Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dapat Tiket Kereta Api di Traveloka yang Murah

Gais, melakukan perjalanan untuk wisata, bekerja maupun keperluan lainnya, saat ini semakin mudah dan nyaman karena banyak tersedia sarana transportasi umum. Nah, bagi kamu yang sedang mengagendakan untuk bepergian, tips dapat tiket kereta api di Traveloka ini bisa membantu. Dengan beberapa tips kamu bisa berhemat pengeluaran untuk pembelian tiket kereta. Sehingga dana bisa dialihkan untuk pengeluaran yang lainnya.

FYI, PT KAI menyediakan tiket dalam jumlah cukup namun pada saat peak season, seperti liburan anak sekolah atau menjelang hari raya, biasanya semua terjual ludes. Jika ada, tidak jarang yang tersisa adalah tiket dengan harga mahal yang bisa menguras isi kantong kita. Karena itu, agar dapat menikmati perjalanan dan hemat biaya transportasi kamu bisa melakukan tips berikut ini.

Tips Dapat Tiket Kereta Api di Traveloka yang Murah

6 Tips Berburu Tiket Kereta Api di Traveloka yang Murah


Well, range harga tiket kereta api cukup lumayan. Jika ingin lebih hemat, bisa membeli tiket untuk kelas ekonomi. Namun sayangnya tidak semua rute ada kereta dengan kelas tersebut. Kalau pun ada, seringkali sudah terjual habis beberapa saat setelah penjualan. 

Oia, saat ini untuk rute jarak jauh, PT KAI menjual tiket mulai dari 90 hari sebelum keberangkatan. Calon penumpang bisa membeli jauh-jauh hari namun risikonya harus melakukan return apabila terjadi perubahan rencana keberangkatan. 

Nah, karena banyaknya calon penumpang, maka buat kamu yang sedang berburu tiket murah harus tahu strateginya sehingga bisa mendapatkan sesuai kebutuhan. Dan, berikut yang bisa dilakukan:

1. Beli jauh-jauh hari

Meski ada risiko kamu mengubah rencana perjalanan yang mengharuskan untuk return tiket, namun jika perjalanan tersebut sudah fix, tidak ada salahnya menggunakan tips pertama ini. Tidak jarang PT KAI menyediakan tiket untuk kelas kereta yang sama namun dengan harga berbeda. Karena jumlah tiket murah ini terbatas, kamu harus segera booking begitu tersedia.

2. Manfaatkan promo

Selanjutnya, cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan promo, PT KAI sering memberikan promo pada momen tertentu, seperti hari kemerdekaan dan sebagainya. Promo ini jumlahnya terbatas sehingga siapa yang cepat dia yang akan dapat tiket tersebut.

Jika perjalanan yang kamu lakukan bersifat fleksibel, tidak terikat waktu, kamu bisa mengganti jadwal keberangkatan dengan menyesuaikan adanya tiket murah. Selisih harga yang bisa didapat cukup lumayan sehingga bisa menghemat pengeluaran selama traveling.

3. Tunggu ada pembatalan pembelian

Karena membeli tiket jauh-jauh hari dan kemudian mengubah jadwal keberangkatan, banyak yang akhirnya me-return tiket tersebut. Jika sebelumnya kamu kehabisan tiket murah, bisa jadi akan mendapatkannya karena ada pembatalan tersebut.

Untuk bisa mengetahui adanya tiket murah yang kembali tersedia, kamu harus sering-sering mengecek di platform yang menjualnya. Karena untuk login tidak membutuhkan waktu lama, kamu tidak akan kerepotan untuk mengecek agar bisa mendapatkan tiket sesuai jadwal dan rute yang diinginkan dengan harga murah.

4. Manfaatkan fitur pengisian data cepat

Pada saat melakukan pemesanan, kamu perlu memasukkan beberapa data seperti nama pemesan, tanggal keberangkatan, stasiun asal dan tujuan, alamat email pengiriman tiket dan lainnya. Untuk mengisi data tersebut kamu membutuhkan waktu dimana pada saat bersamaan calon pembeli lain mungkin sudah melakukan booking dan pembayaran.

Jika hal ini terjadi maka kemungkinan kamu akan gagal mendapatkan tiket murah yang dibutuhkan. Sebagai solusi, untuk mempercepat pengisian data, bisa memanfaatkan fitur yang tersedia. Untuk mendapatkan tiket kereta api di Traveloka, kamu bisa mengaktifkan fitur Passenger Quick Pick sehingga hanya satu kali klik semua data sudah terisi.

5. Pilih pembayaran tanpa biaya

Guna keperluan pembayaran tiket yang sudah dipesan, platform yang menjualnya menyediakan berbagai pilihan pembayaran. Agar tidak perlu menambah pengeluaran, kamu bisa memilih cara pembayaran yang tanpa biaya administrasi. Dengan demikian pembayaran hanya senilai harga tiket tanpa ada tambahan apa pun.

Biasanya ini bisa diperoleh pembeli jika membayar melalui bank yang sama dengan rekening yang disediakan oleh platform. Dengan tips yang tepat kamu bisa double hemat, mendapat tiket murah dan tidak ada tambahan fee pembelian.

