Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Ajaib Rilis Fitur Baru Margin Trading, Apa Itu?

Bestieees, seorang sahabat saya tjurhat. Ia tuh saat ini sudah jadi investor di pasar modal, paham trading dan cuan. Tapi karena mau memaksimalkan peluang investasi, ia butuh modal lebih gede dari dana yang dia punya.

You know, kalau modal terbatas kan beli sahamnya enggak bisa bebas? Pasalnya, memang beli saham itu enggak hanya sekadar selembar dua lembar, tapi dalam satuan lot di mana satu lot sama dengan 100 lembar. Sedangkan, harga saham dihitung per lembar. Karenanya, modal yang dibutuhkan untuk main saham bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah besarnya!

Terus kalau modalnya terbatas gimana? Seperti curhatan sahabat saya tadi, apa bisa dapat modal lebih tinggi dari dana yang sebenarnya dimiliki?

Well, gini ya, Guys...! 

Ada sih solusi buat dirimu yang memiliki nyali besar dalam berinvestasi tapi terbentur pada ketersediaan dana. Fasilitas Margin Trading bisa jadi jawaban bagi kamu yang ingin memperbesar peluang keuntungan dengan modal lebih besar meskipun terbatas dana di tangan!

Yup, Margin Trading, yaitu fasilitas pinjaman yang diberikan oleh perusahaan sekuritas kepada nasabah pemilik rekening efek di perusahaan sekuritas tersebut. Membuat 
investor atau trader jadi punya kapasitas bertransaksi saham melebihi dari modal yang dimiliki di Rekening Dana Nasabah (RDN) mereka.

Tapiiii, teteup ya, sebaiknya fasilitas ini dimanfaatkan oleh investor yang sudah berpengalaman di pasar modal, karena selain potensi untung, juga ada risiko yang harus ditanggung. Jadi, pertimbangkan secara matang apakah dirimu akan membeli saham dalam jumlah lebih besar menggunakan tambahan dana atau pakai modal yang ada saja.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuks kita ulik dulu apa sih Margin Trading itu!


cara daftar margin trading Ajaib


Tentang Margin Trading


First of all, kenali margin trading lewat ilustrasi berikut ini, you're all!

Ceritanya, saya ingin membeli 10.000 saham ABCDE seharga Rp 1.000/lembar. Artinya transaksi itu memerlukan dana sebesar Rp 10 juta. Sayangnya, dana yang saya punya di RDN saya besarnya hanya Rp 5 juta. Nah, dengan Margin Trading yang disediakan oleh sekuritas, saya dapat meminjam Rp 5 juta sebagai tambahan dananya!

So, Margin Trading bakal atasi situasi saat saya kesal ketika muncul sinyal teknikal yang meyakinkan tapi tidak punya dana yang bisa digunakan. Saat niat membeli saham sungguh membara, tapi sudah tidak punya persediaan modal dalam RDN saya, yang membuat diri hanya bisa gigit jari dalam situasi seperti ini!

Meskiiii, pinjaman ini tidaklah cuma-cuma ya. Karena saya harus membayar kembali pinjamannya -plus bunga- nanti ketika jatuh temponya tiba, baik dari injeksi modal tambahan ke RDN pada hari bursa berikutnya, atau dari keuntungan trading saham yang saya dapatkan.

Itu kalau untung ya, lha kalau enggak gimana?

Nah, jika sampai jatuh tempo, trading-nya belum profit, maka saya perlu menambahkan modal ke dalam RDN guna melunasi pinjaman itu. Dan jika saya gagal membayar kembali pinjaman dan bunga fasilitas Margin Trading tadi sampai dengan saat jatuh temponya, maka sekuritas secara otomatis melikuidasi saham dalam portofolio saya untuk melunasinya, atau disebut juga forced sell  atau jual paksa.

Enggak hanya itu, yang juga perlu kamu tahu, tidak semua sekuritas menyediakan fasilitas Margin Trading. Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya memberikan izin Margin Trading bagi sekuritas yang memenuhi kriteria saja. 

Tapi, meski sekuritas sudah menyediakan fitur Margin Trading, dirimu tetap tak bisa menggunakannya jika belum mengajukan permohonan khusus pada pihak sekuritas dan mesti patuhi ketentuan-ketentuan sebelum memulai transaksi menggunakan Margin Trading ini. 

