Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya

"Kalau malam pertama pas masa subur, Insya Allah hamil bulan depannya!"
"Aamiin. Doakan saja ya, Bu. Sudah pengin saya gendong cucu!"
"Duh, yang sudah ngebet punya cucu. Saya aja masih riweuh anter jemput anak sekolah ..hihi"
"Nikmati saja, enggak terasa kok kalau dijalani. Perasaan saya juga belum lama ngurus si bujang ini. Kelar kuliah, lanjut kerja eh sekarang dah mau nikah aja. Cepet banget!"

Beneran yaa, cepatnya waktu berlalu! Tetangga sebelah rumah sudah menikahkan anak sulungnya minggu lalu. Padahal awal jadi tetangga saya, itu bocah masih sekolah. Eh, sekarang udah nikah. 

Time flies
Jadi deh bahan obrolan saya dan para tetangga saat arisan awal bulan silam, membahas tentang seputar persiapan pernikahan sampai soal kehamilan.

Saya cerita, jika dulu di bulan kedua pasca nikah, saya positif hamil anak pertama. Terus ada yang komen, berarti pas malam pertama pas masa subur tuh, jadi sat set sat set, hamilnya cepet. Haha iya sih, Alhamdulillah...

Memang ya, berhubungan intim saat masa subur menjadi salah satu cara agar kehamilan bisa segera tiba. Karenanya, jika pasangan suami istri ingin merencanakan kehamilan, bisa dihitung masa suburnya kapan untuk membantu menargetkan waktu yang optimal untuk berhubungan badan.

Kalkulator Masa Subur

Cara Menentukan Masa Subur Wanita


Sejatinya sih sebelum menikah saya dan suami blank soal masa subur ini. Maklum, pada masa itu, membicarakan informasi seperti ini termasuk tabu. Kalau sudah nikah ya silakan berhubungan intim dengan pasangan sah dan tunggu kehamilan datang.

Padahal ya, edukasi semacam ini penting diketahui agar wanita dan pria berusia dewasa tahu dan mengerti hal terkait organ reproduksi dan hubungan suami istri. 

Ya, pendidikan seksual mesti dilakukan sejak dini dengan tujuan membekali dan menyadarkan anak pentingnya menjaga kesehatan, kesejahteraan dan martabat mereka dengan cara penanaman perlindungan diri dalam mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang baik. 

Meski hari gini pengaruh lingkungan dan teknologi yang semakin canggih memudahkan anak mendapatkan informasi yang berkaitan dengan hal ini, tapi edukasi dari sekolah dan dari orang tua yang merupakan pihak utama, memiliki peran untuk memberikan pendidikan seks pada anak-anaknya. Sehingga akan ada nilai agama, budaya dan norma yang tertanam di sana.

Misalnya, perihal masa subur yang penting diketahui jika pasutri ingin segera atau mungkin menunda sementara kehamilan tiba. Seperti pada rencana kehamilan saya berikutnya, saat saya dan suami konsultasi ke dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi untuk memberi jarak kehamilan dengan jangka waktu tanpa memakai alat kontrasepsi tertentu.

Kala itu dokter obgyn ini memberikan banyak pencerahan sehingga kami pun melakukan promil ketika siap untuk kehamilan selanjutnya. Dengan mengetahui masa subur, saya dan suami menunda sementara lalu merencanakan kehamilan berikutnya.

Well, masa subur itu adalah waktu selama siklus menstruasi saat seorang wanita memiliki kemungkinan besar untuk hamil. 