6. Beli di platform tepercaya

Terakhir, kamu bisa mendapatkan tiket murah dengan membeli melalui platform tepercaya, seperti Traveloka. Traveloka merupakan platform yang menyediakan berbagai kebutuhan traveling, mulai dari tiket, akomodasi dan keperluan lain dengan harga yang terjangkau.

Traveloka juga sering mengadakan promo sehingga pembeli tiket bisa mendapatkannya dengan harga jauh lebih murah. Proses pembelian di platform ini juga cepat. kamu tinggal login, memilih tanggal keberangkatan, stasiun asal dan tujuan, jumlah tiket dan nama kereta api.

Selanjutnya platform akan menunjukkan jumlah harga tiket yang harus dibayar dan jam masa berlaku booking akan habis. Sebelum membayar, kamu juga bisa menukar nomor kursi tiket dengan mudah sehingga bisa mendapatkan tempat duduk sesuai keinginan selama masih tersedia.

Yuk, Coba Tips Dapat Tiket Kereta Api di Traveloka yang Murah!


Nah, kini perjalanan wisata, urusan bisnis dan lainnya lebih mudah dengan membeli tiket kereta api di Traveloka. Kamu bisa memesan tiket kapan saja dan berkesempatan mendapatkannya dengan harga yang lebih murah pastinya.💗


Salam

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "Tips Dapat Tiket Kereta Api di Traveloka yang Murah"

  1. Wah, baru tahu kalau ternyata memesan tiket kereta api juga bisa dari Traveloka. Saya kira selama ini hanya tiket pesawat saja. Karena biasanya memang jarang naik kereta api, kecuali dari rute Medan ke Binjai.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget nih tipsnya. Apalagi jelang libur kenaikan kelas nanti, memang harus mempersiapkan keberangkatan kereta dari sekarang ya...
    Traveloka emang memberikan kemudahan sekaligus harga terbaik ya

    BalasHapus
  3. Harus rajin mengecek-ngecek di aplikasi ya Mbak .... kadang pengen juga dapat tiket super murah kalo baca status atau cerita blogger2 yang dapat tiket murah. Rupanya mereka telaten ya mempraktikkan hal2 di atas.

    BalasHapus
  4. Tipsnya sudah ada, dana sama tujuan tersedia wkwk. Harus disimpan tips ini, siap tahu bulan depan bisa dapat tiket promo jalan jalan ke jakarta hehe

    BalasHapus
  5. Memang pemanfaatan promo dari Traveloka sayang banget dilewatkan. Soalnya pengaruh banget karena kami kalo beli kan banyak, jadi promonya bisa dimanfaatkan jadi hemat banget.
    Enaknya lagi beli jauh jauh hari jadinya gak capek ngantri juga di stasiun. Ketika datang ke stasiun beneran positif udah mau berangkat.

    BalasHapus
  6. Beberapa kali aku juga pakai Traveloka untuk beli tiket kereta nih, Mbak. Pilihan pembayarannya banyak plus kita juga bisa lebih hemat karena nggak ada fee tambahan.

    BalasHapus
  7. Membaca judul tulisan ini aja saya dah semangat.
    Tips dapetin tiket kereta api murah..
    Saya suka yang murah-murah soalnya hehe
    Saya jarang sebenernya naik kereta api, apalagi beli tiketnya.
    Karena ke kampung saya gada jalur kereta apinya.
    Tapi kalo lagi mudik ke Pekalongan, tipsnya perlu diterapkan, ye kan

    BalasHapus
  8. Aku belum coba Passenger Quick Pick sih. Bisa lebih cepat dan sukur-sukur dapat lebih murah yah...
    Traveloka udah langganan sih. Kapan-kapan mau coba juga pesen tiket KA di Traveloka...

    BalasHapus
  9. Sebagai penumpang kereta api yang militan saya seneng banget nih ama infonya. Dan kebetulan kemarin saya udah nyoba pesan tiket kereta api lewat traveloka. Recommended. Harganya murah. Jadi pingin jalan-jalan lagi naik kereta api. Tapi liburan masih lama. huhu

    BalasHapus
  10. Baru tau kalo Traveloka nyediain banyak promo, jadi bisa ngirit biaya perjalanan ya?
    Hehehe selama ini lempeng aja kalo pesen tiket
    Install Traveloka ah supaya bisa selalu update

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang ga pernah dapat harga promo, hikshikshiks. Setiap mau pesan juga udah banyak yg pesan di jalur hemat.

    BalasHapus
  12. Pesan jauh² hari tiket perjalanan itu seperti udah booking lebih awal, dan gak takut kehabisan tempat sih.
    Hal tersebut pernah daku lakukan, dan jadinya lebih tenang ketika akan bepergian.
    Tips lainnya mau coba juga ah

    BalasHapus
  13. Mantap mbak Dian tipsnya, jadi prepare deh buat liburan nanti sama anak-anak. Thanks ya infonya😍

    BalasHapus
  14. Tips dapet tiket murah dari Traveloka-nya bagus banget nih, sangat bermanfaat untuk para treveler, serta para pekerja yang menggunakan moda transportasi kereta untuk tujuan kantor, sekolah dll.

    BalasHapus
  15. Bener kak, usahakan untuk memesan tiket kereta api jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan adalah yang paling efektif

    BalasHapus