Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Atasi Susah Tidur Saat Hamil

"Susah tidur saat hamil, Tante! Sering banget terbangun di malam hari, terus mata susah bener terpejam lagi!"

Demikian curhatan keponakan saya via WA, ketika saya tanya gimana kabar kehamilan pertamanya.

Jadi teringat, saya tiga kali hamil mengalami hal yang serupa. Sebenarnya sih ngantuk, tapi ya gitu, terbangun sebelum waktunya, jadi berasa kurang tidurnya. Dan, ini terjadi sejak trimester pertama! 

Hingga karena seringnya terbangun tiba-tiba dan tidurnya enggak pulas, bangun malah jadi lemas. Akhirnya moody deh sepanjang hari! Hiks!

Memang sih, katanya normal-normal aja gangguan tidur terjadi saat hamil ini, pasalnya tubuh mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Bahkan menurut  American Pregnancy Association, insomnia alias gangguan tidur saat hamil merupakan kondisi yang normal dan memengaruhi 78 persen wanita hamil. 

Tapiiii, tetap dong bumil membutuhkan istirahat yang cukup demi kesehatan diri juga janinnya. Jadi, sebenarnya apa saja sih penyebab susah tidur saat hamil ini? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Atasi Susah Tidur Saat Hamil

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil


Well, sebagian besar penyebab susah tidur saat hamil tidak berbahaya dan masalah ini bisa hilang sendiri setelah melahirkan nanti. Tapi, ibu hamil juga perlu waspada, karena jika sering susah tidur atau ketika keluhan ini membuat  kelelahan dan sulit beraktivitas, juga bahaya.

Yes,  istirahat cukup merupakan salah satu hal yang penting untuk ibu hamil. Selain bantu membuat tubuh rileks, istirahat juga menunjang tumbuh kembang janin. Karenanya, ibu hamil perlu memahami apa saja pemicu sulit tidur dan mencari cara untuk mengatasinya. Dengan begitu, kebutuhan istirahat ibu bisa terpenuhi.

Nah, Bumils, faktor-faktor penyebab susah tidur saat hamil ini, di antaranya:

1. Peningkatan kadar hormon progesteron yang membuat ibu hamil - terutama di trimester awal - mengalami kelelahan di siang hari dan kesulitan tidur pada malam harinya

2. Peningkatan detak jantung, sebab jantung memompa lebih banyak darah yang diperlukan untuk mengirim suplai nutrisi ke rahim, di mana nantinya suplai ini didistribusikan ke seluruh tubuh untuk menunjang kehamilan yang sehat.

3. Mual dan muntah yang biasanya akan berakhir pada usia kehamilan 14 minggu, yang bisa datang mengganggu kapan saja, bisa pagi, sore, atau justru di tengah malam

4. Kecemasan yang berlebihan, dari mulai memikirkan minyak goreng yang hilang di pasaran, perubahan bentuk badan, hingga membayangkan proses persalinan 

5. Lebih sering buang air kecil sebab kapasitas kandung kemih biasanya akan menyusut seiring dengan perkembangan rahim yang terus membesar

6. Restless leg syndrome: kaki refleks terus bergerak, tak bisa diam, gelisah yang diyakini merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan zat besi

7. Kondisi perut yang terus membesar saat hamil bisa membuat posisi tidur tidak nyaman

8. Keringat berlebih akibat sistem tubuh ibu bekerja lebih aktif saat hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin, efeknya ibu jadi lebih mudah merasa gerah.

9. Nyeri punggung yang umum terjadi karena saat memposisikan tubuh berbaring bumil seringkali jadi tak nyaman.

10. Gerakan bayi yang aktif di dalam rahim mulai dari menendang hingga memutar bisa membuat ibu terbangun dari tidur sehingga menyebabkan insomnia.


namtal-hamil-mothercare
sumber: https://www.mothercare.co.id/modern-parent/maternity-pillow

Cara Atasi Susah Tidur Saat Hamil


Well Bumils..., susah tidur saat hamil ini bisa diatasi. Prinsipnya, kita enggak boleh membiarkan tubuh tetap terjaga meski sudah lelah, juga perlu mencari penyebab mengapa tidurnya susah.

Jika keluhan tidur ini dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik, tidak hanya menyebabkan kelelahan, tapi juga bisa membuat ibu hamil lebih berisiko mengalami komplikasi, seperti preeklampsia dan hipertensi.

