Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Hanya Baju Olahraga, 5 Hal Ini Bisa Bikin Cedera Waktu Berolahraga

Bestie...sudah olahragakah dirimu hari ini? Apakah kamu memilih berenang, sepedaan, jogging, yoga, running ..atau apa saja, yang utama tetap konsisten ya. Karena manfaat olahraga yang begitu banyak untuk kesehatan jiwa raga sehingga sayang jika kamu lewatkan.

Well, senangnya kini banyak orang telah menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehari-hari. Seperti olahraga gym yang dalam beberapa tahun terakhir begitu digandrungi banyak orang, terutama kaum perempuan. 

Alasannya sih yang pasti karena nge-gym bisa dilakukan secara indoor dan relatif mudah pula. Selain itu, gerakan yang dilakukan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tak heran kalau akhirnya kebutuhan akan baju olahraga untuk kegiatan olahraga gym itu banyak diburu.

Hanya saja sayangnya banyak di antara kita yang ngasal juga sembrono dalam menentukan baju olahraga saat nge-gym. Biasanya pilih baju olahraga cuma karena murah harganya, tanpa memperhatikan kesesuaian ukuran. Padahal hal tersebut cukup berbahaya karena pakaian gym yang tidak tepat malah membuat kita tak nyaman dan bisa menimbulkan cedera saat berolahraga.

 

5 Hal Ini Bisa Bikin Cedera Waktu Berolahraga

Hal-hal yang Bisa Bikin Cedera Saat Berolahraga


Etapiii, tahukah kamu, ternyata baju olahraga yang salah bukanlah satu-satunya penyebab cedera saat nge-gym, lho.. 

Karena ada sejumlah hal lain yang patut jadi perhatian agar cedera tak terjadi, seperti berikut ini:

1. Lupa Lakukan Pemanasan
Banyak orang lupa melakukan pemanasan sebelum nge-gym. Padahal hal ini bisa membantu melemaskan otot dan mencegah kemungkinan cedera. Untuk itu lakukan pemanasan secara benar sesuai arahan pelatih sehingga cedera tak datang tiba-tiba.

2. Asal Pilih Peralatan
Dalam olahraga gym, ada banyak sekali peralatan yang tersedia. Supaya terhindar dari cedera yang tak diinginkan, pilih peralatan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Sebab, asal pilih peralatan bisa mengundang cedera datang.

3. Kurang Asupan Minuman 
Asupan minuman yang benar dan sesuai anjuran dokter adalah salah satu hal yang memicu kenapa ada orang yang tetap bugar dan segar usai berolahraga. Sementara ada yang lainnya yang malah kelelahan, lemas dan berujung cedera.

4. Terlalu Memaksa Diri
Ingin bentuk tubuh ideal sehingga memaksakan diri berolahraga? Hal inilah penyebab utama tubuh kelelahan dan cedera waktu nge-gym. Maka, sebaiknya sesuaiakan dengan kemampuan diri ya, Bestie....

5. Salah Pilih Baju Olahraga
Banyak perempuan hanya karena ingin tampil menarik saat olahraga, memilih baju olahraga yang terlalu ketat. Hal ini jelas berbahaya karena pakaian jenis itu malah bikin tubuh tak nyaman. Salah pilih baju olahraga membuat cedera yang tak diharapkan tiba.


Askara Aktif pakaian olahraga

Baju Olahraga yang Tepat Menghindarkan Kita dari Cedera


See, terbukti kan kalau baju olahraga yang tepat bisa menghindarkan kita dari cedera saat berolahraga? 

Nah, adalah Askara Aktiv yang memahami betul hal ini. Mulai dari sport bra, legging, long sleeve sampai jogger, disediakan Askara Aktiv dengan kualitas terbaik dari bahan baku dan teknik produksi premium. Dengan begitu dirimu tetap bisa #Aktiv dan tetap sehat karena rajin berolahraga. 

Askara Aktiv didirikan karena rasa percaya bahwa apa yang kamu kenakan untuk berolahraga harus nyaman namun cukup bergaya. Karena berolahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, jadi semua barang Askara dipilih dengan cermat dan dibuat dengan perhatian ekstra, detail dan mengutamakan kualitas.

FYI, Askara berarti “Sinar Cahaya” yang dalam bahasa Sansekerta Jawa, sejalan dengan tujuannya: melambangkan energi, harapan, dan cinta. Askara Aktiv percaya akan pentingnya gaya hidup sehat, terutama di zaman modern di mana stres sering ditemui pada kejadian sehari-hari. Maka, Askara Aktiv hadir untuk menemani kamu dalam perjalanan sehatmu.

