinya.


4. Mengurangi Angka Pengunduran Diri


Jika sebuah perusahaan memperlakukan seluruh karyawan dengan baik, juga memberikan apresiasi dan reward yang setimpal dengan apa yang ia kerjakan, tentu ia akan setia terhadap perusahaan. Banyaknya karyawan yang keluar pasti membuat perusahaan merugi. Tidak hanya karena kehilangan karyawan potensial, tapi harus kembali mengeluarkan biaya pelatihan bagi karyawan baru. Nah, reward memberi karyawan alasan yang nyata untuk tetap bekerja di sana.


5. Memicu Karyawan Mewujudkan Goals Perusahaan


Dengan segala perasaan bahagia setelah reward yang didapatkannya, karyawan akan memiliki semangat tinggi untuk berkompetisi dan mencapai target yang telah ditentukan perusahaan. Hal ini tentu sangat positif bagi perusahaan sebab goals atau tujuan dari perusahaan akan lebih cepat tercapai.


Sodexo Indonesia

See, Mengingat Begitu Besarnya Efek Reward, Maka Jangan Lupa Memberikannya Ya...!


Oia, terkait bentuk hadiah, yang perlu diingat, milihnya jangan ngasal, karena akibatnya bisa merugikan dan fatal. 


Misalnya hindari memberikan reward yang tidak berarti dan bersifat seremonial. Seperti memberikan sertifikat penghargaan kepada karyawan dengan kinerja terbaik setiap tahunnya. Cara ini memang akan membuat karyawan mendapat pengakuan yang jelas dari perusahaan, namun efek jangka panjangnya kurang terasa kalau tanpa ada tambahan hadiah benda, jasa atau voucher belanja misalnya.


Ingat berikan reward yang memang bermanfaat. Misalnya di situasi pandemi seperti ini, perusahaan bisa memberikan:


Bantuan Logistik Kesehatan: kepedulian perusahaan terhadap kesehatan karyawan bisa diwujudkan dengan memberikan  logistik kesehatan, seperti vitamin, masker, disinfektan, dan hand sanitizer untuk karyawan.


Tunjangan Biaya Internet: selama pandemi, selain produk kesehatan, biaya internet menjadi pengeluaran yang tak terhindarkan. Kebutuhan kuota data melonjak untuk WFH dan PJJ. Dengan memberikan tunjangan internet, perusahaan telah membantu meringankan biaya hidup karyawannya.


Memberikan Pelatihan Online: pelatihan online tidak hanya akan meningkatkan kemampuan karyawan tetapi juga mendorong kinerja perusahaan. Berinvestasi pada pengembangan karyawan akan membantu mereka untuk tumbuh dan menyelaraskan tujuan diri dengan goals organisasi.


Memberikan Cuti Berbayar: jam kerja saat pandemi membuat ritme kerja jadi kacau. Kadang harus maraton meeting seharian, ada rekonsiliasi di akhir pekan atau meeting dadakan malam-malam. Maka, hadiah berupa cuti yang dibayar dapat membantu karyawan untuk rehat dan recharge energi. Hal ini akan menunjukkan bahwa perusahaan menginginkan yang terbaik untuk karyawannya.


Hadiahkan Voucher Belanja untuk Penuhi Kebutuhan Mereka: berikan reward berupa voucher hadiah dengan jaringan merchant yang luas dan memiliki beragam pilihan jasa dan produk. Membuat karyawan sebagai penerima tinggal memilih sendiri hadiah yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.


Baca Juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja dalam Perusahaan


Hadiah untuk Karyawan yang Pas? Ya Sodexo ePass!


Nah, biar ngasihnya sesuai kebutuhan, sebaiknya biarkan karyawan sendiri yang memilihnya. 


Caranya, perusahaan bisa memberikan Sodexo ePass, inovasi terbaru dari e-voucher, yang dapat memberikan pengalaman belanja online maupun offline kepada penerima voucher.


Yes, Sodexo ePass adalah voucher hadiah elektronik (e-voucher) yang dapat digunakan di banyak situs belanja online Indonesia dan gerai toko offline yang telah bergabung dalam jaringan merchant Sodexo.


Ada 10 kategori pilihan, yakni: F&B, Supermarket, Education, Dept. Store & Fashion, Automotive, Health & Beauty, Hotel & Travel, Leisure & Hobby, Electronic & Home dan Others.