Enggak hanya itu saja, ibu hamil berisiko tinggi untuk mengalami diabetes gestasional, melahirkan secara caesar, melahirkan bayi prematur, atau depresi pascapersalinan.

Duh, jangan sampai yang ngeri-ngeri terjadi! So, yuks kita atasi masalah sulit tidur ini!


1. Lakukan Teknik Relaksasi

Bumils, coba lakukan relaksasi menjelang waktu tidur, supaya pikiran dan otot tubuh menjadi rileks. Salah satunya, atur pernapasan, tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan secara perlahan lewat mulut. 

Oia, yoga atau stretching sebentar sebelum tidur pun bisa juga dilakukan. Atau bisa juga minta suami memberikan pijatan ringan agar tubuh terasa nyaman.

Selain itu, ibu hamil bisa menenangkan diri, salah satunya dengan cara mandi air hangat sebelum tidur. Membasuh tubuh dengan air hangat dan menggunakan sabun yang menenangkan bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga bisa memulai tidur dengan nyaman. 

Juga, untuk mendukung terciptanya suasana rileks,  buat suasana kamar tidur nyaman agar bumil dapat tertidur lelap dan tidak mudah terbangun tiba-tiba. Redupkan lampu kamar, matikan TV, jauhkan diri dari gadget serta pasang wangi aromaterapi.


2. Perhatikan Nutrisi

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa membantu tidur lebih nyenyak. Konsumsi susu hangat sebelum tidur, sebab susu mengandung asam amino tryptopan yang bisa meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sehingga dapat membuat bumil lebih cepat tidur.

Atau makanan tinggi karbohidrat dan protein, seperti telur, roti gandum, biskuit, dan kacang-kacangan.  Hindari mengonsumsi kopi, teh, atau minuman berenergi yang mengandung kafein sebelum tidur.

Kemudian, meminum air sesedikit mungkin dalam satu atau dua jam sebelum tidur juga penting untuk membatasi intensitas buang air kecil di pertengahan tidur. Selain itu untuk menghindari timbulnya rasa mual, muntah dan mulas, cobalah untuk tidak makan dalam waktu dua jam sebelum tidur,  dan hindari konsumsi makanan pedas.


3. Atur Pola Tidur

Terapkan waktu tidur yang teratur setiap harinya. Jika malamnya ibu hamil kurang tidur, sebaiknya sempatkan waktu untuk tidur siang sebentar. Yang penting adalah kebutuhan tidur ibu terpenuhi, sehingga stamina ibu dapat tetap terjaga dan tubuh pun menjadi segar kembali. 

Tapi ingat, tidur siang sebaiknya hanya 1-2 jam saja. Jika terlalu lama, maka ibu malah jadi sulit tidur di malam harinya.


4. Rutin Berolahraga

Sebaiknya ibu hamil tetap aktif bergerak sehingga tak hanya keluhan susah tidur saja yang bisa tertangani, keluhan lain saat hamil seperti sakit punggung, sembelit, dan mudah lelah, juga bisa reda.

Tapi aktivitas ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan tetap konsultasikan kepada dokter, apa saja yang boleh dilakukan dan tidak, termasuk pilihan olahraga yang aman.


5.  Manfaatkan Bantal Hamil

Bumil bisa mencoba berbagai posisi tidur saat hamil dan menggunakan bantuan bantal tidur khusus untuk ibu hamil untuk menambah kenyamanan. Selain bisa menyangga tubuh saat posisi bersandar, bumil juga bisa memanfaatkan bantal ini untuk menahan bagian perut dengan menempatkannya di antara kaki ketika tidur dalam posisi miring. Dengan begitu, tidur saat hamil (tua) akan terasa lebih nyaman.

Menggunakan bantal yang lebih tinggi dan mengubah posisi tidur miring ke kiri bisa juga mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah rasa perih di dada saat bumil tidur. Sementara untuk mengatasi nyeri punggung, ibu bisa tidur dengan posisi menyamping dengan menempatkan bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan dari perutnya.

bantal hamil
sumber: https://www.mothercare.co.id/modern-parent/maternity-pillow

Tentang Bantal Hamil


Terkait bantal hamil nih.....Siapa yang saat hamil menganggap ini adalah salah satu perlengkapan yang tidak terlalu penting dibandingkan dengan perlengkapan kehamilan lainnya? Saya!

Padahal ya bantal hamil sebenarnya dapat membuat masa kehamilan menjadi jauh lebih lancar jaya!

