Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengajuan Kartu Kredit Online: Syarat dan Biayanya

Pembuatan kartu kredit kini semakin mudah dan cepat berkat adanya platform digital. Pengajuan kartu kredit dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking yang disediakan oleh pihak bank. Banyaknya keuntungan kartu kredit yang didapatkan penggunanya membuat produk perbankan ini sangat diminati.


Kartu kredit membantu penggunanya melakukan berbagai kebutuhan finansial. Layanan yang disediakan dalam kartu kredit telah mendukung transaksi keuangan di era digital seperti sekarang, khususnya untuk keperluan belanja online.

Kartu kredit disediakan oleh pihak bank untuk membantu orang-orang yang ingin melakukan pembelian, namun terkendala dana yang terbatas. Seiring dengan tren jual beli online yang meningkat, permintaan kartu kredit pun semakin tinggi. Terlebih sekarang, cara pengajuan kartu kredit bisa dilakukan dengan praktis di manapun dan kapanpun hanya melalui smartphone.

Untuk menambah keyakinan dalam menggunakan kartu kredit, Anda perlu menyimak penjelasan keuntungan kartu kredit dan langkah-langkah pembuatannya.

Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-person-s-hands-holding-a-card-and-a-cell-phone-7545218/

Keuntungan Kartu Kredit


Sejumlah keuntungan akan Anda dapatkan saat memiliki kartu kredit. Berbagai keuntungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kondisi keuangan Anda hingga memudahkan transaksi online.

1. Transaksi Mudah dan Cepat

Kartu kredit bersifat fleksibel karena bisa digunakan di mana pun dan kapan pun. Anda bisa memakai kartu kredit saat melakukan pembelian di supermarket, mall, atau toko-toko lainnya. Bahkan kini Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk berbagai transaksi keuangan secara online.

Kartu kredit bisa Anda gunakan untuk membayar pembelian online di berbagai platform e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi belanja dengan datang ke toko offline dan mengeluarkan kartu fisik untuk transaksi.

Kelebihan lainnya dari kartu kredit adalah bisa digunakan untuk pembayaran saat di luar negeri. Dengan adanya kartu kredit, Anda jadi lebih mudah melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa ketika sedang berlibur atau tinggal di negara lain.

2. Bermanfaat saat Keadaan Mendesak

Kartu kredit juga berguna untuk menyelamatkan keuangan Anda saat mengalami kondisi mendesak. Berbagai keadaan mendesak yang bisa ditangani oleh kartu kredit, yakni seperti saat akhir bulan, gajian terlambat cair, rumah rusak, keluarga sakit, dan sebagainya.

Saat mengalami kondisi mendesak, Anda masih tetap bisa membeli berbagai kebutuhan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit memungkinkan Anda melakukan pembayaran secara mengansur atau cicilan. Anda tinggal membayar tagihan yang dibebankan pada setiap akhir bulannya.

3. Meringankan Pembelian Barang

Terkadang ada suatu kondisi saat Anda menginginkan barang, namun dana yang dimiliki masih belum cukup untuk membayarnya. Dengan kartu kredit, Anda bisa membeli barang dan membayarnya belakangan dengan cara dicicil. Jadi beban pembelian barang Anda menjadi lebih ringan, menyesuaikan uang yang dimiliki.

Kartu kredit menyediakan cicilan yang bervariasi bagi penggunanya. Anda bisa memilih tenor tiga bulan, enam bulan, hingga dua belas bulan atau lebih. Anda dapat memiliki tenor sesuai dengan kemampuan Anda melunasi harga produk yang dibeli. Semakin pendek tenor yang dipilih, maka beban cicilan pun juga semakin ringan.

4. Mendapat Berbagai Promo

Kartu kredit biasanya juga menyediakan berbagai program promo bagi penggunanya. Anda dapat memanfaatkan program promo untuk melakukan pembelian secara lebih hemat hingga mendapatkan barang gratis.

