Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emas Perhiasan vs Emas Batangan, Apa Bedanya?

Emas perhiasan vs emas batangan, apa bedanya yaaa? Cung, siapa yang masih bingung? Kalau kamu termasuk yang tunjuk tangan, gapapa ya gaes ya...Maklum kok saya! Saya saja belum lama juga kok tahu perbedaannya. 😁

Karenanya, simak baik-baik artikel ini biar dirimu ngerti, sehingga bisa memutuskan membeli yang mana sesuai tujuanmu nanti!

Tapiiii, sebelum itu, sudah tahukah kamu sejarah emas sebagai logam mulia hingga bisa menjadi salah satu pilihan investasi di dunia?


Emas Perhiasan vs Emas Batangan, Apa Bedanya?


Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Well, emas merupakan salah satu komoditas berharga yang ada di dunia. Logam mulia ini memiliki nilai yang tinggi, karena sifatnya yang langka, tidak bisa pudar dan tahan korosi. 

Emas yang mempunyai unsur kimia dengan lambang Au (dari Bahasa Latin: Aurum), ditemukan hampir di seluruh bagian dunia, dalam bongkahan batu, di antara butiran pasir, juga di dalam tanah.

Kegiatan menemukan dan mengumpulkan emas ini ada di hampir semua peradaban di seluruh dunia. Si logam kuning yang terlihat cemerlang dan berkilau bila tertimpa sinar matahari ini menarik perhatian dan membuat orang-orang pada masa lalu ingin mendapatkannya.

Pesona emas memang tak pernah lekang oleh waktu. Emas sudah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dan digunakan secara luas sebagai mata uang sejak ribuan tahun lalu.

Sebabnya, emas dapat dibentuk dengan mudah, karena termasuk logam yang lunak sehingga akan menghasilkan visual yang menarik. Biasanya, emas dicampur dengan logam lain seperti tembaga, supaya lebih keras, juga dipadukan dengan batu-batu alam yang indah. 

Kemudian dijadikan perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan anting-anting seperti sekarang. Juga, dibentuk untuk simbol yang dimuliakan, seperti mahkota kerajaan.

Nah, meski penggalian emas ada di seluruh dunia, mencarinya di alam tidaklah semudah yang dikira. Karenanya, orang yang ingin memiliki emas melakukan pertukaran dengan barang lainnya. Inilah awal mula emas menjadi alat tukar atau alat pembayaran.

Selanjutnya, dalam perkembangannya emas tidak hanya dibentuk menjadi perhiasan. Logam ini dicetak pula dalam bentuk batangan dan diperjualbelikan. Di mana dari masa ke masa, nilai emas selalu bertambah yang membuat banyak orang menyimpan emas sebagai tabungan untuk masa depan.

Wajar saja, sebab emas termasuk dalam kategori benda berharga yang bisa digunakan untuk melindungi kekayaan dari gerusan inflasi. Sehingga dengan investasi emas, nilai harta yang kamu miliki akan cenderung terjaga di masa nanti.

 

Sejarah Emas Sebagai Logam Mulia

Tentang Saya, Emas Perhiasan dan Emas Batangan


Well, terkait emas, tak lama dari lahir ke dunia, saya sudah mengenalnya. Sebagai perempuan Jawa, sejak bayi saya ditandai dengan perhiasan emas yang tersemat di telinga saya. Sebelum diizinkan pulang, Bu Bidan menindik kedua daun telinga saya dan memasangkan sepasang giwang bayi yang dibeli orangtua saya sebelumnya. Hingga saat di rumah nanti, siapapun itu yang ketemu akan tahu kalau saya bayi perempuan dari perhiasan emas yang saya kenakan.

Lalu, saat beranjak dewasa, orangtua saya membelikan emas perhiasan lainnya. Kemudian ketika menikah, calon suami saya juga menyertakan satu set emas perhiasan sebagai pelengkap seserahan yang mendampingi mahar. 

Berikutnya, waktu berstatus istri, Ibu saya pernah mengingatkan agar tak lupa untuk memakai perhiasan emas yang saya miliki di tiap acara. Karena dari sana, sanak saudara, teman dan tetangga bisa melihat seberapa 'makmur' kehidupan saya. 