Mau apa sajaaa,  nge-gym dalam ruangan, yoga, muay thai atau jalan-jalan dan jogging di luar ruangan, yang terpenting adalah kamu menikmati rutinitas latihanmu dan tentu tetap termotivasi karenanya.

Nah, pakaian Askara Aktiv terjangkau tanpa mengurangi kualitas karena Askara memahami untuk menjalani gaya hidup aktiv yang konsisten, kamu perlu memiliki berbagai pakaian olahraga yang nyaman dan membuat dirimu merasa enjoy dengan diri sendiri. 

Selain itu, outfit keren tetap perlu karena selain dikenakan, kamu juga ingin memamerkannya, kan?

Well, pada akhirnya berolahraga akan selalu membuatmu merasa lebih baik. Dan dengan mengenakan Askara Aktiv akan meningkatkannya jadi makin baik lagi. Askara ada untuk mendukungmu, karena jika kamu bahagia, maka Askara juga sama!

 

Baju Olahraga yang Tepat Menghindarkan Kita dari Cedera

Askara Aktiv: Stylist and Good Quality


Oia, kalau kamu sendiri punya kriteria enggak sih saat memilih baju olahraga? Nah, memilih A/A alias Askara Aktiv ini ikin dirimu enggak bakal nyesel deh, Bestiee...

Pasalnya:

✔ A/A Talk About Balance: untuk menjaga keseimbangan saat berolahraga kamu butuh konsentrasi Nah, kalau baju olahraga suka kebuka sendiri gimana kamu bisa berkonsentrasi? 

✔ A/A Talk About Health: big NO pakai pakaian yang enggak menyerap keringat/menutup pori-pori sehingga mengakibatkan jerawat di punggung! Karenanya, Askara Aktiv mengerti dan menciptakan pakaian yang terbaik dari bahan yang tidak panas, tidak lengket dan pastinya nyaman.

✔ A/A Talk About Style: tetaplah cantik walau berolahraga! Faktanya ketika kamu berolahraga akan kelihatan lebih cantik. Ini dikarenakan dirimu mencintai dan menghargai tubuhmu dan meningkatkan kepercayaan diri jika disertai dengan outfit yang mendukung itu.


Askara Aktiv: Stylist and Good Quality

Tips Memilih Baju Olahraga Bagi yang Berhijab, Agar Tak Terjadi Cedera


Lalu, bagi yang menggunakan hijab bagaimana? Apakah ada tips khusus untuk pemilihan baju olahraga agar tak terjadi cedera?

Well, berhijab bukanlah menjadi penghalang untuk berolahraga dengan bebas. Kamu mau berlari, gowes, ikut senam, yoga, you name it.... Semua olahraga tersebut bisa dilakukan dengan nyaman jika pakaian yang dikenakan sesuai dan tidak menyulitkanmu untuk bergerak sehingga cedera bisa tertolak!

Nah, tips baju olahraga bagi yang berhijab supaya tak terjadi cedera:

1. Pilih model baju olahraga yang nyaman
2. Ukurannya tidak terlalu ketat
3. Lebih baik yang warnanya cerah 
4. Bahan pakaian mendukung keringat menguap lebih cepat sehingga tidak membuat badan basah
5. Gunakan penutup kepala khusus bila perlu

Jangan khawatir, produk muslimah friendly dari Askara Aktiv tersedia juga yang tentunya akan bikin kamu lebih pede saat berolahraga. Dan model juga warnanya pasti bakal membuat look kamu semakin gaya!

baju olahraga askara

Penutup


Well, SPORTY makes you Look Younger! So, aktifkan dirimu bersama Askara Aktiv yang: Healthy with Style, Allsizematter, Everybody Aktiv, Sport Aktiv, dengan material yang Light Weight Material, Stretchable & Unique Design!

