Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Apa Saja yang Bisa Perusahaan Peroleh Melalui Penggunaan Software CRM?

Mengingat ketatnya persaingan bisnis beserta situasi tren konsumen yang cukup dinamis, mendorong penggunaan software CRM (Customer Relationship Management) menjadi hal wajib untuk dilakukan oleh setiap perusahaan masa kini.

Pentingnya penggunaan software CRM tidak hanya berdasar pada kedua faktor di atas saja. Banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh software CRM, juga mendorong para perusahaan untuk wajib menggunakannya guna menjamin keberlangsungan bisnis mereka.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat pengimplementasian software CRM
bagi bisnis perusahaan. Simak dengan cermat penjelasan yang disajikan pada artikel berikut ini!

Manfaat Penggunaan Software CRM?

Manfaat Menggunakan CRM Software Bagi Perusahaan

Dengan spesifikasi canggihnya, penggunaan software CRM tentu saja mampu memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis perusahaan, antara lain:

1. Memprediksi Performa Penjualan dengan Akurat

Manfaat pertama dari penggunaan software CRM pada sebuah bisnis adalah membantu dalam memprediksi performa penjualan secara akurat. 

Data yang terdapat dalam software CRM bisa Anda analisa dan menjadikan hasil analisis tersebut sebagai sebuah dasar dalam menentukan strategi penjualan lainnya. Dengan begitu langkah yang Anda ambil bisa lebih akurat karena berdasarkan data yang dimiliki.

2. Memudahkan Pembuatan Laporan Penjualan Perusahaan

Manfaat selanjutnya yang bisa diperoleh perusahaan yaitu kemudahan dalam membuat laporan penjualan. Software CRM dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan laporan dari hasil penjualan yang telah dilakukan dan melihat progres penjualan yang sedang terjadi dengan sangat cepat dan mudah.

Dengan software CRM, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melihat aktivitas penjualan bisnis yang Anda punya, karena semua bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Penggunaan software CRM dalam perusahaan mampu untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas dari para pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan.

Melalui software tersebut, Anda bisa membangun customer experience lebih tinggi, sehingga mampu meningkatkan loyalitas dari para pelanggan yang Anda miliki. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan kemampuan software ini dalam menyimpan informasi dari para pelanggan yang Anda miliki.

Melalui informasi tersebut, Anda bisa memberikan solusi maupun pengalaman yang baik kepada pelanggan, agar mereka merasa puas akan kinerja dan pelayanan yang perusahaan Anda berikan.

4. Meningkatkan Time to Market

Penggunaan software CRM mampu membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi-informasi penting seputar data tren pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Dari informasi tersebut, perusahaan bisa memilih waktu yang tepat dalam memasarkan produk mereka kepada para konsumen.

Pemasaran produk yang tepat akan meningkatkan kesempatan produk tersebut dibeli orang konsumen. Maka dari itu penting untuk menentukan waktu sebelum memasarkan sebuah produk yang dimiliki.

5. Mengelola Data Pelanggan dengan Baik

Data dari sebuah pelanggan merupakan hal yang penting untuk dipahami, dipelajari, dan disimpan. Sebab dari data tersebut, perusahaan bisa mengidentifikasi dan menganalisis apa saja kebutuhan dan juga kendala yang dimiliki oleh pelanggan.

Dengan menggunakan software CRM, Anda dapat mengetahui kebutuhan dan juga kendala pelanggan. Alhasil perusahaan bisa memberikan solusi atas kebutuhan dan permasalahan pelanggan dengan menawarkan layanan jasa atau produk, sesuai kebutuhan para konsumen.

6. Menghemat Biaya yang Dikeluarkan Perusahaan

Penerapan software CRM dalam sebuah bisnis mampu mengurangi beban perusahaan dalam mengeluarkan biaya. Software CRM akan membantu bisnis Anda untuk fokus dalam hal penjualan dan juga pelayanan terhadap pelanggan.

Anda bisa memberikan pelayanan yang sesuai kepada pelanggan pada waktu yang tepat. Sehingga Anda bisa menekan pengeluaran biaya untuk hal yang kurang penting atau tidak pasti.

7. Meningkatkan Pendapatan

Manfaat terakhir yaitu berdampak pada meningkatnya pendapatan perusahaan. Pendapatan yang meningkat tentunya merupakan tujuan utama dalam sebuah bisnis. Pendapatan yang meningkat secara tidak langsung dapat membuat perusahaan semakin berkembang, dan bisa menambah sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan daya saing terhadap kompetitor di pasaran. 

Selain itu dengan menerapkan software CRM pada sebuah bisnis, juga terbukti mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi pengeluaran biaya, hingga meningkatkan efisiensi time to market perusahaan.

Tanda Perusahaan Membutuhkan Kehadiran Software CRM

Guna mencegah terjadinya kerugian bisnis. Alangkah baiknya melaksanakan tindakan preventif dengan mengidentifikasi tanda-tanda, yang merujuk pada urgensi kebutuhan perusahaan Anda perihal penggunaan software CRM.

Berikut tanda-tanda yang dapat menjadi dasar identifikasi bahwa perusahaan Anda tengah membutuhkan kehadiran dan peran software CRM, dalam menjalankan proses sekaligus memaksimalkan outcome bisnis.

● Tingkat produktivitas rendah
● Kolaborasi antar Departemen menurun
● Akuntabilitas antar rekan terbatas
● Hasil analisis data CRM berkualitas buruk dan kurang akurat
● Menurunnya tingkat kepuasan pelanggan
● Merosotnya rasio retensi pelanggan
● Perusahaan seringkali kehilangan peluang penjualan
● Profit bisnis mengalami penurunan yang cukup signifikan


Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan software CRM Indonesia dari RedERP. Sebab software CRM Indonesia milik RedERP sudah terjamin kualitasnya, karena sudah dilengkapi oleh berbagai sistem dan fitur termutakhir bersifat suportif.

Alhasil, proses maupun outcome operasi CRM bisnis perusahaan Anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien secara konsisten.

Sampai di sini ulasan mengenai manfaat atas penggunaan software CRM bagi bisnis suatu perusahaan. Semoga bermanfaat!💙💙

Sumber: https://rederp.co.id/blog/aplikasi-crm/



Happy Sharing

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Manfaat Apa Saja yang Bisa Perusahaan Peroleh Melalui Penggunaan Software CRM?"