Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerdas Berinvestasi di InvestasiKu

 "Jangan terobsesi dengan hasil instan, semua orang bisa jadi investor tapi belum tentu jadi investor yang bijak. Ingat 3 P: Punyai, Pahami, Pantau! Punyai rekening di pasar modal tapi yang aman dan sudah berizin OJK, Pahami risiko dan peluangnya, Pantau aset baik itu kesehatan perusahaan maupun pengelolaan asetnya. Gitu, biar eggak kena yang tipu-tipu!"

Saya dengan meyakinkan menjelaskan panjang lebar ke suami.

Mendengar ini, ekspresinya pun keheranan, be like, "Istriku ini, macam tahu kali soal investasi!"

Dan, sebelum itu terlontar, buruan saya sambar, "Akutuu sering stalking akun IG-nya InvestasiKu, makanya tahu. Juga, karena punya aplikasinya, jadi suka baca artikel terkait investasi ini di fitur Eduvest-nya. Sedikit banyak ngerti soal investasi. Meski belum mulai invest juga sih ini hihi!"

"Oalah, panteslah, itu mah stalking berfaedah!"

"Iya, terus kapan hari aku ikutan juga Webinar bareng Komunitas Indonesian Social Blogpreuneur dan InvestasiKu, jadi deh tambah ilmu!"

"InvestasiKu yang punya CT Corp itu?"

"Iyaaa...produk dari Mega Capital Sekuritas. Sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia, yang bisa bantu kita raih kebebasan finansial
dan bikin rencana keuangan dalam satu genggaman tangan
! "

"Ya udah kita pelajari bareng nanti, biar lebih paham sebelum berinvestasi!"

Cerdas Berinvestasi di InvestasiKu



Ingin Pensiun Dini? Ya Investasi!


Jadi Guys ceritanya dari kapan hari suami saya memang ingin pensiun dini. Dia sekian lama sudah punya usaha meski masih jadi pemodalnya saja. Padahal ide usaha itu ada aja di pikirannya, terutama buat bekal pensiunnya. Nah, waktu ini tercetus idenya untuk menyiapkan rencana pensiun dini dengan berinvestasi.

Serius, awalnya saya enggak setuju samsek! Kepikiran aja ntar kalau asal pilih jenis investasinya bukannya untung malah buntung. Pasti kena perekonomian keluarga saya kan...

Itulah mengapa waktu tema yang sama jadi bahan pillow talk kami, saya punya modal untuk menyuarakan kegelisahan hati. Biar suami cari ilmu dulu, pahami, pelajari jadi terhindar dari yang tipu-tipu. Itulah mengapa saya rekomendasikan aplikasi InvestasiKu!

Memang sih sebelum berinvestasi kita mesti hati-hati, pasalnya modus operasi investasi bodong atau ilegal terus berkembang. Tak sedikit masyarakat yang akhirnya terjebak dan mengalami kerugian besar. 

Nah, saat browsing ke web-nya OJK saya nemu tips memilih investasi yang tepat dan aman, dengan:

  • Kenali profil investasi diri: konservatif, moderat, agresif
  • Pilih jenis produk sesuai kebutuhan: deposito, saham, obligasi, reksadana, emas, properti
  • Perhatikan aspek legalitasnya: memastikan kelegalan suatu perusahaan investasi dengan mengontak OJK melalui media sosial di @Kontak157, WhatsApp ke nomor 081 157 157 157, atau email ke alamat konsumen@ojk.go.id.
  • Pahami siapa regulatornya: dengan mengetahui regulatornya, kemungkinan kamu untuk terjebak dalam investasi bodong pun makin kecil.
  • Baca ketentuan yang berkaitan dengan produk: jangan mudah teriming-imingi dengan prosentase return yang besar
  • Cek ke pihak berwenang jika masih bingung: OJK: 1500-665 Kementerian Perdagangan: 021-3838-171 Badan Koordinasi Penanaman Modal: 021-5252-008 Kementerian Koperasi dan UKM: 021-520-436672 Kementerian Komunikasi dan Informasi: 021-3452-841


Yuk Cerdas Berinvestasi!


Nah, Minggu malam lalu, meski agak ngantuk saya menyimak Webinar "Cerdas Berinvestasi" yang dipandu oleh Teh Ani Berta, founder Komunitas ISB dan Mas David dari InvestasiKu

Dalam acara, ada penjelasan yang sungguh mencerahkan yang disampaikan Pak Firman dari InvestasiKu, yang bikin saya makin sadar kenapa harus berinvestasi. 

