Pengalaman Menginap di Aston Sentul Lake Resort & Convention Center

"Aku ada acara di Aston Sentul, Selasa dan Rabu ini."
"Ikuuuuuut!"

Begitulah respon yang spontan saya ucapkan bernada penuh kegembiraan di suatu Minggu malam di awal bulan ini, saat suami cerita akan ada workshop di Sentul selama 2 hari.

Tanpa pikir panjang saya berniat ikutan. Kayak gini ini adalah momen staycation sekalian curi-curi liburan. Meski paling juga stay di hotel aja, enggak kemana-mana karena si Bapak dalam posisi sedang bekerja.

Mumpung juga anak-anak lagi jadwalnya PJJ. Kapan lagi yeee, kan kalau PJJ bisa sekolah darimane aje! Yeayy!

Cuz, suami langsung pesan 1 kamar lagi - bayar sendiri. Seperti biasa, sejak anak-anak membesar (kini si sulung 17 tahun dan si bungsu 12 tahun), kami - kalau enggak ada family room - nginepnya selalu pesan 2 kamar berdekatan. Karena kalau berempat di satu kamar, meski bisa nambah extra bed, sudah terasa uyel-uyelan dan enggak nyaman. 

Memang sih jadi lebih berat di ongkos, tapi gapapa, mesti sesuai aturan hotel kan ya, sekamar diisi 2 orang (dewasa) saja, biar hitungan free breakfast-nya juga sesuai jatah kan, ya? 

Juga, dalam rangka menghormati aturan hospitality business agar mereka tetap bisa bertahan terutama di kondisi sulit pandemi (mantan anak hospitality yang ngomong nih jadi jangan diprotes ya hahaha)

Singkat cerita, akhirnya, berangkatlah kami ke Sentul hari Selasa pagi, 2 November 2021 lalu. 

Bawa apa saja? 

Yang jelas seragam sekolah karena nanti anak-anak bakal tetap "sekolah" dari sana. Juga tak lupa printilan terkait protokol kesehatan seperti masker dan teman-teman. 

Dan yang wajib bawa: vitamin c 1000 , agar daya tahan tubuh tetap terjaga terutama saat bepergian.


Tentang Aston Sentul Lake Resort & Convention Center


  • Lobby & Public Area

Saat tiba di hotel Aston Sentul Lake Resort & Convention Center, saya dan anak-anak di-drop off di lobby dulu, sementara suami parkir ke tempat parkir kendaraan yang gratis - fasilitas dari hotel - yang terletak di sisi kiri lobby.

Nah, begitu masuk area hotelnya, saya langsung jatuh hati dengan lobby-nya yang luas. Apalagi saat menuju ke arah dalam ada semacam balkon yang view-nya adalah gunung dan saat lihat ke bawah nampak kolam renang dan danau buatan.

Sayang di area lobby ini, Front Office-nya ketutupan, jadi seperti tersembunyi saat tamu memasuki area ini dari arah depan.

Oia, ada Minimart di salah satu sayap lobby, tapi posisi tutup saat saya lewat sini. Juga ada VIP Lounge di salah satu sisi lainnya. 

Sementara di beberapa sudut lobby, ada sofa santai buat duduk-duduk, yang bisa saya pakai untuk nunggu waktu check in yang 3 jam lagi (jadwal suami jam 9 pagi sudah mulai sementara kamar baru boleh dimasuki pukul 1 siang). Juga, bisa untuk mojok si bungsu yang zoom meeting-nya sampai pukul 12 siang. 

Sebenarnya sih ada Ataya Lounge di area lobby ini, tapi karena dari rumah sudah makan dan bawa jajanan buat di jalan, anak-anak enggak mau saya ajak ngemil di sini. Ya sudah, padahal aslinya Ibuknya pengin nyoba ngopi hihihi





  • Barata Restaurant


Sebelumnya, saat tiba di hotel saya sudah nitip koper di Concierge, sambil nunggu waktu check in. Nah, pas suami keluar dari meeting room untuk rehat ishoma dari workshop-nya, ngajakin makan siang karena ternyata sudah sekalian dipesankan maksi di Barata Restaurant yang lokasinya di lantai 3 hotel ini.