Karena, enggak seperti bantal biasa, bantal hamil dapat menyesuaikan bentuk tubuh sehingga membuat ibu hamil semakin nyenyak saat tidur di posisi miring dengan tanpa membebani perut dan punggungnya. Bantal hamil juga dapat digunakan setelah melahirkan, misalnya untuk membantu menopang tubuh ibu selama masa pemulihan atau saat menyusui. 

Karenanya, meski dari segi harga tergolong cukup mahal, bantal hamil dapat digunakan dalam jangka panjang.

Nah bantal hamil yang memang dikhususkan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan ibu hamil saat tidur ini memiliki dua tipe, yakni:

  • Bantal Hamil Full-length

Memiliki ukuran yang besar sehingga dapat menopang seluruh bagian tubuh ibu hamil yang biasanya terasa nyeri selama masa kehamilan, yakni: kepala, leher, punggung, pinggul dan perut. 
Bantal ini berbentuk bermacam-macam, ada yang seperti huruf U, S,...., yang dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh ibu.

  • Bantal Hamil Wedge 

Berukuran lebih kecil dengan harga relatif lebih terjangkau yang  dirancang khusus untuk mengurangi ketidaknyamanan pada bagian tubuh tertentu, biasanya antara perut atau punggung ibu. Karenanya, bantal ini sangat cocok untuk bumil yang suka tidur berpelukan dengan suami tercinta.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Bantal Hamil yang Tepat?


Beraneka jenis dan merk bantal hamil ada di pasaran, bikin bumil kebingungan memilih bantal hamil yang cocok untuk kebutuhan dan kenyamanan. 

Nah, pertimbangkan hal-hal di bawah ini ketika sedang mencari bantal hamil ya, Bumils!

Bahan
Pilih bahan dan tekstur sesuai dengan tingkat kenyamanan

Ukuran
Bantal hamil berukuran mulai dari sekecil bantal biasa hingga sebesar tubuh ibu. Karena itu, ukuran bantal perlu menjadi pertimbangan terutama jika ukuran tempat tidur bumil tidak terlalu besar.

Bentuk 
Bentuk bantal hamil beraneka yang dikhususkan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan ibu pada bagian tubuh tertentu. Belilah bentuk bantal hamil yang sesuai dengan kebutuhan.

Lengkapi dengan sarung bantalnya
Jangan lupa untuk membeli sarung bantal yang dapat dilepas dan dicuci untuk mencegah bantal kotor akibat keringat dan debu yang terkumpul saat tidur, sehingga bantal hamil awet dan tahan lama.


Cara atasi susah tidur saat hamil
sumber: https://www.mothercare.co.id/modern-parent/maternity-pillow

Bantal Hamil Mothercare Solusi Atasi Susah Tidur Saat Hamil


Karena tingkat kenyamanan tidur menurun semenjak hamil, maka perlu solusi atasi susah tidur saat hamil ini. Perut bumil yang semakin membesar, rasa enggak enak di perut, punggung yang sakit, kaki kram, sering buang air kecil, ditambah makin besar debay nendang-nendang perut aja kerjanya, membuat tidur nyenyak adalah hal yang mustahil didapat selama masa kehamilan! Padahal, tidur yang cukup sangat diperlukan agar tidak mengganggu kesehatan ibu dan janin. 

Nah, salah satu perlengkapan yang dapat mengembalikan kualitas tidur bumil adalah maternity pillow alias bantal hamil. 

Adalah bantal hamil Mothercare yang bisa jadi pilihan mengingat brand ini telah tepercaya dengan komitmennya untuk menjadi spesialis ibu dan bayi terkemuka di dunia. Yang mana produk-produknya dirancang untuk memenuhi kebutuhan calon ibu, bayi dan anak hingga usia tujuh tahun dari harga terjangkau hingga pilihan premium; termasuk kebutuhan persalinan; kebutuhan rumah dan traveling; dan mainan untuk bayi. 

Yes, susah tidur yang dialami keponakan saya dan ibu hamil lainnya bisa dicoba diatasi dengan cara-cara tadi. Oia, ingat selalu ya Buuu, waktu tidur berkualitas sangat berguna untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Jadi, sebaiknya setiap gangguan tidur harus segera diatasi! 