Umumnya, masa subur terjadi pada lima hari menjelang ovulasi, hari ovulasi, dan hari setelah ovulasi. Mengetahui kapan tubuh berovulasi merupakan cara utama untuk melacak masa subur dan mengetahui waktu terbaik untuk hamil. Dimana cara menentukannya adalah dengan:

1. Mengenali tanda-tanda masa subur wanita

  • Nyeri payudara sebagai dampak dari perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh sebelum dan sesudah masa ovulasi.
  • Meningkatnya suhu basal tubuh yaitu saat bangun di pagi hari, yang normalnya 35,5–36,6 ° C, akan meningkat saat sedang dalam masa ovulasi.
  • Merasa lebih menarik dan bergairah untuk melakukan hubungan intim. Juga, terlihat lebih menarik di mata suami, karena secara alami wangi tubuh berbeda dari biasanya.
  • Perubahan pada air liur sesuai dengan jumlah hormon estrogen yang ada di dalam tubuhnya, ada peningkatan besar dalam estrogen beberapa hari sebelum masa subur tiba dan kenaikan kecil beberapa hari sebelum waktunya tiba.
  • Nyeri akibat ovulasi yang terjadi sebelum, selama, atau setelah masa subur yang menimbulkan rasa sakit yang tajam dan kram. 
  • Muncul lendir serviks yakni sekresi yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim yang berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah yang berguna untuk mendukung sperma agar dapat mencapai sel telur.

2. Metode kalkulator masa subur


FYI, masa subur mencakup hari ovulasi dan lima hari sebelumnya. Tapi, lebih mungkin untuk hamil selama tiga hari terakhir dari jangka waktu itu. 

Nah, metode kalkulator masa subur dapat memperkirakan kapan ovulasi terjadi dengan menghitung muncul 14 hari dari hari perkirakan menstruasi berikutnya. Jika siklus menstruasi 28 hari, maka periode berikutnya harus dimulai 28 hari dari hari pertama menstruasi terakhir.

Jadi, misalnya siklus menstruasi rata-rata kamu adalah:
  • 28 hari: ovulasi dapat terjadi sekitar hari ke-14, hari paling subur adalah hari ke-12, 13, dan 14. 
  • 35 hari, ovulasi terjadi sekitar hari ke-21 dan hari paling subur adalah hari ke-19, 20, dan 21.
  • 21 hari, maka ovulasi dapat terjadi sekitar hari ke-7 dan hari paling subur hari ke-5, 6, dan 7.

Tapiiiii, sayangnya beberapa wanita memiliki siklus yang sangat tidak teratur sehingga sulit untuk menghitung panjang siklus rata-rata menstruasinya. Hal ini dapat menyulitkan untuk memprediksi saat ovulasi terjadi. 

Nah, kalau begini,  bisa dicoba berhubungan intim setiap 2–3 hari agar peluang untuk hamil lebih tinggi.

Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya


Manfaat Aplikasi Kalkulator Masa Subur


Kemudian, terkait kalkulator masa subur, saat ini ada beberapa aplikasi kalkulator masa subur yang dapat membantu wanita dalam menghitung dan memprediksi masa subur mereka. 

Yup, penggunaan aplikasi kalkulator masa subur kini memang menjadi cara populer untuk menghitung masa subur wanita secara praktis dan akurat. Dengan  menggunakan data yang diinput oleh pengguna, seperti tanggal awal dan akhir menstruasi, bisa dihitung siklus menstruasi dan diprediksi masa subur ini.

Mudah saja lho caranya, tinggal masukkan data siklus haid dalam beberapa bulan terakhir, lalu tunggu, aplikasi akan menganalisis pola siklus tersebut dan menghasilkan perkiraan tentang hari-hari masa subur di masa mendatang. 

Pengguna tidak perlu secara manual menghitung atau mencatat siklus menstruasi mereka, karena aplikasi akan melakukannya secara otomatis. Bahkan aplikasi juga dapat memberikan informasi tambahan, seperti perubahan suhu tubuh basal, konsistensi lendir serviks, dan tanda-tanda lain yang berhubungan dengan masa subur.

Nah, kabar baiknya untuk pengguna di Indonesia, ada Kalkulator Masa Subur, aplikasi yang tersedia gratis di Google Playstore yang memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan dengan informasi masa subur yang cukup akurat. 