Merchant-nya ada lebih dari 350 merchant sedangkan outletnya terdiri lebih dari 20.800 outlet!


Well, pilihan kategori yang luas ini akan membuat penerima voucher dapat memilih sendiri hadiah yang diinginkan atau dibutuhkan dalam jaringan merchant Sodexo. 


Sebut saja merchant-nya Sodexo yang memang enggak kaleng-kaleng, seperti: Alfamart, Alfamidi, KFC, Tokopedia, Electronic City, PLN, Telkomsel, XL, IM3, Gramedia, Hotel Ciputra Jakarta, dan lainnya.


Apalagi cara menggunakannya pun mudah sekali. Sama seperti uang tunai, penerima voucher cukup menunjukkan kode voucher kepada kasir saat melakukan pembayaran transaksi di toko offline. Atau, penerima voucher tinggal memasukkan kode voucher pada kolom yang tersedia di masing-masing merchant sebelum proses check out atau pembayaran pesanan jika menggunakannya di toko online.


Nah, enggak hanya mudah buat penerima voucher saja, Sodexo ePass juga menguntungkan perusahaan, pasalnya:


  • Sodexo ePass menjamin 100% kepuasan kepada penerima voucher dengan memberikan kebebasan untuk memilih hadiah.

  • Nominal pada voucher dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp500.000. Sodexo ePass juga dapat mencetak angka-angka unik seperti Rp22.222 atau Rp50.050.

  • E-voucher dapat dipersonalisasi dengan logo dan pesan singkat (untuk pengiriman bentuk email).

  • Kode voucher dapat dikirimkan kepada seluruh karyawan, relasi, atau penerima hadiah yang berada di berbagai lokasi di Indonesia melalui email ataupun SMS sehingga lebih hemat dan mudah didistribusikan.

  • Dengan menggunakan Sodexo ePass, penerima voucher tidak perlu lagi melakukan penyimpanan barang, karena hadiah yang diberikan dalam bentuk e-voucher, sehingga meminimalisasi kehilangan/kerusakan barang.

  • Kode voucher menggunakan 10 digit huruf dan angka (unique random alphanumeric code) yang hanya bisa digunakan untuk satu kali pemakaian, membuat tingkat keamanan tinggi.


Sodexo ePas Hadiah untuk karyawan



Well, untuk Info Lengkapnya, Silakan Kunjungi Website Sodexo Saja Ya..!!



Karena, di website Sodexo kita bisa: mendapatkan informasi seputar produk Sodexo,  apakah bertujuan untuk program promosi, voucher hadiah atau motivasi karyawan. Juga solusi apa saja yang ditawarkan baik Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass maupun Sodexo Food Pass


Di website ini perusahaan juga bisa membeli voucher sesuai kebutuhan atau bahkan gabung menjadi merchant. Sedangkan penerima voucher dapat mengecek lokasi merchant Sodexo. Dan enggak hanya itu saja, di website Sodexo juga ada fitur blog yang berisi aneka informasi seputar perusahaan, karyawan, dunia usaha dan pernak-perniknya. Lengkaaap!


Jadi, tunggu apalagi pilih saja Sodexo ePass sebagai hadiah untuk karyawan yang pas! Seperti hal yang sama yang saya usulkan ke suami untuk disampaikan ke perusahaan tempatnya bekerja agar memilih Sodexo ePass saja sebagai hadiahnya!


Karena dengan Sodexo ePass, perusahaan dan karyawan sama-sama puas!!


Happy Sharing


IMG_259







34 comments

  1. Kamu mau yang mana Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass atau Sodexo Food Pass?

    ReplyDelete
  2. Asyik banget ya kantor suami nya dan sekarang ada solusi dengan sodexo btw aku juga pernah belanja pake sodexo buat beli buku di gramed hehe

    ReplyDelete
  3. Sodexo menjadi hadiah dari bos/perusahaan kepada karyawannya memang elegan menurut daku, karena juga bisa bermanfaatnya banyak.
    Makanya kalau dapat voucher Sodexo pasti berkesan

    ReplyDelete
  4. Karyawan mendapatkan sodexo itu sesuatu, zaman saya waktu itu belum mengenalnya