Barata Restaurant (Barata Coffe Shop) ini menyajikan hidangan breakfast, lunch dan dinner untuk tetamu maupun peserta acara yang menyewa meeting room (ada paket meeting include breakfast/lunch/dinner), juga buat tamu yang ingin maksi saja karena tersedia sajian konsep buffet maupun ala carte. 

Sesuai namanya, peruntukan Aston Sentul Lake Resort & Convention Center ini memang lebih ditujukan untuk tempat meeting dan sejenisnya juga resort sebagai tujuan berlibur dengan keluarga.

Nah, Barata Restaurant menyajikan aneka hidangan Nusantara, Asia dan Western yang terhidang secara higienis. Karena semua tertata di balik meja kaca dan jika kita menginginkannya akan diambilkan oleh petugasnya. Juga, ada sajian per porsi/piring jadi kita tinggal ambil dari lemari pendingin (untuk fruit & dessert)

Oia, semua juga bermasker ya baik staf hotel maupun tetamu. Tempatnya pun ada pilihan indoor dan outdoor (dengan pemandangan kolam renang). Ada jarak antar meja juga pembersihan dilakukan secara berkala. Beneran diterapkan dengan baik protokol kesehatan di hotel ini!

Sedangkan untuk menu, hasil pengamatan saya nih...- meski agak lupa juga -, saking banyak pilihannya dan enak-enak semua hahaha, di antaranya: Cereal, Buryam, Egg Corner, Pasta Corner, Nasi Pecel, Nasi Timbel, Aneka Roti, Grill Corner, Gerobak Nasgor, Potatoes & Set, Sushi Corner, Pempek, Nasi Timbel, Aneka Rebusan, Gerobak Indomie, Aneka Jus, Jamu, Tea/Coffee .....dan masih banyaaaak lagi.

Serius, mantap rasanya dan beraneka pilihan makanan dan minumannya. Puas benar, sarapan, makan siang dan makan malam di sini!

Dan, yang paling happy, kalau makan malam...gerobak seperti abang-abang jual indomie, tongseng, bakar jagung, nasgor berderet di sisi outdoor. Jadi saat kita pesan langsung fresh dibuatkan. 

Pokoknya soal makanan, di Aston Sentul Lake Resort & Convention Center ini mantap beneran!




  • Kamar Hotel


Oia, dua kamar yang saya sekeluarga tempati letaknya berseberangan. Masing-masing punya balkon dengan sisi hadap berbeda. Yang satu view gunung (kamar tidur Twin), yang lain view kolam renang (kamar tidur King). 

Nah, di balkon ini ada kursi, hanya saja mungkin karena alasan keamanan dinding balkon dibuat tinggi. Jadi kalau mau lihat pemandangan mesti manjat dulu. 

Kamar tipe Deluxe seluas 32 m² yang saya tempati dilengkapi free wifi - yang saat jam kerja agak lambat koneksinya - dan setelah jam kerja lancar jaya. Juga ada fasilitas standar ASTON lainnya seperti rain shower, safe deposit box, mini fridge, TV set entertainment dan hair dryer

Nah untuk complimentary, selain ada mineral water, tea, coffee juga tersedia medical masker dan hand sanitizer. Sementara toilettries juga lengkap ada.

Kamarnya juga nyaman dan bersih, meski saat pandemi mungkin sempat terdampak dan bisa jadi sepi, tapi terlihat terawat untuk area kamar ini.



  • Kolam Renang


Nah, setelah PJJ kelar, anak-anak sorenya berenang. Karena hari kerja, tamu hotel yang menginap didominasi peserta acara rapat dan sejenisnya. Jadi yang gitu deh, ketemunya di tempat makan juga sama bapak-bapak dan ibuk-ibuk profesional, hanya sedikit tamu keluarga. Mungkin akan berbeda saat akhir pekan ya...