Yup, Pak Firman menganalogikan hidup yang macam naik roller coaster, kadang kita di bawah, kadang di atas, naik turun, suka duka, harus dilewati. Yang bikin mesti siapkan diri untuk memikul segala tanggung jawab dengan menabung, yang sayangnya seberapa besar tabungan itu tak mencukupi untuk kita nanti.

Ingat aja, mulai dari awal bekerja, terus berumah tangga, punya anak, nyicil rumah, beli itu ini, lanjut nyekolahin anak, ..eh tiba-tiba pensiun!

Dan nyatanya dari tahapan kehidupan ini, terbukti tabungan kita makin tua itu terpakainya makin besar hingga jika tak bersiap bisa tak ada lagi dana untuk masa pensiun nantinya!

Belum lagi adanya inflasi! 

Memang benar sih. Saya ingat tahun 2002, harga emas perhiasan 24 karat itu Rp 100.000/gram. Saat ini, tahun 2022 harga emas perhiasan di angka Rp 1.000.000/gramnya. Dua puluh tahun berlalu naik 10 kali lipat harganya!

Karenanya, pendapatan kita jangan sampai tergerus inflasi! 
Solusinya? Investasi dan Perencanaan Keuangan!

Tapiiii, jujurly, mau memutuskan investasi itu sulit, termasuk bagi saya dan suami yang terus aja maju mundur cantik! Dan ini dialami banyak orang, kata Pak Firman sih karena mereka bingung:
  • Bagaimana memilih investasi yang tepat
  • Bagaimana jika membutuhkan uang sebelum tanggal yang ditargetkan
  • Seberapa sering mesti memonitor investasi ini
  • Bagaimana cara memastikan risiko
  • Siapa yang memonitor tentang pergerakan investasinya
  • Bagaimana dengan pajaknya

Nah, happy-nya, di kesempatan yang sama dipaparkan juga, kita bisa pilih investasi apa yang cocok: Deposito, Obligasi (ORI, SUKRI, Obligasi Perusahaan, dll), Saham, Reksa Dana .

Oia, enggak cuma investasi kita juga harus bikin perencanaan keuangan yaa, biar gajian enggak sama kayak mantan, yang cuma nyapa habis itu lewat doang, kwkwkw!

Misalnya nih, ada perencanaan masa pensiun, untuk menyiapkan besaran dana yang dibutuhkan untuk membiayai hidup kamu setiap bulan. Juga perencanaan dana pendidikan, buat siapin dana pendidikan buah hati saat ini hingga perguruan tinggi sekian tahun lagi.

Itulah mengapa saya dan dirimu semua mesti berinvestasi sekarang juga. 

Aplikasi InvestasiKu CT Corp

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow!

Mengapa Berinvestasi di InvestasiKu?


Well, Investasiku sebagai aplikasi finansial super, hadir siap bantu kita semua mencapai tujuan finansial dengan produk unggulan: Saham, Raksadana, Obligasi dan rencana! 

Apalagi banyak keunggulan yang dimiliki aplikasi ini, yakni:

1. Satu aplikasi beragam pilihan produk investasi: nikmati kemudahan untuk investasi saham, reksa dana, obligasi, dan membuat rencana keuangan dalam satu genggaman tanganmu!

  • Saham: beli saham favorit kamu di InvestasiKu. Ikuti juga live IG kami setiap hari jam 08:30 yang membahas seputar trading idea. Invest di saham pilihan, miliki bisnisnya
  • Obligasi: beli obligasi yang dikeluarkan baik oleh Pemerintah Republik Indonesia maupun institusi swasta terkemuka dengan rating terbaik hanya di InvestasiKu
  • Reksa Dana: beli reksa dana terbaik dengan tingkat imbal hasil yang menarik dari manajer investasi terpercaya, hanya di InvestasiKu

2. Terhubung dengan ekosistem CT Corpora: InvestasiKu terhubung dengan seluruh aplikasi dalam group perusahaan CT Corpora. Nikmati pengalaman berinvestasi dengan beragam keunggulannya:

  • Membership: "Single key to unlock CT-Corp ecosystem"
  • Point: setiap transaksi di InvestasiKu akan mendapatkan poin yang bisa digunakan di seluruh merchant CT-Corpora
  • Coupon: tukarkan setiap kupon yang kamu miliki dari aplikasi InvestasiKu di seluruh merchant CT-Corpora
3. Nikmati biaya beli saham yang lebih rendah: dapatkan hasil investasi saham lebih banyak, seiring dengan biaya InvestasiKu yang lebih rendah

4. Fitur-fitur menarik yang akan menunjang dan menjadi nilai tambah dalam berinvestasi, seperti: 
  • Fitur Eduvest atau layanan investasi dari sosial media secara interaktif dari InvestasiKu
  • Fitur Trading Ideas atau informasi seputar saham yang dikirimkan setiap harinya lewat aplikasi setiap pukul 8.30 WIB.

