Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Hotel di Madiun

Gaess, beberapa hari terakhir saya sibuk browsing rekomendasi hotel di Madiun. Rencananya, minggu depan habis rapotan, saya dan keluarga akan mudik ke sana. Tepatnya, ke Madiun - kampung (alm)  Mertua, dan ke Kediri - tempat tinggal Orangtua saya.

Nah, karena Bapak dan Ibu Mertua saya sudah meninggal dunia, maka kini kami kalau pulang ke Madiun hanya satu - dua hari saja. Nengokin rumah Mertua yang selama ini dititipkan ke tetangga, nyekar, jalan-jalan, plus kulineran.

Karenanya, kami perlu memesan penginapan yang nyaman yang pastinya harganya pun aman! Sehingga meski hanya sehari dua hari, kami bakal bisa beristirahat di kota yang ternama dengan Pecel Madiunnya ini.

Etapiii, kamu sudah tahu belum sih dimana itu Madiun?


Tentang Kota Madiun


Well, Kota Madiun adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 111 km sebelah Timur Solo, Jawa Tengah  dan160 km sebelah Barat Surabaya, atau gampangnya berada di jalur Solo - Surabaya

Kota ini secara administrasi terdiri atas 3 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Mangunharjo, Kecamatan Taman, dan Kecamatan Kartoharjo dengan 27 kelurahan, dan memiliki julukan:
  • Kota Gadis (Perdagangan, Pendidikan, dan Perindustrian)
  • Kota Sepur: karena memiliki arus lalu lintas kereta api (sepur) yang ramai
  • Kota Industri: di kota ini terdapat pusat industri kereta api (INKA) dan industri lainnya
  • Kota Pecel: punya Pecel Madiun yang khas
  • Kota Brem: ada makanan khas Brem
  • Kota Pendekar: ada banyak perguruan silat 
Nah, dari sejarahnya, Madiun merupakan suatu wilayah yang dirintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumeno atau biasa disebut Ki Ageng Ronggo. Asal kata Madiun sendiri diartikan dari kata "medi" (hantu) dan "ayun-ayun" (berayunan). Karena ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun" terjadi banyak hantu yang berkeliaran. Penjelasan kedua karena nama keris yang dimiliki oleh Ronggo Jumeno bernama keris Tundhung Medhiun. 

Sejak awal Madiun merupakan sebuah wilayah di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram yang sangat strategis mengingat wilayahnya terletak di tengah-tengah perbatasan dengan Kerajaan Kadiri (Daha). Oleh karena itu pada masa pemerintahan Mataram banyak pemberontak-pemberontak kerajaan Mataram yang membangun basis kekuatan di Madiun. 

Sejak masa Hindia-Belanda, Madiun adalah suatu gemeente yang berpemerintahan sendiri (swapraja) karena komunitas Belanda yang bekerja di berbagai perkebunan dan industri tidak ingin diperintah oleh Bupati (yang adalah orang Jawa). Sebagai suatu kota swapraja, Madiun didirikan 20 Juni 1918, dengan dipimpin pertama kali oleh asisten residen Madiun. Baru sejak 1927 dipimpin oleh seorang walikota.

Oia, dulu, kota ini merupakan pusat dari Karesidenan Madiun, yang meliputi wilayah Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan. Tapi, meski berada di wilayah Jawa Timur, secara budaya Madiun lebih dekat ke budaya Jawa Tengahan (Mataraman atau Solo-Yogya), karena Madiun lama berada di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram.

Lalu, kalau ke Madiun bisa ngapain aja sih ya?

Banyaaaak, kamu bisa berwisata ke: Malioboro Madiun, Wana Wisata Grape, Monumen Kresek, Taman Rekreasi Umbul, Air Terjun Krecekan Denu, Air Terjun Serondo, Dumilah Park, Waduk Kedungbrubus, Situs Nglambangan, Bendungan Bening, Sun City And Theme Park Madiun, Wisata Dumilah Waterpark, Wisata Air Terjun Seweru....dan masih banyak yang lainnya.

Jangan lupa juga kulineran ke: Depot Nasi Pecel 99, Rumah Makan Lombok Idjo, Dawet Suronatan, Warung Om Breng, Ayam Goreng Pemuda Madiun, Soto Ayam Kondang, Warung Nasi Pecel Yu Gembrot, Ayam Goreng Kemangi, Nasi Pecel Pojok Madiun, Ayam Bakar Cobek Madiun, Rumah Makan Itik Mas, Lesehan Ayam Panggang Banjarejo, Gado Gado dan Tahu Campur Pak Tomo, Warung Soto Ayam Jawa Resep Pak To,....dan lainnya.

