Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Membuat Saldo Tabungan Karyawan Terus Bertambah!

Gaesss, sebagai seorang karyawan, pasti dong kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan. Apalagi kalau pemasukan hanya dari gaji bulanan. Nah, salah satu cara mengelolanya yakni dengan menabung. Dengan bunga tabungan yang didapat serta cara menabung yang benar, dijamin saldo tabungan akan terus bertambah.

Tentu, menabung bukan hanya akan memberi keamanan finansial, tetapi juga untuk mewujudkan berbagai keinginan. Contohnya saja: kamu ingin liburan, punya rumah sendiri, beli kendaraan dan lainnya. 

Lalu bagaimana cara mengelola keuangan dan menabung yang benar? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu coba praktekkan!

Cara Jitu Membuat Saldo Tabungan Karyawan Terus Bertambah!
sumber: 

https://www.freepik.com/free-photo/charming-ethnic-businesswoman-using-laptop_5633379.htm#query=KARYAWAN&position=49&from_view=search

5 Tips Menabung yang Tepat Bagi Karyawan


Well, mendengar kata menabung, sepertinya semua orang sudah paham bagaimana mekanismenya. Sayangnya, tidak semua orang memahami cara paling efektif agar saldo tabungan terus bertambah.

Bunga tabungan yang memiliki peran besar dalam menambah saldo, terkadang justru tidak maksimal karena adanya potongan yang diberlakukan pihak bank. Nah, jadi bagaimana agar saldo tabungan terus bertambah dan keuangan semakin aman?

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba!
 
1. Dapatkan Informasi Lengkap Tentang Produk Tabungan

Pertama, sebelum mulai menabung, alangkah baiknya jika dirimu mencari informasi lengkap terlebih dahulu mengenai produk tabungan yang akan digunakan. Mulai dari biaya administrasi bulanan, rata-rata bunga tabungan per tahun, dan berbagai ketentuan lain yang diberlakukan bank.

Dengan informasi tersebut, kamu akan lebih mudah memproyeksikan perkembangan tabungan tiap tahunnya, karena akan ada pajak yang dikenakan dalam satu tahun untuk tabungan. Artinya, rata-rata bunga per tahun harus dikurangi pajak tersebut untuk melihat keuntungan per tahun.

Ketika kamu memahami perhitungan ini, maka akan lebih mudah menentukan cara menabung agar saldo bisa terus berkembang meski terdapat pajak juga administrasi bulanan.

2. Menentukan Target atau Tujuan

Lalu, pada saat kamu memiliki alasan kuat untuk menabung, tentu akan lebih bersemangat agar dapat segera mencapai tujuan atau target yang menjadi alasan tersebut. Jadi, buatlah tujuan menabung yang jelas, seperti untuk membeli rumah, kendaraan, liburan, lamaran, nikahan....you name it!

Dengan begitu, menabung tidak akan terasa berat dan kamu jadi semakin semangat.

3. Anggaran Khusus Tabungan

Oia, sering kali orang menabung sisa uang yang tidak terpakai. Padahal, hal ini yang justru sering menjadi penyebab saldo tabungan tidak berkembang. Apabila kamu ingin saldo tabungan terus bertambah, maka pastikan untuk membuat anggaran khusus tabungan.

Sebaiknya, setiap menerima gaji langsung sisihkan untuk tabungan terlebih dahulu. Dengan disiplin serta konsistensi dalam menabung, maka saldo akan lebih cepat berkembang dan target menabung akan lebih cepat untuk bisa diwujudkan.
 
4. Manfaatkan Autodebet

Beberapa orang memang terkadang kesulitan untuk disiplin menabung. Oleh karenanya, kamu bisa mengaktifkan fitur autodebet di rekening penerimaan gaji. Dengan begitu, setiap gaji masuk, otomatis sebagian uang akan segera dipindahkan ke tabungan. Cara ini akan sangat efektif untuk menambah saldo tabungan secara berkesinambungan.

5. Pilih Produk Tabungan yang Tepat

Kemudian, hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berniat untuk menabung di bank adalah pilih produk tabungan yang tepat. Sebagaimana telah disampaikan pada poin satu, cari tahu informasi lengkap terkait produk itu. Jika sudah mendapatkan informasi dari beberapa produk tabungan, kamu tentu bisa menentukan yang terbaik.