Nah, bantal hamil Mothercare bisa membantu ibu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi!💖


Stay Happy & Healthy

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

46 komentar untuk "Tips Atasi Susah Tidur Saat Hamil"

  1. Wah jadi inget waktu masa kehamilan dulu aku juga sering banget susah tidur dan sering ngomel sama suami di sebelah yang tidurnya nyenyak banget hehehe

    Wah, kayaknya ibu hamil bakal makin nyenyak tidurnya kalo pake bantal hamil dari Mothercare nih

    BalasHapus
  2. Waaah, sekarang udah ada solusi buat bumil ketika kesulitan tidur. Ada bantal hamil Mothercare nih tipe full length dan wedge. Bahan, ukuran dan bentuk bantalnya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kayaknya zaman dulu aku hamil belum ada yah hihihi atau udah, tapi akunya aja yang ga ngeh wkwkwk. Iya deh, serba salah ya posisi kita saat hamil dulu. Berbaring ke arah kanan susah, ke kiri bingung, rebahan juga lelah, punggung juga kadang nyeri.

    BalasHapus
  3. menyenangkan banget ada bantal untuk menyanggah bumil di kala hamil yang bisa bikin tidur nyaman

    BalasHapus
  4. Keinget waktu hamil dulu suka kebangun bangun alias tidur tidak nyenyak ketika hamil.
    Dulu belum booming bantal hamil kayaknya nyaman ya maak pake bantal hamil.
    Seiring dengan perkembangan jaman ada aja produk baru yang unik unik ya.

    BalasHapus
  5. Coba ya saat aku hamil Rachel sudah ada bantal dari Mothercare, saat itu aku mengalami yang susah tidur.Ini adalah kali pertama kehamilan.Aku alami disaat usia kehamilan 8 bulan, mana bawaannya gerah terus

    BalasHapus
  6. Pas hamil besar kalo di rumah aku cuma pake sarung hahaha. Jadi pas tidur juga jadi lega begitu. Bener banget nih, keringat jd berlebih, berasa kepanasan gitu.

    BalasHapus
  7. Dulu pas hamil kayaknya aku nggak tahu ada bantal hamil, mba. Padahal ngebantu banget. Aku paling ingat tuh hamil gede, punggungku sakit bangetttt. Jadi kalau tidur harus diganjal bantal biasa atau dipijat suami

    BalasHapus
  8. Jaman dulu waktu hamil, 20 tahun yang lalu belom ada bantal bumil, haduduuu berasa banget gelisahnya, ampe bingung mau tidur gimana, udah guling kanan, kiri, pengen tengkurep yang akhirnya tidur banyak keganggu.
    Jaman now beruntung banyak yang menunjang ketika hamil.

    BalasHapus
  9. Merasakan banget yang namanya susah tidur pas hamil besar. Miring susah, telantang juga. Jadinya gak nyenyak. Jadi emosi ke suami, hahahah.

    Nutrisi yang cukup emang pengaruh banget sih buat ibu hamil biar bisa tidur. Terus kalau perlu pakai bantal tidur, biar nyenyak, kesehatan juga bisa terjaga.

    Apalagi sekarang ada bantal tidur Mothercare untuk ibu hamil, biar tidurnya pules.

    BalasHapus
  10. Saya tuh tiap hamil, pasti kalau malem kaki kaya enggak nyaman gitu, ternyata kurang zat besi ya...

    BalasHapus
  11. Meski tidak sedang hamil tapi bantal hamil itu masih selalu saya pakai juga lho. Emang nyaman banget buat nyandar, ganjal kaki saat pegal bahkan alas duduk kalau lagi pengen.
    Bantal hamil emang banyak manfaatnya ya ternyata

    BalasHapus
  12. dulu belum kenal perbantalan begini masih pakai guling aja buat ganjal wkwkwk, makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  13. Betul banget mbak, banyak manfaat dari bantal hamil khususnya. Aku dulu susah tidur pas hamil, tapi pas pake bantal buat posisi tidur yang nyaman, jadinya bisa tidur..

    BalasHapus
  14. Ah iya, jadi ingat pas hamil dulu
    Susah tidur, apalagi saat perut semakin membesar
    Emang perlu ya mbak bantal hamil seperti ini
    Biar bumil lebih optimal istirahatnya

    BalasHapus
  15. Sulit tidur biasanya pas usia kandungan udah besar, posisi gini gitu ga nyaman, tidur jd ga nyenyak. Sekarang ada bantal khusus ya , bumil jadi bisa tidur dengan berkualitas

    BalasHapus
  16. Aku lihat adikku sewaktu hamil kasian banget, susah tidur mana kaki bengkak. Luar biasa perjuangan soerang ibu makanya support system diperlukan banget ya. Sayangnya aku baru tau ada bantal hamil sekarang, kan bisa beliin adikku saat hamil ya.