Meski, saya banyak lupanya, karena sejujurnya saya lebih suka berpenampilan minimalis, paling hanya anting-anting dan kalung yang saya pakai di keseharian, tambah jam tangan (dan cincin) saat bepergian. Yang lainnya? Kalau pas ingat saja dipakainya!🙈

Apalagi makin ke sini, nilai kemakmuran jika dilihat dari seberapa berat emas perhiasan yang dikenakan itu sudah enggak zamannya lagi. Karena kini banyak yang mengalihkannya dengan membeli emas batangan sebagai investasi. 

Jadi enggak nampak berlebihan macam toko emas berjalan yang malah mengundang kejahatan, tapiiiii punya tabungan dalam wujud emas batangan.
Emas ANTAM

Emas Perhiasan vs Emas Batangan


Oia Gaess, kalau saya bicara emas batangan, dirimu jangan juga berpikir yang gedenya segaban ya...Emas batangan ini bisa dalam pecahan mulai dari yang terimut kayak saya sampai yang beneran batangan juga ada.

Nah, kalau kamu masih bingung mending beli emas perhiasan atau emas batangan? Sebenarnya tergantung dari tujuanmu masing-masing. 

Mari kita kupas perbedaannya untuk lebih jelasnya!

Emas Perhiasan

Kemurnian: umumnya emas perhiasan menggunakan campuran emas dan logam lainnya, sehingga kadar emas perhiasan jarang yang 24K. Untuk memperoleh emas warna rose gold, umumnya emas dicampur dengan perak dan perunggu. Kalau emas putih, diperoleh dari campuran emas, platina, palladium, nikel atau seng. Kadar ini umumnya dituliskan dalam sertifikat yang menyertai perhiasan.

Harga beli: harga beli emas perhiasan umumnya lebih mahal, karena ada biaya pembuatan yang berkisar antara 15-20% dari total harga. Semakin rumit designnya maka semakin tinggi biaya pembuatannya.

Harga jual: berbeda dengan harga jual kembali, biaya pembuatan emas perhiasan tidak diperhitungkan kembali ketika emas dijual, alias hangus. Jika dijual kembali harga yang berlaku adalah harga bahan baku dikalikan dengan tingkat kemurnian dan harga emas yang berlaku saat itu.

Likuiditas: emas perhiasan agak susah untuk dijual kembali tapi tidak menutup kemungkinan untuk digadaikan. 

Emas batangan

Kemurnian: emas batangan hadir dengan kemurnian yang lebih tinggi di kisaran 99,98% dan 99,99% atau hampir tidak ada campuran logam lainnya. Informasi ini tersedia di sertifikat, yang biasanya terdapat di kemasan produk.

Harga beli: harga beli emas batangan mengikuti pergerakan harga emas dunia. Sedangkan dari sisi ongkos cetak, tidak semahal emas perhiasan.

Harga jual: sama seperti emas perhiasan, ongkos cetak tidak diperhitungkan kembali ketika buyback. Tapi karena ongkos cetaknya tidak setinggi perhiasan, maka spread atau selisihnya tidak terlalu tinggi.

Likuiditas: emas batangan relatif mudah dijual kembali, kita bisa coba menawarkan ke teman, toko emas terdekat atau ke produsennya langsung.

Logam mulia ANTAM

Jadi, Emas Perhiasan atau Emas Batangan?


Pilih yang mana? Mana yang lebih baik yaaa? 

Semuanya kembali ke preferensi masing-masing ya Gaes yaaa..

Jika kamu ingin menyimpan emas untuk investasi, maka lebih baik memilih emas batangan karena lebih mudah dijual kembali. Namun tidak ada salahnya jika dirimu ingin sedikit bergaya dengan emas perhiasan, sama seperti yang dilakukan dari dulu oleh ibu dan nenek kita. 

Apalagi sekarang sudah ada emas perhiasan yang terbuat dari emas 24K, yaitu emas KENCANA, emas perhiasan yang diproduksi oleh ANTAM berkolaborasi dengan HRTA, produsen emas perhiasan di Indonesia. 

Karena terbuat dari emas murni, maka KENCANA memberikan warna kuning yang radiant. Enggak itu saja perhiasan KENCANA juga tersedia dalam beberapa koleksi yang terdiri dari kalung, gelang, liontin dan cincin. 

