Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal Ini Agar Mendapat Nilai Maksimal Obligasi

Ada banyak jenis investasi di pasar modal, di antaranya yaitu surat utang atau Obligasi. Obligasi adalah pinjaman yang Anda (investor) berikan kepada perusahaan atau Pemerintah (peminjam). Jenis Obligasi ada beberapa macam dan masing-masing memberikan keuntungan berupa kupon Obligasi kepada investor dalam waktu yang disepakati.

Meskipun investasi Obligasi mempunyai waktu jatuh tempo, bukan berarti investasi ini harus dipegang sampai waktu jatuh tempo. Pasalnya Anda bisa memperjual belikan beberapa jenis Obligasi di Pasar Sekunder. Lantas, apa yang harus dilakukan agar nilai Obligasi yang didapatkan maksimal? 

Nah, sebelum memaparkan hal tersebut lebih dalam, yuk kenali terlebih dahulu faktor yang mempengaruhi nilai sebuah investasi Obligasi ini!

Perhatikan Hal Ini Agar Mendapat Nilai Maksimal Obligasi
Sumber: https://unsplash.com/photos/jpqyfK7GB4w

Faktor yang Memengaruhi Nilai Obligasi Naik Turun


Well, saat melakukan investasi pada instrumen Obligasi, ada dua jenis keuntungan yang didapatkan yaitu kupon Obligasi dan capital gain. Capital gain bisa terjadi jika Anda berhasil menjual Obligasi lebih tinggi dari harga beli. Salah satu Obligasi yang dapat diperjualbelikan di pasar sekunder adalah Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (SR), dan Surat Berharga Negara (SBN). Beberapa hal yang menjadi faktor naik turunnya Obligasi yakni:
  • Adanya pergerakan suku bunga acuan yang mempengaruhi pergerakan nilai investasi obligasi. Apabila suku bunga acuan mengalami penurunan, maka harga obligasi akan mengalami kenaikan sehingga yield obligasi turun. sebaliknya, apabila suku bunga acuan mengalami kenaikan, harga obligasi akan turun sehingga yield naik.
  • Lamanya tenor investasi obligasi. Tenor merupakan masa berlaku sebuah investasi obligasi sampai jatuh tempo. Apabila jatuh tempo tiba, uang pokok akan dikembalikan kepada investor. Kemudian, semakin panjang tenornya, semakin volatil harganya karena sensitif terhadap berubahnya suku bunga.
  • Terjadinya inflasi karena naiknya harga pangan dan minyak di seluruh dunia yang menyebabkan melemahnya daya tarik aset domestik. Bagi investor, saat terjadi kenaikan inflasi, bukan tidak mungkin bank akan menaikkan suku bunga. Kenaikan harga minyak membuat Pemerintah menambah anggaran negara dan meningkatkan angka defisit.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Obligasi Mencapai Nilai Maksimal


Jenis Obligasi yang diambil oleh investor memang memberikan potensi keuntungan di masa depan, akan tetapi Anda tidak boleh asal saat menjalankan investasinya. Meskipun investasi obligasi terbilang berpotensi menguntungkan, tapi pahami juga beberapa risiko.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar hasil Obligasi maksimal.

Pilih Waktu Tepat untuk Bertransaksi

Di dunia investasi, waktu merupakan hal penting yang menentukan apakah investor untung atau rugi. Seperti yang Anda ketahui, Obligasi di pasar sekunder memberikan kesempatan kepada Anda untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Anda bisa mengatur kapan membeli Obligasi dan kapan harus menjualnya di pasar sekunder, sebab investasi Obligasi berpotensi mendapat capital gain yang tinggi jika Anda berhasil menjual Obligasi lebih tinggi dibandingkan saat Anda membelinya.

Ikuti Rate Suku Bunga

Ketika berinvestasi, harus dipahami bahwa harga Obligasi berbanding terbalik dengan nilai suku bunga dan yield (imbal hasil Obligasi). Harga Obligasi bisa saja naik atau turun karena suku bunga dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda perlu menentukan waktu yang tepat melakukan transaksi Obligasi di pasar sekunder.

Pilih Penerbit Obligasi yang Terpercaya

Penerbit Obligasi ada dua jenis, yaitu Pemerintah dan perusahaan. Saat Anda memilih sebuah penerbit Obligasi terpercaya, perhatikan rating Obligasi tersebut. Rating ini mencerminkan risiko gagal bayar bunga.

Obligasi yang memiliki rating AAA terbilang tinggi dan risikonya rendah. Maka, rating AA, A, BB, dan seterusnya menandakan rating Obligasi yang lebih rendah. Makin tinggi peringkat sebuah Obligasi, potensi gagal bayarnya semakin rendah. Tentu saja ini harus diperhatikan agar gagal investasi tidak terjadi pada Anda.

Oleh sebab itu, peringkat Obligasi yang baik diikuti oleh tingkat pemberian kupon yang rendah karena risikonya pun rendah. Sebaliknya, makin rendah peringkat Obligasi, risiko gagal bayar semakin tinggi, sehingga perusahaan akan menawarkan imbal hasil tinggi supaya daya tarik investor terhadap Obligasi tinggi.


Jenis Obligasi
https://unsplash.com/photos/joqWSI9u_XM

Investasi Obligasi? DBS Treasures Pilihan Yang Tepat


Percayakan investasi Anda pada perbankan prioritas DBS Treasures. DBS Treasures adalah mitra manajemen kekayaan yang bisa mengelola keuangan Anda untuk masa depan. Di atas sudah dijelaskan beberapa hal mengenai faktor yang mempengaruhi nilai Obligasi dan cara yang tepat untuk mendapatkan nilai Obligasi maksimal.

DBS Treasures mempunyai keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri dan mendukung Anda agar yakin berinvestasi. Apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan apabila menginvestasikan dana Anda? Beberapa di antaranya yaitu:

1. Kupon Reguler

Keunggulan yang bisa didapatkan oleh investor dari DBS Treasures adalah kupon yang akan dibayarkan secara berkala oleh penerbit Obligasi.

2. Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi yang ada dapat dijual kapanpun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi. Keuntungan seperti ini disebut dengan capital gain. Capital gain merupakan bentuk keuntungan yang tidak bisa diremehkan dari obligasi.

3. Kupon Kompetitif

Kupon yang diberikan oleh Obligasi terbilang sangat kompetitif bahkan di atas rata-rata Deposito berjangka. Hal ini tentu saja menarik dari Obligasi dan patut diperhitungkan oleh para investor, terutama investor baru.

4. Tidak Ada Biaya Tambahan

DBs Treasures tidak mengharuskan investor mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer) yang perlu dikeluarkan.

5. Transaksi 24/7

Selanjutnya, ada banyak ragam produk Obligasi yang tersedia untuk diperjualbelikan oleh investor di Aplikasi digibank by DBS.

Itu dia informasi mengenai investasi Obligasi yang berfokus pada faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai Obligasi dan hal yang harus diperhatikan agar nilai Obligasi maksimal. Pastikan Anda sudah memahami jenis Obligasi untuk menentukan Obligasi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Oia, pelajari informasi lebih lengkapnya di sini ya....Yuk, segera tentukan pilihan dan nikmati keuntungan yang ditawarkan oleh DBS Treasures!💝


Salam Semangat

Dian Restu Agustina












Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Perhatikan Hal Ini Agar Mendapat Nilai Maksimal Obligasi"