Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Titik Pemasangan Kamera CCTV untuk Hunian

Temaaan, kamera CCTV menjadi perangkat keamanan yang begitu penting dimiliki setiap hunian, lebih-lebih bila tinggal di kota besar yang rawan dengan tindak kejahatan. Di era saat ini, keselamatan sudah menjadi sebuah masalah besar, sehingga kamu tidak bisa meninggalkan rumah serta seluruh anggota keluarga tanpa jaminan.

Nah, salah satu tindakan paling baik serta efektif yang harus dilakukan adalah pemasangan CCTV. Pemasangan CCTV di dalam rumah tentu saja memberikan keuntungan, seperti mencegah orang yang tidak diinginkan masuk ke dalam rumah.
 
Titik Pemasangan Kamera CCTV untuk Hunian
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-kamera-keamanan-peluru-abu-abu-430208/


Titik Pemasangan Kamera CCTV yang Bisa Diikuti


Well
, meskipun pemasangan CCTV menjadi hal yang penting, namun titik pemasangannya harus dipilih dengan baik. Percuma saja rasanya jika kamu memasang CCTV, sementara titik pemasangannya tidak diperhatikan, yekan?

Lebih-lebih sekarang ini terdapat kamera CCTV wireless sehingga kamu bisa memasang CCTV di mana saja tanpa perlu memusingkan masalah instalasi kabelnya. Nah, berikut berbagai titik pemasangan CCTV di rumah, antara lain:


1. Pintu depan rumah

Biasanya, tamu baik yang diundang maupun tamu yang tidak diundang akan memasuki rumahmu dari pintu depan. Oleh sebab itu, lakukan pemasangan CCTV di pintu depan. Kamu bisa meletakkannya di lantai dua kemudian memfokuskannya ke pintu depan.

Bila rumahmu hanya satu tingkat, kamu bisa melindungi CCTV dengan menggunakan rangka pelindung sehingga tidak mudah dirusak. Kamu dapat memilih kamera CCTV wireless sehingga bisa lebih mudah mengatur pemasangannya.

2. Pintu belakang

Kemudian, selain di depan rumah, kamu juga bisa memasang kamera CCTV di pintu belakang serta samping. Prinsipnya adalah melindungi setiap pintu masuk dengan CCTV. Tempatkan CCTV jauh dari jangkauan tangan manusia.

Kamu bisa menempatkan CCTV di tempat yang tinggi atau dengan menutupinya, sehingga ketika terjadi pembobolan atau upaya masuk secara paksa dari pintu bagian belakang, rekaman CCTV akan membantu.

3. Jendela di bagian belakang

Oia, apakah belakang rumahmu memiliki jendela? Jika di belakang rumahmu terdapat jendela, dibandingkan menempatkan kamera CCTV di jendela dan menghadap ke jalan, kamu lebih baik memasang CCTV di jendela belakang rumah.

Dengan langkah ini, CCTV berada di lokasi yang tidak mencolok, sehingga ketika seseorang melakukan hal yang tidak diinginkan, mereka tidak akan mengetahui lokasi pemasangan CCTV.

4. Pintu samping

Lalu, selain pintu belakang, rumah yang cukup luas biasanya juga memiliki pintu samping. Kamu bisa memasang kamera CCTV di pintu bagian samping. Untuk pintu samping, pastikan kamu memasang CCTV yang memiliki sensor penglihatan malam serta tahan cuaca.

Selain itu, kamera juga terdapat zoom optic agar nantinya ketika ada orang yang memaksa masuk, gambar bisa terekam dengan jelas.

5. Di atas tangga

Kemudian, bila hunianmu memiliki beberapa tingkat, kamu bisa memasang kamera CCTV wireless di atas tangga. Pasang di tempat yang membuat sebagian besar tingkat bawah akan terlihat. Sehingga, nantinya kamu akan memperoleh gambar rekaman dapur, aula, serta beberapa pintu masuk ke ruangan.

Bila rumahmu hanya memiliki satu lantai, kamu dapat memasang kamera CCTV di langit-langit ruang tamu, sehingga kamu bisa mengetahui siapa saja yang keluar dan masuk dari semua kamar, karena biasanya, ruang tamu akan terhubung ke seluruh bagian kamar.

6. Kamar anak

Selain itu, kamu bisa memasang kamera CCTV di kamar anak untuk mengawasinya selalu. Dengan pemasangan CCTV di kamar, kamu bisa memantau anak dari semua sisi rumah. Apalagi jika kamu meninggalkan anak bersama dengan baby sitter atau pembantu rumah tangga saja.