Untuk melihat koleksi lengkapnya, silakan ke: Askara Aktiv yaa. Juga ikuti akun IG @askara.aktiv untuk aneka info sehat yang bermanfaat!💙



Salam Sehat

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

75 komentar untuk "Tak Hanya Baju Olahraga, 5 Hal Ini Bisa Bikin Cedera Waktu Berolahraga"

  1. Kalau saya kurang tidur Mba, hampir pengsan saking maksain olahraga juga, wkwkwkw.
    Habisnya pengen banget olahraga, badan tuh rasanya nggak enak banget, kayak kaku.
    Sayangnya waktu tidur saya selalu kurang, mau olahraga ujungnya jantung malah deg-degan.
    Sama pakaian olahraga juga ngaruh tuh, kadang saya malas ganti baju, olahraga pakai rok pendek, trus lecet wkwkwkwkwk

    Btw, kok jadi teracuni pengen beli baju olahraga ya, kalau kata orang bijak, beli pakaian olahraga itu bikin rajin olahraga, asal pakaiannya ditaruh depan mata, jadi keliatan mulu kayak manggil buat olahraga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan maksa Mbak Rey kwkw..sama kujuga gini kadang.
      Yuk semangat beli bajunya dulu kita:)

      Hapus
  2. Setuju banget, Mbak, sama tips olahraganya. Termasuk juga soal pemilihan pakaian olahraga. Pastinya, aku pilih bahan yang dry fit biar keringat cepat kering. Tapi bahan dry fit pun ada yang kualitasnya kurang bagus, loh, misalnya bahannya panas. Jadi gatal gitu di kulit.

    Aku jimbrit olahraga di tempat gym kalau tanpa PT. Suka asal gitu ngukur beban pada alat. Tapi kalau pakai PT bayarnya yang berat, hahaha ...

    Wis lah, tetap setia sama lari aja aku mah, huehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama aku juga kalau tanpa PT keder, kuatir cidera, yekan..mending cari aman:)

      Hapus
  3. setuju banget, gara-gara salah beli peralatan gym, tempurung lutut jadi sakit
    dan hingga kini saya gak bisa sujud waktu salat
    Apalagi jika duduk kelamaan , duh kaki jadi bengkak

    BalasHapus
  4. Ooh jadi begitu penyebab bisa cedera saat olahraga, duh jangan sampai niat sehat tapi malah membahayakan diri dan kesehatan

    BalasHapus
  5. Emang bener banget Mbak Dian. Apapun olah raganya, meski hanya berupa jalan kaki, pakaian yang dikenakan harus menyesuaikan. Termasuk diantaranya adalah alas kaki. Saya belakangan ini olga jalan kaki pagi hari sama si bungsu yang kebetulan mulai over-weight. Sengaja beli kaos yang tipis dan nyaman, bisa menyerap keringat dengan baik, celana kaos dengan hijab yang memang dibuat khusus untuk olah raga. Beli sepatu running supaya kaki gak tersiksa.

    Jadi pengen ngintip seri olga nya ASKARA AKTIV ini. Siapa tahu ada yg cocok buat saya dan si bungsu.

    BalasHapus
  6. Wah tersedia juga untuk yang berhijab.
    Asik nih bisa disesuaikan warnanya apa, dan tentunya untuk berolahraga kapan saja tetap nyaman bergerak

    BalasHapus
  7. olahraga buatku itu kayak refreshing sih... enak aja liat pemandangan, cuci mata, tapi di saat yang sama ngeluarin keringat basi dari dalam tubuh plus badan jadi segar setelah olahraga

    BalasHapus
  8. Fatal banget kalo olah raga, apalagi yg intensitas berat tanpa melakukan pemanasan. Bisa keram, bisa salah urat, parahnya malah bisa sakit abis olah raga, bukannya sehat. Hehehe.

    Baju olah raga memang ikut memengaruhi. Askara Aktiv ini ada IGnya kan mba. Penasaran pengen ngintip koleksi sports wearnya.

    BalasHapus
  9. duuuuh.. ini kok ngabibita banget ya bajunyaaaaaa. aku lagi ancang-ancang mau olah raga dengan serius lagi bulan depan. kisaran harga berapa yaa.. ntar intip-intip ah.

    BalasHapus
  10. Ternyata ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya cedera saat berolahraga ya. Mikirnya selama ini ya paling mesti ingat pemanasan aja. Nyatanya, perkara pakaian pun jangan sampai salah. Begitu pula perkara terlalu memaksakan kehendak. Kalau gak diperhatikan betul, bukannya jadi lebih sehat malah cedera sana sini.

    BalasHapus
  11. Olahraga memang menjadi kebutuhan, pemanasan dan selanjutnya menjadi bagian penting. Termasuk pakaian yang dugunakan buat olahraga.

