Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam, Salah Satunya Menghindari Kebiasaan Sederhana Ini!

Gaesss, masalah HP panas pada HP dengan baterai tanam sudah umum terjadi, sehingga dirimu tidak perlu panik kalau mengalami hal ini. Tapi hal tersebut tentu saja ada penyebabnya, maka penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasinya.

Ini karena dampak HP panas bisa membuat ponsel kamu cepat rusak. Dan percaya atau tidak, penyebabnya berasal dari kebiasaan sehari-hari yang tidak kamu sadari. Jadi upayakan menghindari hal-hal di bawah ini agar HP-mu oke selalu. Apa saja itu?

10 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam, Salah Satunya Menghindari Kebiasaan Sederhana Ini!

Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam Paling Ampuh dan Mudah


Nah, beberapa cara untuk mengatasi HP panas baterai tanam paling ampuh dan mudah, di antaranya:

1. Mengisi Baterai Sebelum Habis

Cung, siapa yang punya kebiasaan buruk membiarkan baterai HP kosong melompong? Ini nih penyebab baterai panas. Sebab, jika baterai habis, saat dicas HP memungkinkan akan overheat. Jadi, isilah baterai sebelum dayanya habis. Pastikan sudah diisi sebelum daya baterai menyentuh 10% atau sebagaimana anjurannya minimal 15% sudah dicas kembali.

Selain itu, jangan mengisi baterai tanam secara berlebihan, karena dapat memicu baterai menjadi konsleting. Upayakan saat dicas jangan ditinggal rebahan hingga ketiduran agar kesehatan baterai HP terjaga.

2. Hindari Memakai HP saat Dicas

Cara mengatasi HP panas baterai tanam berikutnya, yaitu menghindari memakai HP saat dicas karena menjadi penyebab HP baterai tanam cepat panas. Cas HP hingga terisi penuh dan jangan mainkan selama proses pengisian agar baterai tanam kamu tidak bocor. Jadi meski drakor-nya lagi seru-serunya, cas dulu HP-nya nanti baru lanjut nontonnya.

3. Pakai Charger Original

Penggunaan charger KW juga menjadi penyebab HP cepat panas. Kebiasaan yang sederhana ini bila dihindari akan menjadi solusi mengatasi HP yang overheat dan cepat habis. Ya, selain bisa menjadi cara mengatasi HP panas baterai tanam memakai charger original juga membuat daya baterai lebih hemat. Sebab, charger bukan aslinya akan membuat daya baterai cepat habis.

Mengingat hal ini, maka usahakan membeli charger original dan sebelumnya cek asli tidaknya ya. Oia, untuk lebih memastikannya kamu bisa menggunakan aplikasi Ampere untuk mengetahui stabilitas charger yang kamu beli.

4. Hindari Menghidupkan Bluetooth dan GPS

Kebiasaan sederhana menghidupkan bluetooth dan GPS ternyata menjadi salah satu penyebab mengapa HP kamu cepat panas. Jadi, pastikan agar tidak membiarkan kedua fitur ini menyala saat tidak kamu perlukan.

5. Menghapus File Sampah

Cara mengatasi HP panas baterai tanam berikutnya juga mudah dan ini termasuk solusi paling ampuh. Cukup dengan menghapus file sampah maka permasalahan HP baterai tanam panas tidak perlu dikhawatirkan lagi. Ya, penyebab HP cepat panas di antaranya karena data cache, file sampah hingga cookies yang menumpuk. Maka, hindari kebiasaan malas menghapus file cache di HP, ya Gaes

Jika membiarkan menumpuk, dampaknya ada pada RAM dan CPU, lho. Bila ini dibiarkan terjadi, tentu akan memancing suhu HP menjadi lebih tinggi sehingga akhirnya overheat nanti.

6. Meredupkan Layar HP

Mengatasi HP panas juga bisa dilakukan dengan cara sederhana salah satunya dengan meredupkan layar smartphone. Maka, jika kamu terbiasa menggunakan intensitas kecerahan layar tinggi turunkan hingga paling rendah, atau sesuai kebutuhan untuk mengurangi konsumsi baterai dan membuat kerja dari panel cahaya layar tidak terlalu over.