Juga perlu dipahami bahwa tidak semua saham dapat diperjual-belikan dengan Margin Trading, melainkan hanya saham-saham terpilih yang sesuai dengan persyaratan bursa, di mana otoritas BEI akan menerbitkan Daftar Efek Margin yang diperbarui setiap bulannya.

Kemudian, karena bunga dalam Margin Trading ini dihitung per hari, sebaiknya gunakan hanya untuk beli saham yang prospeknya bagus ya. Sehingga potensi cuan dalam masa yang enggak lama. Karena makin cepat pinjaman dilunasi, makin sedikit bunga yang harus dibayar nanti. 

Oia, dirimu bisa memanfaatkannya tanpa perlu bayar bunga lho, jika mampu cuan dalam sehari, misalnya, dengan beli saham pagi, jual sore hari.

Tak lupa, perhatikan dengan baik tanggal jatuh tempo, aturan pelunasan, serta aturan forced sell yang berlaku ketika kamu melaksanakan transaksi menggunakan Margin Trading agar dapat memaksimalkan peluang investasi!

Margin Trading adalah

Aplikasi Ajaib adalah

Tips Menggunakan Margin Trading


Nah, sebelum menggunakan fasilitas Margin Trading, yuk pelajari juga istilah-istilah umum di dalamnya! Di antaranya:

Margin Limit: batas maksimum dana pinjaman yang dapat dipergunakan oleh nasabah untuk membeli saham setiap harinya. Dalam rekening Margin Trading, Margin Limit dapat bernilai beberapa kali lebih besar daripada dana yang tersedia dalam RDN berkat tambahan dana pinjaman dari perusahaan sekuritas.

Jaminan: merupakan sejumlah aset yang dimiliki oleh Investor dan akan dipergunakan sebagai jaminan agar investor dapat menggunakan fasilitas Margin Trading. Jaminan minimum untuk dapat menggunakan fasilitas Margin Trading adalah senilai Rp 200 juta yang merupakan total nilai saham margin dan dana RDN.

Margin Ratio: rasio nilai pembiayaan dibagi dengan nilai jaminan yang terdapat pada akun Margin Trading, setelah dikurangi haircut. Margin Ratio ini berfungsi untuk mengukur tingkat risiko saat menggunakan Margin Trading. Semakin banyak fasilitas Margin Trading yang digunakan untuk membeli saham, maka akan semakin tinggi Margin Ratio.

Suspend Buy: situasi ketika investor tidak dapat membeli saham lagi karena Margin Limit sudah tercapai dan/atau Margin Ratio melebihi batas yang ditentukan.

Margin Call: ketika investor memiliki Margin Ratio yang melebihi batas yang ditentukan, Sekuritas akan mengingatkan melalui email, telepon, atau notifikasi di aplikasi. Margin Call dapat terjadi apabila harga saham yang menjadi jaminan mengalami penurunan nilai atau apabila transaksi margin yang Investor lakukan telah melebihi total jaminan.

Forced Sell: mekanisme jual paksa yang akan dilaksanakan oleh Sekuritas atas saham margin yang dimiliki Investor, jika Investor tidak mampu menyelesaikan kewajibannya kepada sekuritas terkait fasilitas Margin Trading hingga masa jatuh tempo.

Gimana? Semoga makin paham yaa....

So, Guys, Margin Trading dapat menghasilkan keuntungan lebih besar jika dimanfaatkan dengan benar, tetapi juga bisa merugikan jika kita tidak memahami aturan mainnya! Karenanya, Margin Trading ini lebih cocok digunakan oleh investor atau trader yang sudah berpengalaman.

Tak heran Margin Trading menjadi bahasan populer di kalangan trader, dan enggak menutup kemungkinan bagi kamu trader pemula untuk memahami lalu mencoba fitur ini. Baik trader pemula maupun trader berpengalaman sama-sama berpeluang memperoleh keuntungan lebih besar, asalkan mampu memanfaatkannya dengan benar. 

