Yuk, Masak Tempe Kriuk Pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk!

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang wajib ada di meja makan rumah saya. Apapun lauk yang sudah tersedia, akan ada tempe menemaninya. Baik dalam bentuk tempe goreng, tempe bacem, kering tempe, tempe mendoan, trasi dele, sambel tempe, dan variasi olahan tempe lainnya. 

Rasanya kalau enggak ada tempe itu belum lengkap makannya. Sampai-sampai saat tinggal di Amerika dulu saya bikin tempe sendiri karena di sana harga tempe mahal sekali. 

Yup, harganya $3 sepapan, seukuran yang 3 ribuan di Jakarta, beneran bikin nyesek bayarnya hahaha Apalagi itu pakai kemasan plastik dan dalam bentuk frozen, jadi kurang mantap rasanya.

Jadilah saya bikin sendiri, modal beli kedelai lokal Amerika (yang kualitasnya juara), dan beli online ragi dari sesebule yang vegetarian yang mengonsumsi tempe. Hitung-hitung, biayanya jadi sekitar $1 saja per papannya. Lumayan, kan? Meski, bikinnya memang perlu proses panjang, tapi gapapa karena puas bener rasanya!

Sebegitunya saya dan keluarga cinta pada tempe hingga di negeri orang pun kecarian. Sampai dibilang "Jawa banget" sama teman kwkwkw.

Resep Tempe Kriuk

Tempe Itu Sehat dan Bermanfaat

FYI, tempe adalah bahan makanan dengan nilai kandungan gizi yang tinggi. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tempe mengandung elemen yang berguna bagi tubuh, yaitu asam lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendeklarasikan tempe sebagai salah satu makanan yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, karena bergizi tinggi dan mengandung sejumlah protein nabati dan asam amino.

Faktanya tempe mengandung berbagai jenis manfaat vitamin, seperti vitamin B, mineral, zat besi, zinc, isoflavon, riboflavin, lemak nabati, fosfor, dan karoten. Jadi, tempe merupakan makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Sementara, menurut Whitney Graduate Research Fund di Florida State University, 100 gram tempe mengandung 0,12 mikrogram vitamin B12. Jumlah ini kira-kira sama dengan jumlah manfaat vitamin B12 yang biasa didapat dari 1/4 dada ayam.

Selain vitamin, kandungan protein tinggi yang terkandung di dalam makanan tempe dapat menjadi pengganti kebutuhan manfaat protein yang biasa diperoleh dari daging atau protein hewani. 

Nah, tubuh membutuhkan sumber kandungan protein baik yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tempe, karena setiap 100 gram tempe mengandung manfaat 18,54 gram protein.

Asal-usul Tempe

Lalu, Sebenarnya Darimana Asal-Usul Tempe?


Well, tempe sejak berabad-abad silam, sudah dikenal oleh masyarakat Jawa. Dalam Manuskrip Serat Centhini, ditemukan bahwa masyarakat Jawa pada abad ke-16 telah mengenal “tempe.” Kata tempe disebutkan pada hidangan bernama jae santen tempe dan kadhele tempe srundengan di sana.

"Tempe" diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno, karena terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Makanan bernama tumpi ini terlihat memiliki kesamaan dengan tempe segar yang juga berwarna putih. Bisa jadi dari sini kata tempe berasal.

Nah, Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% dari konsumsi kedelai Indonesia dijadikan untuk memproduksi tempe, 40% tahu, dan 10% dalam bentuk produk lain (tauco, kecap, dan lain-lain).

Pada umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi tempe sebagai lauk pendamping nasi. Dalam perkembangannya, tempe diolah dan disajikan sebagai aneka hidangan siap saji yang diproses dan dijual dalam kemasan. 

Meski teteup yang hangat disajikan di meja jadi rebutan, seperti Tempe Kriuk Kobe yang sebentar saja matang enggak pakai lama sudah tak bersisa...