Dan, selain perhiasan, emasKITA juga menyediakan emas batangan mulai dari pecahan 0,5 gram yang bisa diperoleh di toko-toko emas atau secara online di emaskita.id. Nah, di momen 17 Agustus ini ada promo gratis ongkir s.d akhir Agustus 2022, lho! Yuk, buruan jangan lewatkan kesempatan menarik ini! 

Oia, untuk informasi promo lainnya bisa kamu lihat dan follow akun @emasantamindonesia dan @hartadinata.abadi ! 

Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat ke: emaskita.id dan emasantam.id yaa. See Ya!💛



Stay Happy & Healthy

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

138 komentar untuk "Emas Perhiasan vs Emas Batangan, Apa Bedanya?"

  1. Kalau saya, tergantung buat apa dulu nih, kalau invest mending yang batangan, tapi kalau pengen tampil cantik prefer perhiasan tentunya ya

    BalasHapus
  2. jadi inget alm ibunda yang keukeuh untuk investasi emas perhiasan
    ternyata ucapannya benar, emas perhiasan dari alm ibunda jadi berlipat harganya
    Jadi apapun itu, emas perhiasan atau emas batangan, sama menguntungkannya
    Tapi tentunya harus dijual jangka panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Ambu..untuk jangka panjang emas menguntungkan ya

      Hapus
  3. Wah aku jadi sedikit lebih tahu tentang dunia emas. Ternyata ada campuran perunggu dan perak di perhiasan ya. Sampai saat ini aku belum coba investasi dari emas, informasi ini boleh jadi acuan Mbak

    BalasHapus
  4. Baru paham sekarang setelah baca ini

    BalasHapus
  5. Kalau aku sih lebih suka emas batangan soal.y imut aja disimpan gitu kayak kartu, tp perhiasan jg imut sih kalau dipake ahhaha

    BalasHapus
  6. Saya sih ttp lebih suka yang perhiasan apalagi yang ada permatanya, hehee

    Belajar dari orang tua dulu yang lebih milih nabung emas daripada nyimpem duit di bank. Apalagi investasi atau saham, dulu sih belum ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak kalau ortu kita lebih ke emas ya nabungnya...

      Hapus
  7. Tergantung kepentingannya ya Mba Dian. Kalau pengen dipakai pakai perhiasan emas, kalau mau investasi bisa dengan emas batangan.

    BalasHapus
  8. Emas kencana mantaap ya... kandungannya emas murni 24 K jadi bisa berhias sambil investasi

    BalasHapus
  9. Whaa aku jg nyimpen dua duanya sih hhehe batangan maupun perhiasan. niatnya emang buat simpenan gituu..

    BalasHapus
  10. kalau aku lbh prefer ke emas batang atau koin mba d banding perhiasan. utk perhiasan sy beli secukupnya. untuk invest mending emas koin ataupun tabungan emas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba..juga lebih baik di tempat tepercaya belinya seperti Antam ini

      Hapus
  11. Kalau invest mending emas batangan yak. Cuma kalau mau sekalian bisa juga pake perhiasan, tapi ga mungkin juga kan ya beli perhiasan satu badan haha. Jadi separuh emas batangan, separuh perhiasan aja kali ya

    BalasHapus
  12. Kalau invest memang baiknya emas batangan
    Tp untuk sekedar pemanis ya perhiasan 🤣 walau tetap ada nilai investasinya juga sih

    BalasHapus
  13. Kalau aku lebih suka emas batangan mbak
    Sebab memang perlunya buat investasi
    Kalau perhiasan paling yg dimiliki anting dan cincin kawin saja
    Haha
    Btw promonya menarik banget nih

    BalasHapus
  14. Tapi kalau untuk investasi memang emas batang lebih tinggi ya mbak, kalau mau untuk koleksi ya emas perhiasan ya

    BalasHapus
  15. Memang paling nyaman itu menghadirkan emas sebagai investasi.
    Karena mudah pencairan dananya jika dibutuhkan meski membutuhkan ruang penyimpanan yang aman juga di rumah yaa..