Dengan pemasangan CCTV, kamu bisa melihat seperti apa buah hatimu diperlakukan saat kamu tidak ada.

7. Halaman belakang serta pagar belakang

Nah, titik lain tempat pemasangan CCTV ialah halaman belakang serta gerbang belakang. Halaman belakang rumah juga harus dipasang CCTV. Kamu bisa memasang dengan lampu sorot serta sensor gerak.

Bila kamu memasang pagar di bagian halaman belakang, kamu juga bisa menempatkan CCTV dengan arah menyorot pagar halaman belakang. Namun, pastikan CCTV yang kamu pasang di halaman belakang adalah CCTV tersembunyi.

8. Garasi

Memiliki garasi di dalam rumah? CCTV juga harus kamu tempatkan di garasi. Garasi sering menjadi incaran pencuri karena di sana kendaraan ditempatkan. Kamera bisa meng-cover jalan untuk masuk ke bagian dalam garasi.

Titik pemasangan kamera cctv untuk hunian
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kamera-keamanan-perak-207574/

Pilihan Kamera CCTV Terbaik untuk Mendukung Kebutuhanmu


Nah, meskipun sudah mengetahui lokasi atau titik yang tepat untuk melakukan pemasangan CCTV, kamu masih harus memilih CCTV yang tepat dijadikan sebagai pilihan. Hikvision Seri ColorVu menjadi pilihan CCTV yang tepat dijadikan sebagai pilihan.

Ada berbagai keunggulan yang akan kamu dapatkan saat menggunakan Hikvision Seri ColorVu sebagai CCTV andalan di rumah, antara lain:

  • Dapat memberikan informasi warna yang sesungguhnya
Hikvision Seri ColorVu mampu memberikan informasi warna sesungguhnya, hal ini disebabkan karena adanya render warna yang akurat. Bahkan, untuk pemasangan di tempat dengan cahaya rendah, Hikvision Seri ColorVu bisa bekerja dengan maksimal.
  • Dapat menggambarkan detail dengan lebih banyak
Sebagai sebuah kamera unggulan, Hikvision Seri ColorVu mampu merekam secara jelas berbagai informasi warna serta detail dibandingkan dengan kamera yang masih memberikan warna hitam putih.
  • Memberikan pengalaman visual yang lebih baik
Hikvision Seri ColorVu memiliki kecerahan yang seimbang dengan aperture super F1.0 serta sensor lanjutan sehingga dapat menjamin perenderan dengan realistis.

Nah, gimana, dengan berbagai keunggulan kamera CCTV Hikvision Seri ColorVu, yakin dirimu masih ingin melirik kamera lainnya? Yuk, ganti CCTV usang yang kamu miliki dengan teknologi terbaru CCTV Hikvision Seri ColorVu!💝


Happy Sharing

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

7 komentar untuk "Titik Pemasangan Kamera CCTV untuk Hunian"

  1. Wah, CCTV Hiksvision Seri Colorvu merupakan solusi pengamanan rumah yang bisa diandalkan nih. Iya ya, jadi penempatan alatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi rumahnya seperti apa. Kemungkinan kalau aku sih akan meletakkan CCTV di sekitar pintu depan dan pagar, karena tidak ada pintu belakang.

    BalasHapus
  2. jadi gak bingung lagi deh nentukan posisi cctv kalau mau buat drumah nanti. nice share mba.

    BalasHapus
  3. Ternyata lumayan banyak juga titik yang perlu dipasang cctv yah. Apalagi kalau banyak barang berharga hehe. Lumayan nambah insight baru nih!

    BalasHapus
  4. Pemasangan CCtV untuk meningkatkan performa keamanan di dalam rumah agar kita mengetahui kondisi sekitar

    BalasHapus
  5. Nah ini memang info yang sangat bermanfaat Mbak, karena sering kan kita lihat juga kejadian kejahatan di sebuah rumah dimana ada moment si pelaku tidak tertangkap kamera cctv.

    BalasHapus
  6. Wahh aku jadi dapet pencerahan bagaimana memaksimalkan jangkauan cctv di rumah lewat penempatan yg vital di titik2 tertentu. Tq artikelnya kak

    BalasHapus
  7. Saya pasang di sudut teras menghadap ke pagar. Terbantu banget, sebab pernah anak saya yg spesial tiba-tiba keluar pagar. Qadarullah saya lagi ngelirik ke CCTV, ketahuan si abang arahnya ke mana. Ya Allah, kalo diingat2 itu kejadiannya horor.

    BalasHapus