Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Membuka Rekening Pegadaian Tabungan Emas

Sebulan yang lalu saya membuka rekening Pegadaian Tabungan Emas di cabang Pegadaian Syariah di dekat rumah saya. Sebenarnya sih ini bukan tabungan milik saya, tapi milik si bungsu. Jadi rekeningnya atas nama saya tapi pakai 'QQ' nama dia. 

FYI, QQ adalah Qualitate Qua, frasa berbahasa Latin yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “dalam kapasitasnya/kedudukannya sebagai wakil (yang sah) dari...." 

Bahasa awamnya, saya mewakili anak saya ini karena dia belum memiliki kartu identitas diri sendiri. 

Tapi kenapa sih pilih tabungan emas? Dan mengapa di Tabungan Emas Pegadaian Syariah?

Pegadaian Tabungan Emas


Tentang Tabungan Emas Pegadaian

Jadi ceritanya, ide membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian ini lahir saat saya menawarkan kedua anak remaja saya untuk menabung dengan lebih serius dari sebelumnya. Dulu, mereka punya rekening tabungan anak, (atas nama saya dan pakai QQ juga) yang berbeda bank dengan saya sehingga agak ribet untuk urusan setor/transfer maupun cek saldonya.

Karena kapan hari si sulung sudah punya KTP, akhirnya saya bukakan rekening tabungan atas nama dia di bank yang saya juga punya rekening di sana. 

Kenapa rekening tabungan? 

Karena tahun depan dia kuliah. Jadi sekalian bikin sekarang untuk mengajarkan dia mengelola uang saku yang saya transfer ke rekeningnya, belajar tarik/setor uang, menjalankan fitur ATM pun mengoperasikan mobile banking.

Kemudian, si bungsu saat saya tanya apa mau rekening tabungan saja seperti sebelumnya, eh ternyata nolak dia. Dia pilih tabungan emas saja.

Mengapa?

Dia tertarik waktu saya jelaskan nabung emas adalah salah satu alternatif investasi. Harga emas batangan yang cenderung terus mengalami kenaikan jadi alasan utamanya, karena simpanan berbentuk emas aman dari gerusan inflasi. 

Lalu saya googling, kalau nabung emas itu dimana sih. Saya ingat pernah baca pengalaman pribadi seorang teman blogger yang nabung emas di Pagadaian,. Nah, karena di depan gerbang komplek perumahan saya ada ruko dan ada Pegadaian (Syariah) di sana, saya ke sana saja untuk mudahnya.

Oia, sebenarnya enggak harus datang ke outlet Pegadaian kalau mau buka Tabungan Emas Pegadaian ini, tapi bisa juga secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa di-download di Playstore atau Appstore, yagesyaa

Namun, karena saya ingin memberikan pengalaman pada anak saya proses menabungnya maka saya memilih untuk datang ke kantornya saja. Jadilah sepulang sekolah saya mengajak dia ke Pegadaian Syariah. 

Nah, Pegadaian Syariah yang di dekat rumah saya ini menempati 2 kapling ruko berlantai dua dengan lantai satu adalah ruang layanan pelanggan. Kantornya nyaman, layanan karyawan juga mengesankan.

Saat tiba di tempat saya dan anak saya langsung disambut ramah oleh satpam dan ditanya tujuannya.

Lalu kami diarahkan ke petugas (kasir). Saya pun menjelaskan ingin membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian atas nama anak saya yang belum memiliki KTP sendiri. 

Lalu, saya dijelaskan, perihal Pegadaian Syariah yang berbeda ketentuan dengan Pegadaian biasa. Kemudian, untuk pembukaan rekening ada biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 40.000,-.. Jadi, total disetorkan di awal Rp 50.000

Nah, saya bisa menyetorkan uang tunai dalam jumlah berapa pun yang nantinya akan dikonversi ke dalam gram emas batangan sesuai dengan harga terbaru emas 24 karat yang berlaku.

Disebutkan nilai tergantung harga emas saat itu, yaitu Rp 899.900/gram. Di mana yang tertera di buku nanti nominal rupiah dan gram emasnya.

Lalu ditanya juga besaran uang yang akan ditabungkan untuk tabungan emas berapa. Kemudian Mbak Kasir meminta KTP saya dan bilang untuk menunggu.

