Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Hampers secara Online untuk Bingkisan Lebaran

Memberi bingkisan atau hampers menjadi salah satu tradisi di momen lebaran Idul Fitri. Ketika mengunjungi rumah saudara atau teman saat lebaran, biasanya kita tidak hanya datang dengan tangan kosong. Biasanya kita akan bersilaturahmi sambil tak lupa membawa hampers. 


Hampers biasanya disiapkan saat mendekati hari raya Idul Fitri. Hampers yang diberikan kepada kerabat dan teman bisa berisi macam-macam produk, mulai dari cemilan, barang pecah belah, dan sebagainya. Selain itu, hampers tersebut juga dikemas sekreatif mungkin hingga berwujud bingkisan yang menarik. 


Menjelang hari raya, biasanya pusat perbelanjaan atau toko-toko akan ramai orang yang berburu produk untuk hampers. Bisa-bisa Anda akan antre saat melakukan pembayaran. Untuk memudahkan proses transaksi, Anda bisa memanfaatkan mobile banking untuk melakukan pembayaran belanjaan. 


Dengan menggunakan mobile banking Anda bisa melakukan pembayaran belanjaan hampers secara praktis. Anda bisa memanfaatkan pembayaran QRIS untuk melakukan pembayaran non tunai, sehingga proses transaksi bisa lebih cepat. Sebelum belanja, Anda perlu tahu macam-macam hampers lebaran yang  bisa dijadikan pilihan. 


Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/top-view-islamic-new-year-concept_9259592.htm#query=parcel%20lebaran&position=9&from_view=search&track=ais

Sejarah Budaya Memberi Hampers saat Lebaran


Ngomong-ngomong, kapan sih pertama kali munculnya budaya memberi hampers saat lebaran. Untuk tradisi mengirim bingkisan ini sendiri sudah ada jauh sejak masa Jawa Kuno. Di era Jawa Kuno, tradisi ini disebut dengan istilah ‘ater-ater’. Istilah ini sudah dikenal pada abad ke-IX, terbukti penyebutannya termuat dalam kakawin Ramayana, Sutasoma.


Istilah ater-ater sering disebutkan bersama kata panganan. Ater-ater panganan artinya adalah mengantarkan atau membawa makanan untuk keluarga atau orang lain dengan maksud tertentu. Tradisi ini terus dilakukan oleh lintas generasi dalam masyarakat Jawa. 


Tradisi ater-ater terus dipraktikkan oleh masyarakat ketika Islam masuk ke nusantara. Masyarakat muslim kemudian menerapkan tradisi ini dengan mengaitkan pada imbauan Nabi Muhammad melalui beberapa hadits. Nabi Muhammad mengajarkan untuk sering melakukan sedekah, salah satunya lewat makanan. 


Dulunya masyarakat nusantara mengirim makanan yang sudah dimasak dan siap makan. Namun perlahan kebiasaan tersebut mulai berubah dengan mengirim makanan kemasan. Hingga akhirnya tradisi tersebut kini dipraktikkan dengan memberi bingkisan atau hampers berisi kue kering. Bahkan isian hampers pun sekarang tidak hanya makanan, namun juga produk-produk lainnya. 


Macam-Macam Hampers Lebaran


Dulunya hampers atau bingkisan lebaran selalu identik dengan makanan dan minuman, seperti nastar, kastengel, sirup, dan sebagainya. Namun kini isian hampers sudah semakin bervariasi. Ada beberapa pilihan hampers yang bisa Anda berikan kepada saudara dan teman saat lebaran.


  1. Hampers Cemilan

Hampers cemilan menjadi bingkisan yang paling sering diberikan saat lebaran. Selain berisi cemilan, hampers ini biasanya juga diisi dengan minuman. Biasanya makanan dan minuman yang dipilih adalah yang bisa bertahan sampai waktu lama. 


Misalnya Anda bisa memberikan cemilan seperti nastar, kastengel, putri salju, kue coklat, dan sebagainya. Untuk minumannya, Anda bisa memberikan sirup atau minuman literan seperti kopi, susu, dan lainnya. Makanan dan minuman tersebut nantinya akan berguna untuk dijadikan cemilan saat lebaran. 


