Tips Tetap Aktif, Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi

Tetap aktif, kreatif dan produktif di masa pandemi? Mengapa tidak! Meski banyak godaan yang melenakan, penginnya rebahan seharian. Apalagi sudah mulai musim hujan. Enak benar kalau selimutan setelah menyantap semangkuk mie instan, yekan?

Serius, saat pandemi begini kalau dituruti magernya bakal banyak rencana tertunda. Peluang jadi terbang, kesempatan pun melayang. Ya, bekerja dan belajar dari rumah, telah mengubah banyak hal sehingga jika kita tak mau beradaptasi, bisa-bisa ada penyesalan nanti.

Well, untuk tetap aktif, kreatif dan produktif di masa pandemi memang enggak gampang. Situasi ini menuntut kita untuk bisa menyesuaikan diri dan berkomitmen, memotivasi diri untuk tetap semangat beraktivitas meski dengan sarana yang terbatas.


Lalu, Bagaimana Caranya Agar Tetap Aktif, Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi?


Awal pandemi, anak-anak saya mulai menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sekitar sebulan kemudian nyusul suami yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH). Sementara saya yang ibu rumah tangga sekaligus freelance writer pun juga sama, full sampai sekarang berkegiatan dari rumah saja.

Jelas, banyak yang berubah. Biasanya, pagi-pagi berempat bersiap-siap ngantor, ke sekolah dan nganter sekolah, eh sekarang jadi di rumah. Lingkungan kerja dan sekolah yang berbeda dengan rumah mau enggak mau bikin kebiasaan baru pun harus diterapkan. Sebuah tantangan besar yang hanya diri kita sendiri yang bisa kalahkan!

Nah, beberapa cara yang saya lakukan agar tetap aktif, kreatif dan produktif di rumah adalah:

1. Lakukan Kebiasaan yang Sama dengan Sebelumnya

Jadi, dulu sebelum pandemi, kami berempat terbiasa bangun pagi dan bersiap diri. Suami dan anak-anak siap-siap berangkat, sementara saya masak untuk sarapan dan bekal anak. Pukul 05.30 sudah sarapan bersama dan jam 06.00  cuzzz ke kantor dan ke sekolah.

Nah, apakah sekarang berubah? Iya, tapi beda tipis saja!

Anak sulung saya pukul 06.30 harus absen berseragam lengkap dengan timestamp dan mulai ada meet jam tujuh. Sementara adiknya mulai zoom pukul 07.30. Bapaknya juga mesti absen dan ada briefing pukul 07.30. Jadi berempat tetap bersiap, sarapan lalu ready buat kegiatan hari ini. Hanya enggak gedabrukan seperti dulu lagi.

Jadi tipsnya, mandi, pakai baju yang nyaman, dan sarapan akan membuat pikiran dan tubuh akan lebih siap untuk melakukan pekerjaan.

Melakukan kebiasaan yang kurang lebih sama dengan sebelumnya akan membuat ritme produktivitas kita tetap pada track-nya. Sehingga, jika pandemi telah pergi dan kita bisa beraktivitas di luar kembali, enggak bakal shock nanti!

Oia, membuat to do list juga sangat berguna sebagai panduan kegiatan harian kita agar tidak ada yang terlupa. Bikin to do list ini saat malam sebelum tidur, atau saat bangun pagi. Jadwal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu harian atau mingguan.

Walau terkadang ada yang tak terlaksana, list ini akan memudahkan kita untuk tetap fokus juga mendata mana pekerjaan yang sudah dikerjakan dan mana yang harus segera diselesaikan agar tidak ada yang terlewatkan.

2. Meyediakan Ruang untuk Belajar atau Bekerja

Jadi, ini maksudnya bukan harus ada kamar khusus buat bekerja atau belajar ya...Sebuah sudut pun cukup asal pencahayaan dan ventilasinya baik. Yang utama, di sana kita beneran bisa fokus ke pekerjaan. 

Juga, bikin aura sekitarnya mendukung apa yang kita lakukan. Misalnya siapkan meja dan kursi kerja yang nyaman di kamar untuk WFH atau meja lipat dan kursi lantai di ruang keluarga untuk PJJ. 

Bisa juga, setelah makan bereskan meja sehingga bisa dipakai belajar/bekerja. Atau jika ada teras, letakkan meja dan kursi di sana sehingga kita bisa beraktivitas sambil menikmati segarnya tanaman yang ada.

Oia, sebaiknya hindari tempat tidur sebagai tempat bekerja atau belajar, karena godaan rebahan hingga ketiduran akan semakin besar. Usahakan juga untuk menggunakan kursi dan meja agar tidak mudah mengantuk atau malas dalam melakukan aktivitas.

ADVAN CPE Hybrid Router



3. Utamakan Kesehatan

Walaupun beraktivitas dari rumah, jangan abai dengan kesehatan kita. Konsumsi makanan sehat, cukup istirahat, juga rutin berolahraga adalah kunci agar tubuh senantiasa dalam keadaan prima untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas kita.