Program promo disediakan oleh merchant (toko, kafé, hotel, maskapai penerbangan, dll) yang bekerja sama dengan pihak bank. Ada berbagai jenis promo yang ditawarkan dalam kartu kredit, di antaranya reward poin, cashback, diskon, annual fee, freebies, dan lainnya.

Proses Pembuatan Kartu Kredit Online


Proses pengajuan kartu kredit bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking. Pengajuan secara online menjadi solusi bagi Anda yang sibuk bekerja atau saat malas ke luar rumah. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu, tenaga, hingga ongkos.

Untuk mengajukan kartu kredit, ada ketentuan dan persyaratan dokumen yang diberlakukan oleh pihak bank. Secara umum berkas harus Anda siapkan yaitu fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan fotokopi kartu kredit.

Biasanya bank juga mensyaratkan minimal pendapatan atau gaji calon kreditur. Nominal gaji tersebut digunakan oleh pihak bank untuk melihat kemampuan kreditur dalam mengembalikan pinjaman. Anda juga harus memastikan riwayat kartu kredit Anda bersih dari catatan buruk. Pihak bank menilai kelayakan penerima kartu kredit melalui riwayat tersebut.

Pendaftaran kartu kredit akan diproses oleh pihak bank dalam beberapa tahapan, mulai dari pengajuan, menyerahkan formulir, proses wawancara, hingga kabar konfirmasi.

Sumber: https://unsplash.com/photos/q3o_8MteFM0


Hal yang Harus Diperhatikan saat Membuat Kartu Kredit


Sebelum mengajukan kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertimbangkan beberapa hal berikut ini supaya Anda merasa nyaman dan aman saat memiliki kartu kredit.

1. Memilih Bank

Pertama pastikan Anda menentukan lembaga keuangan atau bank untuk pengajuan kartu kredit Anda. Pilihlah bank yang memliki reputasi baik dan bekerja secara profesional. Ada banyak bank yang bisa Anda jadikan pilihan. Jadi Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui informasi dari bank tujuan Anda, baik mencari tahu layanannya hingga testimoni dari nasabah lain.

2. Menyiapkan Dokumen

Bank mensyaratkan sejumlah berkas atau dokumen yang harus diserahkan oleh pendaftar kartu kredit. Secara umum, dokumen yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut:
  • Fotokopi KTP/Paspor,
  • Fotokopi NPWP,
  • Fotokopi slip gaji,
  • Fotokopi buku tabungan,
  • Surat keterangan perusahaan (SKP) tempat bekerja.

Selain itu, bank biasanya juga meminta riwayat kredit Anda. Pihak bank akan melihat apakah catatan kredit Anda bersih atau tidak sebagai penilaian kelayakan nasabah.

Kartu Kredit PermataShoppingCard


Salah satu pilihan produk kartu kredit online yang bisa Anda miliki adalah PermataShoppingCard. Kartu kredit dari PermataBank ini bisa Anda miliki secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X. Ketentuan dan persyaratan pengajuannya pun cukup sederhana dan tidak ribet.

Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang mendukung kebutuhan belanja online, maka PermataShoppingCard bisa menjadi pilihan yang tepat. Kartu kredit dari PermataBank ini menawarkan sejumlah kelebihan yang menguntungkan penggunanya dalam kebutuhan transaksi.

Masih ada berbagai manfaat kartu kredit PermataShoppingCard yang bisa Anda dapatkan. Manfaatkan tersebut, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, promo merchant
online, bebas iuran tahun pertama, 5% cashback hingga Rp200.000, bebas iuran tahunan satu tahun pertama, fitur contactless card, dan masih banyak lagi. Informasi lengkap dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut .https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card  

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

1 komentar untuk "Cara Pengajuan Kartu Kredit Online: Syarat dan Biayanya"

  1. zaman sekarang bikin kartu kredit bener bener gampang cukup online aja dan penuhi semua persyaratan yang diminta, beres.
    Dan temen aku termasuk yang bener bener memanfaatkan fasilitas dari CC nya, kalau ada promo promo kayak makanan ya dimanfaatkan.

    BalasHapus