Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang CCTV di Toko Anda!

Kamera CCTV di toko bermanfaat untuk berbagai hal. Pertama, penjual lebih mudah untuk mengawasi seluruh toko. Kemudian, karyawan maupun pembeli terpantau dari layar monitor. Kamera CCTV, membuat pembeli yang masuk toko pun merasa aman, karena toko yang didatanginya dilengkapi dengan sistem CCTV. Nah, karenanya, sebelum memasang CCTV di toko Anda, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang CCTV di Toko Anda!
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-perbelanjaan-toko-rak-pakaian-5864245/
  

Pasang Paket Kamera CCTV di Toko dengan Tepat


Well, sebelum memasang kamera pengintai di toko, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari posisi, akses, sampai hukum pemasangan CCTV di area publik. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipahami sebelum memasang paket CCTV di toko Anda!

1. Pilihan Kamera

CCTV di toko bisa berarti memilih CCTV indoor atau outdoor. Bila Anda berada dalam kompleks perbelanjaan atau mall, mungkin hanya perlu CCTV dalam ruangan saja alias indoor. Kalau toko Anda memiliki area parkiran juga, memilih CCTV indoor dan outdoor bisa jadi opsinya.

Opsi kamera juga terdiri dari pilihan kamera dengan kabel atau wireless. Tampilan toko akan terlihat rapi dengan CCTV tanpa kabel. Tapi bila ingin pilihan yang lebih manual, CCTV dengan kabel bisa jadi pertimbangan. Maka, Anda perlu mengetahui semua opsi yang ada sebelum menjatuhkan pilihan.
 
2. Jumlah Kamera

Jumlah kamera tergantung dengan luas dan desain toko Anda. Semakin luas tentu memerlukan lebih banyak CCTV. Tiap kamera memiliki jangkauan tersendiri, pastikan jumlah kamera sesuai dengan luas tokonya. Dengan demikian, tidak ada sudut buta yang tidak terlihat oleh kamera.

Anda dapat memfokuskan area krusial seperti pintu masuk dan kantor sebagai pusat perhatian. Untuk lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan pihak pemasang CCTV yang Anda gunakan jasanya untuk memasang kamera pengintai di toko Anda.
 
3. Lokasi Pemasangan

Kamera CCTV umumnya ditempatkan di sudut-sudut ruangan. Perhatikan juga bentuk toko untuk dapat memantau seluruh area secara optimal. Arah kamera juga menentukan hasil rekaman video CCTV yang akan Anda peroleh. Umumnya kamera ditempatkan pada pojok atas ruangan, untuk bisa melihat ke sudut tertentu.
 
4. Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang diterima sangat tergantung dengan jenis kamera yang Anda pilih beserta resolusinya. Semakin tajam hasil rekaman video maka semakin bagus kamera pengintai yang Anda miliki. Satuan Television Lines (TVL) mewakili kerapatan garis vertikal dari CCTV ke layar. TVL yang tinggi berarti kualitas gambar video CCTV juga akan makin tinggi.

Sebagai informasi, kamera resolusi rendah dan medium berkisar antara 420-480 TVL. Kamera dengan 700 TVL adalah ciri CCTV dengan resolusi tinggi. Anda bisa melihat spesifikasi untuk memastikannya. Kamera yang juga sudah HD akan memberikan tampilan gambar yang jernih.
 
5. Fitur Pendukung

Paket Kamera terdiri dari kamera pengintai, monitor dan berbagai fitur pendukung lainnya. Kamera wireless membutuhkan koneksi internet, kalau CCTV analog memerlukan perekam DVR, hard disk dan berbagai fitur pendukung lainnya.

Ada juga kamera yang canggih lengkap dengan infra merah dan bahkan suara. Jadi, sebelum memasang CCTV, Anda perlu ketahui fitur pendukung yang dimiliki kamera dan manfaatkan secara optimal. Jadi, semua kebaikan yang ditawarkan CCTV bisa dipakai sesuai kapasitasnya.

6. Dasar Hukum

Memasang kamera di toko Anda mungkin seperti hal yang sederhana. Tapi, sebenarnya ada aturan untuk pemasangan CCTV di area publik. Apalagi bila toko Anda berada dalam mall atau pusat perbelanjaan, Anda mengikuti aturan yang sudah mereka buat sebelumnya. Oleh karena itu, cari tahu tentang aturan pasang CCTV di area dimana toko Anda berada.
 
7. Kemudahan Pemasangan

CCTV dalam toko dengan platform rendah bisa memakai kursi atau tangga untuk memasangnya. Tapi kalau toko memiliki platform tinggi dan rapat, tentu akan sulit untuk memasang CCTV. Sebelum Anda membeli dan memasang CCTV, perhatikan area toko dan putuskan bagaimana cara pemasangannya.

Pada umumnya, penyedia CCTV akan menawarkan layanan pasang gratis bagi pelanggannya. Kalau Anda bisa menemukan penyedia layanan CCTV seperti ini, tentu pemasangan akan lebih mudah. Anda juga memiliki penyedia layanan yang handal dan bisa dihubungi ketika ada masalah di masa yang akan datang.

Keunggulan Memasang CCTV Hikvision ColorVu
sumber: https://www.vecteezy.com/photo/5440307-image-of-cctv-security-camera-on-blurred-coffee-shop-background
  

Keunggulan Memasang CCTV Hikvision ColorVu


Gimana, jadi tercerahkan kan dengan informasi hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang CCTV di toko Anda?