Sebaiknya lakukan juga sesuai jadwalnya. Kapan waktunya memulai rutinitas, saat istirahat, makan, "pulang" dan seterusnya. Jadi pola tubuh kita tidak terganggu.

Jangan mentang-mentang di rumah, makan jadi berkali-kali. Nanti giliran baju kesempitan semua, yang disalahin pandemi hihihi

Sementara terkait olahraga, lakukan yang ringan saja. Untuk menghindari terlalu sering berdiam diri dan tak beraktivitas kadang membuat tubuh terasa berat dan pegal. Karena jika sudah terjadi, kita akan merasa malas untuk melakukan apapun. 

Untuk itu, olahraga ringan dengan memutar musik buat teman gerakkan badan, misalnya, dapat dilakukan untuk meregangkan otot dan sendi. Jika tubuh terasa fit, tentu mood akan semakin membaik dan aktivitas bisa semakin menyenangkan.

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Setiap orang punya cara menghibur diri yang berbeda. Mengingat situasi pandemi memengaruhi mental kita, maka lakukan hal yang menyenangkan juga untuk mengimbangi aktivitas yang membosankan karena berputar di rumah saja.

Misalnya, jika hobi berkebun, lewatkan waktu beristirahat dengan merawat tanaman di halaman. Atau jika suka crafting, buat karya menarik yang terinspirasi dari karya anggota komunitas yang kita ikuti. 

Juga, hobi baking yang bisa kita lakukan sekalian menyiapkan camilan. Syukur-syukur jika semua hobi ini ujung-ujungnya bisa jadi ladang cuan. Lumayan, kan?

Terkait hobi dan skill ini, kita bisa juga mengikuti aneka kelas online mulai yang gratisan sampai berbayar. Sesuaikan dengan minat agar mendapat manfaat. Seperti saya selama pandemi beberapa kali ikut kelas menulis, desain dan personal branding untuk menambah kemampuan diri.

Oia, kalau menjadikan nonton drakor sebagai stress release saat beraktivitas di rumah juga sah-sah saja, asal enggak kebablasan hingga maraton nonton berjam-jam hingga lupa kerja. 

Atau Youtube-an, Tiktok-an, nge-games, boleh dilakukan tapi tetap dalam porsi hiburan dan sebaiknya dilakukan setelah "jam pulang" sekolah atau bekerja, sehingga enggak mengganggu jadwal lainnya.

Tips Tetap Aktif, Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi


5. Siapkan Sarana Internet Terbaik

Kebutuhan internet selama pandemi di rumah semakin tinggi, maka menyiapkan koneksi internet yang lancar dan memadai wajib hukumnya! Gimana enggak coba, sampai saat ini seperti suami saya masih bekerja secara partial WFH, jadi sebagian besar masih dari rumah bekerjanya, hanya WFO sesuai jadwalnya saja. 

Sementara anak-anak, meski sudah mulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, tapi masih bergiliran juga masuknya, dapat jadwal sekolah seminggu sekali dengan durasi sekitar 4 jam belajar saja. Akhirnya teteup, sampai sekarang, koneksi internet masih sangat dibutuhkan! 

Nah, biar lancar jaya dan semua anggota keluarga bisa tetap aktif, kreatif dan produktif maka untuk koneksi internetnya pasang saja perangkat router untuk menyebarkan jaringan internet ke seluruh perangkat yang membutuhkan. 

Biar mudah, pakai ADVAN CPE Start Hybrid Router saja yang praktis bikin kerja dan belajar makin lancar, pastinya karena ADVAN CPE Hybrid Router ini punya banyak keunggulan!

Mengapa Perlu ADVAN CPE Hybrid Router Agar Tetap Aktif, Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi?


1. Baterry 2000 mAh: Membuat kita bisa terhubung kapan saja dan dimana saja. dengan baterai berkapasitas 2000 mAh (mode bekerja 4 jam dan stand by 16 jam)

2. 32 User Connections: Jangkauan sinyal yang luas, kuat dan stabil hingga mencapai radius 125 meter dengan kapasitas maksimal 32 pengguna

3. Up To 300 Mbps: Koneksi nirkabel 4 antena tercepat dan stabil di kelasnya

4. 4G LTE + WLAN Multi Connection: Didukung dengan 3 SSID dan WPS Encryption menjadikan penggunaan lebih nyaman

5. Unlock dan Auto Connect: Bisa menggunakan WLAN semua operator dan kartu 4G LTE semua operator

6. Plug and Play: Dilengkapi dengan kelengkapan peralatan dan software web instalasi


CPE Hybrid Router ADVAN


Kalau kek gini ceritanya, jadi bebas kendala saat internetan di rumah baik buat bekerja, belajar maupun aktivitas menyenangkan lainnya. 

Apalagi nih, kabar baiknya, ADVAN menghadirkan paket bundling CPE Hybrid Router dengan Telkomsel Orbit. Produk bundling ini memberikan ekstra kuota 50 GB, sehingga pengguna dapat tetap terhubung dengan lancar dan bebas kendala.

Telkomsel Orbit sendiri adalah layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan selular terbaik, serta paket data yang bisa kita gunakan tanpa perlu berlangganan. Jaringan luas serta keandalan yang dimiliki Telkomsel membuat pengguna juga tak perlu khawatir soal kecepatan atau kualitas internet dari router hybrid ini.