    ReplyDelete
  5. Reward zaman now ya gini ini ya, dapet Sodexo epass ini pasti bahagianyaaa itu loh, bisa auto mesam-mesem seharian hihihi ngebayangin mau dipake buat apa aja

    ReplyDelete
  6. sering banget nih dapat voucher Sodexo, walau bukan karyawan perusahaan tertentu

    biasanya dari kerabat yang ingin memberi hadiah (Lebaran atau ulang tahun), daripada bingung, mereka ngasih voucher Sodexo dengan pesan tak terucap "belanja sendiri ya" ^^

    ReplyDelete
  7. Salah satu konsep pemberian hadiah yang paling saya suka nih. Karena hadiah bukan hanya sekedar pemberian tapi juga satu hal yang bisa membawa manfaat bagi para penerimanya. Jadi jangan sampai apa yang sudah jadi haknya malah akhirnya tidak berguna. Terasa banget kok kalau memegang cash kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan ketimbang barang.

    ReplyDelete
  8. Keren banget ini Sodexo epass, kalau diberikan ke karyawan, bisa meningkatkan kinerjanya banget.
    apalagi kalau bentuknya epass gini kan.
    Jadi lebih praktis.

    Saya kalau dapat hadiah sodexo epass, kayaknya rela lembur deh, etapi itu dulu sih, sebelum punya anak, hahaha

    ReplyDelete
  9. Jadi kangen sama voucher Sadexo, dulu kalau ada event dapatnya voucher Sadexo, karena voucher sadexo ini mudah digunaknya untuk belanja kebutuhan kita

    ReplyDelete
  10. Ini cara baru memberikan hadiah pada karyawan yang sangat bikin senang yang menerimanya, secara Sodexo epass bisa digunakan oleh yang menerima sesuai apa yang diinginkan alias bisa belanja sendiri dengan suka cita.

    ReplyDelete
  11. Wahh bisa dipakai belanja online juga nih sodexo epass? Asyik dong! Kemarin-kemarin emang udah suka sama Sodexo, karena merchant kerja samanya di daerah Lombok sini emang banyak. Makin suka deh kalau bisa digunakan pula untuk belanja online. Tahu sendiri kan, beberapa waktu terakhir ini emang situasinya gak memungkinkan untuk sering keluar rumah.

    ReplyDelete
  12. Di kantorku ada pemilihan karyawan teladan tiap tahun mbak, selama ini dapatnya piagam aja.
    harus saya usulkan nih sama bagian kepegawaian, tambahi kasih hadiah sodexo epass, biar karyawan makin semangat kerjanya

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat suamiku, kalo pas momen mau Lebaran, sering banget dapat voucher-voucher kayak Sodexo gini. Dan yang hepi istrinya dong. Bisa shopping. Wkwkwk.

    Betul mba, Sodexo ePass bagus banget buat hadiah karyawan. Ya sebagai reward lah gitu ya yang bikin kerja makin semangat, karyawannya juga makin loyal sama perusahaan.

    ReplyDelete
  14. Menurut saya voucher ini bermanfaat drpd uang ya mba. Kalau uang nanti ujung ujungnya bisa cepat habis ya dan tidak dipergunakan utk hal berguna

    ReplyDelete
  15. Wah keren nih kalau mau kasih kado tapi bingung bisa pakai e voucher ini aja, pasti yang dikasih senang bisa pilih2 sendiri hehe

    ReplyDelete
  16. Dulu senang banget kalau dapat voucher sodexo ini. Soalnya bisa langsung dibelanjain haha.. Sekarang udah nggak pernah lagi dapat vouchernya.

    ReplyDelete
  17. Iya nih, aku setuju untuk hadiah saat ini mendingan SODEXO aja,
    soalnya kita kan gatau kebutuhan ybs apa ya, udah punya blender dapat blender lagi, ya pasti menggerundel

    ReplyDelete
  18. karyawan pasti hepi dapat hadiah vucher sodexo pass ini ya mba
    bisa buat belanja di banyak marchant

    ReplyDelete
  19. So - lu - si!