    BalasHapus
  16. Waktu kecil, saya jarang pakai perhiasan, bahkan lubang antingnya sampai tertutup saking ga pernah pakai anting. Ternyata hal itu kebawa sampai gede, jujur saya jarang pakai perhiasan emas, bahkan cicin kawin aja, nggak betah dipake, hahaha.
    Jadinya udah bisa ketebak, jarang tergoda beli emas, padahal bagus sih ya buat investasi.
    Lucunya lagi, bahkan emas batanganpun saya masih kurang tertarik, alasannya kalaunpunya barang berharga di rumah itu, hidup rasanya nggak tenang, hahaha.
    Saya lebih tertarik menabung uang, atau mungkin bisa juga emas batangan tapi beli brankas yang tersembunyi kali ya Mba, dasar emang orang overthinking kek saya ini, lebay banget hahaha.
    Tapi jujur lagi, saya setuju banget, emas sebenarnya tabungan yang lebih baik sih, karena ga kalah dari inflasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bingung ya, nyimpen tapi dimana naruhnya haha...Iya, emaas tuh investasi yang ga tergerus inflasi

      Hapus
  17. Aku suka perhiasan emas dan berlian mba, tapi aku punya secukupnya aja kalo untuk dipakai, klo investasi mending emas batangan aja buat dana pendidikan dan dana pensiun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, pas buat dana jangka panjang seperti pendidikan dan pensiun

      Hapus
  18. Emas perhiasan atau emas batangan dua2nya sesuai preferensi aja. Klo sy pribadi kurang suka dengan emas perhiasan.. Lebih baik investasi emas utk jangka panjang

    BalasHapus
  19. Masya Allah jadi paham investasi emas batangan dan emas perhiasan. Cuma kalau saya lebih milih perhiasan deh belum paham investasi emas batangan. Tapi orang tua saya dari dulu emans suka investasi emas perhiasan.

    BalasHapus
  20. Diferensiasi antara emas batangan dan emas perhiasan ada ilmunya setelah membaca.

    BalasHapus
  21. Kalau buat investasi emang lebih rekomended emas batangan ya kak. Tapi kalau mau sekalian buat perhiasan ya emas perhiasan. Selama ini kalau aku cuma bisa dikit-dikit nabung di perhiasan aja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dari sedikit lama-lama jadi bukit, semangat mba

      Hapus
  22. Samaaa mbak. Aku pun di keseharian cuma pakai anting dan kalung. Eh kalung malah lebih sering dilepas. Kayak ribet gitu pakenya. Sering nyangkut juga kalau pas pakai baju dengan model tertentu. Sungguh aku ga pandai berkalung wkwk. Soal cincin juga sama mbak. Aku pakai hanya pas bepergian. Soalnya kalau di rumah, pas lagi nyuci sesuatu, itu cincin kayak mau copot mulu, walaupun ukurannya pas di jari, tetep aja kayak ribet wkwk. Seneng polosan aja aku. Kecuali anting. Kayaknya dari sejak lahir sampai sekarang telingaku ga pernah kosong ama anting, ke mana pun.

    Emas dan batangan, pilih mana. Pilih keduanya. Walaupun jarang pake, perhiasan emas tetep pengen punya, walau cuma disimpan dan diliatin aja haha

    BalasHapus
  23. Iya ya kalau untuk invest yang batangan lebih menguntungkan. Tapi sebagai cewek seringnya lebih tergoda versi perhiasan hehehe.. Meski ya sama mbak, jarang dipakai kecuali cincin nikah.

    BalasHapus
  24. berarti kalau ingin investasi sekaligus sedikit bergaya lebih baik beli perhiasan aja ya mba. Tapi pengen punya dua-duanya sih, bismillah bisa

    BalasHapus
  25. selama ini saya suka beli emas perhiasan, Mba, karena bisa langsung dipakai, hehehe. tapi sekitar dua tahun lalu mulai buka tabungan emas, dan sekarang kepikiran mau cicil emas batangan via pegadaian

    BalasHapus
  26. Baru tau banget kini bisa beli emas secara online dan terpercaya di emaskita.id.
    Jadi lebih mudah dan tetap aman dalam berniaga.

    BalasHapus
  27. mbak Dian, aku langsung loh buka website emaskita dot id itu... hahaha.. penasaran.. karena kebetulan emang lagi nyari hadiah buat seseorang sih, Ternyata harganya terjangkau semua ya disana.

    BalasHapus
  28. Kayaknya perlu sesuaikan dnegan tujuan ya, kalau buat investasi sepertinya antam lebih pas.