Pilih yang memberikan banyak kemudahan serta keuntungan. Seperti misalnya dari segi suku bunga yang diterapkan dan juga pelayanannya. Di era digital seperti ini, tentu layanan digital banking akan jauh lebih memudahkanmu.

Sebagai contoh misalnya, layanan buka rekening online. Apabila dirimu bisa mendapat kemudahan itu, kenapa harus membuang waktu dengan mengantre di bank untuk membuka tabungan konvensional, yekan?

Cara Jitu Membuat Saldo Tabungan Terus Bertambah!
sumber: 

https://www.freepik.com/free-photo/casual-office-worker-with-tablet_6765370.htm#page=2&query=KARYAWAN&position=17&from_view=search


Aplikasi digibank by DBS, Membuka Rekening Tabungan Tanpa Ribet


Nah, gimana? Masih bingung mencari produk tabungan yang sesuai? 

Jika iya, saatnya kamu memulai dengan Aplikasi digibank by DBS. Kamu bisa buka rekening online tanpa perlu repot mendatangi kantor cabang dan mengantre untuk membuka rekening tabungan. Selain itu, melalui aplikasi ini, ada banyak aktivitas perbankan yang bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Lantas apa saja keunggulan produk tabungan dari digibank by DBS ini? 

Berikut ini beberapa keunggulan yang akan sangat menguntungkanmu jika menggunakannya.

1. Tidak Perlu Antre di Kantor Cabang

Keunggulan pertama yang akan menguntungkan kamu ialah adanya layanan buka rekening online. Jadi, kamu tidak harus mendatangi kantor cabang dan mengantre untuk membuka rekening tabungan. Cukup dari aplikasi, rekening tabungan bisa dengan cepat dibuat.

2. Hanya Perlu E-KTP dan Verifikasi Face Biometric

Pembuatan rekening online melalui Aplikasi digibank by DBS, proses verifikasinya sangat mudah. Hanya berbekal KTP elektronik dan proses verifikasi melalui face biometric atau verifikasi wajah melalui kamera depan ponsel usai mengisi biodata, maka verifikasi sudah selesai. Semua prosesnya secara digital, dan sangat cepat.

3. Bebas Biaya

Keunggulan sekaligus keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari produk tabungan digibank by DBS adalah bebas biaya transfer maupun tarik tunai. Selama kamu melakukan transfer melalui Aplikasi digibank by DBS, ke bank manapun tujuannya tidak akan dikenakan biaya.

Sementara untuk tarik tunai, bisa dilakukan di ATM mana saja, bebas biaya tarik tunai. Untuk menikmati keunggulan diatas, pastikan saldo kamu rata-rata minimal 1 juta tiap bulannya. Dengan begitu, bunga tabungan bisa berperan maksimal menambah saldo tabungan, karena kamu tidak dikenakan banyak biaya potongan.

Penutup  


Jadi, bagi kamu para karyawan yang ingin saldo tabungannya terus bertambah setiap bulan, coba deh menerapkan tips di atas dalam menabung. Oia, jangan lupa, gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk produk tabungan digital yang menguntungkan dan memberi banyak kemudahan yaaa....See Ya!


Salam Semangat

Dian Restu Agustina










Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

18 komentar untuk "Cara Jitu Membuat Saldo Tabungan Karyawan Terus Bertambah!"

  1. Bisa dibilang rekeningku itu bank asing semua mba, HSBC, CIMB, dan DBS. Karena bank asing itu prefer menyuruh nasabahnya maintain tabungan di nominal tertentu, dan semua biaya2 mulai admin, fee transfer dll free. Apalagi bank asing itu mudah dipale di LN .

    Mendingan milih bank yg minta kita maintain mininum saldo, drpd tiap bulan di potongin Mulu. Kalo maintain dana, setidaknya itu duit masih punya kita. Ga kuatir dipotong2 😁

    DBS baguuus kok. Produknya juga banyak. Aku sengaja 3 bank asing gitu, Krn DBS biasa aku pake kalo ngetrip ke wilayah Asia. CIMB kalo sedang main ke Malaysia atau Asia timur . HSBC kalo ngetrip ke Eropa.