5. User friendly: user interfacenya menarik, simple dan edukatif, mudah dipahami pemula seperti saya

6. Buka rekening mudah hanya dengan 1 hari kerja, step-stepnya juga gampang dilakukan

7. Membership Akademi InvestasiKu: pilih paket kamu dan dapatkan akses ke semua akademi online, watchlist, news, dan report dari InvestasiKu. Misalnya bisa:
  • Belajar lewat video di Akademi InvestasiKu, mengenai segala hal tentang investasi lewat video pembelajaran yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun. 
  • Trading Bareng: Bersama Kawan Visto, bergabung di event trading bareng bersama seluruh member akademi InvestasiKu biar kamu makin jago dalam menganalisa dan langsung praktek di market live.


#YukInvestasiKu For Better Tomorrow!

#YukInvestasiKu For Better Tomorrow!


So, yuks download aplikasi InvestasiKu di Android atau iOS dan nikmati kemudahan berinvestasi saham, reksa dana, obligasi, dan rencana keuangan sekarang juga! Sementara, saya dan suami juga lagi diskusi nih, syukurnya InvestasiKu lengkap infonya!💙


Salam 

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

83 komentar untuk "Cerdas Berinvestasi di InvestasiKu"

  1. Saya pun juga masih maju mundur cantik urusan investasi ini mbak, meski sering dikomporin oleh senior-senior di kantor untuk mulai investasi saham.

    Emang mesti hati-hati ya, harus belajar dulu mengenali instrumen investasi yang bakal di pilih. belajarnya bisa di InvestasiKu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, mesti dipelajari dan pahami dulu sebelum berinvestasi

      Hapus
  2. Aku juga masih bingung mba soal investasi..takut salah.. terus malah ilang..dulu pernah salah langkah soalnya, kerjasama sama tmn.. investasi semacam rental motor..tapi endingnya bubar. Dana ilang.

    Makasih pencerahannya. Sepertinya hrus banyak belajar lagi,di InvestasiKu

    BalasHapus
  3. memang harus berhati2 ketika berinvestasi dan jangan ngarepin hasil yang serba instant yah. Jusrtru kalo ada tawaran investasi yang muluk2 malah jadi curiga yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terlalu instan dan berlebihan malah mesti curiga

      Hapus
  4. Belakangan ini agak waswas juga kalo mau invest ya mba
    kudu makin cermat dan cerdas memilih platform dan instrumen invest yg tepat dan legit.
    Ga boleh serampangan apalagi greedy yak

    BalasHapus
  5. Selama ini aku investasi baru dalam bentuk tabungan/ deposito saja. Belum pernah coba saham, obligasi atau reksadana. Tetapi dengan aplikasi investasiku ada jawaban untuk hal yang tidak aku mengerti ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, aku juga baru belajar lebih dalam ini

      Hapus
  6. Kalau mau inves itu kudu cari yang terpercaya ya. Jadi tahu jalurnya dan gak ke mana-mana apalagi yang penipuan kaya . Nanti coba lihat InvestasiKu juga deh. Barang kali cocok

    BalasHapus
  7. Kenali profil regulator itu wajib jadi tahu siapa yang memegang keputusan di perusahaan tersebut. CT Corpora udah punya nama positif ya, mba Dian. Track record nya udah jaminan banget untuk investasi.

    Aku tergolong konservatif tapi juga tertarik dengan Reksadana. Cuma masih memilih yang resikonya kecil, gak apa imbal hasilnya juga kecil. Dan setelah baca cerita mba Dian, jadi tertarik pengen cek aplikasi Investasiku.

    BalasHapus
  8. Harus nyari yang benar terpercaya dan terdaftar OJK yah biar aman dan damai investasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull, tempat berinvestasi yang aman bisa mengurangi beban pikiran kita sehingga nggak perlu was-was saat berinvestasi!