    BalasHapus
  29. Aku punya emas pas mau nikah sebagai mahar, itu pun malah memilih perhiasan yang kadarnya gak bisa sampai 24K, kata abangnya gampang meleyot kalo dipakai buat perhiasan. Begitu sudah berumah tangga, lebih memilih invest emas batangan

    BalasHapus
  30. Jadi makin minat ke emas batangan. karena memang engak suka juga untuk memakai perhiasan emas.

    BalasHapus
  31. Kalau saya lebih suka emas batangan karena kalau dijual ga ada potongan ongkos pembuatan dan out of date model mbak ..tapi apapun pilihannya emas tetap jadi investasi menarik ya

    BalasHapus
  32. Katanya kalau emas 24 karat itu lembek banget jadi enggak bisa sebagai perhiasan. Ternyata masih bisa, ya

    BalasHapus
  33. Aku masuk tim emas batangan sih... Selain tingkat kemurniannya lebih tinggi, juga harganya makin melangit

    BalasHapus
  34. Dulu emang dididik sama orangtua buat nabung dan investasi pake emas perhiasan yah. Waktu zaman kerja, kalo abis gajian sisihkan beli cincin atau anting yang cuma 2 atau 3gr aja buat dijual kalo lagi kepepet. Tapi kalo sekarang sih mending emas batangan aja, soalnya beli perhiasan juga suka males pakenya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya Mba...aku juga diajarin ortu begitu dulu

      Hapus
  35. ngomongin emas batangan aku malah inget serial drama korea Big Mouth, itu emas batangan banyak banget berlimpah

    BalasHapus
  36. Jujur aku suka pakai emas. Dulu padahal nggak. Pernah juga beli emas batangan tapi ya akhirnya dijual pas butuh duit. Kalau perhiasan aku pakai dan simpan. Senang aja sih lihat perhiasan emas. Hehhee

    BalasHapus
  37. Waah baru tau kalau ANTAM ngeluarin Emas perhiasan KENCANA. Kirain cuma Emas batangan saja mbak.

    BalasHapus
  38. Tergantung kebutuhan sih ya mbak, kalau invest better yang batang. Kalau buat aksesoris yang perhiasan. Cuma aku tuh merasa kurang aman kalau disimpan di rumah, mending investasi emas aja yang nggak berbentuk fisik. Etapi aku sih kalau dikasih keduanya nggak bakalan nolak. Yaa siapa juga yang mau nolak dikasih ginian wkwk.

    BalasHapus
  39. Waw, kita bisa beli emas secara online di emaskitaid nih, praktis banget ya :) By the way, aku malah ga pakai apa2 di body hahaha. Ini karena kulitku sensitif dan alergi kalau kena benda2 di kulit. Kalau perhiasan itu paling dikasih mamahku dan ada 1 set emas dari seserahan dan akad nikah dulu. Alhamdulillaah aku kalau ada rezeki ngeblog, aku kumpulkan dan dibelikan emas. Suami dan anak2 juga beli emas untuk investasi. TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren MBa Nurul, memnag pilihan terbaik beli emas untuk investasi

      Hapus
  40. Ya ampun perihal emas-emasan ini bener-bener belum aku pahami sebelumnya, cuma tahu kata orang begini begitu aja, tapi jadi penasaran juga mau nyoba buat investasi kebutuhan masa depan karena emas cukup stabil ya.

    BalasHapus
  41. baik emas batangan dan emas perhiasan saya suka semuanya, hehehe (gak ada yang nanya)
    setahu saya memang kalau emas perhiasan gak ada yang 24K, karena pembentukannya juga susah. Dan bener, emas batangan lebih mudah diuangkan. Padahal dulu sempat mengira lebih susah diuangkan dibandingkan yg perhiasan, karena kurang cantik gituh.
    Ternyata pernah meng-uangkan emas perhiasan, eh krosceknya lama banget, ada cacat, ada kotor, langsung diskip.

    Baru kali ini tahu ada emas perhiasan 24K dari Kencana. Ini bener informasi bagus sih. Kudu disamperin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak..kalau yang emas batangan tinggal kasih di cek diduitin deh...ga ribet dan lebih cepet

      Hapus
  42. Ibunya Mbak Dian sama kayak ibuku. Kalau ada acara atau sekedar keluar kumpul sama keluarga besar, pasti disuruh pakai emas perhiasan. Dari cincin, kalung, gelang, sampai anting semua mesti dipakai. Katanya biar keliatan makmur wkwk. Padahal aku ga suka pakai banyak perhiasan. Selama ini cuma anting yang ga pernah lepas. Kalau cincin pakai pas keluar rumah aja :D

    Artikel ini aku bookmark karena ada info tentang emaskita.id
    Aku pun berminat mau beli di sana. TFS mbak.