Juga, ingat beli oleh-oleh ya: sambal pecel Madiun, brem, kerupuk lempeng, madu mongso, bluder Cokro, dan kawan-kawan.

Tips Wisata ke Madiun

Melakukan perjalanan dengan budget hemat tentu menjadi pilihan. 

Maka, pertama lakukan persiapkan dengan riset dan tentukan anggaran. Browsing info terlebih dahulu perihal tempat-tempat apa saja yang bisa dikunjungi dan akomodasinya nanti. Seperti, pilihan transportasi untuk menuju Madiun ada banyak pilihan rute kereta api dari kelas eksekutif hingga kelas ekonomi. Demikian juga rute bis, karena berada di jalur Solo-Surabaya, pilihan bis yang melewati kota ini pun banyak tersedia. Juga, jika kendaraan pribadi yang jadi pilihannya, tol Trans Jawa pun bisa dilewati ke kota Madiun dengan mudahnya.

Kedua, gunakan transportasi umum selama di sana untuk menghemat anggaran liburan. Atau jika perginya rombongan bisa pakai mobil ojek online atau sewa kendaraan dengan biaya patungan. Beberapa tempat juga bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari penginapan jika memungkinkan. FYI, ada juga Madiun Bus on Tour (Mabour) yang gratis untuk wisatawan dengan rute keliling kota.

Ketiga, tentukan tempat menginap atau hotel saat berada di Madiun. Pilihlah yang seusai dengan anggaran, salah satunya adalah hotel-hotel budget yang berada di bawah naungan RedDoorz. Sehingga dompet aman, istirahatmu pun juga dijamin tetap nyaman.

Rekomendasi Hotel di Madiun Versi Budget-Friendly dari RedDoorz 


Nah, perihal penginapan, ini dia 5 hotel di Madiun versi budget-friendly dari RedDoorz. Intip fasilitas dan harganya yuk!


1. RedDoorz near Alun Alun Madiun



Lokasi: Jalan Kapuas 95 Madiun (Rp 177.000)

Pilihan akomodasi ideal untuk Backpacker, Liburan Keluarga, dan Perjalanan Bisnis. RedDoorz near Alun Alun Madiun dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan, seperti; Desk, Pemanas Air, Kamar Non-Smoking, Area Merokok, Area Parkir, dan Resepsionis 24 Jam.

Lokasi Guest House juga dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama, seperti Suncity Mall Madiun (3,6 km), Lawu Plaza & Plaza madiun (3,2 km), President Plaza Madiun (2,2 km), Alun Alun Madiun (1,6 km), Lapangan Olahraga GULUN Madiun (1,6 km), GOR Wilis Madiun (3,4 km), Stasiun Madiun (3,6 km), dan Monumen Perjuangan Peta Madiun (3,1 km).


2. RedDoorz Syariah near Politeknik Negeri Madiun



Lokasi: Jl. Serayu, Perum Mutiara Kencana No. 1, Madiun (Rp 162.000)

Pilihan akomodasi ideal untuk Backpacker, Liburan Keluarga, dan PerjalananBisnis.RedDoorz Syariah near Politeknik Negeri Madiundilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan - seperti Desk, Water Heater, KamarNon-Smoking, Area Parkir,Room Service danFront Desk 24 Jam.

Lokasi Hotel juga dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama – seperti; PoliteknikNegeriMadiun (180 m), Bunderan Taman Serayu Kota Madiun (650 m), Suncity Mall Madiun (3,6 km), Depot Pecel 99 (2,5 km), Waroeng SS (Spesial Sambal) (2,1 km), danDumilah Water Park (3,8 km).


3. RedDoorz @ Urip Sumoharjo Madiun


Lokasi: Nambangan Lor 123, Manguharjo (Rp 160.000)

Pilihan akomodasi ideal untuk Backpacker, Liburan Keluarga, dan Perjalanan Bisnis. RedDoorz @ Urip Sumoharjo Madiun dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan, seperti; kamar non-smoking, Wifi, LED TV, resepsionis 24 jam, air mineral kemasan, perlengkapan mandi, ac, dan taman.

Lokasi hotel juga dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama, seperti; Alun-alun Kota Madiun (1,8 km), Sekala Coffee (2,1 km), Malioboro Madiun (2,8 km), Ayam Goreng Kemangi (2,9 km), dan Suncity Mall Madiun (5,3 km).