    Aku beberapa kali dapat hadiah, dan paling hepi kalo dapat voucher soalnya b isa memilih yang aku mau dan butuhkan

    ReplyDelete
  20. Pilihan voucher memang lagi ngetrend saat ini,ya Mbak Dian. Kami pun dikantor entertain ke relasi juga pakai voucher. Lebih praktis dan bisa milih yang bersangkutannya.
    Jadi,nggak sia-sia rewardnya.

    ReplyDelete
  21. Kalau masih ngantor, aku mau banget dapat reward voucher sodexo. Jadi bisa belanja sesuai keinginan hati, hehe. Sekarang sih cuma njagain suami yang mau ngasih reward mba 😅

    ReplyDelete
  22. Kalau masih ngantor, aku mau banget dapat reward voucher sodexo. Jadi bisa belanja sesuai keinginan hati, hehe. Sekarang sih cuma njagain suami yang mau ngasih reward mba 😅

    ReplyDelete
  23. Pas bener nih kayak suamiku kemarin habis belanja pakaian mengguakan voucher :) Memang deh zaman now udah ga mesti apa2 dengan uang tunai. Sama halnya seperti pemberian hadiah untuk karyawan, dengan Sodexo e-pass ini jadi lebih praktis ya. Dibelikan untuk kebutuhan yang memang bakalan digunakan, jadi ga mubazir :D

    ReplyDelete
  24. Asyik banget ya ada sodexo e-pass jadi kalau sekali-sekali mau ngasih thr sama keluarga juga bisa pakai ini. Lebih bermanfaat dan tepat sasaran daripada uang tunai. Makasih infonya,mba 🙂

    ReplyDelete
  25. Iya loh, simpel banget caranya memberikan hadiah ataupun reward menggunakan Sodexo gini. Misal aku yang jadi karyawan pun bakalan happy dapet Sodexo, bisa dibelanjain sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  26. Jadi inget pekara gathering kantor berhadiah barang. Dulu pernah kayak gitu juga ceritanya, dapat barang yang nggak diharapkan. Tapi teman malah dapat barang yang saya pengenin. Akhirnya kami barter deh. Coba kalo pakai voucher gini lebih enak dan ngena ya manfaatnya.

    ReplyDelete
  27. PAs banget buat hadiah akhir tahun, biar karyawan makin semangat kerja dan pastinya mereka bebas mauditukarkan sesuatu yang disukai

    ReplyDelete
  28. Naaah iniiii. Aku juga paling suka kalau dapat hadiah voucher Sodexo. Soalnya bisa digunakan sesuai kebutuhan. Hadiah barang, repot kalau memang nggak butuh. Hadiah voucher makan di tempat xyz, repot juga kalau nggak ada di kotaku atau ada tapi lokasinya jauh dan ongkos ke sananya malah lebih mahal daripada harga voucher-nya :D

    ReplyDelete
  29. wah baru tau aku, maklum belum terjun ke dunia kerja. semoga kedepannya aku juga bisa dapet sodexo epass, karena kelihatannya simpel dan menarik

    ReplyDelete
  30. Aku juga suka dapet giveaway sodexo nih, dulu pernah dapet malah hilang sedih banget. Padahal dulu pernah dapet, dan akhirnya kubeliin tas baruu.. Bener - bener bermanfaat banget sih yaa...

    ReplyDelete
  31. Wihh kalo dapet hadiah kayak gini, sih, bisa jadi lebih termotivasi dalam bekerja, ya. Bisa makin semangat karena ada reward-nya. Apalagi tadi aku baca ada kategori Travel juga :D

    ReplyDelete
  32. Konsep reward-nya seru bangeet, karena karyawan jadi bisa 'pilih' hadiahnya sesuai kebutuhan. Seru banget sih kalau reward begini diterapin di banyak tempat.

    ReplyDelete
  33. Wah, sodexo yaa. Aku beberapa kali alhamdulillah dihadiahin epass ini. Dan udah kepake buat belinji-belinji biar tetep waras. Setuju banget kalo hadiah buat karyawan kaya epass gini. Soalnya biar mereka juga hatinya senang pas nerima reward

    ReplyDelete
  34. Ya daripada bingung mau kasih hadiah apa buat karyawan mending ngasih voucher sodexo e-pass ini aja ya pastinya karyawab pada hepi karena bisa dimanfaatkan buat ditukarkan dengan barang yang emang benar2 dibutuhkan/diinginkan.

    ReplyDelete