Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mie Kocok Bandung, Makanan Khas Bandung yang Gurih Nagih!

Gaiiss, ke Bandung tanpa kulineran itu bagai makan sayur tanpa garam, rasanya anyep kurang sedep! Apalagi banyak sekali makanan khas bandung yang istimewa, salah satunya adalah mie kocok Bandung favorit saya.

Meski tiap kali ke Bandung saya enggak cuma makan ini sih, secara kalau traveling saya tuh tipe makan, makan dan makan hehe. Tapi mie kocok Bandung tetap numero uno di hati, dan tak pernah ketinggalan dinikmati kalau saya ke sana lagi.

Ya, selain mie kocok Bandung, ada deretan makanan khas Bandung lainnya yang biasa saya icipin kalau ke kota yang punya julukan Paris van Java ini!

Rekomendasi Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung Mang Dadeng - sumber: https://assets-pergikuliner.com/

Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

Well, kalau mengunjungi sebuah tempat, bagi saya kulineran itu wajib hukumnya. Memang traveling adalah saat yang tepat menerapkan hukum 'dietnya mulai besok saja'! Pasalnya, jajaran makanan khas yang menggoda di depan mata sungguh sayang untuk dilewatkan. Mumpung di situ, kapan lagi, kan. Di tempat tinggal kita belum tentu ada, atau kalaupun ada pasti rasanya enggak seotentik aslinya.

So, kalau ke Bandung, saya tak akan melewatkan jajaran makanan khas Bandung, di antaranya:

1. Mie Kocok Bandung

Hidangan yang terdiri atas mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil (kadang juga babat), taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng ini, asli mantap sekali! Termasuk sebagai kuliner lintas generasi, mie kocok Bandung bisa dinikmati oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Nah, istilah kocok dalam nama hidangan ini merujuk kepada proses memasaknya, yaitu mengocok-ngocok mie gepeng yang bertekstur lebih lembut ke dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, sembari mencelupkannya ke dalam air panas. Cita rasa mie yang berkuah gurih nagih dipadukan potongan kikil ini sungguh memikat selera. 

2. Soto Bandung 

Bicara soto, Indonesia tuh rajanya, karena adanya soto khas yang dimiliki banyak daerah, tak terkecuali soto yang berada di Bandung. Ciri khas soto Bandung ini kuahnya bening dengan aroma yang khas dan dipadukan dengan potongan daging sapi, potongan lobak dan taburan kacang kedelai goreng yang menambah keunikannya

3. Batagor 

Makanan khas kota kembang ini bisa dijumpai di penjuru kota Bandung. Baso Tahu Goreng alias batagor merupakan campuran dari baso dan tahu yang digoreng, ditambah guyuran kuah kacang, juga tambahan kecap manis. Ada batagor yang lebih renyah atau garing, tahu yang digunakan bisa tahu putih atau tahu kuning, bisa lembut atau padat. Ukurannya bisa besar maupun kecil, sementara saus kacangnya ada yang pedas dan adapula yang manis, bisa lebih gurih dan lebih terasa bawang putih. Berbeda-beda di tiap penjualnya, tinggal pilih yang sesuai selera.

4. Seblak 

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang awalnya punya isian sederhana, hanya kerupuk yang direndam air panas yang kemudian dimasak dengan bumbu halus berupa bawang putih, kencur dan cabai rawit. Kini seblak tampil lebih bervariasi dengan campuran berbagai macam kerupuk mentah ditambah telur, daging, tulang atau sosis yang dimasak bersama kuah yang khas. Nah, ciri khas seblak adalah, bumbunya wajib menggunakan kencur atau cikur dalam bahasa Sunda. Selain itu, yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adanya kerupuk berwarna oranye yang biasanya menjadi toppingnya.

5. Nasi Tutug Oncom 

Nasi tutug oncom, salah satu makanan khas Sunda yang di Bandung banyak ada, di mana tutug berarti tumbuk, sedangkan oncom adalah bentuk fermentasi dari olahan tempe. Dikenal dengan sebutan nasi TO, perpaduan nasi pulen dengan sambal oncom khas Sunda yang dibungkus daun pisang ini, disajikan dengan tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng, ikan goreng juga sambal. Sebuah perpaduan yang tentunya menjadikan hidangan ini sempurna untuk menggugah selera.

mie kocok Bandung
Mie Kocok Semar - sumber: https://www.gotravelly.com/

5 Tempat Makan Mie Kocok Bandung yang Legendaris

Nah, balik ke mie kocok lagi ya, biasanya, pemilik warung mie kocok lebih suka membuat mie sendiri ketimbang membeli yang sudah jadi. Juga mempertahankan resepnya sehingga citarasa khas yang dimiliki masing-masing warung mie ini. 

