Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Galvanisasi?

Baja Sakti Utama, adalah distributor besi dan baja yang berpengalaman lebih dari 30 tahun. Di antaranya, Baja Sakti Utama berpengalaman melakukan proses Galvanisasi. Yakni, proses manufaktur di mana lapisan seng diaplikasikan pada baja atau besi untuk memberikan perlindungan dan mencegah karat. 

Nah, ada beberapa proses galvanisasi yang tersedia, tetapi metode yang paling umum ditawarkan dan digunakan disebut galvanisasi hot-dip.

Baja galvanis adalah salah satu jenis baja yang paling populer karena daya tahannya yang lama, memiliki kekuatan dan kemampuan bentuk baja ditambah perlindungan korosi dari lapisan seng-besi. Seng melindungi logam dasar dengan bertindak sebagai penghalang elemen korosif, dan sifat pengorbanan dari lapisan tersebut menghasilkan produk baja yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Keserbagunaan ini membuatnya dapat diaplikasikan pada berbagai proyek dan industri, termasuk pertanian, tenaga surya, otomotif, konstruksi, dan sebagainya. 

Apa Itu Galvanisasi?

Proses Galvanisasi


Nah, berikut ini, adalah penjelasan komprehensif tentang bagaimana baja galvanis diproses, metode galvanisasi yang berbeda, manfaatnya, dan bagaimana baja ini digunakan dalam berbagai industri.

Pertama, langkah-langkah dalam proses galvanisasi adalah sebagai berikut: 
  1. Baja dibersihkan dengan larutan pembersih lemak
  2. Setelah dibersihkan, baja diasamkan dengan dimasukkan ke dalam tong berisi asam sulfat panas yang diencerkan
  3. Baja kemudian difluks dalam larutan air (biasanya seng-amonium klorida)
  4. Setelah fluks, baja digalvanis melalui pencelupan dalam tong berisi seng cair
  5. Setelah itu, baja diperiksa untuk konsistensi dan lapisan yang lengkap

Toko besi Bandung


Lalu, Apa Saja Keuntungan dari Baja Galvanis?


Banyak industri yang berbeda menggunakan baja galvanis terutama karena memiliki beragam manfaat yang dapat dimanfaatkan oleh industri, termasuk memiliki:

Biaya awal yang rendah dibandingkan dengan sebagian besar baja olahan. Selain itu, baja galvanis langsung siap digunakan saat dikirim. Tidak memerlukan persiapan tambahan pada permukaan, inspeksi, pengecatan/pelapisan, dll. Sehingga perusahaan dapat menghemat lebih banyak biaya.

Tahan lebih lama. Dengan galvanisasi, sepotong baja industri diharapkan dapat bertahan lebih dari 
50 tahun di lingkungan rata-rata, dan dapat bertahan lebih dari 20 tahun dengan paparan air yang 
parah. Tidak diperlukan perawatan. Peningkatan daya tahan produk jadi baja juga meningkatkan keandalan produk.

Baja yang rusak dilindungi oleh lapisan seng di sekitarnya. Tidak masalah jika bagian baja benar-benar terbuka; seng akan tetap terkorosi terlebih dahulu. Lapisan tersebut akan menimbulkan korosi secara istimewa pada baja, menciptakan perlindungan pengorbanan pada area yang rusak.

Tahan karat dari lapisan seng. Elemen besi dalam baja sangat rentan berkarat, tetapi penambahan seng bertindak sebagai penyangga pelindung antara baja dan kelembapan atau oksigen. Baja galvanis sangat protektif, termasuk sudut tajam dan ceruk yang tidak dapat dilindungi dengan pelapis lain, membuatnya tahan terhadap kerusakan. 

Keuntungan dari Baja Galvanis

Metode Galvanisasi


Metode galvanisasi yang berbeda seperti yang dinyatakan di atas, punya beberapa proses yang tak sama untuk menggembleng baja.

Galvanisasi Celup Panas

Metode pertama dan terpenting untuk galvanisasi adalah galvanisasi celup panas. Prosesnya sangat mirip dengan namanya! Dalam metode ini, baja atau besi dicelupkan ke dalam kolam cair seng yang mempertahankan suhu sekitar 860 ° F (460 ° C). Rendaman cair ini memulai ikatan metalurgi antara seng dan logam penerima. Setelah logam ditarik dari rendaman, logam tersebut bereaksi ketika terpapar ke atmosfer, dan seng murni bercampur dengan oksigen membentuk seng oksida. Seng-oksida selanjutnya bereaksi terhadap karbon dioksida dan membentuk seng karbonat, yang membentuk lapisan pelindung akhir pada material. Tanda-tanda material galvanis yang dicelup panas adalah adanya pola seperti kristal di permukaannya, yang kadang-kadang disebut sebagai 

Metode galvanisasi celup panas adalah pilihan ekonomis yang dapat dengan cepat dieksekusi pada bentuk yang sederhana dan kompleks.Bahan yang dilapisi baru dapat dikerjakan dan dikerjakan dengan cara yang mirip dengan bahan yang tidak dilapisi. Baja galvanis dapat digunakan dalam aplikasi suhu tinggi hingga 392 °F, tetapi penggunaan pada suhu yang melebihi tingkat itu akan menyebabkan lapisan seng-karbonat terkelupas.

Galvannealing 

Galvannealing adalah hasil dari penggabungan proses anil dan hot-dip galvanizing untuk menghasilkan lapisan khusus pada baja. Proses galvanisasi dilakukan melalui pencelupan panas dan anil seketika, yang menghasilkan lapisan abu-abu matte.

Baja galvanis adalah produk paduan seng-besi, di mana logam dasar dilapisi dengan proses hot-dip, kemudian dipanaskan untuk menginduksi paduan antara lapisan seng cair dan baja. Hasil akhir yang dihasilkan adalah permukaan matte yang kusam. Baja Galvannealed kondusif untuk pengelasan dan permukaannya sangat baik untuk daya rekat cat. 

Pra-galvanisasi

Mirip dengan metode galvanisasi hot-dip, tetapi dilakukan pada tahap pertama produksi. Pra- galvanisasi adalah proses yang melibatkan penggulungan lembaran logam melalui proses pembersihan.

Baja Sakti Utama

Penutup


Gimana, kini jadi tahu ya apa itu galvanisasi? Nah, bila Anda butuh galvanis untuk project Anda, bisa lihat produk besi galvanis dari Baja Sakti Utama, yang berpengalaman sejak tahun 1986. Baja Sakti Utama juga merupakan toko besi Bandung juara.💖


Salam

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Apa itu Galvanisasi?"