Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Nyeri Otot dan Penanganan Tercepatnya

Ayah Bunda, pernah enggak sih mengalami nyeri otot? Kalau saya, sesuai jumlah usia pernah beberapa kali mengalaminya. Meski memang bukan usia yang bicara, karena cedera jenis ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Lantaran penyebab utamanya seringkali adalah tekanan atau aktivitas fisik yang berlebihan pada titik tertentu. Karenanya Ayah Bunda perlu mengenali nyeri otot dan tahu penanganan tercepatnya!



Well, nyeri otot alias mialgia adalah nyeri yang dirasakan di jaringan otot tubuh, dan lokasinya cukup bervariasi dari orang ke orang tergantung pada kepadatan serta jenis aktivitasnya. 

Lalu, mengapa anak-anak bisa kena, karena faktanya anak-anak usia ini lebih fokus pada bermain daripada fokus akan kondisi seperti sakit yang dirasakan. Pada umumnya nyeri otot pada anak juga lebih menyiksa, karena bokong masih terkekang, rasa sakit lebih tajam dan lebih intens saat istirahat.

Pertolongan Pertama untuk Nyeri Otot


Nah, jika si Kecil mengalami nyeri otot atau keseleo ringan, jangan panik ya Ayah Bunda. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama. Penanganan ini meliputi:

Gunakan kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan nyeri otot dan keseleo ringan. Suhu dingin yang diterapkan pada kulit "membekukan" saraf yang sakit, membantu rasa sakit mereda secara perlahan. 

Kompres dingin ini dapat dilakukan dengan merendam handuk dalam air es atau dengan membungkus es batu dengan kain dan meletakkannya di area yang sakit, ya ...

Minum obat pereda nyeri

Oia, si Kecil mungkin mengalami nyeri otot atau keseleo yang sangat mengganggu sehingga berbagai langkah di atas mungkin tampak tidak berhasil. 

Untuk kenyamanannya, Ayah Bunda dapat memberikan obat pereda nyeri atau pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, dalam dosis yang tepat yang tertera pada kemasan. Obat ini meningkatkan daya tahan tubuh terhadap nyeri, bekerja dengan cara meredakan nyeri secara bertahap dan mengistirahatkan tubuh. anak sampai ototnya tidak nyeri lagi.

Oleskan salep yang mengandung kayu putih

Well, bukan rahasia lagi bahwa bahan alami seperti kayu putih efektif meredakan ketegangan otot. Ayah Bunda bisa mengoleskan salep berisi isinya ke bagian tubuh anak yang sakit. 

Jika salep yang digunakan mengandung kapur barus, yang paling efektif adalah yang mampu mengurangi nyeri otot seperti Zambuk. 

Ya, Zambuk, salep yang dapat diandalkan dalam situasi ini karena mengandung bahan-bahan alami seperti kayu putih yang dikenal dapat meredakan nyeri otot dan gigitan serangga.

Tentang Salep Zambuk


Nah, Salep Zambuk merupakan salep berwarna hijau digunakan untuk membantu meredakan rasa nyeri, dan gatal-gatal yang berkaitan dengan luka ringan, gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk, serta membantu meredakan memar dan terkilir ringan. Dapat digunakan untuk penggunaan luar atau obat mulai dari anak usia 2 tahun ke atas, pemakaian Zambuk pada anak-anak di bawah 12 tahun harus dengan pengawasan orang tua. 

Zambuk berbahan aktif dengan minyak eukaliptus (eucalyptus oil), minyak kapur barus (camphor), minyak Thyme (Thyme Oil) dan Colophony yang bermanfaat meredakan gatal karena digigit nyamuk, memar serta nyeri yang berkaitan dengan luka ringan.

Sementara untuk petunjuk penggunaan Salep Zambuk yang berisi camphor dan minyak eukaliptus yang berkhasiat menghangatkan kulit, menghilangkan gatal-gatal dan rasa sakit yang ringan ini, yakni:

  1. Oleskan dengan lembut pada tempat yang terkena
  2. Bila perlu, tutup dengan kasa steril
  3. Pentingnya menjaga kebersihan harus diutamakan (Bila terdapat kotoran, kuman, atau kontaminasi lainnya maka ini tidak hanya memperlambat penyembuhan tetapi akan menambah iritasi pada permukaan yang meradang)
  4. Segera tutup kembali kaleng kemasan setelah menggunakan Zambuk 
  5. Simpan di bawah suhu 30°C

Penutup


Nah Ayah Bunda, nyeri otot dapat muncul kapan saja ketika anak bermain bersama teman-temannya atau ketika berolahraga. Meski jenis cedera ini dapat sangat menyakitkan terutama pada anak, tetapi bisa diatasi dengan cepat menggunakan pengobatan yang tepat.💙


Salam Sehat

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Mengenali Nyeri Otot dan Penanganan Tercepatnya"