Yang pasti, kunci utama untuk sukses cuan dengan fasilitas ini adalah pemahaman atas aturan Margin Trading itu sendiri serta pemilihan saham yang tepat! 

Menarik sekaligus menantang ya? 

Nah, terkait Margin Trading, Ajaib Sekuritas telah menyediakan fasilitas Margin Trading dengan inovasi pemrosesan yang 100% online. Membuat investor tak perlu ribet mengajukan permohonan ke kantor sekuritas lagi, dengan kemudahan proses dan juga suku bunga yang kompetitif, sehingga fitur transaksi margin ini diharapkan bisa semakin meningkatkan antusiasme untuk bertransaksi!

Margin Trading Ajaib

Tentang Margin Trading Ajaib


Well, berdiri sejak 2018, Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia). 

Sebagai unicorn teknologi finansial (fintech) pertama di Indonesia, Ajaib digerakkan oleh visi untuk mengembangkannya sebagai perusahaan investasi dengan sarana Mobile dan Online Trading yang terbaik di Asia Tenggara dan diminati oleh para investor saham ritel dari kalangan milenial.

Bahkan pada Oktober 2021 lalu, Ajaib Group telah menjadi unicorn ke-7 di Indonesia setelah menggalang dana Seri B senilai US$153 juta dari DST Global atau setara Rp2,2 triliun (kurs Rp14.200). 

Hal ini juga menjadikan Ajaib sebagai fintech unicorn investasi pertama di Asia Tenggara. Sebuah pencapaian yang diperoleh Ajaib dalam dua setengah tahun pertama dan menjadikan Ajaib sebagai startup tercepat yang meraih status unicorn dalam sejarah Asia Tenggara.

Nah, sebagai salah satu bentuk komitmen Ajaib untuk memajukan pasar modal Indonesia dan memberikan kemudahan untuk para investor ritel Indonesia dalam bertransaksi, Ajaib merilis fitur Margin Trading Ajaib untuk pertama kali dan akan dibuka ke pengguna sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.

Inovasi ini membawa Ajaib, yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan,
sebagai platform investasi pertama yang menawarkan fitur transaksi margin yang prosesnya dilakukan 100% secara online dengan bunga yang ditawarkan juga sangat rendah, yakni sebesar 14% atau dihitung 0,038% per hari (ini merupakan bunga Margin paling murah di Indonesia).


Tentuuu, ada Syarat dan Ketentuan berlaku terkait Margin Trading Ajaib ini, yakni:

Margin Trading hanya tersedia di Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1V dan berlaku hanya untuk Investor yang sudah berhasil membuka akun Margin Trading Ajaib. 

Nah, untuk membuka akun Margin Trading, Investor harus memiliki aset yang bernilai setidaknya Rp 200 juta, yang terdiri dari kepemilikan Saldo RDN, saham marjin, atau kombinasi keduanya.

Kemudian, Margin Trading hanya dapat digunakan untuk transaksi saham-saham (beli maupun jual) yang masuk ke dalam Daftar Saham Marjin Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan Daftar Saham Marjin yang dapat dilihat di laman https://www.idx.co.id/data-pasar/data-saham/saham-marjin/ yang diperbarui oleh BEI setiap hari pertama di bulan berjalan.

Oia, proses pembukaan akun Margin Trading Ajaib memakan waktu 1-3 hari kerja bursa yaaa. dengan Promo 0% Biaya Broker yang hanya berlaku untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun Margin Trading. Sedangkan untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun reguler akan dikenakan biaya normal dengan besaran seperti tercantum di laman https://ajaib.co.id/biaya/

Promo 0% Biaya Broker dan Bunga berlaku sampai dengan 1 Juni 2022, ya Guys!! Dan perlu diingat, selama periode promo 0% Biaya Broker dan Bunga, Investor tetap akan dikenakan biaya transaksi dari pihak bursa (levy) dan pajak (PPN/PPh).

Kemudian, mulai 2 Juni 2022, transaksi saham (beli maupun jual) di akun Margin Trading akan dikenakan biaya normal dengan besaran seperti tercantum di laman https://ajaib.co.id/biaya/. 