Beberapa penjual mie kocok menggunakan bara api dari arang agar kaldu dan aroma lebih terasa. Kaldu biasanya didapat dari daging, kikil, dan tulang yang berisi sum-sum yang direbus selama berjam-jam agar aroma kaldu terjaga, juga daging dan kikil jadi lebih lembut saat dinikmati. 

Sementara untuk bumbu, ada yang menambahkan daun salam, sereh, dan jahe untuk menghilangkan bau anyir tulangnya. Juga, kunyit, ketumbar, serta bawang putih untuk menambah rasa serta aroma kuahnya. Mantap jiwaaa!

Nah, buat kamu yang belum pernah coba, atau mungkin masih bingung saat ke Bandung mau makan mie kocok dimana, cobain mie kocok Bandung berikut ini dan rasakan sendiri sensasi nikmatnya!

1. Mie Kocok Bandung Mang Dadeng

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 61419
Jam buka: setiap hari pukul 09.00 - 22.00 WIB
Harga: di bawah Rp50.000/orang

Mie Kocok Bandung Mang Dadeng berbeda dengan mie kocok biasa, karena dibuat dari 27 macam bumbu rempah-rempah. Kebayang kan, wangi kuahnya? Kaldu mie kocok terbuat dari kaki dan tulang sapi yang direbus selama empat jam. Kemudian ditambahkan daun salam, sereh, dan jahe untuk menambah kelezatan. Oia, Mie Kocok Bandung Mang Dadeng juga dilengkapi sumsum sehingga membuatnya lebih istimewa.

2. Mie Kocok SKM

Alamat: Jl. Sunda No. 38, Bandung Jawa Barat 40231
Jam buka: setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB
Harga: di bawah Rp50.000/orang

Sudah ada sejak tahun 1970, Mie Kocok SKM terkenal unik dengan kuahnya yang berwarna agak kekuningan yang berasal dari bumbu rempahnya. Aroma kaldu mie kocok Bandung yang satu ini juga spesial karena membelah dua tulang dan tapal kaki agar sumsum dalam tulangnya lumer. Kuahnya segar  karena ada penambahan kunyit, ketumbar, tenggiri, serta bawang putih yang memperkuat rasa dan aroma lezatnya.

3. Mie Kocok Persib

Alamat: Jl. A. Yani No.262, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Jam buka: setiap hari pukul 10.00 - 16.00 WIB
Harga: di bawah Rp50.000/orang

Termasuk mie kocok Bandung legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1963. Mie Kocok Persib memiliki ciri khas berupa kuah yang gurih dengan kaldu sapi, serta dilengkapi kikil dan iga. Siraman kuah kaldu sapi hangat dan taburan pangsit goreng berukuran kecil, menambah nikmat Mie Kocok Persib yang wajib kamu coba.

4. Mie Kocok Bandung Cepay

Alamat: Jl. Pajajaran No. 37, Bandung
Jam buka: setiap hari pukul 10.00 - 16.00 WIB
Harga: Rp25.000/per porsi

Mie Kocok Cepay termasuk salah satu mie kocok legendaris di Bandung yang ada sejak tahun 1979. Cara memasak Mie Kocok Cepay cukup spesial, yaitu menggunakan bahan bakar berupa arang yang membuat kaldu dan aromanya terasa lebih kental. Mie dan taoge disimpan dalam bak memakai alas ‎daun yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan dan disajikan di mangkok dengan tambahan kikil dan kaki sapi, baru deh disajikan ke pelanggan. Sedap nian!

5. Mie Kocok Semar

Alamat: Jl. HOS.Tjokroaminoto, Arjuna, Cicendo, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172
Jam buka: setiap hari pukul 03.00 - 23.00 WIB
Harga: di bawah Rp50.000/orang

Keunikan mie kocok Bandung yang satu ini ada pada penambahan tulang berisi sumsum yang membuat rasanya enggak perlu diragukan. Selain itu, kamu juga bisa minta tambahan bakso kalau mau. Konsisten memberikan pelayanan yang memuaskan membuat Mie Kocok Semar punya banyak pelanggan setia, termasuk saya!

Mie Kocok Cepay - sumber: https://asset.kompas.com/

Mie Kocok Bandung Memang Gurih Nagih!


Well, sebagai salah satu "surga" kuliner di Indonesia, Kota Bandung memiliki segudang jajanan dan makanan khas yang dapat menggoyang lidah kita. Mie kocok Bandung adalah salah satunya. 

Apalagi ada beberapa tempat mie kocok legendaris di Kota Bandung yang bisa kita datangi, yang rasanya bisa diacungi jempol karena gerainya sudah ada sejak puluhan tahun, dengan resep turun-temurun.

Karenanya, kalau kamu ke Bandung, pastikan singgah ke salah satu tempat makan mie kocok Bandung yang legendaris di atas, ya. Selamat Kulineran!💗


Salam

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

14 komentar untuk "Mie Kocok Bandung, Makanan Khas Bandung yang Gurih Nagih!"