    BalasHapus
  12. Memang kalau niat mau olahraga dengan rutin adalah dengan mempersiapkan peralatannya dulu, salah satunya adalah baju yang nyaman. Agar bisa digunakan dalam jangka panjang.
    Bersama brand Aktiv yang nyaman, bisa berolahraga dengan perasaan bahagia,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, baju nyaman bisa bikin bahagia

      Hapus
    2. Nah, baju/pakaian olahraga Aktiv ini bisa dibilang sebagai investasi kita dalam berolahraga. Mau nyaman olahraganya? Nah, pastikan juga kita mau menginvestasikannya dengan pakaian yang nyaman pula.

      Hapus
    3. Jadi ingat pertama kali mendaftar club olahraga.
      Hal pertama yang jadi fokus tentu outfit. Ada kalanya malas berolahraga, jadi malu sendiri karena sudah beli peralatan olahraga. Jadi semamcam reminder untuk kita senantiasa bergerak aktif bersama Aktiv.

      Hapus
  13. Jangan sampai mau sehat dan kuat eh malah berakibat celaka apalagi fatal ya. Melakukan pemanasan itu sudah jadi keharusan sepertinya. Termasuk pemilihan baju dan aksesoris lainnya. Brand Aktiv boleh dicoba nih

    BalasHapus
  14. Duh pas baca yang terlalu memaksakan diri jadi teringat suaminya BCL yang meninggal karena alasan itu. Makanya kalau olahraga secukup kemampuan tubuh kita aja.

    BalasHapus
  15. Duh malu banget aq mbak soalnya akhir2 ini jarang olah raga. Kalo dulu masih suka bersepeda pagi ke sawah belakang kampung tapi sekarang aq nya suka sok sibuk hehehe.
    Btw aq pengen beli baju olah raga yang berhijab itu mbak, jadi biarpun pake hijab tapi tetep bisa olah raga dengan pakaian yang modis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa banget dong, biar semangat olahraganya

      Hapus
  16. kadang kalo olahraga ngoyo dan maksain juga bisa bikin cedera saat berolahraga ya.. jadi mesti dilakukan dengan niat yang bulat dan ikhlas juga konsisten menjalani

    BalasHapus
  17. Hari ini udah olah raga tipis2 biasa ngeyoga sama workout ringan tadi pagii. Nah, sepakat banget jangan sampe kita mau olga tapi cedera, termasuk dalam hal penggunaan outfitnya, selain bahannya yang enak dan nyaman ga bikin panas, mesti pas juga sesuai dengan bentuk tubuh kita dan sesuai dengan jenis olganya.
    Ahhh, aku mau kepoin aku suka koleksi pakaian2 olga terutama buat hiking/ ngeyoga di rumah. Makasih loh rekomennya.

    BalasHapus
  18. Baca ini jadi keingetan lagi aku blum olahraga hari ini Mba Dian. Oh ya aku setuju banget ikh kalau mau olahraga pilih baju yang bener - bener nyaman untuk kita. Karena memang banyak ya orang olahraga trus pakai baju super ketat yang sebenernya bikin dia ngga nyaman.

    Untung ada baju olahraga dari Askara Aktiv ini. Ternyata lengkap ya dari branya, celanan legingnya dll. Banyak pilihannya ya 😊

    BalasHapus
  19. Nah bener tuh, pernah kejadian di aku males pemanasan tapi maksain pengen jalan terus malah jadi kram, parah sih. Pemilihan outfit juga gak kalah penting yah, selain harus nyaman dipake jelas harus mudah menyerap keringat juga yah. Pengen deh kepo-in baju olahraga dari Aksara Aktiv soalnya udah mulai suka aerobik lagi nih bareng ibu2 komplek hehe

    BalasHapus
  20. Masalah saya tuh suka kurang konsisten. Padahal kalau udah rutin olahraga, ke badan jadi lebih enak. Pemilihan pakaian juga penting. Meskipun olahraga seperti berjalan kaki. Tetap lebih nyaman pakai baju yang tepat

    BalasHapus
  21. Aku juga kalau olahraga juga selalu milih baju yang nyaman dan bisa dipake aktif gerak. Jangan lupa pemanasan dulu. Kayanya banyak pilihan ya di Askara Aktiv.