    BalasHapus
  43. Saya engga terlalu suka pakai perhiasan, makanya engga pernah beli emas perhiasan, nunggu dikasih aja, hihihi... Jadi tertarik nih sama emas kencana, baru mau liat-liat, tapi free ongkirnya cuma sampai hari ini ya...

    BalasHapus
  44. Dua duanya hehehe. Emas perhiasan bisa dipake , emas batangan untuk disimpan sebagai investasi. Tapi kalau beli emas perhiasan beli yang karatnya besar ( diatas 18)mahal tp nilai investasinya kerasa juga. Beneran kerasa punya simpenan emas, dulu beli cincin seharga 100 rb pergram sekarang digadai/jual 700 rb an

    BalasHapus
  45. Wah jadi meskipun memilih emas perhiasan, kita tetap bisa dapat emas dengan kualitas murni 24 karat ya mbak
    Menarik nih, mau memanfaatkan promo hari terakhir ah
    Beli emas kencana

    BalasHapus
  46. Sejak tahu emas perhiasan ada campuran bukan emas dalam kandungannya, saya lbh suka emas batangan. Terlebih saya gak begitu suka pakai perhiasan juga, pengennya nabung emas batangan saja 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Selain yang 24k maksudnya ... soalnya kata orang2 utk perhiasan, yang murni lembek katanya ... betul gak ya?

      Hapus
    2. Tapi bisa dibuat perhiasan juga sih Mba..cuma modelnya ga terlalu banyak

      Hapus
  47. Aku basically ngga suka pakai perhiasan mba. Jadi kyknya prefer yg batangan aja dah.bisa utk invest, insyaAllah manfaat bgt d masa depan ya

    BalasHapus
  48. kalau saya sejujurnya lebih suka emas perhiasan sih, mbak soalnya bisa dipakai. tapi kalau emas batangan ini dia punya ukuran yang kecil-kecil jadi kalau uang nggak terlalu banyak bisa pilih yang batangan itu aja kan ya

    BalasHapus
  49. Aku dulu beli perhiasan buat tabungan. Sekarang karena tahu antam, jadi pilih ke sana. Lagian kurang suka pakai perhiasan. Jadi ya punya sebiji buat pantas-pantasan badan. Biar terlihat makmur, hehehe

    BalasHapus
  50. Investasi paling mudah cepat dicairin kalau lagi butuh adalah Emas. Semua tergantung selera yaa emas batangan sama perhiasan sama.aja. Perhiasan kalau pake hijub juga ga kelihatan di pake yaa kecuali pake cincin gelang.

    BalasHapus
  51. Saya lagi mencoba dua duanya nih. Semoga istiqomah untuk investasi dalam bentuk emas.

    Dan ya, kalau emas perhiasan itu harga jualnya ancur banget. Kena potongan per gram 25rb kalau di daerah saya.

    BalasHapus
  52. Kalau saya lebih suka perhiasan sih Mba Dian, bisa dipakai plus jadi investasi juga. Belum pernah sih beli antam buat invest.

    BalasHapus
  53. Saya lebih suka emas perhiasan, bisa investasi plus bisa berhias juga hehe, antam ada sih tapi engga gede - gede,hehe, Emang lebih untung emas batangan sih yah hehhe

    BalasHapus
  54. Saya sekarng lebih milih emas batangan mbak, karena punya perhiasan emas juga, jarang banget saya pakai, karena ribeut pakenya heuheu kalau emas batangan kan ga perlu dipakai, tapi lebih menguntungkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya kalau emas batangan ga perlu pakai...simpaaan aja!

      Hapus
  55. Kalau aku lebih suka beli emas batangan mba buat investasi. Soalnya nggak suka pakai perhiasan juga, hehe

    BalasHapus
  56. Tau ga sih mb Dian, aku tuu cuma punya kalung doang yg aku pakai itupun dikasih. Gak suka perhiasan aku, buat investasipun jg kurang sreg bikin hidup ga tenang kali yaa dirumah simpen perhiasan.