Maka, bahagia bener anak-anak berenang berdua saja, serasa kolam pribadinya. Setelah kami selesai, baru deh ada dua keluarga yang akan berenang.

Kolam renangnya di sini bersih, ada dua kolam, dilengkapi pembatas untuk anak dan dewasa. Tersedia juga handuk bersih yang bisa dipakai di ruang bilas yang ada di lantai bawahnya. Di sini perlu pengawasan orang tua untuk anak-anaknya, karena ada tangga yang sempit dan lumayan curam menuju ruang bilasnya. Mana sepiiii pula. 

  • Fasilitas dan Aktivitas Lainnya


Selesainya berenang (di hari kedua saja karena di hari pertama hujan deras dari siang sampai malam), saya dan anak-anak berkeliling area hotel. Ada banyak fasilitas yang disediakan Aston Sentul Lake Resort & Convention Center untuk tetamu bersantai di sejuknya hawa kawasan Sentul dan dikelilingi view pegunungan yang menawan. 

Di antaranya ada:

  • Tempat bermain anak (indoor dan outdoor)
  • Danau buatan (bisa berkano dengan menghubungi petugas hotel)
  • Melihat hewan angsa dan bebek (bisa memberi makan dengan meminta pakan ke petugas hotel)
  • Pepotoan dengan latar pemandangan
  • Kamala Spa untuk relaksasi
  • Pusat Kebugaran

Oia, di sekitar danau buatan ada vila yang bisa dipesan jadi pilihan kamar, dengan balkon belakang langsung tepi danaunya. Cakep bener view-nya! Serius banyak spot yang photo-able di sini!

Termasuk lengkap fasilitas Aston Sentul Lake Resort & Convention Center ini, pas buat staycation keluarga, enggak perlu kemana-mana, rebahan sambil berkegiatan di hotel ada tersedia aktivitasnya.

Hanya sayangnya karena pandemi beberapa tempat terlihat kurang terawat bahkan tak lagi berfungsi. Semoga saat pandemi usai nanti, semua bisa pulih lagi.



Jadi Gimana Rasanya Menginap di Aston Sentul Lake Resort & Convention Center?


Standar ASTON memang terpercaya, apalagi saya sudah pernah menginap sebelumnya di jaringan hotel yang termasuk grup Archipelago International ini. Terakhir menginap di Aston Madiun Hotel & Conference Center saat mudik ke Madiun tahun lalu.

Senangnya menginap di jaringan hotel ternama tuh kualitasnya sudah ada standarnya jadi kita sudah punya bayangan akan fasilitas dan layanannya. Maka, realita enggak bakal jauh dari harapan pastinya!

Meski memang saat pandemi semua layanan jadi disesuaikan, terkait protokol kesehatan juga anggaran pengeluaran. 

Well, menginap di Aston Sentul Lake Resort & Convention Center recommended, karena fasilitas, layanan juga lokasi yang pas buat menyegarkan badan dan pikiran. Lokasinya pun mudah diakses, di Jl. Pakuan No.3, Sentul, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat

Kemarin saat jam orang berangkat kerja dari kawasan Jakarta Barat tempat tinggal saya, sekitar 1 jam sudah sampai sana. Dari Bogor pun dekat ya, mungkin sekitar 30 menit saja.

Di sekitarnya, kalau pun kita enggak mau cuma rebahan ada destinasi wisata seperti Jungleland Adventure (4 km), Sentul Highlands Golf Club (9km) Taman Budaya, Kedai KM 02 Omah Omar, dan lainnya. 

Paduan udara segar dan pemandangan Gunung Pancar, Gunung Gede, Gunung Salak dan lanskap hijau sekitarnya yang menyejukkan mata, membuat Aston Sentul Lake Resort & Convention Center bisa jadi tempat pilihan untuk sejenak menepi dari hiruk pikuk Ibukota! 

Dua malam rehat, bisa pulas istirahat. Dan untuk sementara, obat tidur yang jadi sangu dan saya konsumsi jika perlu, minggir dulu!😀

Nah, bagaimana denganmu, apakah staycation juga jadi salah satu jalan ninjamu buat menyegarkan jiwa raga?