Perangkat CPE Hybrid Router ADVAN dengan kuota besar dari Telkomsel Orbit, sungguh pasangan yang tepat dan sangat bermanfaat untuk menjalankan berbagai aktivitas internet di rumah sehingga semua bisa tetap aktif, kreatif dan produktif di masa pandemi!

Etapiiii, harga bundling-nya berapa?

Tenang saja, masih aman di kantong kok harganya, yaitu Rp 699.000 -  sudah dapat ADVAN CPE Hybrid Router dan kelengkapannya: Battery 2000 mAh, Charger, Kabel WLAN juga termasuk paket data total 50 GB.

Wah!! 

Belinya dimana?

Tinggal pilih mau dimana, dirimu bisa beli ADVAN CPE Hybrid Router ini di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, Bukalapak atau langsung hubungi layanan penjualan lewat WhatsApp ADVAN Indonesia.

See, meski di masa pandemi kita lebih banyak beraktivitas di rumah saja, kita tetap bisa aktif, kreatif dan produktif kan ya?

Baiklah, semoga tipsnya bermanfaat, kita semua selalu sehat dan tetap semangat!💖



Stay Happy & Healthy

signature-fonts

15 comments

  1. Waaa bener banget ini Mba.
    Pandemi bukan alasan utk bermalas-malasan, ya.
    Justru kita tetep berkesempatan utk makin produktif, nambah ilmu dll

    Kalau pakai Advan CPE Hybrid Router, hidup makin ciamik ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Wah mau juga lah ku menggunaan Advan CPE HYbrid Router secara sekarang kebutuhan internet meningkat dan di rumah banyk yang menggunakan ..sepertinya harus beli nih terjangkau juga harga nya ya mbak

    ReplyDelete
  3. Router emang perlu ya untuk bagi2 internet dirumah dari 1 simcard jd bs dinikmati smua

    ReplyDelete
  4. Utamakan kesehatan sih yang paling penting. Semangat terus buat mba nya :D

    ReplyDelete
  5. Aku setuju banget sama poin no. 3. Kesehatan itu mahal banget harganya, baik mental maupun fisik. Supaya bisa produktif pas lagi pandemi seperti ini, penting banget untuk jaga kesehatan. Kalau badan enak, mau ngapa-ngapain juga enak. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Advan CPE Hybrid Router ini bisa menjadi solusi aman dan nyaman beraktivitas online di rumah selama pandemi ya. Banyak banget keunggulannya dan harga cukup terjangkau. Iya dong anak2 PJJ dan suami WFH sementara kita juga seseruan ngeblog pasti butuh perangkat mumpuni seperti ini ya. Semangat terus kreatif dan produktif ya.

    ReplyDelete
  7. Sudah kepirian nih buat beli ADVAN CPE Hybrid Routernya. tapi entah kapan. hehe. soalnya router yang lama masih bagus sih. paling agak tertarik buat beli paket netnya aja. Eh, BTW. Klo saya justru nyaman kerja itu dekat tempat tidur. sebab kalau sudah lelah bisa langsung rebahan.

    ReplyDelete
  8. Router dari Advan ini tentu sangat membantu ya buat yang masih WFH maupun SFH, Blogger seperti kita juga pun tetap perlu dong kecepatan internet yang oke, apalagi jika harus hadiri Zoom meeting, dll :)

    ReplyDelete
  9. Cakep juga yaa alatnya jadi manis buat ditaruh di ruangan, alat tempur para pelaku work and study at home semoga selalu produktif dan bersemangat.. Hwaiting!

    ReplyDelete
  10. Jaman sekarang emang harus ada wifi yang kenceng deh di rumah, biar bisa kerja di rumah tanpa gangguan. Jadi penasaran sama Advan ini haha

    ReplyDelete
  11. Hhha semenjak semua aktivitas dialihkan dirumah jadi gak perlu buru-buru lagi yaa, yang penting waktunya tidak telat saat jumpa meet atau kerjaan dikantor secara online..

    ReplyDelete
  12. betul banget tuh. meskipun WFH tetap harus menyamakan ritme kerja dan waktu sebagaimana sebelumnya belum ada WFH. Setelah hampir 2 tahun WFH, seperti awal tahun nanti 2022 WFH akan ditiadakan dan berganti menjadi WFO full seperti sebelum covid ada. Kita harus merubah kembali kebiasaan yg sudah kita bangun. Semangat selalu lah untuk kita. Yg penting selalu disiplin dengan waktu dan menjaga kesehatan. Ciaoooo

    ReplyDelete
  13. Urusan online bakalan beres nih kalau pake router dari ADVAN ini. Bisa serumah pake semua ya mba.
    Aku masih ga tertib nih, kalau pagi mandinya rada kesiangan. Berasa ga kemana-mana trus ga disiplin hehehe..

    ReplyDelete
  14. mantab jugan ih semakin mudah untuk produktif kalau ada rrouter dari advan ini, menarik untuk dicoba

    ReplyDelete