    BalasHapus
  17. Yang gak lagi hamil kalo susah tidur aja rasanya gak nyaman banget..apalagi kalau hamil ya..Pakai bantal khusus yang support buat ibu hamil sangat membantu nih..biar istirahatnya bisa maksimal..

    BalasHapus
  18. Jadi inget dulu pas hamil memang bikin gak nyaman tidur apalagi kalau usia kandungan makin besar, ada bantal hamil mothercare asik ya, bisa jadi kado istimewa untuk bumil

    BalasHapus
  19. menurut teman-teman yang lagi hamil dan pakai bantal hamil ini, memang kehadirannya bisa banget membantu saat perut lagi ngga nyaman loh. Emang enak, cm ukurannya gede banget ya.

    BalasHapus
  20. Jadi inget dulu pas hamil memang bikin gak nyaman tidur apalagi kalau usia kandungan makin besar, ada bantal hamil mothercare asik ya, bisa jadi kado istimewa untuk bumil

    BalasHapus
  21. Baca ini tuh keingat waktu susahnya mau bobok saat hamil, tapi gak kapok juga sampai anak ke 4, sekarang kalo liat ada bumil, jadi pengen promil, hahaha

    BalasHapus
  22. Ya Allah...iya banget.
    Dan produk dari mothercare ini uda pasti juara banget nyamannya. Anakku dulu nyaman banget kalau pakai Mothercare.

    Tapi pas hamilnya, mashaAllah~
    Susah tidur tuh aku pikir semacam latihan sebelum begadang beneran. Ternyata jauh banget doonk...bedanya antara begadang hamil dan saat anaknya sudah lahir.

    Tapi apapun itu, bersyukur banget karena ada produk terbaik bantal hamil dari Mothercare.

    BalasHapus
  23. jadi ingat 4 tahun lalu, aku juga merasakan banget susah tidur saat hamil karena perutnya besar plus ke toilet terus bahkan untuk bangun aja sulit krn kehailanku gede bgt mba..pake bantal itu emang enak ya sayangnya aku ga kefikiran coba

    BalasHapus
  24. pengalaman banget hamil 2,5 bulan aja udah susah tidur miring dan aku jadi susah tidur hiks... sekarang kalau hamil enak ada bantal khusus ya, keponakanku hamil kembar dan beli bantalnya.

    BalasHapus
  25. Jadi keinget waktu hamil. Bukan susah tidur sih tp kayak dini hari tuh laper karna T1 tiap pagi mual muntah dan gak bisa makan nasi magic ckm, tiap lewat selalu bau dan mual.

    Gak ada support sistem untuk mengatur pola makan ku dan cukup menyesal aja.

    Kalau mau hamil lagi, bismillah aja dipermudah segalanya apalagi tentang asupan dan proses melahirkan, itu aja udah bersyukur banget karna ibu hamil banyak rintangan tantangan.

    BalasHapus
  26. Dulu sebelum hamil aku udah ketakutan bakal susah tidur, soalnya aku tipe orang yg harus selalu cukup tidur, kalau kurang tidur pasti ada aja masalah lain yg timbul hihi, apalagi karna au working mom kan, ga bisa tidur semaunya sendiri.

    Pas hamil Puji Tuhan bgt ga pernah mengalami susak tidur, paling satu atau dua kali pas lagi kurang fit atau gmn aja, sisanya tidur pules, tapi aku juga rajin minum susu, rajin olah raga, jam tidur juga teratur, karna itu juga kali jadi ga pernah mengalami masalah tidur hihi

    BalasHapus
  27. Pokoknya hanya sesama wanita hamil yang pernah merasakan bagaimana susahnya membawa janin di dalam perut dengan segala aktivitas keseharian.
    Adanya bantal hamil jelas banyak membantu sekali. Setidaknya posisi kandungan lebih terasa nyaman saat kita duduk, berbaring atau tidur sekalipun

    BalasHapus
  28. Iya, KLO hamil kadang susah tidur
    Untungnya sekarang ada bantal hamil ini ya mbak
    Lebih membantu para bumil untuk tidur nyenyak

    BalasHapus
  29. Kalau sekarang susah tidur karena tambun Mbak, bukan karena hamil lagi. Tapi terimakasih tipsnya, yang bantal itu memang nyaman, apalagi kalau ada yang dipeluk seperti bantal hamil itu.