Tapi perlu diingat, meski aplikasi ini memberikan keuntungan dalam menghitung masa subur dengan cara yang praktis dan mudah, ketepatan perkiraan yang diberikan oleh aplikasi masih tergantung pada keakuratan data yang diinput oleh pengguna. 

Jadi, jika dirimu punya kekhawatiran tentang kesuburan atau kebutuhan akan informasi yang lebih akurat, berkonsultasi saja dengan dokter atau profesional kesehatan yang terlatih dalam bidang reproduksi ya....

Semoga bermanfaat!💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina














Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

26 komentar untuk "Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya"

  1. Asik banget pakai kalkulator masa subur ya, bisa langsung dihitung dan kita bisa lihat kapan masa subur kita. Kalau aku pakai apps untuk menghitung siklus menstruasi gitu mak, nah di situ juga dikasih tau sih kapan masa suburnya, jadi sekalian, hehe. Jaman sekarang butuh banget pakai ginian ya, soalnya suka sering lupa xp

    BalasHapus
  2. sekarang udah banyak ya aplikasi termasuk kalkulator masa subur, aku juga pernah beberapa bulan menstruasi nggak lancar bahkan sebulan nggak haid, karena emang lagi hetic kerjaan dan makanan sembarangan, tapi pelan-pelan lancar lagi sih, dan ketolong banget sama aplikasi biar jaga-jaga kalau mau haid, biasanya lebih sensitif

    BalasHapus
  3. Mantap nih ada kalkulator masa subur, jadi ga was-was deh mengetahui masa subur dan jangka waktunya kapan. Aku sih kebetulan siklus menstruasinya ga menentu. Pernah pas puasa Ramadan bisa full hihihi. Tapi tentunya bermanfaat sekali aplikasi ini terutama bagi wanita, menghitung secara otomatis ya.

    BalasHapus
  4. Saya juga pakai aplikasi masa subur, buat tau siklus saya normal atau ga. Atau bahkan utk persiapan perjalanan jauh. Kalau soal hamil mah saya kudu ke dokter kandungan.. Xixixi..

    Skrg edukasi sex bukan perihal tabu, tapi jadi ilmu buat anak2 kita biar ga buta2 banget kek kita jaman dulu ya.. Xixixi

    BalasHapus
  5. Asik nih pakai bantuan aplikasi, soalnya kalau hitung manual takut meleset. Apalagi aku nih yang haidnya suka maju mundur nggak ditanggal yg tepat

    BalasHapus
  6. aku juga pernah menggunakan perhitungan ini waktu mau punya anak kedua. Alhamdulillah lancar semua prosesnya hehehe.. memang membantu banget yaa

    BalasHapus
  7. Syukurlah sekarang sudah banyak aplikasi yang membantu menghitung masa subur, soalnya sejak remaja hingga awal menikah aku awam banget masalah ini, apalagi pembahasan tentang kewanitaan termasuk yang berhubungan dengan masa subur belum masif seperti sekarang.

    BalasHapus
  8. Dulu aku diajarkan kakak sih menghitung masa subur plus program kehamilan anak perempuan, alhamdulillah aku berhasil.

    BalasHapus
  9. Enak ya jaman skr udah ada kalkulator masa subur yg bisa mgitungnya pas banget. Penting buat yg lg promil bisa juga dipake ibu2 yg ga mau pake KB bisa menerapkan kalender masa subur

    BalasHapus
  10. Otak atik kalkulator masa subur ini jadi teringat saat awal awal menikah. Hehehe... Alhamdulillah ya semakin canggih teknologi, semakin banyak pula informasi dan teknologi bagaimana menentukan mas subur bagi kita para perempuan ini

    BalasHapus
  11. Waktu itu aku lihat info ini instagram, selain menghitung masa subur banyak juga info seputar kesehatan wanita. Buat anak kekinian cocok banget ini soalnya anak aku juga manfaatkan pengetahuan kayak ini pakai aplikasi

    BalasHapus
  12. Nggak usah pusing2 sih ngitungin masa subur. Molly tinggal download aplikasinya aja. hahaa.. bermanfaat buat pergi haji juga.