Nah, seri ColorVu dari Hikvision adalah pilihan paket CCTV untuk toko Anda. Lensa canggihnya ditambah dengan sensor kinerja tingkat tinggi membuat produk ini bisa diandalkan untuk merekam aktivitas dalam dan luar toko dengan jernih, bahkan dengan pencahayaan minimum. 

Enggak hanya itu, beberapa keunggulan Hikvision ColorVu lainnya akan membuat Anda lebih yakin untuk memakainya, antara lain: 

1. Data Warna Sesungguhnya

Hikvision ColorVu memberikan informasi warna yang realistis layaknya tampilan nyata. Hal ini berkat render warna akurat didukung dengan kinerja luar biasa dari paket kamera pengintai ini. Bahkan ketika toko gelap karena semua lampu dimatikan ketika toko sudah tutup. Kamera tetap bisa menangkap adanya pergerakan bahkan di tempat dengan cahaya rendah

2. Rekaman Detail Yang Handal

CCTV Hikvision ColorVu adalah paket kamera pengintai dengan tampilan berwarna. Tentu, detail informasi bisa lebih beragam dan handal karena pencitraannya berwarna. Jenis kamera ini bukan layanan CCTV yang menayangkan tampilan hitam dan putih.

3. Visualisasi Optimal

Anda bisa mengandalkan CCTV yang memiliki tingkat kecerahan seimbang dan juga stabil. Dengan demikian, memakai Hikvision ColorVu adalah keputusan yang tepat. Hikvision mengadopsi teknologi Apertur super F1.0 untuk menghasilkan render yang nyata.

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan sensor lanjutan yang berani memberikan jaminan hasil renderan yang realistis. Seri ColorVu memberikan pengalaman tak terlupakan dari pemasangan sistem CCTV yang handal dan berkualitas.

Jadi, Anda yang mempertimbangkan pemasangan kamera CCTV di toko bisa memilih seri Hikvision ColorVu sebagai pilihannya. Kamera pengintainya didukung dengan teknologi canggih dengan memakai IP yang handal yang membuat Anda bisa memberikan proteksi terbaik dengan memilih CCTV paket hanya dari Hikvision! 💖



Happy Sharing

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

10 komentar untuk "Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang CCTV di Toko Anda!"

  1. Pasang CCTV di toko lebih bikin nyaman ya, mba. Apalagi kalo ada insiden barang hilang atau kejadian tak terduga bisa cek lewat CCTV. Jadi keinget kejadian temen ada yang motornya hilang di kantornya, sayangnya ga ada CCTV nya. Jadi malah ngecek kronologi dari CCTV toko sebelah.

    BalasHapus
  2. Ternyata ada aturannya juga pasang CCTV ya, mungkin karena di wilayah publik kali ya, jangan sampai pasang CCTV di kamar ganti buat yang usaha jualan baju misalnya :D
    Sekarang tuh yang namanya CCTV udah ada di mana-mana, senang banget ya rasanya karena hal itu sangat bisa mengantisipasi kejahatan yang ada.
    Dan yang pasti, harus pakai CCTV yang mumpuni kayak CCTV Hikvision ColorVu ini ya

    BalasHapus
  3. kebetulan banget kawasan tempat saya tinggal sedang berencana memasang cctv
    dan anak saya latah ingin pasang di rumah juga
    agar aman dan nyaman
    ColorVu dari Hikvision sangat recommend ya?
    saya cek di marketplace langganan ada dong
    asyikkk

    BalasHapus
  4. Ternyata benar. Kita nggak bisa pasang CCTV sembarangan. Selain karena untuk memastikan nggak ada area buta. Tapi juga karena ada peraturan untuk pasang CCTV di areal umum ya, Kak....

    BalasHapus
  5. Ternyata ada aturan hukumnya juga ya untuk memasang CCTV, terutama di area publik. Kirain yang suka-suka pihak pemasangnya aja (pemilik toko).

    Banyak banget macam kamera CCTV ini ya, kualitas rendah, menengah dan bagus pun ada. Jadi sebelum memasang memang mesti jeli dulu supaya tak salah pilih jenis kameranya

    BalasHapus
  6. Karena aku buka toko di depan rumah sekarang, aku kepikiran buat pasang cctv sih. Tapi di meja kasir, nggak di atas. Percuma kalau orangnya pakai helm, nggak kelihatan. Cari yg bener2 clear kelihatan wajah harganya berapa ya. Pasti nggak murah.

    BalasHapus
  7. Kalau toko di daerah rame memang baiknya ada CCTV. Dan harus yang all in karena ga cuma pasang saja.

    BalasHapus
  8. Kualitas gambar dari CCTV jadinya kalau mau cek ada apa-apa bisa lebih tegas kelihatan. Soalnya kalau agak rendah resolusinya jadinya burem.

    BalasHapus
  9. CCTV emang kebutuhan penting untuk keamanan toko ya mbak
    Harus pilih yang memiliki kamera terbaik, agar jelas menangkap gambar

    BalasHapus
  10. Keren yaa.. Karena zaman sekarang sudah ada CCTV yang memungkinkan seseorang bisa dibuktikan ketika melakukan sesuatu. Dengan resolusi gambar yang oke dan warna yang bagus, semakin mudah melihat apa yang sedang terjadi secara real-time.

    BalasHapus