  1. Dulu di Medan sempet ada warung mi kocok bandung, tapi sekarang warungnya udah ganti jadi seafood. Ngga tau deh pindah atau tutup permanen. Padahal cukup rame pastinya karena cocok di lidah sebagian orang Medan.

    Tapi beberapa kali ke Bandung kenapa saya ngga kepikiran untuk nyari mi kocok ya? hehee
    ya begitu kalau bepergian suka bingung mau makan apa. Ujung-ujung nasi goreng mulu :D.

    Btw, thanks rekomendasinya Mbak, Kali aja ke Bandung lagi biar inget nyobain mi kocok di daerah asalnya

    BalasHapus
  2. Ya ampunnnn, ngiler malam-malam dong :)
    Belum pernah cobain mie kocok Bandung sih, tapi seingat saya pernah liat di Surabaya dan rame.
    Jadi pengen nyobain deh, gara-gara baca ini :)

    BalasHapus
  3. Banyak orang yang nanya, kok mie kocok mahal sih?
    Kan hanya dari kikil iga?
    Jawabannya karena gak memasak kikil dan iga itu gak mudah
    harus dibuat sendiri dalam waktu lama, gak bisa pabrikan

    Karena itu rasanya meni ngeunah dan nagihhh ...

    BalasHapus
  4. Udah lama banget gak makan mie kocok Bandung, kebanyakan makan seblak yang pedas-pedas yahud hihihii, aahh mbak Dian mie kocoknya bikin ngiler aja deh tuh kan daku jadi pengen😄

    BalasHapus
  5. apa nih? kok saya sepertinya baru pertama kali mendengar kuliner mie kocok ini. tapi kalau soal kuliner bandung memang gak ada duanya ya semuanya enak dan unik-unik juga, segala macam per-aci-an juga kan asalnya dari bandung ya cireng cimol dll itu semua enak buat jajan sore-sore

    BalasHapus
  6. Saya penyuka kikil Mbak Dian. Jadi saat ketemu Mie Kocok Bandung, gak ditawarin dua kali bakal langsung ngangguk. Tapi biasanya saya gak pakai mie kuning biar bisa minta nambah kikil nya. Duh jadi kepengen. Tadi suami tak lihatin daftar/list tempat jajan mie kocok. Dia bilang "Itu sudah kita telusuri semua" hahahaha. Aaiiihhh ternyata memang semua top markotob lah Mbak.

    BalasHapus
  7. pas banget, saya juga terakhir ke bandung nyicipin tuh salah satu mi kocok legendaris, yang mi kocok persib, mana banyak jajanan lainnya pula, murah meriah ngeunah bikin sumringah lah

    BalasHapus
  8. Catetin aah..
    Seriously, aku jarang makan mie kocok Bandung. Hihihi.. yha gimana ya.. kalok tinggal di kotanya tuh, kuliner kota sendiri malah terlupakan. Tapi suka banget sama mie kocok, karena kuah kaldunya mantul!

    BalasHapus
  9. Harganya cukup terjangkau ya mbak Dian si mie kocok ini. Apalagi ada di berbagai tempat juga di Bandung. Sehingga bisa dinikmati di mana aja. Pokoknya mah kalau ke Bandungan kulinerannya tuh sesuatu banget yang kudu dicoba hehe

    BalasHapus
  10. Mie kocok Bandung emang juaraaaa! Bahkan untuk Indomie pun, rasa mie kocok Bandung adalah salah satu yang paling enak dari semua varian mi instan itu. Oh satu lagi, Mbak. Untuk batagor, kapan-kapan cobain deh batagor kuah. Batagor tapi pake kuah. Enak!

    BalasHapus
  11. Thanks banget nich mbak Dian udah mau berbagi tempat makan asyik dan cool di Bandung. Seblak asli orang Bandung pasti mantab ya, jadi pengen coba aslinya.

    BalasHapus
  12. Dulu Saya gak suka ama mie Kocok Bandung soalnya kikil nya pasti alot dan mie kuning nya bau minyak tanah mana tempatnya terkenal femes se Bandung dan enak kata orang2....tapi terakhir ke Bandung malah ga sengaja nemu mie kocok bandung di pujasera dihalaman factory outlet samping Kartika Sari Dago lho kok enak... seketika langsung suka sama mie kocok..kikilnya empuk kyknya sih dipresto ya dan yng pasti mie kuningnya ga bau minyak tanah ...ternyata tempat femes blm tentu sesuai lidah kita.. malah ditempat ga femes nemu mie kocok Bandung yg cocok hihihi

    BalasHapus
  13. Ngiler ma yang terakhir yang ada tulang sumsum. Biasanya ada jg mie bakso yang campur sumsum gini kan ya

    BalasHapus
  14. bandung surganya mie kocok ya mbak,,, aku jadi asli kepengen ini fix besok mau cobain mie kocok ala-ala dapurku deh, mau ke bandung kelamaan soalnya

    BalasHapus