      Hapus
  9. Ngeri ya mbak, lagi marak investasi bodong karena banyak yang pengen instant hasilnya. Memang kalau mau investasi ini kudu banyakin info dulu. Terus kalau mau invest juga ke platform yang terpercaya dan di bawah pengawasan OJK. InvestasiKu boleh nih dicoba mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyakin info dulu biar ga terjebak investasi halu

      Hapus
  10. Betul nih kita ini harus cerdas dalam memilih instrumen investasi. Apalagi sekarang sedang marak investasi yang hasilnya sangat menggiurkan eh ternyata ujungnya itu investasi bodong. Jangan sampai seperti itu ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hati-hati, awas investasi bodong marak ada

      Hapus
  11. Makin banyak yang berinvestasi sekarang tuh, cuma bener banget cara memilih investasi seperti poin2 di atas, jangan sampe salah pilih.
    Cucok banget kalo Investasiku sebagai aplikasi finansial yang wow karena kehadirannya siap membantu kita semua mencapai tujuan finansial.
    Tinggal disesuaikan saja dengan produk unggulannya ada saham, raksadana, obligasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sesuaikan dengan profil risiko kita yang mana cocoknya

      Hapus
  12. Apalagi semenjak pandemi ini, orang mulai banyak berinvestasi karena kemudahan yang diberikan. Tapi harus pintar memilih ya mak, jangan sampai karena tergiur keuntungan yang besar lalu mencoba cara instan.

    BalasHapus
  13. Pandemi menjadikan dunia IT berkembang pesat, mulai dari belanja dapur, kesehatan sampai investasi.

    Masyarakat semakin di mudahkan saat ini, tapi harus waspada pastikan investasi aman terjamin yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makin dimudahkan cara berinvesatsi meski begitu waspada tetap perlu

      Hapus
  14. Waah aku baru tau loh Mbak Dian ada aplikasi investasiku. Lumayan ya jadi tau berapa kebutuhan uang kita saat pensiun kalau ada hitung-hitungannya. Tapi kalau untuk investasi saya ini model konservatif . Jadi ya beraninya deposito atau emas saja. Kalaupun pengin mencoba beraninya juga Reksadana Pasar Uang saja.

    BalasHapus
  15. Bener banget mbak, investasi ga bisa asal. Harus benar-benar dipelajari dulu dan paham kita tipe investor yang seperti apa

    BalasHapus
  16. Investasi menjadi langkah bijak di zaman masa kini untuk bisa menabung uang dengan cara yang cerdas.
    Kini, gak perlu bingung lagi dalam memilih instrumen investasi, tinggal instal aplikasi Investasiku. Semua lengkap dari mulai penjelasan hingga praktek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar ada penjelasan lengkap dari teori hingga praktiknya

      Hapus
  17. Jadi kita bisa pilih paket yang sesuai dan dapatkan akses ke semua akademi online, watchlist, news, dan report dari InvestasiKu ya kak.

    BalasHapus
  18. Kalau mau investasi yang penting harus paham dulu platform nya sudah berijin atau belum ya. Dan harus sadar bahwa namanya investasi pasti ada untung dan rugi kan.

    BalasHapus
  19. Iya mbak hasil yang instan itu gak bikin bahagia jangka panjang yaa, sama dengan ketika kita mau berinvestasi harus tahu seluk beluknya dulu dan tentu saja berproses ya. jadi memang perlu hati-hati dalam berinvestasi. makasih rekomendasi aplikasi investasiku, coba nanti aku lihat-lihat ya, soalnya aku juga masih buta soal investasi mbak

    BalasHapus
  20. Memang banyak yang sedang membicarakan InvestasiKu
    Saya sudah download dan mulai praktikka ilmu presentasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak saya juga sedang belajar nih terkait investasi

      Hapus
  21. Akadmi investasiku sangat menarik untuk dicoba. Jujur aja aku tuh masih buta dan meraba-raba kalau soal investasi.Pernah baca artikel, kalau kayak aku ini bagusnya invest di RDPU karena lebih aman. Tapi kalau mau agak cepet memang RDPS tapi risiko agak gede. Jadi perlu belajar banget sebelum terjun memilih produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, belajar dulu lewat aneka info di sosmed dan aplikasinya ada nih...bagus-bagus

      Hapus
  22. Harus banget ya kita semua berinvestasi. Bahkan sedini mungkin. Pandemi yang saat ini terjadi, menyadarkan kita akan pentingnya investasi ini. Dan InvestasiKu bisa jadi pilihan yang tepat itu. Mudah dan praktis. Aku juga lagi belajar nih. Semoga cepet paham dan cocok.

    BalasHapus
  23. Aku super hati-hati soal investasi ini, karena paham benar sama produknya ya mba. Pernah sih tertarik sebuah invest, tapi akhirnya mundur setelah aku merasa agak rumit.
    Makasih sharenya mba, sekalian buat belajar lagi soal investasi

    BalasHapus
  24. Investasi di InvestasiKu aplikasi nya emang user friendly. Saya aja yg gaptek pelan pelan ikuti arahan akhirnya bisa juga hehehe

    BalasHapus
  25. Masa muda memang tidak selamanya. Hanya beberapa masa saja. Saat itu harus dipersiapkan segala sesuatunya untuk hari tua kelak. Di InvestasiKu kita bisa mengatur simpanan kita. Caranya mudah dan banyak untungnya... Buruan yuk... tunggu apalagi, mumpung masih muda...