    Mungkin emang dasarnya akj type.tomboy kali ya🤭

    BalasHapus
  57. baruuu aja tadi diajak ibuku ke toko perhiasan
    wow melihat gelang, cincin, liontin aneka rupa berkilau shining gitu aku senang melihatnya tapi ga suka pakainya, hahaha
    lebih suka invest ke LM aja

    BalasHapus
  58. Aku juga dulu ngiranya invest di perhiasan begitu, ternyata lebih enak yang batangan yaa. Soalnya aku pribadi ga suka pakai. Ngeri hilang hahahaha lalu rugi~

    BalasHapus
  59. Wah.. Tosss kita kak Dian. Saya pun demikian. Tidak terlalu suka memakai emas banyak. Trus untuk perhiasan saya lebih suka emas putih atau platina

    Kalo emas batangan saya suka simpan untuk jaga-jaga saat terdesak karena emas lebih mudah dijual dibanding simpan tanah di saat kepepet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, kalau darurat bisa segera dijual dengan cepat

      Hapus
  60. Karena dari kecil tahunya emas perhiasan, kalau beli pasti yang perhiasan. Padahal bisa juga ya emas batangan buat investasi bahkan lebih baik nilainya dari perhiasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang baru marak belakangan ini ya emas batangan, Mba

      Hapus
  61. Sekarang kalau segala dipakai banyak yg nyindir dengan istilah toko berjalan, ya. Hahaha
    Semakmur apapun dia. Kalau segala dipakai di badannya malah risih memang. Alih alih dapat pujian yg ada bisabisa jadi objek tindakan kriminalitas ya. Ih takut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah takuuut, kena jambret malah membahayakan diri sendiri ya Teh Okti

      Hapus
  62. Aku lebih suka emas batangan karena ga biasa juga pake perhiasan. Paling cuma cincin mbak. Tapii kalau mbah dan ortu rasanya paling suka emas perhiasaan

    BalasHapus
  63. kalo buat investasi jangka panjang ya lebih memilih emas batangan kalo aku ya mba.
    soalnya harga jual juga relatif lebih tinggi dari emas perhiasan

    BalasHapus
  64. diriku tetep doyan dong ama emas batangan, selain sebagai investasi juga bisa dijadikan dana darurat kalau ada apa apa. lebih liquid dan harganya cenderung naek setiap tahun. mantep sih

    BalasHapus
  65. Tetap tim emas batangan wkwkwk. Karena mikirnya dulu kan nilai emas perhiasan bakalan turun seiring pemakaian, tapi kalau buat self reward dan sebagian orang jadiin invest aku no problem sih. Cuma lebih dnak emas batangan aja, selain tingkat karatnya yang gede, tapi kalau emas perhiasan ada yang udah 24k mah .. bisa dicoba sih wkwk

    BalasHapus
  66. Saya tim mencoba dua duanya hehe, pada dasarnya perempuan ngiler juga pergi ke toko emas. Pertama kali beli emas batangan itu gaji pertama saya ngajar. Alhamdulillah masih terjaga sampaii sekarang. Tapi kalau disuruh milih ya tetep dua duanya hehe

    BalasHapus
  67. Emas batangan menjadi pilihan utamaku, mbak Dian. Kalau ada rezeki lebih aku dan suami lekas membeli logam mulia. Aku ga demen pakai emas perhiasan karena kulitku sensitif sama benda2 yang menempel pada kulit hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bagus ini..ada rezeki langsung buat investasi

      Hapus
  68. Karena nggak suka pakai perhiasan, aku prefer emas batangan sih. Apalagi sekarang kemasannya tuh cakep-cakep, jadi seneng hehe.

    BalasHapus
  69. Saya pilih yg batangan, ya mau juga kalo yg perhiasan tp setau saya harga jual baliknya dipotong ini itu. Kalo batangan ngga pale surat harga sama dengan ketentuan harga pasaran hari itu. Setau saya itu begitu hihi

    BalasHapus
  70. jadi makin tau emas batangan manfaat dan nilai jualnya kayak gimana, tapi beneran lho, sy juga mikirnya emas batangan itu besar, apalagi gambarnya langsung mengarah ke emas batangan yg besar 😆😆 ternyata ada juga yg kecil ya dari emas kencana

    BalasHapus