7. Selalu Aktifkan Mode Hemat Daya

Next, cara paling mudah dan ampuh untuk mengatasi HP cepat panas adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Mode ini akan bekerja mengurangi penggunaan daya baterai sehingga tidak memengaruhi suhu ponsel menjadi tinggi.

Mode ini bisa kamu aktifkan ketika penggunaan HP sedang santai. Tidak perlu pusing karena mode hemat daya sudah tersedia untuk semua smartphone, apalagi yang terbaru.

Jadi, untuk mengatasi permasalahan ponsel kamu ini, pastikan mode hemat daya selalu aktif. Upaya ini akan membuat baterai tidak terkuras karena mode hemat daya dapat menghentikan aplikasi berjalan pada ponsel.

8. Gunakan Alas Dingin Saat Ngecas

Pernah mengalami HP panas saat dicas? Tentu saja, kondisi ini sangat mengkhawatirkan karena kalau tidak cepat diketahui suhu panas akan merusak komponen HP. Nah, cara mengatasi HP panas baterai tanam salah satunya adalah memperhatikan kondisi ponsel saat dicas. Bila suhunya panas segera mencari alas dingin untuk HP.

Kamu bisa menaruh HP di lantai keramik atau menaruhnya ke atas kipas. Tetapi untuk lebih efektifnya, beli saja pendingin tambahan yang bisa ditemukan di marketplace. Upaya ini juga menjadi cara mendinginkan HP yang panas atau overheat.

9. Lakukan Kalibrasi Baterai Tanam

Tidak hanya kebiasaan sederhana yang dapat menjadi penyebab HP panas, tetapi juga karena performa baterai dan tidak baik membuat suhu ponsel naik dengan cepat. Oleh karena itu, solusi HP panas adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai tanam.

Metode ini dapat meningkatkan kembali kinerja baterai sehingga HP tidak lagi overheat. Meski, cara mengatasi HP panas baterai tanam dengan metode kalibrasi ini memang memerlukan kesabaran dan waktu lampu relatif. Tetapi ini akan menstabilkan kinerja smartphone kamu ke depannya termasuk mengantisipasi HP cepat panas.

Nah, melakukan metode kalibrasi ini, harus melewati tahap charger HP dalam keadaan mati dan dayanya sudah kosong. Kemudian gunakan kembali sampai habis kemudian dicas dalam keadaan menyala, lalu pakai sampai habis.

Setelah itu cas lagi, dalam keadaan mati dan pakai HP seperti biasa. Cukup ribet tetapi ini akan jadi solusi ponsel yang overheat.

10. Ganti Baterai Tanam

Cara mengatasi HP panas baterai tanam yang terakhir ini dapat dilakukan jika sudah berbagai solusi di atas tidak menyelesaikan masalah ponsel overheat kamu. Ya, tidak ada jalan lain selain mengganti baterai tanamnya.

Performa baterai yang buruk ini sangat berdampak pada penggunaan HP sehingga menjadi cepat panas. Apalagi kalau diketahui baterai memang sudah rusak.

Maka jika sudah berbagai upaya dilakukan tidak dapat mengatasinya, segera pertimbangkan untuk mengganti baterai tanam ponsel kamu. Bawa HP ke tukang service untuk memastikan ketepatan pemasangannya yaaa.

Penutup

Gimana, cara mengatasi HP panas ini cukup sederhana kan ya? Jadi, hindari kebiasaan buruk sehari-hari seperti yang saya sebutkan tadi agar HP panas baterai tanam tak terjadi, yagesya

Baiquelah, karena HP-mu enggak panas lagi yuk lanjut belajar ngeblog lebih baik di tahun 2023 bareng teman blogger saya, Mbak Andina, yang mengampu blog lifestyle: Blog Sunglow Mama yang banyaaaak mengupas seputar dunia blogging, dunia kreatif digital, Canva, pengalaman pribadi dan aneka topik menarik lainnya....💞


Happy Sharing

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk " 10 Cara Mengatasi HP Panas Baterai Tanam, Salah Satunya Menghindari Kebiasaan Sederhana Ini!"