Sementara, mulai 2 Juni 2022, Bunga 0.039% per hari atau 14% per tahun juga akan mulai dibebankan T+2 setelah investor melakukan pembelian saham dengan fasilitas pembiayaan Margin Trading, dengan bunga dihitung sesuai dengan nilai pinjaman investor.

Sedangkan, Buying Power Margin hingga 2x dari jaminan dapat diajukan 1 bulan setelah investor berhasil membuka akun Margin Trading di mana permintaan dapat diajukan ke Relationship Manager Investor masing-masing.

Lalu, terkait Limit Margin atau nilai maksimal pembiayaan transaksi saham yang dapat diberikan Ajaib untuk akun Margin Trading Investor, Ajaib memiliki kewenangan penuh dalam menentukan Limit Margin masing-masing investor sesuai dengan aktivitas transaksi beberapa bulan terakhir dan profil risiko investor.

Untuk jaminan berupa saham, Ajaib akan menghitung Limit Margin berdasarkan haircut masing-masing saham, di mana Haircut ini adalah selisih dari nilai pasar dan nilai yang dapat diakui sebagai jaminan, biasanya dalam bentuk persentase. Dan, Ajaib memiliki kewenangan penuh dalam menentukan haircut masing-masing saham dengan tetap merujuk pada petunjuk PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Oia, dalam hal sewaktu-waktu Ajaib menyampaikan permohonan pengkinian data kepada Investor, maka dengan ini Investor setuju untuk melakukan pengkinian data beserta dokumen pendukung yang dipermohonkan oleh Ajaib. 

Juga, dalam hal Ajaib menemukan adanya indikasi penyalahgunaan ataupun kecurangan yang dapat merugikan Ajaib ataupun pihak-pihak lainnya, Ajaib mempunyai hak untuk menolak ataupun mendiskualifikasikan keikutsertaan Investor dalam kegiatan ini maupun kegiatan lain yang Ajaib lakukan di kemudian hari tanpa perlu memberikan pemberitahuan terlebih dahulu ataupun penjelasan lebih lanjut kepada Investor.

Ajaib juga dapat meninjau dan mengubah syarat dan ketentuan ini atas kebijakan Ajaib sendiri dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa syarat dan ketentuan ini sesuai dengan perkembangan di masa depan dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan, yang dapat dilihat melalui website resmi Ajaib. Dan, Investor setuju bahwa Investor bertanggung jawab untuk meninjau syarat dan ketentuan ini secara teratur untuk mengetahui perubahan terbaru pada syarat dan ketentuan ini. 

Berikutnya, Investor diharapkan agar memahami mekanisme, syarat dan ketentuan dalam bertransaksi margin sebelum memutuskan untuk mengajukan fasilitas margin trading. Dan Ajaib dapat melakukan suspend dan/atau penutupan rekening Investor apabila ditemukan adanya termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran atas peraturan perundang-undangan atau hal lain yang dianggap perlu oleh Ajaib.

Dan dengan menyetujui syarat dan ketentuan tersebut, Investor membebaskan Ajaib dan afiliasinya dari segala tuntutan, gugatan, dan akibat hukum lainnya atas transaksi margin yang dilakukan.

Well, Guys, semoga info seputar Margin Trading Ajaib ini bermanfaat, yes!

Ingat, sebaiknya dirimu berinvestasi sesuai profil risiko pribadi dan pastikan pelajari dulu sebelum menggunakan Margin Trading ini. 

Nah, jika tertarik dengan Margin Trading, dirimu bisa Daftar Margin Trading Ajaib yaaa! See Ya!💖



Happy Sharing

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

92 komentar untuk "Aplikasi Ajaib Rilis Fitur Baru Margin Trading, Apa Itu?"

  1. Wah ini mainannya jual beli saham euy
    Investasi yang kudu serius dijalanin dan bener-bener dipertimbangan dengan matang saat akan mengeksekusi beli maupun jual
    Adanya margin trading membantu kita untuk dapat tambahan modal ya
    Tapi ya memang tetap bijak menggunakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Karena itu kita harus bener memahami dan mengerti sepenuhnya dengan Margin Trading ini ya ...

