Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melembutkan Daging Ayam yang Mudah, Tak Perlu Blender!


Temaaan, daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang paling umum digunakan oleh siapa pun. Untuk melembutkan daging ayam, bisa kamu lakukan dengan menggunakan blender. Tetapi, jika kamu tidak memiliki blender, maka kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk melembutkan daging ayam. Yuk, disimak tips dan caranya!
 
Cara Melembutkan Daging Ayam
Sumber: https://unsplash.com/photos/KC-RKojO3rE

8 Cara Melembutkan Daging Ayam


Nah, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan agar daging ayam lembut:
 
1. Menggunakan Air Kelapa

Air kelapa adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk melunakkan daging ayam. Caranya, gantilah air untuk merendam daging dengan air kelapa. Tidak perlu khawatir aroma kelapa akan mengganggu cita rasa daging, sebab aroma rempah dalam bumbu akan menutupi aroma air kelapa. Teknik ini tidak hanya membuat daging menjadi lebih empuk, tetapi juga memberikan rasa yang gurih pada daging ayam.
 
2. Menggunakan Nanas

Nanas memiliki enzim bromelin yang efektif untuk mengempukkan daging, termasuk daging ayam. Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan nanas hingga menjadi puree dan melumurinya pada daging ayam. Setelah daging dilumuri, diamkan selama 30 menit dan bersihkan sisa nanas dengan paper towel sebelum daging ayam diolah lebih lanjut.

3. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang mampu menguraikan protein daging hingga bagian terkecilnya sehingga daging menjadi lebih empuk. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus daging ayam dengan daun pepaya selama 30 menit, lalu buka dan ayam siap untuk diolah.

4. Menggunakan Panci Biasa

Rebus daging ayam yang telah dipotong bersama dua ruas jempol jahe dalam panci berisi air. Jahe digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ayam dan mempercepat proses pelunakkan daging. Jangan lupa untuk menambahkan garam agar daging lebih gurih. Pastikan seluruh bagian daging ayam terendam air dan tutup panci, rebus selama 5 menit.

5. Menggunakan Ekstrak Buah Mengkudu

Buah mengkudu mengandung enzim protease yang dapat melunakkan daging. Prosesnya sama seperti penggunaan nanas dan daun pepaya. Hancurkan buah mengkudu dan gunakan airnya untuk merendam ayam selama 30 menit di suhu kamar.

6. Ungkep Daging Ayam

Cara ini cukup memakan waktu, yaitu sekitar 60-80 menit dengan api sedang. Namun, hasilnya akan memuaskan karena daging ayam akan menjadi lebih empuk.

7. Metode 7/30/10

Metode ini sering digunakan untuk memasak daging ayam supaya empuk tanpa harus menggunakan presto. Meski memerlukan waktu yang lebih lama, metode ini cukup efisien dalam penggunaan gas.

Prosesnya melibatkan beberapa tahapan: rebus ayam selama 7 menit, diamkan dalam panci tertutup selama 30 menit, nyalakan api lagi selama 7 menit, matikan api dan diamkan lagi selama 30 menit, dan nyalakan api lagi selama 10 menit. Ayam siap diolah lebih lanjut.

8. Menggunakan Parutan Keju

Jika daging ayam berada dalam keadaan setengah beku, kamu bisa memarutnya menggunakan parutan keju. Cara memarutnya sama seperti kamu memarut atau menghaluskan bahan lain. Kunci keberhasilan metode ini adalah parutan keju harus tajam dan daging setengah beku agar proses pemarutan lebih mudah.

Pilihlah Daging Ayam Berkualitas Tinggi!


Nah, itulah tadi delapan cara mudah dalam melembutkan daging ayam tanpa blender. Namun, selain itu ada faktor lain untuk bisa membuat daging ayam menjadi lembut sempurna, yaitu pemilihan daging ayam berkualitas. Agar kamu bisa mendapatkan daging ayam berkualitas terbaik, maka saya sarankan untuk membelinya di tempat yang terpercaya seperti di Kingkong Meats.

Kingkong Meats adalah aplikasi yang jual daging ayam berkualitas dan segar dengan berbagai macam potongan ayam. Kamu bisa membelinya dengan mudah dan praktis sehingga tidak perlu keluar rumah.

Harganya?  

Tidak perlu khawatir soal harga karena selalu ada harga termurah dari Kingkong Meats. 

Gimana, tertarik untuk mencoba? 