    BalasHapus
  30. Jadi inget masa-masa hamil dulu dan hamil keempat paling-paling berat...

    BalasHapus
  31. Dua kali hamil, ngerasain susah tidur ketika masuk trimester akhir. Susah atu posisi khas bumil mau lahiran. Cuman yang agak mengganggu lebih di part hiperemesis di sepanjang kehamilan anak kedua, karena hiperemesis berlangsung 9 bulan lamanya alias dari trimester awal sampai jelang lahiran. Baru bener-bener ilang ketika si adek lahir. Masya Allah.

    BalasHapus
  32. Selama hamil memang selalu ada gejala susah tidur ini ya, harus pintar-pintar pilih alat yang bisa membantu kayak bantal hamil ini.

    Terimakasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  33. Ketika hamil dulu, bisa tidur dengan posisi yang nyaman menjadi kemewahan tersendiri rasanya ya Mbak. Belum lagi rasa pegal, ngilu, dan lain-lain yang juga ikut memeriahkan nikmatnya proses kehamilan hehe. Bantal hamil akhirnya bisa sangat menjadi solusi yang pas. Terutama untuk urusan ganjal mengganjal posisi tubuh..

    BalasHapus
  34. Apalagi hamil tua, beuh kayanya segala posisi udah salah. Susah bener mau tidur. Tapi emang bisa dibantu dengan teknik relaksasi sih. Apalagi kalau punya bantal hamil, bisa bikin nyaman bobo sampe pagi.

    BalasHapus
  35. insya Allah pas anak kedua udah punya bantal Mothercare biar bobonya lebih nyenyak dan berkualitas

    BalasHapus
  36. Iyaa yaa, rasanya serba salah kalau pas hamil mau posisi apapun serasa ngga nyaman. Bantal hamil ini membantu banget yaa mba

    BalasHapus
  37. wah asyik ada bantal bumil ya, aku sendiri selama hamil pakai guling danbantal ditumpuk memang tidak terlalu nyman wah bisa nih direkomendsikan ke yang sedang hamil. karena kurang tidur itu bikin emosional

    BalasHapus
  38. Waktu salah satu tante saya hamil dan nginap di rumah, ngalami begini juga nih. Susah tidur. Saya sampai dimintai tolong bantu mijit-mijitin kakinya. Biar dia enakan. Sekarang enak ya ada bantal mothercare. Makasi artikelnya, kalau kelak saya menikah dan hamil biar saya inget-inget nih.

    BalasHapus
  39. Benar banget nih, bumi sangat membutuhkan istirahat yang cukup, karena akan sangat berpengaruh ke janin. Produk mothercare enggak perlu diragukan lagi sih

    BalasHapus
  40. Dulu ga kepikiran beli bantal hamil sih. Cuma banyak bantal di tata di sekeliling ku. Mungkin kalo hamil lagi bisa nih cuss beli bantal hamil

    BalasHapus
  41. Ternyata bantal hamil penting juga untuk bumil ya. Aku dulu cuma pakai bantal guling, hiks.

    BalasHapus
  42. Udah mulai kerasa ga enak buat posisi tidur
    Nanti mau coba ah bantalnya

    BalasHapus
  43. Eh ada bantal hamil juga ya mbak. Wah bisa menjadi solusi banget ini buat bumil biar lebih nyaman. Memang saat kondisi hamil, semua posisi serba salah. Apalagi setelah trisemester ke-3. Perut dah besar, jadi bingung mau posisi kayak gimana, serba gak nyaman. Bantal hamil dari mothercare bisa membantu bumil tidur lebih nyaman dan nyenyak.

    BalasHapus
  44. Semoga para bumil yang tadinya sulit tidur jadi terbantu ya setelah membaca artikel Mba Dian ini. Jadi teringat jaman muda dulu ya mba, saat hamil yang paling sering kejadian malah kaki kram. Nggak ada apa-apa tiba-tiba di saat tidur kaki kram begitu saja, waduuuww sakitnya luar biasa.

    BalasHapus
  45. alhamdulillah aku 3 kali hamil tidur insya Allah ga ada kendala. Tapi yang berasa kendala tidur terutama di trimester akhir katanya cukup terbantu ya dengan penggunaan bantal hamil

    BalasHapus
  46. Bantal hamil kayaknya membantu bumil bgt ya. Aku ngebayangin jadi bisa tidur miring ke samping gitu dengan bantuan bantal hamil

    BalasHapus