4. RedDoorz @ Panglima Sudirman Madiun


Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, No. 1, Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Madiun (Rp 135.000)

Pilihan akomodasi ideal untuk Backpacker, Liburan Keluarga, dan Perjalanan Bisnis. RedDoorz @ Panglima Sudirman Madiun dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan, seperti; kamar non-smoking, WiFi, LED-TV, resepsionis 24 jam, air mineral kemasan, perlengkapan mandi, dan area parkir.

Lokasi guesthouse juga dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama, seperti; Stadion Wilis Kota Madiun (600 m), Stadion Wilis Kota Madiun (600 m), Lawu Plaza (900 m), Alun-Alun Kota Madiun (1,4 km), Taman Trembesi Kota Madiun (17 m), dan Madiun Bening Edu Park Kota (1,6 km).


5. RedDoorz @ Kartohardjo Madiun



Lokasi: Jl. Marga Tama No.20, Kanigoro, Kartoharjo, Kota Madiun (Rp 131.000)

Pilihan akomodasi ideal untuk Backpacker, Liburan Keluarga dan Pasangan. RedDoorz @ Kartohardjo Madiun dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan - seperti Desk, Water Heater, Kamar Non Smoking, Room Service, Area Parkir Mobil, dan Front Desk 24 Jam.

Lokasi Hotel juga dikelilingi oleh beragam pusat wisata, perbelanjaan dan hiburan utama – seperti Alun-Alun Madiun ( 3 km), Plaza Madiun (3 km), Elzatta Madiun (2,1 km), Warung Soto Ayam Pak To (3 km), Waroeng Latte (2,9 km), Waroeng Spesial Sambal (3,7 km), dan I Club Madiun (2,8 km).

Penutup

Gimana? Semoga infonya membantu, yagesya... Selamat mencoba rekomendasi hotel di Madiun di artikel ini dan selamat berwisata!💖


Salam

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

21 komentar untuk "Rekomendasi Hotel di Madiun"

  1. Mantab. Sudah lama ingin cari wisata alternatif Jogja, Solo, Semarang dan kelihatannya Madiun cocok ini. Apalagi ada banyak tempat menginap yang keren.

    BalasHapus
  2. Rekomen kulinernya banyak juga nih mbak Dian, kan jadi seneng sekaligus galau mau yang mana dulu nih hehe.
    Bisa dicatat biar pas nanti ke Madiun tinggal eksekusi

    BalasHapus
  3. Inget Madiun inget pecel hehehe
    Belasan tahun silam pernah singgah di Madiun tapi gak bisa makan nasi pecel yang nampak enak itu, karena sedang nyuapin si bungsu yang waktu itu masih balita
    Sekarang lebih asyik karena banyak pilihan penginapan berkat RedDoorz ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Aku juga ambu. Sejauh ini baru makan pecel madiunnya aja di mana-mana, khususnya surabaya, atau beli bumbu jadinya di pasar. Kalau ke Madiun aslinya sendiri aku pun belum pernah.

      Hapus
  4. Jadi pengen ke Madiun, habisnya katanya enak enak kulinernya. Ditambah hotel yang ramah di kantong, jadi recommended deh buat ke Madiun

    BalasHapus
  5. "Asal kata Madiun sendiri diartikan dari kata "medi" (hantu) dan "ayun-ayun" (berayunan). Karena ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun" terjadi banyak hantu yang berkeliaran. Penjelasan kedua karena nama keris yang dimiliki oleh Ronggo Jumeno bernama keris Tundhung Medhiun." Wah saya baru tahu loh tentang informasi ini. Tapi kenapa jadi ngeri ya Mbak Dian hahahaha.

    Saya sendiri mengenal Madiun dari kuliner pecelnya. Hingga setahap ini bumbu pecel terenak yang pernah saya rasakan ya bumbu pecel Madiun ini. Pernah juga berkunjung ke Madiun dan merasakan langsung olahan pecel di sana. Dan itu sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Meski tanpa nasi, menikmati pecelnya aja sudah enjoy banget.

    BTW ngomongin hotelnya keknya seru juga. Apalagi dari foto-foto banyak pilihan dari RedDoorz yang bersih dan nyaman. Bisa buat referensi jika suatu saat berkunjung ke Madiun.