Yuk, segera buka aplikasi Kingkong Meats dan pesan daging ayam berkualitas tinggi sekarang juga!❤


Salam Semangat

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

14 komentar untuk "Cara Melembutkan Daging Ayam yang Mudah, Tak Perlu Blender!"

  1. Banyak juga cara untuk melembutkan daging ayam, aku taunya cuma nanas dan daun pepaya aja. Ternyata pakai air kelapa bisa juga ya, kirain air kelapa cuma agar ayam gurih legit. Ntar kapan-kapan mau cobain ah.
    Oya aku juga baru tau ada Kingkong MeatsApp, aplikasi jual daging ayam. Cus, meluncur deh, mau intip, apa sudah ada juga ini di kotaku.

    BalasHapus
  2. Ayam itu jadi lauk yang kayak wajib ada di rumah. Hehhe. Soalnya enak juga dan bisa divariasikan berbagai menu makanan, mba. Aku penasaran mencobain metode 7/3/10. Selama ini masak seperti biasa saja. Makasih ya

    BalasHapus
  3. aku biasanya milih diungkep karena lebih meresap juga bumbunya, tapi akhir-akhir ini suka dimarinasi, daging ayam juga lembut untuk dimakan, kayaknya lebih ekstra daging sapi daripada ayam, aku perlu nanas biar empuk

    BalasHapus
  4. Kalau aku pernah coba yang pakai nanas mbak, karena penasaran deh waktu itu. Tapi yang aku lembutkan adalah ayam kampung waktu itu. Nah kalau sekarang sih lebih seringnya pakai panci saja, heheheee...

    BalasHapus
  5. Instal dulu aplikasinya nih karena penasaran. Tapi pas sudah ternyata gak bisa kirim ke kampung saya. Hehehe.... di luar jangkauan area. Nasib tinggal di pelosok...

    BalasHapus
  6. saya agak bingung nih dengan konsep melembutkannya, mbak. apakah ini maksudnya jadi daging ayam giling atau biar ayamnya nggak alot pas dimakan? kalau daging ayam kampung sih bisa ya kayaknya pakai bahan-bahan yang ada di atas buat melembutkan dagingnya

    BalasHapus
  7. Rupanya pakai parutan keju juga bisa melembutkan daging ayam. Perlu dicoba nih kalau di rumah gak ada nanas atau daun pepapay. Caranya praktis juga.

    Selama ini saya baru pakai panci biasa aja. Direbus cukup lama. Diamkan, direbus lagi, gitu.

    BalasHapus
  8. Aku pernah dikasih saran menggunakan Daun Pepaya untuk mengempukkan daging. Dan beneeerr mashaAllaa~
    Ajaib ya,.. tapi memang udu dikasi waktu agar gak terlalu empuk. Untuk masakan tertentu, tekstur daging masih sangat ditunggu-tunggu. hehehe.. daripada yang hancur mungil mungil.. ((kok ini jadi inget kesalahanku yang terlalu lama membungkus daging ama Daun Pepaya. Sedih kalo diinget, hehhe tapi jadi pelajaran banget))

    Cocok ini untuk memasak daging kurban sebentar lagi.
    Tapi bisa juga belanja kebutuhan daging untuk menu tertentu di Kingkong MeatsApp.

    BalasHapus
  9. ohhh aku baru tauuu mba.
    ternyata banyak metode yg bs dipake yha.
    siippp, noted!!

    BalasHapus
  10. Yang biasanya saya lakukan adalah direbus dengan ditambahkan jahe dan garam. Ternyata ada berbagai cara lainnya. Baru tahu yang dikasih parutan keju.

    BalasHapus
  11. Cara yang lain itu udah pernah aku coba. Tapi kalo masak ayam kampung kalo ayam broiler aku gak perlu gunakan trik pelembut sih. Yg belum aku cobain pake mengkudu

    BalasHapus
  12. Aku coba pakai nanas kapan hari dan benar benar empuk ayamnya
    Anak saya yang jelang satu tahun tidak mengalami masalah saat memakannya langsung karena sudah malas sama bubur

    BalasHapus
  13. Aku selama ini melembutkan/ melunakkan ayam dengan cara presto. Ternyata banyak cara lainnya ya mom. Btw baru tahu loh Kingkong MeatsApp, penasaran nih

    BalasHapus
  14. wah menarik tips-nya aku tip ungkep ayam sih, kalau mau cepat bisa ke presto atau masak di rice cooker xixixi... tapi lebih sering di kompor aja.

    BalasHapus