Jadi formulirnya bukan saya yang isi sendiri, si Mbaknya yang nulis di formulir itu, sementara saya menunggu. Enggak lama saya dipanggil lagi dan diminta memeriksa formulirnya dan membubuhkan tanda tangan di sana.

Kemudian saya menyerahkan uangnya, lalu dicetaklah nilai tabungan di buku. Dan, sudah!

Kini si bungsu sudah punya rekening Tabungan Emas Pegadaian yang bisa di top up baik secara offline dengan mendatangi outlet Pegadaian Syariah maupun secara online di aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan Livin Mandiri. 

Lalu apa sih sebenarnya keuntungan nabung emas di Pegadaian Syariah? 

Tabungan Emas Pegadaian Syariah


Keunggulan Pegadaian Tabungan Emas


Nah, melansir dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, beberapa keunggulan tabungan emas syariah yang perlu diketahui, di antaranya: diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DSN-MUI) sehingga terjamin sesuai syariah Islam. 

Kemudian di Tabungan Emas Pegadaian Syariah, nilai aset aman, terjaga, dan bisa menjaga kekayaan dalam jangka panjang. Lalu, tabungan emas syariah memberikan bagi hasil yang kompetitif. Dan, bersifat likuid yang artinya dapat diuangkan dengan cara digadaikan apabila ada kebutuhan mendadak

Well, Tabungan Emas Pegadaian Syariah sebagai layanan penitipan saldo emas memang akan memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Di mana di sini dirimu bisa melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Terus keunggulannya Pegadaian Tabungan Emas (Titipan Emas Pegadaian) ini apa?
  1. Mudah: Tabungan Emas tersedia diseluruh outlet Pegadaian dan melalui Aplikasi Pegadaian Syariah Digital Service maupun Agen Pegadaian Syariah di penjuru Tanah Air
  2. Biaya administrasi dan pengelolaan ringan
  3. Dikelola secara profesional dan transparan
  4. Dijamin karatase 24 karat
  5. Harga jual dan buyback yang kompetitif
  6. Nasabah dapat melakukan buyback mulai dari 1 gram
  7. Nasabah dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram.
  8. Nasabah dapat melakukan pembelian Tabungan Emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram
  9. Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari kepingan 1 gram.

Wah, banyak ya keunggulan menabung di Tabungan Emas Pegadaian Syariah, meski memang menabung Tabungan Pegadaian Emas juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti, saldo emas Pegadaian tabungan emas tak bisa langsung dikonversi menjadi emas batangan fisik karena harus menunggu beberapa hari di kantor cabang pembukaan. 

Permohonan pencetakan emas juga akan dikenakan biaya, baik untuk pencetakan emas Antam, UBS, maupun emas batangan Galeri 24. Kekurangan lainnya yakni harga pembelian kembali atau buyback yang lebih rendah ketimbang harga beli emas dari Pegadaian, sehingga investasi tabungan emas Pegadaian hanya menguntungkan untuk jangka panjang, bukan untuk investasi jangka pendek.

Nah itulah pengalaman saya membuka rekening Pegadaian Tabungan Mas (Titipan Emas Pegadaian) di Pegadaian Syariah untuk anak saya, semoga bermanfaat yaaa. Oia, sampai saat ini saya belum top up lagi sehingga belum saya tuliskan ceritanya di sini, Insya Allah saya update jika memang ada transaksi lainnya, yagesya.

Sementara itu jika dirimu perlu bacaan segar seputar kesehatan umum, kesehatan anak, kesehatan bayi, breastfeeding, tumbuh kembang anak, parenting dan printilannya, boleh banget lho ke blog teman saya, Dokter Taura, seorang Dokter Anak yang juga ngeblog di www.doktertaura.com. Dijamin drimu bakal nemu bacaan yang sebenarnya bertema agak berat tapi ditulis dengan ringan dan menyenangkan. Udah deh, ke sana aja biar enggak penasaran!

See Ya!💝


Happy Sharing

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

18 komentar untuk "Pengalaman Membuka Rekening Pegadaian Tabungan Emas "

  1. Wah terima kasih nih mbak untuk ulasannya yang sangat lengkap.

    Emas memang selalu menguntungkan untuk investasi jangka panjang, agar dana yang kita miliki tidak tergerus inflasi.