    BalasHapus
  26. Saat ada uang lebih aku berinvestasi dengan menabung / deposito.Untuk investasi seperti saham,obligasi belum pernah. Karena gak ngerti caranya.Di Investasiku mungkin diajarin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada silakan dibaca-baca ada juga video menariknya

      Hapus
  27. setuju banget

    hari gini tanpa investasi, atau mengelola uang dengan persentase yang lebih besar dibanding inflasi

    bakal kesusahan deh di hari tua atau saat membutuhkan uang untuk biaya anak anak

    BalasHapus
  28. Punyai, Pahami, Pantau. Tumus 3P nya ini nggak boleh sampai kendor ya mbak kalau mau berinvestasi. Terutama bagian Pahami nih, penting banget. Biar nggak gampang kena hasud iming-iming return tinggi dalam waktu singkat

    BalasHapus
  29. Kesalahan yang banyak dilakukan orang saat mau berinvestasi selama ini adalah hanya melihat bahwa investasi menguntungkan, padahal selain capital gain bisa juga ada capital loss. Namanya usaha selalu ada untuk ruginya, tapi semua bisa dihindari dengan memahami tekniknya, dan bisa mengikuti edukasi dari sekuritas melalui aplikasinya seperti InvestasKU

    BalasHapus
  30. Investasi sejak dini emang penting ya sebagai bekal hari tua. Biar gak nyesel ya perlu coba belajar investasi dikit2, biar melek literasi keuangan. Ladang untuk belajar investasi bisa mencoba di InvestasiKu, karena ada reksa dana juga yang menarik buat dicoba.

    BalasHapus
  31. Halo Mba Dian, trimakasih sharing investasinya. Saya termasuk yg kurang paham sama model investasi lewat platform gini, tp alhamdulillah kini jadi tambah cerdas. Mau ngulik2 lgsung investasiku jd nya :)

    BalasHapus
  32. Investasi membutuhkan pengetahuan dan pengalaman agar berjalan sesuai harapan. InvestasiKu pilihan tepat sekarang san akan datang.

    BalasHapus
  33. wah platform baru nih buat investasi. Pastinya tentukan tujuan keuangan dulu nih sebelum memilih tools investasi.

    BalasHapus
  34. Nyesel deh baru tahu soal investasi di usia 31 tahun gini. Eh pernah ikut seminar pasar modal sih sebenarnya di tahun 2016 lalu, sempat buka RDN juga, tapi belum diapa-apakan. Hahaha. Malah baru ngeh soal investasi ya pas masa pandemi ini. Ya ampun, telatnya diriku~

    BalasHapus
  35. sampai saat ini saya belum berani investasi di saham dan kawan-kawannya itu karena belum benar-benar ngerti "cara mainnya". Untuk saat ini, saya baru beli emas dan deposito aja

    BalasHapus
  36. Inflasi yang gak bisa terelakkan menjadikan kitanya kudu cerdas dalam kelola keuangan buat masa depan.
    Dan berinvestasi bisa jadi salah satu langkah bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, langkah untuk atasi inflasi adalah investasi

      Hapus
  37. Anak muda jaman now sepertinya banyak yg ingin instan ya mbak. Namun kembali lagi, semua butuh proses. Investasi pun juga harus lihat dan pahami dulu mana yang benar-benar resmi dan diawasi OJK.

    BalasHapus
  38. Aku baru mempelajari aplikasi InvestasiKu nih, di sini bisa investasi sesuai pilihan ya, ada beragam seperti saham. Aman juga karena dibawah pengawasan OJK

    BalasHapus
  39. Selama ini mikirnya investasi itu susah, ribet, dan ada resiko uang menghilang selamanya
    ternyata dengan InvestasiKU yang segamblang ini jadi mudah memahami

    BalasHapus
  40. Kami berencana menghabiskan hari tua tanpa mendompleng pada anak. Malahan saat tua nanti masih ada satu anak yang masih perlu dijaga. Tapi selisih si sulung dengan si bungsu hampir 15 tahun dan jadi kesayangan, jadi sedikit melegakan.

    BalasHapus
  41. Investasiku ini produk baru ya mbak Dian? Menarik lihat program investasinya bisa jadi alternatif ya untuk mempunyai dana simpanan di masa depan melalui Investasiku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa jadi alternatif untuk investasi masa depan

      Hapus