    BalasHapus
  13. Perhitungan masa subur tidak pernah cocok buatku dulu, masa haidku tidak teratur. Kadang tepat waktu lebih sering tidak maka jadilah 4 putra 1 putri hahaha. Namun, untuk ibu zaman sekarang aplikasi ini cocok digunakan.

    BalasHapus
  14. Serius nanya Bu, apakah menghitung waktu masa subur hanya dilakukan setelah menikah?

    BalasHapus
  15. Aku lupa kapan, tapi kayanya di sekolah pernah dibahas soal masa subur ini. Sekarang paling jaga kesehatan reproduksi dulu. Pakai kalkulatornya nanti pas udah nikah aja. Mau sepakat buat program dulu, ckckck

    BalasHapus
  16. Ada aplikasinya begini, jadi lebih mudah mengetahui masa subur.
    Bener banget, kalau mengandalkan kalender dari masa subur, bagi pasangan bisa menunda memiliki momongan. Aku sejak menikah, jadi rutin cek kalender masa subur melalui aplikasi. Bisa sekalian jadi pencatat aku bolos berapa pas shaum Ramadan. Hihi~

    BalasHapus
  17. Penting bangeeett. Apalagi buat emak2 yang masih haid lancar. Kalaupun udah KB tetep perlu berhati2 ya hehe. Aku juga pakai panduan kalkulator masbur gtu soalnya jd bisa siapo2 menghadapi PMS jg yg udah dipastikan mood swing, biasanyaaa :D

    BalasHapus
  18. Nah.. Itu aku banget kak dian. Dulu siklus haid ku tak normal. Kadang sampe 35. Kadang maju jadi 28. Eeeh ini nih penyebab gagal pake kb kalender 🤣🤣🤣
    Alhamdulillah setelah anak kelima malah jadi rapi jali kayak kado. (Eeh apaan 😅).
    Jadi ngerti banget kalo lagi masa subur. Oo ya wangi alami tadi kayaknya namanya pheromon ya kak dian. Jadi suami kayak merasa dipanggil-panggil padahal kita gak ngegodain.

    BalasHapus
  19. Dulu pas masih gadis sering banget ngitung pakai kalender, sampai tiap bulan penuh bulat bulat pas lagi menstruasi

    BalasHapus
  20. wah ini sih penting banget untuk diketahui ya mba Dian apalagi yang sedang program hamil sehingga tahu banget kapan masa suburnya

    BalasHapus
  21. Wahh dengan aplikasi ini sangat membantu sekali ya, jadi ga perlu pusing pusing menghitung pake kalender, kalau salah kan bisa ngeri juga, gagal deh KB alami hehehehe.

    BalasHapus
  22. Wah iya ya mbak
    Kalau mau program hamil ataupun menunda kehamilan, sangat penting untuk mengetahui masa subur
    Cara mengetahui masa subur bisa dengan menggunakan aplikasi kalkulator masa subur ini ya

    BalasHapus
  23. iya mbak, saya juga waktu nikah kan lagi haidh, terus habis itu masa subur dah tuh, bulan berikutnya dah gak dapat haidh lagi. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  24. Aku termasuk bingung ngitung masa subur, karena haidku gak teratur. Andai dulu pas belum hamil, udah ada kalkulator ini. Bisa bantuin masalahku deh.

    BalasHapus
  25. Dulu saya menghitung masa kesuburan karena sepakat KB alami. Cukup membantu, sih. Pas yakin tidak subur bisa... bisa apa hayo....
    Bisa apa saja. Wes gitu aja deh

    BalasHapus
  26. Aku tadiya nggak ngerti gimana cara ngitung masa subur, pas download aplikasi haid, aku baru ngertiii.. hehe. Penting banget ya ternyata mengetahui masa subur untuk merencanakan kehamilan

    BalasHapus