    BalasHapus
  2. saldo bertambah? Mauuuu...
    hehehe siapa yang nolak ya?
    DBS dengan aplikasi digibank by DBS nya sangat membantu
    Begitu mendapat honor atau income lainnya, kita bisa langsung nabung
    Gak ditunda karena takutnya malah terpakai :D

    BalasHapus
  3. Dennise Sihombing19 Juli 2022 21.33

    Penting sekali untuk karyawan memiliki tabungan ya mom. Kalau gak gaji sebulan bisa habis seminggu ya,he he he. Oh sekarang sudah ada aplikasi Digibank ya. Boleh nih buka tabungannya, banyak banget benefitnya + simple tampa ribet ya

    BalasHapus
  4. Betul, sistem autodebet tuh seolah "maksa" kita dengan caranya supaya kita jadi disiplin. Termasuk disiplin bayar utang jg.

    Siapa sih yang ngga mau saldo nambah, yaa ..palagi karyawan kaya saya.

    BalasHapus
  5. Menabung dan beberapa kiatnya membantu kini dan akan mendatang. Termasuk referensi DBS.

    BalasHapus
  6. Membuka rekening di bank tanpa ribet jadi pilihan menarik ya mbak Dian apalgi kalau berstatus karyawan , biasanya waktu luangnya terbatas banget kalau buka tabungan masih pake cara lama untung sekarang ada Tabungan DBS

    BalasHapus
  7. Bicara tabungan sebagai orang yang sudah memiliki pasangan dan anak, memiliki uang ditabungan dengan prioritas masing-masing perlu dilakukan, Apalagi di saat kondisi ekonomi tidak menentu. Kalaua da aplikasi seperti DBS ini akan memudahkan proses menabung

    BalasHapus
  8. Kalau gak dipaksa-paksain menabung memang bisa mengalir aja gitu uangnya dengan deras tanpa batas dan tak tahu akan sampai kemana...huhu...
    Hayuuk ah SemangatCiee menabungnya

    BalasHapus
  9. iya loh, autodebet itu menenangkan sekali
    gak perlu memikirkan kapan harus keluar uang
    kalau memang ada pengeluaran rutin, ya mending di autodebet aja biar gak pusing

    BalasHapus
  10. Yang pasti jika niat menabung, mindset yang harus ada di diri kita adalah MENYISIHKAN bukan MENYISAKAN. Mudah-mudahan dengan cara berpikir seperti ini, kita sudah mempunyai budget tersendiri untuk harus menabung secara rutin. Apalagi ada digibank by DBS ini. Urusannya mudah dan kita jadi gampang untuk menabung dengan syarat-syarat yang meringankan.

    BalasHapus
  11. Bagus ini kalau diterapkan saat ini karena dengan memanfaatkan fitur yang ada di Aplikasi digibank by DBS, maka menabung sudah bukan impian lagi, tapi menjadi kenyataan. Dan tinggal mengatur keuangan dengan bijak untuk pengeluaran setiap bulannya.

    BalasHapus
  12. Aku tuh pernah ngobrol sama orang DBS. Ngobrolin soal program sih. Dan orangnya seru, keren. Jadi kepikir: kenapa aku nggak mempelajari urusan perbankannya ya? Ternyata menarik juga..

    BalasHapus
  13. Aku udah nerapin yang auto debet nih. Memang berguna banget. Gak perlu bingung mau nabung karena uang otomatis masuk sendiri ke tabungan tiap tanggal yang udah kita set.

    BalasHapus
  14. Wah keren nih fitur-fitur aplikasi digibank by DBS yaa Mbak, sangat membantu me-manage keuangan, khususnya para karyawan.

    BalasHapus
  15. Akupun lebih suka pake sistem auto debet. Karena gak berasa bayarnya.
    DBS selalu inovatif yaa jadinya keuangan kita lebih tertib

    BalasHapus
  16. Duh baca ini merasa kesindir saya, eh tapi ada benernya juga sih. Selama ini saya nabung tuh kalau ada duit sisa bulanan, bukan sengaja menyisihkan uang untuk di tabung.

    BalasHapus
  17. Jaman serba digital dan internet ini segalanya jadi gampang ya, bisa dilakukan dari rumah atau dimana aja

    BalasHapus
  18. nah ini nih, tips nya bagus banget kak, kita-kita nih perlu sekali belajar nabung yang bener untuk kehidupan masa tua nanti ya.

    BalasHapus