    BalasHapus
  6. Saya pernah lewati Madiun, Mbak Dian. Waktu itu, saya dari solo ke surabaya. Awalnya mau naik kereta api, tapi ada kejadian tak terduga. Akhirnya saya naik bus. Makanya pengin ke Madiun, apalagi ternyata banyak tempat wisata, ya. Hotel juga banyak pilihan. Kalau Brem, itu pertama kali saya coba saat masih tinggal di Makassar. Ada orang dari Madiun cari temannya di Makassar. Kemalaman dan nginap di rumah. Oleh-oleh Brem-nya dikasih ke kami hehehe.

    BalasHapus
  7. Beberapa kali saya pake RedDoorz sih kalo pas lagi di daerah lain. Cukup terjangkau harganya, juga lebih praktis seperti rumahan.

    BalasHapus
  8. Mbak aku langsung browsing malioboro Madiun lho mbak habis baca tulisan ini. Ternyata jalan pahlawan yang "disulap" hingga suasananya mirip dengan suasana di jalan malioboro Jogja ya.

    Memedi main ayunan, hehehe... bisa aja ya asal namanya ini. Tapi emang jaman dulu tuh penamaan suatu daerah selalu ada filosofinya ya mbak

    Kalau ke Madiun dengan budget pas pas an tapi tetap pengen dapat tempat menginap yang nyaman, emang RedDoorz pilihannya

    BalasHapus
  9. Wah, lengkap banget ada sejarah Kota Madiun.
    Aku sejujurnya belum pernah ke Madiun, tapi dulu Ayah mertuaku pernah kerja di PLN cabang Madiun selama beberapa waktu, jadi sering didongengin Papa Mama.

    Rasanya seneng ya... bahkan di Madiun ada Malioboro Madiun.
    Hehehe.. semakin seru juga menikmati menginap di kota Pecel ini dengan rekomendasi hotel dari kak Dian. Pengen nginep di RedDoorz Syariah..

    BalasHapus
  10. RedDoorz tu emang ada di mana-mana banget ya. Yang aku suka dari Madiun tuh ya pecel sana bremnya. Cuma pernah dibawain temen doang. Belum pernah beli langsung ke Madiunnya. jadi pingin berkunjung juga. Akomodasi penginapan nya tinggal pake RedDoorz...

    BalasHapus
  11. Berkunjung ke Madiun Jawa Timur menjadikan perjalanan kurang lengkap saat bermalam di salah hotel seperti tulisan ini. Akan membantu pembaca menemukan hotel secara tepat.

    BalasHapus
  12. Waaa jadi mupeng halan2 Madiuunnnn

    Btw. Aku doyan pecel Madiun...hanya saja seringnya engga disajikan dgn rempeyek yaa. Padanan dgn krupuk lempeng aja.

    Padahal.aku demen bgt rempeyek

    BalasHapus
  13. wadidaaaw mbak Dian! Itu serius namanya dari medi ayun astaghfirullaaah
    aku jadi serem sendiri kalo ke sana padahal penasaran ke Madiun loh

    BalasHapus
  14. Banyak hotel harga murah di Reddoorz ya mba. Aku juga dulu pake itu di jogja, tapi cari yang deket malioboro

    BalasHapus
  15. info lengkaap.. alamat, harga, foto.. bisa jadi referensi kalau main-main ke Madiun.. Selama ini hanya lewat-lewat aja, belum pernah stay

    BalasHapus
  16. Wah, dah sampai Madiun aja Mba Dian. Hihihi. Saya seringnya cuma numpang lewat saja di kota ini. Masyaallah, sepertinya someday harus disengajakan jalan-jalan ke sana dan kota di sekitarnya. Cantik-cantik fotonya Mba Dian. Penginapannya sederhana, tapi syariah yang tentunya nilai plus buat tamu Muslim kayak kita.

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah ke Madiun mba .. memang kalau hotel RedDoorz itu harganya ramah dikantong tapi tetep nih harus juga lihat bangey reviewnya

    jangan smp kyk di Surabya kemarin✌️

    BalasHapus
  18. belum pernah ke Madiun, kalau jalan-jalan ke sana rekomendasinya aku cek deh bakal seru nih liburan kalau hotelnya dengan harga terjangkau begini ya

    BalasHapus
  19. Penginapannya termasuk murah juga ya. Asyik nih jalan jalan ke madiun sambil nginep di reddoorz.

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu kalau di Madiun ada Malioboronya. Kalau aku pribadi, pilih yang ada kola renangnya biar sekalian Julio bisa main air ya mba..kebersihan dan keamanan juga pasti menjadi hal yang utama. Kalau bisa, murah pastinya. Reddoorz bisa menjadi salah satu referensinya ya Mba Dian

    BalasHapus