Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Kamera CCTV di Area Perumahan One Gate System

Kamera CCTV merupakan perangkat keamanan yang saat ini sangat penting dan dibutuhkan di berbagai tempat termasuk pada area perumahan. Hal ini tak lain karena peranan CCTV yang dapat memantau sehingga dapat membantu menjaga keamanan area sekitar perumahan.

Apalagi jika pemantauan keamanan menggunakan CCTV tersebut dilakukan dengan metode one gate system atau sistem satu gerbang. Tentunya ini lebih menguntungkan dan memudahkan petugas keamanan dalam melakukan penjagaan selama 24 jam.

Lantas apa keuntungan dari pemasangan CCTV dengan sistem satu gerbang tersebut dan apa saja tips pemasangan agar pengawasannya bisa efektif? Inilah ulasannya.

Kamera CCTV di Area Perumahan One Gate System
sumber: https://pixabay.com/id/photos/townhouse-check-point-houston-texas-2821966/

Keuntungan Penggunaan CCTV di Perumahaan dengan One Gate System


One gate system merupakan sistem keamanan yang hanya mempunyai satu pintu utama sebagai jalan masuk dan keluar dalam sebuah perumahan. Pada sistem ini akses untuk pintu masuk dan keluar hanya tersedia satu pos keamanan yang akan menjaga lingkungan perumahan.

Dalam pos keamanan tersebut biasanya akan ada beberapa security yang akan berjaga secara bergantian selama 24 jam. Untuk memudahkan para petugas keamanan ini melakukan penjagaan, akan sangat baik jika pos tersebut dilengkapi dengan kamera CCTV terbaik.

Adanya CCTV dengan sistem satu gerbang ini tak hanya akan memudahkan pengawasan namun juga memberikan banyak keuntungan, seperti:

  • Menjaga keamanan lingkungan di area perumahan

Memasang CCTV di area perumahan apalagi dengan sistem satu gerbang, pastinya akan memberikan keuntungan. Yang pertama tentu saja akan menjaga keamanan lingkungan di area perumahan tersebut. Apalagi jika ditambah dengan pemasangan kamera CCTV di pos penjagaan.

Secara otomatis ini akan membantu meminimalisir bahkan mencegah terjadinya tindak kejahatan seperti perampokan, pencurian atau aksi kriminal lainnya.

  • Memberikan kenyamanan pada lingkungan perumahan

Selain membantu menjaga keamanan, sistem one gate juga akan memberikan kenyamanan kepada para penghuni perumahan. Hal ini tak lain karena tidak adanya kendaraan yang berlalu lalang dengan bebas. Dengan begitu kondisi lingkungan perumahan jadi lebih bersih dan tenang.

Bukan itu saja, pengawasan menggunakan sistem one gate dengan bantuan kamera CCTV terbaik ini akan membuat Anda merasa nyaman. Anda tak akan merasa khawatir lagi jika melepaskan anak bermain di area terbuka yang tersedia di perumahan tersebut. Anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa harus merasa takut munculnya tindak kejahatan.

  • Bukan merupakan akses alternatif

Perumahan yang menerapkan sistem satu gerbang bukan merupakan akses alternatif bagi setiap orang atau kendaraan. Ini artinya sistem one gate tersebut tak akan membiarkan sembarang orang atau kendaraan untuk masuk melalui pintu gerbang. Kecuali mereka yang tinggal dalam perumahan tersebut.
Lingkungan dan suasana perumahan jadi lebih private

Keuntungan lainnya ketika perumahan menerapkan sistem one gate adalah lingkungan dan suasana perumahan menjadi lebih tenang dan private. Suasana tenang dan private ini karena lingkungan perumahan tak bisa diakses dengan mudah oleh sembarang orang atau kendaraan. Sehingga penghuni perumahaan menjadi lebih tenang dan nyaman beristirahat.

Inilah beberapa keuntungan penggunaan sistem one gate pada area perumahaan. Lalu bagaimana cara atau tips pemasangan agar pengawasan bisa efektif?

Penggunaan Kamera CCTV di Area Perumahan One Gate System
sumber: https://pixabay.com/id/photos/perumahan-sewa-sewaan-jalan-masuk-3297625/

Tips Pemasangan Kamera CCTV di Area Perumahan One Gate System


Supaya pengawasan area perumahan menggunakan kamera CCTV terbaik lebih efektif maka ada 2 tips penting yang harus diperhatikan ketika memasangnya. Tips tersebut antara lain:

1. Memilih kamera CCTV yang sesuai

Tips pertama yang harus diperhatikan saat akan memasang perangkat keamanan di area perumahan adalah memilih jenis kamera CCTV yang sesuai. Karena yang akan diawasi adalah lingkungan perumahan, tentunya kamera CCTV yang akan digunakan adalah jenis outdoor.

Oleh sebab itu, pilihlah CCTV outdoor yang berkualitas terbaik serta memiliki banyak fitur yang canggih. Seperti fitur infrared, alarm serta resolusi gambar yang jelas dan dapat menangkap object meskipun dalam kondisi gelap atau minim cahaya.

2. Memasang CCTV di tempat strategis

Agar pengawasan area perumahan lebih efektif maka CCTV harus dipasang pada tempat-tempat yang strategis. Misalnya area umum seperti taman terbuka, tempat parkir, pintu masuk perumahan dan tempat strategis lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memasang kamera CCTV pada titik-titik sesuai dengan anjuran dari pihak kepolisian.

Lokasi strategis yang akan dipasang CCTV tersebut juga harus aman, sulit dijangkau dan dapat merekam kondisi dengan jarak pandang luas. Supaya bisa menjangkau area yang dipantau dengan bebas dan tanpa halangan apapun.

Hikvision ColorVu, Kamera CCTV yang Cocok untuk Mendukung One Gate System


Untuk mengawasi area perumahan dengan menggunakan sistem satu gerbang, perlu adanya kamera pengawas berkualitas dan berteknologi tinggi. Salah satu kamera pengawas yang recommended untuk sistem satu gerbang ini adalah Hikvision ColorVu.

CCTV berteknologi canggih ini telah terjamin kualitasnya. Hal ini bisa terlihat dengan adanya perangkat keras canggih yang menggunakan teknologi IPS ketika memproses gambar. Bukan itu saja, CCTV ini juga dapat melakukan penyelarasan aktif sehingga Anda bisa mengandalkannya.

Selain bisa diandalkan, kamera CCTV dari Hikvision dengan teknologi ColorVu ini juga mempunyai berbagai keunggulan, yaitu:
  • Kemampuan dalam merekam semua momen dengan warna yang terang
  • Hasil kamera zooming tercipta dalam warna yang cerah
  • Kamera pengawas berteknologi ColorVu memiliki resolusi hingga 4K
  • Memiliki teknologi kecerdasan dalam ColorVu

Semua keunggulan dari Hikvision ColorVu menjadi bukti kalau kamera pengawas ini sangat layak untuk dipasang di area perumahan. Termasuk perumahan dengan sistem one gate. Meskipun nantinya dipasang di area outdoor, kamera ini akan mampu memantau lingkungan sekitar dengan optimal.

Selanjutnya hasil pemantauan tersebut akan terekam dengan jelas dan jernih sehingga para petugas keamanan akan mudah melihatnya. Untuk membuktikannya sendiri, gunakan kamera CCTV Hikvision ColorVu sekarang juga dan dapatkan informasi lengkap mengenai keunggulannya di sini.💗


Salam Semangat

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Penggunaan Kamera CCTV di Area Perumahan One Gate System"