    BalasHapus
  22. Saya sering pergi ke gym tapi gak makai alat, cuma senam doang. Nah baru tahu kalau baju olah raga kurang tepat bisa menyebabkan cidera ya. Soalnya kalau milih baju senam selama ini berdasarkan model, warna dan enak dipakai saja. Yah mesti harus hati-hati lagi nih kalau beli lagi lain kali, pilih brand yang terpercaya ya

    BalasHapus
  23. Aku dulu termasuk yang nggak mikirin outfit olah raga. Asal ada celana pendek atau legging ama kaos ya udah hayuk. Sepatu pun seadanya.
    Sampai pernah kepanasan dan berasa mau pingsan karena salah pilih kostum. Kayaknya malah justru nahan keringat yang bikin badan malah over heat. Jadi emang perlu deh pakai outfit yabg bener buat olah raga

    BalasHapus
  24. Kalau olah raga aku lebih nyaman pakai baju yang longgar nggak pede soalnya hehe. Nah, untuk pilihan bra aku memang suka pakai bra sporty mba setiap hari ngvak suka yang pakai kawat

    BalasHapus
  25. Wahh budget beli baju thn ini nisa aku alokasikan utk beli ini aja kali. yaaaaa

    Soalnya belakangan ini rada males workout.

    Siapa tau baju yg bagus ini bs memicu semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk semangat pakai ourfit sesuai biar nyaman dan sehat

      Hapus
  26. aku olahraga semaunya belum rutin padahal penting ya mba, dan bener banget masalah baju olahraga emang bergpengaruh saat olahraga kalau bajunya ga support olahraga juga ga enak bisa panas atau bikin ga nyaman

    BalasHapus
  27. Wuih pas banget lagi nyari pakaian olahraga buat anakku yang mulai remaja. Lagi hobi dance dia. Jadi butuh pakaian yang lentur dan nyaman. Aku lihat ada juga untuk para hijabers ya. Cakep-cakep.

    BalasHapus
  28. Benar, baju olahraga yang tepat itu penting ya mbak
    Nggak hanya membuat kita nyaman berolahraga, tapi juga bisa mencegah terjadinya cedera saat olahraga

    BalasHapus
  29. Molly sering nih cedera saat berolahraga. Baik itu kram otot, keseleo. Ternyata pemanasan penting juga ya..

    BalasHapus
  30. Pemilihan baju olahraga yang tepat memang penting untuk mendukung aktivitas berolahraga, terutama bagi para muslimah. Alhamdulillah seneng deh sekarang sudah banyak pilihan baju olahraga muslimah yang tetap mengutamakan fungsi & kenyamanan bergerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada pilihan baju olahraga untuk muslimah

      Hapus
  31. Iya kalau pakai baju olahraga yang pas, jadi semangat ya olahraganya apalagi biasanya model dan motifnya juga lucu jadi olahraga pun tetap modis..paling suka beli baju zumba..

    BalasHapus
  32. Baju olah raga itu ngaruh banget selama kita berolah raga. Baju nyaman olah raga juga nyaman makk.so.mari vaksin (gusti yeni)

    BalasHapus
  33. AKu pikir tu yang namanya baju olahraga ya cuma sekadar outfit gak berhubungan ma egah cedera tapi sekarang paham knp kudu mempertimbangkan desain, model juga jenis bahan bajunya supaya nyaman dan bebas cedera ya mbak TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan

      Hapus
  34. eh kenapa sebaiknya pakai warna cerah untuk baju olahraga, mbak? aku kepikiran mau beli yang warna hitam, long sleeve gitu. Biar enggak menerawang dan kelihatan slim, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar hati juga cerah saat melakukan olahraga

      Hapus
  35. Aku ini termasuk yang asal kalau soal milih baju olah raga. Kadang malah pakai baju asal aja. Ynag penting tertutup dan nyaman dipakai. Kayaknya harus pakai baju orah raga khusus nih. Biar mengurangi cedera dan biang keringat karena bahan baju tidak meresap keringat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selain nyaman juga agar tak terjadi cidera

      Hapus
  36. Aku kesindir dong kalau olahraga suka lupa gak pemanasan dulu dan pake baju yang kurang sesuai ehehe. Whaaa Aksara Aktiv ada yang muslimah friendly juga ya, duh jadi pengen beliii

    BalasHapus
  37. Jadi inget, duluuu banget pas masih rajin olahraga, pernah beli baju olahraga secra im,pulsif. Cuma karena desain dan warnanya cakep aja. Aku nggak terlalu ngerti bahan juga. Ternyata pas dipakai, bahannya nggak enak. Nggak nyerap keringat. Malah bikin nggak nyaman. Nyesel deh

    BalasHapus
  38. Bener banget kak..sebelum olahraga perlu pemanasan yang bener..Kadang kita pemanasan alakadarnya banget padahal itu beresiko ya.. Nah kalo baju olahraga emang harus pilih2 banget..biar nyaman dan bebas cedera ..

    BalasHapus