  1. Hampers Alat Salat

Pilihan hampers lainnya yang bisa Anda berikan untuk keluarga atau teman dekat adalah alat salat. Perlengkapan ibadah yang bisa Anda berikan seperti sarung, mukena, sajadah, dan peci. Selain itu, isian hampers ini juga sering ditambah dengan Al-Quran dan tasbih. 


Hampers alat salat akan menambah suasana lebaran menjadi semakin berkesan. Selain itu, hampers ini juga berguna bagi penerimanya untuk dipakai saat hari raya Idul Fitri. Penerimanya bisa menjalani ibadah memakai peralatan salat yang baru.  


  1. Hampers Baju Lebaran

Hampers baju juga menjadi pilihan bingkisan lebaran untuk orang terdekat, seperti anak, orang tua, kakak, tante dan paman. Anda bisa memberikan baju bernuansa islami seperti kemeja koko, gamis, kerudung, dan sejenisnya. 


Anda bisa memilih pakaian dengan warna atau motif yang disukai oleh penerimanya. Selain itu, pastikan juga bahwa ukuran pakaian yang Anda berikan pas di badan penerimanya. Hampers ini berguna bagi penerimanya untuk dipakai berpenampilan baru saat hari raya.


  1. Hampers Peralatan Dapur

Hampers lain yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bingkisan berisi peralatan dapur. Hampers ini cocok diberikan untuk ibu rumah tangga. Anda bisa memberikan satu set alat masak, seperti panci, spatula, teflon, talenan, dan sejenisnya. Hampers ini berguna untuk penerimanya agar lebih semangat beraktivitas di dapur. Dengan adanya alat masak baru, penerimanya juga tidak perlu membeli lagi sehingga bisa hemat pengeluaran. 


  1. Hampers Barang Pecah Belah

Selain alat masak, barang pecah belah juga bisa menjadi hampers untuk diberikan kepada saudara atau teman dekat. Hampers ini sangat cocok diberikan kepada pasangan yang baru menikah. Barang pecah belah yang bisa Anda berikan, seperti satu set piring, gelas atau cangkir, dan sejenisnya. Hampers ini berguna bagi penerimanya untuk menyajikan hidangan bagi tamunya. 


  1. Hampers Buah-Buahan

Pilihan hampers lain yang bisa Anda berikan untuk saudara dan teman adalah buah-buahan. Hampers buah-buahan menjadi bingkisan yang umum diberikan saat lebaran. Jenis buah yang bisa Anda pilih sangatlah beragam, mulai dari jeruk, semangka, apel, pear, melon, dan sebagainya. Usahakan memilih buah-buahan yang tidak mudah hancur. Hampers ini berguna bagi penerimanya untuk mengisi sajian di ruang tamu saat lebaran. 


Berbagai pilihan hampers tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah di pusat perbelanjaan maupun kios-kios pinggir jalan. Biasanya menjelang lebaran, penjualan produk-produk tersebut banyak bermunculan dan mudah ditemui di daerah Anda. 


Sumber: https://www.freepik.com/free-photo/white-food-grapes-kiwi-dessert_1047862.htm#page=3&query=parcel%20buah&position=25&from_view=search&track=ais

Gunakan Mobile Banking untuk Membeli Hampers


Bagaimana, sudah kepikiran ingin memberikan hampers apa untuk saudara dan teman dekat Anda? Untuk memudahkan transaksi saat belanja hampers, Anda bisa memanfaatkan mobile banking. Di era sekarang sudah banyak toko atau penjual yang menyediakan sistem pembayaran non tunai lewat QRIS ataupun pembayaran via e-wallet untuk transaksi belanja online.


Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur pembayaran dengan memindai kode QR dan juga isi ulang e-wallet adalah PermataMobile X. Mobile banking ini merupakan platform keuangan digital yang disediakan oleh PermataBank untuk memudahkan transaksi di era digital. Aplikasi mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh secara mudah di Play Store dan App Store. PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur lain yang mendukung kebutuhan transaksi di era digital. 


Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, diantaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, investasi, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 


Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mobile banking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex


Salam


Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Beli Hampers secara Online untuk Bingkisan Lebaran"