Apapun itu, semoga sehat selalu....!💖

Stay Happy & Healthy

signature-fonts

27 comments

  1. wah puas banget nih menginap di Aston Sentul Lake Resort and Convention Center selama 3 hari 2 malam ya mak? Ulalaaa... bisa refreshing sekalian. Meski gak jauh dari Jakarta tapi cukup menghibur banget buat liburan

    ReplyDelete
  2. Wah kok sama, aku kadang juga suka ngintili klo suami ada perjalanan dinas
    hehe
    lumayan bisa ikutan staycation sejenak
    btw iya mbak, hotel Aston emang bagus fasilitasnya
    aku pun jadi member Aston
    Cuma belum pernah nginep yg di Sentul

    ReplyDelete
  3. Letaknya masih dekat dengan fasilitas publik kan? Kalo Aston di Banjarmasin letaknya di jalam luar kota gitu. Jadi kalo staycation di situ ya harus berpuas diri di lingkungan sekitar hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya resort jadi memang menepi lokasinya, maka tersedia kegiatan dan layanan di dalam hotel, karena peruntukan untuk liburan dan tempat pertemuan

      Delete
  4. waah...ini makan gerobak rasa hotel bintang ya Mbak Dian..
    Satu sisi enaknya PJJ y Mbak.. bisa lebih leluasa pergi2 meski weekday ;)

    Kalau anak2 uda makin gede emang "ga muat" lagi kalau cuma 1 kamar ya hehehe. Meski mungkin bisa pakai extra bed, tetep aja sumpek. Ntar aku mesti gitu juga kalo dua anal lanang kami makin gede hehehe

    ReplyDelete
  5. Hiks jadi pengen deh kebayang Aston aja udah pasti oke apalagi di sentul. Pas banget buat staycation tipis2 sama keluarga ya mbak

    ReplyDelete
  6. Biasanya makanan di Aston suka enak-enak dan pilihannya banyak. Makanya saya suka deh kalau menginap di hotel Aston. Hotelnya pun udah pasti nyaman. Kawasan Sentul juga saya suka. Karena banyak yang bisa dikunjungi

    ReplyDelete
  7. Lokasinya emang Oke banget dengan pemandangan alam yang jadi penghilang penat. Selain itu aksesnya juga tak jauh dari Jakarta jadi ga capek untuk dijangkau

    ReplyDelete
  8. Iya saya juga kalau pesen kamar selalu cari yang family. Secara Abang sudah besar, walau Adek masih tidur ama kita. Lagian kan biar ga ke ganggu juga ya mba bobonya ama suami.. Hahaha..

    Kalau lihat dari fotonya kayaknya perlu dicoba nih. Secara ada playgroundnya. Pas nih buat Adek yang mau main2 ya. Dan pilih weekday asyik nih.. Biar pas berenang seperti di kolam renang pribadi.. Hahaha.

    ReplyDelete
  9. Iya nih mbak aku juga anak mulai besar gak bisa satu kamar lagi, kecuali familiy room. Nginap di Aston selalu suka aku, tapi belum pernah kalau di Aston Sentul Lake Resort.
    Asyik kalau di dekat hotel ada Minimart, kalau pas lapar atau mau ngemil tinggal melipir.
    Iya mbak buat aku staycation itu bisa kasih energi baru, karena merasakan beda suasana dengan rumah

    ReplyDelete
  10. Seru juga ya mbak, sambil menemani suami kerja dirimu dan anak-anak bisa staycation. Secara hotel dan resort ini memang cantik sih. Fasilitas lengkap, ruang ruang yang nyaman, nggak salah deh bawa anak-anak belajar di sini 😃

    ReplyDelete
  11. Duuh lihat pemandangan hotel jadi kangen buat staycation lagi. Sudah 2 tahun lebih nggak ngehotel bareng anak-anak.