      Hapus
    2. Betul, lebih baik untuk yang berpengalaman

      Hapus
  2. ow, brrti margin trading ini kalo dibahasakan itu kayak simbiosis mutualisme gitu ya mb? nanti sama-sama diuntungkan utk kita atau pihak ajaibnya sendiri,

    BalasHapus
  3. Setelah baca artikel ini saya semakin paham betul istilah-istilah yang sering digunakan dalam trading, yah gini-gini kita juga perlu tahu sih meskipun belum berani untuk ikutan trading, hehe.

    BalasHapus
  4. Dari kemarin emang lagi penasaran sih ama Ajaib, sampe sekarang masih mempelajarinya. Dari kemaren mencoba memahami. Tulisannya lumayan memberikan pencerahan dan kejelasan euy! mantaaaap jiwa

    BalasHapus
  5. Baru tau kalo di ajaib ini ada fitur yang ngebantu banget seperti margin trading tapi tetep ya mbak harus belajar analisa teknikal dan fundamental dulu sebelum memutuskan make margin trading

    BalasHapus
  6. Waduuww modalnya kudu di 200 juta dulu ya mba sebelum bisa ikutan margin trading ini? Yang sudah berpengalaman dan punya dana banyak di RDNnya nih yang bisa memanfaatkan margin trading dari Ajaib ini. Perlu belajar banyak nih seputar teknis jual beli saham, masih awam banget soalnya.

    BalasHapus
  7. Margin Trading Ajaib solusi banget bagi para ahli analisis saham tapi modalnya belum cukup banyak ya kak.. Jujur aku baru tahu di Ajaib ada Margin Tradingnya hehe.. Terima kasih informasinya ^^

    BalasHapus
  8. Buat yang belum berpengalaman seperti saya sebaiknya jangan dulu mencoba meminjam ya hehehe
    Mendalami dulu trading nya aja belum kesampaian nih. Terimakasih informasinya 🙏🏻

    BalasHapus
  9. Waaah saya masih awam sekali masalah saham saham ini.. dan kayaknya kalau belajar ini harus siapkan nyali biar nggak jantungan ya.. tapi bahsannya cukup banyak, jadi tertarik utnuk mempelajarinya

    BalasHapus
  10. Saya sampai saat ini masih belum begitu paham sama cara kerja investasi saham ini, masih harus belajar banyak, dan ternyata ada juga margin trading seperti ini.. Makin menarik saja dunia saham ini..

    BalasHapus
  11. Dari yang aku baca, fitur margin trading ini bisa membuat untung juga buntung. Sepertinya fitur tersebut tidak direkomendasikan untuk yang masih awam dengan dunia trading seperti saya.

    BalasHapus
  12. Margin trading di ajaib ini sudah pasti aman ya kan kak Dian. Gak kayak kasus yang lagi in sekarang. Bi**mo itu ya kan. Jadinya masayarakat harus melek juga soal trading. Jangan sampai mudah ikut-ikutan sementara belum jelas kemana arahnya.

    BalasHapus
  13. Wah, aku blank banget nih soal trading begini. Tapinya seru kayaknya. Hehehe. Kepengen deh bisa belajar dan investasi trading juga. Btw, sekarang ada margin trading begini ya, jadinya yang trading gak kepentok modal yang dia punya. Tapi tentu ya, dalam menggunakannya kudu bijak juga.

    BalasHapus
  14. Aplikasi ajaib ini emang enak bangett, aku suka banget kalau soal urusan investasi karena sering banget dapet notifikasi terkait naik turunnya harga saham.. Jadi bisa antisipasi kalau misal ada penurunan atau kenaikannya setiap hari. Wah apalagi ada fitur baru seperti trader gini, pasti membantu banget

    BalasHapus
  15. AJAIB memang senang sekali memberikan inovasi tertentu yang bikin nasabahnya betah. Jadi ingat pertama kali buka akun di sana

    BalasHapus
  16. Ajaib ini sekuritas saham pertama yang aku cobain, dan sampe sekarang masih invest via Ajaib. User friendly, ada referral pula bisa buat ngeracunin temen buat invest juga pas presentasi di kampus wkwk

    BalasHapus
  17. Kalau saya masih awam banget nih sama saham-saham ini jadi sebatas pengen tau aja ndak berani ikutan. Setelah baca ini jadi sedikit mengerti tentang trading. Ulasannya juga cukup banyak dan detail ya. Terima kasih yaa sharingnya