Kobe Tepung Tempe Kriuk

Kobe Ahlinya Tepung Bumbu


Kobe, tepung bumbu yang saya kenal pertama dari Ibu. Tepung yang dulunya saya kira berasal dari Negeri Matahari Terbit alias Jepang. Mungkin di antara teman-teman ada yang berpikiran sama. Habis namanya keJepang-Jepangan sih ya...

Padahal tuh Kobe sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dan memulai perjalanannya pada tahun 1979 sebagai industri rumahan di Semarang. 

Nah, produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia!

Kini, memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu, varian Tepung Kobe sudah ada beragam, yakni:

  • Kobe Tepung Tempe Kriuk: formulasi untuk gorengan tempe dengan ketumbar asli sehingga menghasilkan rasa gurih & renyah
  • Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy: formulasi untuk ayam kentucky super crispy tahan hingga 8 jam
  • Kobe Tepung Bumbu Putih: formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal
  • Kobe Tepung Serbaguna: formulasi untuk membuat aneka gorengan renyah berempah
  • Kobe Tepung Bakwan & Perkedel: formulasi untuk membuat bakwan & perkedel lembut di dalam dan renyah di luar
  • Kobe Tepung Pisang Goreng: formulasi untuk membuat pisang goreng dan aneka kue

Tepung Bumbu Kobe

Kobe Tepung Tempe Kriuk

Banyak ya varian Tepung Kobe, bikin kita makin mudah bebikinan kapan saja karena kepraktisannya. Nah, karena tempe adalah makanan favorit keluarga maka saya sedia Kobe Tepung Tempe Kriuk di rumah. 

Lantaran olahan Tempe Kriuk pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk tuh malah enggak buat lauk jadinya. Dicemili gitu aja, hangat-hangat makannya sepiring ludes enggak terasa!

Oia, Kobe Tepung Tempe Kriuk ini punya banyak keunggulan lho. yakni:

  1. Diracik khusus untuk menghasilkan tempe goreng sempurna, yang kriuk dan pas berbumbu
  2. Menjadikan gorengan tempe renyahnya tahan lama
  3. Gurih dan lezat karena mengandung ketumbar asli
  4. Diproses menggunakan teknologi modern
  5. Tanpa bahan pengawet
  6. Tanpa pewarna buatan

Gimana, mau coba juga Tempe Kriuk Kobe? Ini dia resepya!

Bahan Tempe Kriuk Kobe

1 papan tempe
125 ml air
1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)
1 batang daun bawang (potong-potong)
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tempe Kriuk Kobe

Iris tipis 1 papan tempe
Larutkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan 125ml air. Aduk hingga rata
Tambahkan potongan daun bawang
Celupkan tempe ke dalam adonan hingga tertutup rata. Goreng hingga kuning kecoklatan
Siap disajikan

Resep Tempe Kriuk

Tuh, Kobe Tepung Tempe Kriuk Mudah dan Praktis, kan?


Kini enggak ada lagi alasan untuk menunda bebikinan olahan tempe, karena sudah ada Kobe Tepung Tempe Kriuk yang enggak hanya sehat, bikinnya cepat pun rasanya lezat! 

Tempe Kriuk Kobe dari Kobe Tepung Tempe Kriuk, kriuk dan kressnya itu tahan lama, rasa ketumbarnya terasa, komposisinya pas sehingga enggak perlu nambah bumbu lainnya.

Memang tempe ini ya, makanan khas Indonesia yang sudah dikenal dunia karena rasanya yang lezat, manfaatnya yang luar biasa sehat juga harganya hemat. 

Apalagi, selain dijadikan sebagai lauk dan camilan, tempe juga mudah dikreasikan. Dari mulai masakan rumah sederhana hingga masakan mewah ala restoran. Tak heran jika tempe menjadi makanan yang disukai dan patut dibanggakan!