    ReplyDelete
  12. Dari namanya aja udah kebayang pasti ini hotel dan fasilitasnya yahud banget. Staycation disini emang udah paling pas banget ya mbak. Nggak erlu keluar hotel, udah komplit fasilitasnya.. viewnya juga, uw keren banget

    ReplyDelete
  13. Keren juga Aston Sentul. Saya pernah ke Aston Banyuwangi. Dan baru nyadar gak ada satupun foto selfie saya disana arrghh

    ReplyDelete
  14. Asyiknya bisa staycation tipis-tipis. Fasilitas kamarnya oke ya. Terus di mana pandemi kaya sekarang, tempat makan hotel juga kudu masuk list. Menunya macam-macam gitu. Yang pasti kudu tetap prokes

    ReplyDelete
  15. makasih mba infonya kebetulan aku lagi nyari hotel buat staycation bulan depan ^^

    ReplyDelete
  16. Wah jd pengen nginep di Aston jg. Kalau anak dah gede2 udah sewa dua room yaaa hehehee
    Sering denger hotelnya ramah buat keluarga apalagi ini lkasi di Sentul viewnya oke yaa, apalagi sekitar area danau buatannya itu, anak2 pasti happy liat pemandangan di sana dan jalan ke playgroundnya.
    Btw kalau di resto misal bawa anak kecil dan msh sewa satu room aja kyk keluargaku, anaknya kena charge utk makan/ sarapan gk ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturan hotel (umumnya) untuk menginap anak di bawah 12 tahun free room gabung orang dewasa dan free sarapan. Kalau di atas 12, mesti nambah extra bed atau kena charge sarapannya. Anakku dah lebih 12 :)

      Delete
  17. Asik banget emang kalo ngikut suami kerja, dan kita nya liburan, hihihiii. Anak-anak mba Dian ternyata juga udah besar ya, udah remaja. Seru karena udah bisa diajakin ngobrol.
    Aku juga pernah staycation di ASton Madiun, memang bener ya kalo jaringan hotel ini fasilitasnya mantap. MEnu sarapan juga lengkap meski nggak mungkin kita cicipi semua.

    ReplyDelete
  18. Nyaman banget staycation di Aston Sentul Lake Resort ini Mba. Saya suka restorannya, lengkap banget pilihan menunya. Terus kamarnya juga luas kayanya. Kolam renang apalagi, anak saya paling betah kalau udah ketemu kolam renang saat staycation.

    ReplyDelete
  19. Hotel-hotel Aston mah emang keren, pelayanan juga bagus. Ini hotelnya amah anak ya, cocok emang buat staycation bareng keluarga.

    ReplyDelete
  20. Itu makanan banyak pilihan bikin bingung juga pengen makan apa. Aku kadang ujung2nya malah nyari makanan kampung, hahaha. Happy ya Mba bisa staycation bareng keluarga. Semoga selalu bahagia dan sehat

    ReplyDelete
  21. Kerennya kebangetan Aston Sentul Lake Resort & Convention Center.
    Punya danau buatan sendiri loo... mashaAllah~
    Adem dan nyaman banget menginap di Hotel Aston Sentul Lake Resort & Convention Center.

    ReplyDelete
  22. Cakep hotelnya. Fasilitas udah gak perlu diragukan lagi yak. Aku juga mupeng pengin staycation. Tapi anak-anakku gak mau. Katanya mending kemping. halah, itu mah capek (buat Emak). Anak kecil hobinya masih pecicilan jadi maunya dolan ngelayap. Kalau Emak, maunya bobok manjah di hotel saja gak perlu ketemu panci dkk.

    ReplyDelete
  23. Baca di FB teaser-nya aja sudah bisa membayangkan bagaimana bahagia di sana meskipun cuma beberapa hari.

    ReplyDelete
  24. PJJ itu memang bikin lebih leluasa beraktifitas ya, jadi bisa tetap liburan tanpa bolos sekolah hehehe. Wishlist juga nih nginep disini bareng anak-anak tapi belum kesampaian hehehe.

    ReplyDelete