    BalasHapus
  18. OOO gitu ya mba Dian.
    Walopun harga saham itu hitungnya per lembar, tapi belinya bisa dikata per paket gitu ya..
    Udah ditentuin sekian ratus lembar misalnya.
    Tak pikir, karena harganya per lembar, bisa beli 2 lembar aja
    hihihi aku jadi malu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga menambah wawasannya ya Kak

      Hapus
    2. kalau istilah orang awam nggak beli eceran, tapi belinya grosir atau partai besar gitu ya mbak

      Hapus
  19. Lengkap banget dan banyak istilah yang baru saya tau dari per-trading-an gini mba Dian.
    .
    Teknologi memang memudahkan sekali ya, terutama bagi keluasan akses dan bisnis.
    .
    Betul-betul aplikasi ajaib deh ini dengan fitur yang bermanfaat dan mudah diakses siapapun dan dimanapun

    BalasHapus
  20. Wah aku baru tahu KLO Ajaib ini bisa buat trading juga
    Margin Trading Ajaib jadi pilihan buat yg mw cobain main trading ya mbak

    BalasHapus
  21. Tetap ya mbak, mesti baca semua persyaratan dengan detail dan digunakan dengan bijak pinjaman dalam bentuk margin trading ini. Jangan sampai asal pinjam aja buat beli saham tanpa memperhitungkan apakah kira-kira prospek saham yang dibeli ini bagus sehingga bisa mengembalikan pinjaman sebelum jatuh tempo. Jangan sampai deh kejadian forced sell.

    BalasHapus
  22. Margin trading ini menguntungkan buat yang sudah ahli ya. Kalau pemula jangan coba-coba ya. Dah pinjam. Eh ternyata rugi. Yang ada saham kita diambil paksa buat bayar pinjaman ya.

    BalasHapus
  23. Batu tau justru istilah Margin Trading, fasilitas pinjaman yg diberikan perusahaan sekuritas kepada nasabahnya ya... Kalau bicara ttg trading gini hrs banget baca dg seksama..

    Biarpun diberi kemudahan kuncinya hanya satu bijaksana dlm mengola

    BalasHapus
  24. Margin trading ajaib akan mengenalkan kemudahan sesuai review diatas

    BalasHapus
  25. menggoda untuk dicoba tapi kembali terbentur dana menjadi kendala utama dan ketakutan jika mengalami kerugian bisa membuat kehilangan segalanya membuatku berhenti mencoba...tapi aku tau itu salah juga ...hanya orang yang berani mencoba yang akan melihat cemerlangnya dunia

    BalasHapus
  26. Maak, pendaftaran untuk margin trading sendiri mudah kan, ya? Lumayan bangett kalau bisa dapat pinjaman, kan. Buat nambah2 invest di sana.

    BalasHapus
  27. Sebenarnya dengan memahami cara kerja trading, maka berinvestasi menggunakan Margin Trading yang begini bisa diikuti. Kudu perlahan-lahan memhami dan mencoba.

    BalasHapus
  28. Semacam robo nya ajaib ya tapi lebih keliatan soalnya marginnya lumayan, jadi resiko jg kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebaiknya yang berpengalaman jadi sudah paham

      Hapus
  29. saya masih awam banget nih masalah saham. sepertinya harus banyak belajar agar bisa paham, kali aja nanti bisa ikutan "main saham" juga seperti orang-orang

    BalasHapus
  30. wah baru tahu unicorn teknologi finansial (fintech) pertama di Indonesia adalah Ajaib

    Gak heran lengkap banget

    jadi pingin install juga dan coba invest

    BalasHapus
  31. Ajaib, saya baru tahu tentang ini, apalagi ada margin trading yang bisa membantu kita di awal saat kekurangan modal. keren

    BalasHapus
  32. Dapat lagi nih ilmu tentang saham.Jujurly,aku belum pernah terlibat di bidang ini.Sepupuku pernah tetapi karena salah perhitungan merugi puluhan juta rupiah. Jadi Margin Trading memberikan pinjaman modal ya? Boleh juga kesempatan ini dipakai ya untuk mereka yang pandai bermain saham