Jadi, yuk  yuk, masak Tempe Kriuk! Pakai Kobe Tepung Tempe Kriuk, enak tenaaaan!!💖

Dapur Kobe
Instagram / Twitter / Facebook / TikTok : @dapurkobe
Website : www.dapurkobe.co.id


Happy Cooking

signature-fonts

16 comments

  1. Wahhh mba Dian bisa bikin tempe from scratch

    Setelah balik k Jkt, ngga pengin open PO tempe organic mba?

    Ishhh aku paling sukaa tempe kriuk, crispy crunchy

    Apalagi pakai Kobe. Udah paling benerrr ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin sendiri butuh waktu khusus, karena pakai tangan (dan hati) bikinnya hahaha....lama prosesnya kalau manual, memang lebih sehat dan higienis, tapi kerjaan rumah lainnya jadi ambyaar:)

      Delete
  2. Wah, tepung Kobe mah sering ready di lemari dapur aku mbak hehehe. UDah jadi andalan masak tempe digoreng garing kriuk2. Berpapan2 ga terasa masuk peyyuut sambil nonton tv bareng anak2 dan suami wkwkwkwkwkwk :) Ketumbarnya terasa, pas di lidah kita2.

    ReplyDelete
  3. Sekarang udah tinggal di Indonesia lagi. Jadi bisa menikmati tempe sepuasnya tanpa harus bikin sendiri hihihi. Tempe pakai tepung memang enak banget. Bisa buat camilan ataupun menu makan utama. Tambahin sambal, saya bakal lupa deh ma diet :D

    ReplyDelete
  4. Tempe itu meski menu sederhana rasanya nggak pernah salah. Paling suka digoreng kriuk gini. Enaaaak!

    ReplyDelete
  5. Minggu lalu mampir ke Warung Kopi Klothok Jogja dan makan tempe goreng. Makan makanan rumahan aja perut dan hatiku udah happy banget. Jadi kepengin goreng tempe sendiri sekarang. Hihihi

    ReplyDelete
  6. Nyoba ah kapan-kapan bikin ini. Moga kalau pakai Kobe, anakku yang nomor satu jadi mau makan tempe. Heran aku tuh, padahal adiknya yang bayi aja doyan...

    ReplyDelete
  7. Keren bener bikin tempe sendiri. Kebayang prosesnya kudu sabar banget. Btw, aku di kosan juga mengandalkan kobe~

    ReplyDelete
  8. Subuh-subuh baca ini seketika langsung lapar, Mbak.. Bayangin aroma tempe yang digoreng sama tepun kobe ini dimakan pakai pecel atau sambel goreng, duh TT

    ReplyDelete
  9. Mbak Dian Saya di rumah juga langganan tepung Tempe Kobe ini selain enak rasanya pas Dan pastinya seluruh keluarga suka

    ReplyDelete
  10. Uwah mbak thanks for the tips, aku mau coba pake bumbu kobe nih biar tempe bikinanku kriuk!

    ReplyDelete
  11. uda deh, klo tempe mah juara sih. harga murah, gizinya tinggi dan gampang banget untuk diolah. saya dan keluarga setiap harinya makan tempe, baik sebagai lauk maupun sebagai cemilan. dibikin kriuk pake bumbu kobe sudah pasti makin cruncyyyy. tinggal dipenyetin trus dikasi sambel ijo segar.. aduuuh jadi laperrr wkwkwk

    ReplyDelete
  12. Aku suka banget makan tempe goreng, tapi aku blm pernah nyobain goreng tempe pake tepung Kobe nih, sepertinya cocok banget thu dan lebih kriuk hasilnya dri tepung lain

    ReplyDelete
  13. Sepertinya resep ini sangat cocok dan bisa dipraktikkan di rumah deh, boleh lah dicoba ntar buat sarapan

    ReplyDelete
  14. paling enak makan tempe yang digoreng kriuk pakai tepung gini, dan dibuat cemilan sore, dinikmatinya panas panas

    ReplyDelete