    Apalagi sekarang pegadaian juga ada tabungan emas untuk naik haji ya mbak.



    BalasHapus
  2. Waah... sama dong mba, saya juga nabung emas di pegadaian syariah, begitu juga anak bungsu saya. Kalau yg besar, nabung di bank biasa aja katanya :)

    BalasHapus
  3. Waah .. saya pun pernah nanya ke Pegadaian Syariah, bagaimana kalau anak mau dibuatin tabungan. Nah iya, seperti yang Mbak Dian tulis di sini. Cuma saya biasanya nyetor offline, belum coba menghubungkan ke Bank Mandiri padahal bisa ya.

    BalasHapus
  4. Baca sekali dua kali baru paham. Tapi saya nanti balik lagi ya. Hehehe.. Secara saya kepikiran juga mau buka rekening pegadaian syariah cuma belum kesampaian saja secara pikir saya lokasinya jauh, ada di kota kabupaten tiga jam kendaraan. Kalau bisa online saya akan makin serius nih sepertinya

    BalasHapus
  5. Baru tau sekarang pegadaian bisa buka rekening tabungan emas. Jadi ga usah nyetok emas batangan dulu ya kalau ga mau diambil bentuk fisiknya

    BalasHapus
  6. Membuka rekening tabungan emas di Pegadaian memberikan kita kemudahan dalam berinvestasi logam mulia ya mbak

    BalasHapus
  7. Baru tahu dengan produk ini di pegadaian syariah. Tapi belum tahu juga sisi syariahnya dibolehkan atau tidak ya nabung emas. Secara bermanfaat banget bagi masa depan anak-anak. Thanks edukasinya

    BalasHapus
  8. saya juga mba, sdh lama punya pegadaisn tabungan emas. menurutku lbh enak dan efisien punya tabungan seperti ini utk investasi jangka panjang

    BalasHapus
  9. Bisa dicoba untuk anakku nih mba. Khawatir banget sama dana pendidikan yang semakin tahun semakin entahlah

    BalasHapus
  10. thank you infonya mbak, aku masih maju mundur buat bikin rekening di pegadaian. Jadi tercerahkan deh sekarang

    BalasHapus
  11. saya aslinya masih bingung sih sama tabungan emas ini mengingat harga emas yang fluktuatif. jadi kalau misalnya kita nambah uangnya yang berubah gramasi emasnya ya, mbak? trus nanti kalau diambil bisa dalam bentuk emas?

    BalasHapus
  12. waaah aku baru tahu ini mbak, bisa buat tabungan emas nih, meluncurt langsung tanya tanya ke pegadaian untuk sistem beli emasnya via ini hihihi

    BalasHapus
  13. Menarik juga nih menabung emas di Pegadaian. Meski sekarang harga emas udah lumayan, bisa nabung dikit-dikit buat nanti dapat emas ya Mba. Emang saya juga lebih suka investasi emas sih. Jadi kepikiran buat bikin tabungan emas di Pegadaian juga

    BalasHapus
  14. Yeaay~
    Aku mau instal aplikasi Pegadaian Syariah juga.. Karena dulu duluuu banget pernah membuka rekening Pegadaian Tabungan Emas.
    Rasanya mungkin bisa dimanfaatkan kembali nih.. sebagai investasi yang aman dan menguntungkan.

    BalasHapus
  15. ternyata banyak sekali ya keuntungan menabung emas di Pegadaian ini, dari dulu teman suka ajak untuk menabung emas di sini, sayangnya saya masih belum jelas infonya, baca ini jadi clear banget infonya

    BalasHapus
  16. Terima kasih informasinya, Mbak. Mau nanya, harga emas kan fluktuasi naik turun, apakah itu nanti akan berpengaruh terhadap bunga tabungan jugakah? Minimal buka tabungan berapa ya?

    BalasHapus
  17. Anak-anak juga bisa nabung emas ternyata pakai QQ.
    Ngga cuma nabung, tapi juga sekalian ngenalin anak pentingnya investasi buat jangka panjang di tabungan emas Pegadaian Syariah.

    BalasHapus
  18. Investasi yang aman saat ini memang emas ya mba. Jadi pengen buka juga nih tabungan emas di Pegadaian Syariah. Semoga bisa menyisihkan sebagian rejeki untuk disimpan di tabungan emas.

    BalasHapus