    BalasHapus
  33. Untuk bisa ikutan Margin Trading memang perlu pemahaman lebih mantap, biar gak salah mengerti.
    Kan kalau udah paham malah feedback-nya positif nanti yang didapatkan

    BalasHapus
  34. Trading memang butuh proses pembelajaran ya Mbak. Harus dipastikan juga perlindungannya. Juga harus siap mental untuk kalah dan menang. Penuh perhitungan dan strategi jitu meski dalam beberapa kesempatan bisa menarik keuntungan. Suami saya kebetulan juga seorang trader, pemain saham. Selain intuisi, menurut suami, diperlukan orang yang memiliki kemampuan matematika yang mumpuni. Keseimbangan diantaranya akan sangat membantu memahami "permainan" trading yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  35. Wah, butuh modal banyak ya buat main trading. Itulah kenapa sebelum join trading memang harus banget belajar teorinya ya. Jangan asal nyemplung, tau tau kalah kan bikin ngenes juga. Intinya harus mempelajari risikonya..

    BalasHapus
  36. Dengan manfaat yang ditawarkan melalui fasilitas margin trading ini, kini keterbatasan modal bukan lagi penghambat dan bisa jadi solusi.
    Tapi tetap baiknya hal ini dilakukan bagi yg memahami peta investasi dan sudah berpengalaman mengingat resiko yg bisa terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia mba, resikonya ini yang harus diketahui dengan lebih terperinci. Untuk yang pemula harus banyak belajar dulu nih.

      Hapus
  37. Kalau belum pernah terjun memang bawaannya ragu dan was was, tapi jika sudah paham betul sistemnya dan sudah mulai terjun di trading hasilnya nggak main-main ternyata.

    BalasHapus
  38. wah keren banget si ini sampai bisa meraih startup tercepat yang meraih status unicorn di Asia Tenggara. Jadi penasaran dengan aplikasinya

    BalasHapus
  39. Hoo ini memang cocoknya buat trader kakap gitu ya. Kalau yang pakai analisa fundamental kayak aku gini kayaknya nggak dulu deh. Tapi kalau ngerti dan ngulik banget tentang trading saham, margin trading ini emang bakal nolong banget.

    BalasHapus
  40. Ini memudahkan para investor baru sih udah di hitungin dan dipaketin ya mba, aku belum coba sih ini tapi menarik, mana mas iqbal kan jadi brand ambassadornya huhuhu salfok aku

    BalasHapus
  41. Dapat wawasan baru tentang margin trading ya, baru tahu ada fitur seperti ini membantu para trader untuk menambah dana, memang tidak sembarangan trader ya bisa pakai ini karena resikonya gede..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada risiko besar, sebaiknya untuk yang sudah berpengalaman

      Hapus
  42. Baru tahu mengei margin. Tetapi, kalau pemula jangan deh ya, Mba. Takut sama resikonya. Kecuali mang sudah paham tentang saham.

    BalasHapus
  43. Wuihh Mb Dian keren eii, paham banget istilah saham dan trading.Insight baru bagi saya yang gagap saham ini.
    Btw meski ada margin trading, jaminannya mayan besar juga,ya mbak?
    Akhirnya bener Mb Dian lagi, berinvestasi memang boleh tapi tetap harus disesuaikan dengan profil risiko pribadi.

    NIce sharing,mbak.

    BalasHapus
  44. Aku udah sempet liat beberapa temen deket ngrekomendasiin Ajaib dan Mbak Prita juga ikut merekomendasikan aplikasi ini. Saya rasa kalo udah ngerti gimana cara analisis pasarnya, ikut berinvestasi saham nggak ada salahnya untuk dicoba. Pokoknya jangan asal ikut-ikutan aja.

    BalasHapus
  45. Selamat ya, aplikasi fintech Ajaib meluncurkan Margin Trading ini yaa, pastinya para pihak merasa tenang karena Ajaib terdaftar dan diawasi oleh OJK. Pekerjaan zaman now yang menantang emang jual beli saham dan reksadana pasar uang ya, bener2 cuan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak Fitur terbaru Ajaib nih, Margin Trading

      Hapus