Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Operasi Gigi Bungsu

Alhamdulillah, operasi gigi bungsu anak sulung saya di Rumah Sakit Pusat Pertamina, pada hari Jumat, 27 Mei 2023 yang lalu berjalan lancar. Setelah mendapat surat izin sakit dari dokter selama 3 hari (lanjut ada libur panjang 4 hari), Insya Allah Senin besok dia sudah balik ke tempat kos-nya dan bisa beraktivitas lagi.

Ya, si Mas mesti menjalani operasi gigi bungsu, setelah saat periksa gigi, dokter gigi menemukan adanya kelainan pada gigi bungsunya sehingga harus dirujuk ke dokter spesialis bedah mulut untuk dilakukan tindakan operasi.

Oia, meski judulnya operasi tapi bukan yang gimana gitu ya, karena ini termasuk operasi kecil, meski risikonya tetap ada mengingat ini gigi yang terhubung dengan banyak saraf di organ tubuh kita.

Lalu, ceritanya gimana kok bisa harus operasi gigi bungsu?

Impaksi Gigi

Apa Itu Operasi Gigi Bungsu?

Hari Jumat, 20 Mei 2023, mumpung sekolahnya libur sehari saya mengajak si Adik untuk periksa gigi yang sudah tertunda sekian lama. Nah, karena si Mas sedang di rumah juga, saya ajak aja sekalian.

Memang, saya rutin memeriksakan gigi anak-anak agar terawat, sehingga jika ada karang atau gigi berlubang bisa segera diatasi dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Idealnya sih 6 bulan sekali ya, tapi berhubung ibunya (sok) sibuk jadi setahun sekali juga sudah bagus...(ini jangan ditiru huhuhu).

Nah, dokter gigi di Klinik Pertamina IHC Sinabung pertama memeriksa si Adik dan menjelaskan mesti ada 3 tindakan: pembersihan karang gigi, menambal gigi berlubang, dan mencabut sisa gigi susu yang tidak copot sempurna. Akhirnya karang giginya saja yang dibersihkan, next kedatangan baru yang lainnya.

Kemudian, gantian si Mas diperiksa, dan dokter gigi nanya belakangan ada keluhan apa. Saya bilang memang sering ngeluh geraham belakangnya sakiiiit dan dia sering banget sariawan. Saya mikirnya kalau sakit karena geraham tumbuh di usia dia itu wajar saja (btw, anak sulung saya ini 18 tahun). Sementara kalau sariawan, karena dia nge-kos, saya pikir karena kurang makan sayur/buah tidak seperti kalau makan di rumah.

Eh, ternyata enggak dong, dokter gigi bilang jika anak saya mengalami pertumbuhan gigi bungsu yang tidak normal. 

Katanya, gigi bungsu memang terkadang bisa tumbuh hanya sebagian, miring ke depan atau ke belakang, melintang, atau tersangkut dengan gigi lainnya. Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal seperti ini disebut dengan impaksi gigi

Di mana ini dapat memicu rasa sakit yang tak kunjung hilang dan menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerusakan gigi, penyakit gusi, infeksi jaringan lunak gigi, infeksi bakteri di sekitar mulut, abses, atau kista gigi, sehingga dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi gigi bungsu.

Karenanya, dokter gigi merujuk anak saya ke dokter spesialis bedah mulut untuk penanganan lebih lanjut.

Masih terkaget-kaget, saya antar anak saya ke Dental Aesthetic Clinic/Instalasi Gigi dan Mulut, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta. 

Sebelum bertemu dengan drg. Ahmad Zulkifli, Sp.BM, anak saya diminta foto rontgen gigi dulu (fotonya ada di awal artikel), di tempat yang sama yang berguna untuk menentukan tindakan medis yang dapat membantu dokter gigi memvisualisasikan penyakit gigi dan jaringan di sekitarnya yang tidak dapat dilihat dengan pemeriksaan mulut sederhana.

Setelahnya, giliran diperiksa dan benar saja, diperlukan 2 tindakan operasi untuk 2 impaksi gigi di bagian kiri dan kanan. Kemudian dijadwalkan operasi gigi bungsu yang pertama pada Jumat, 27 Mei 2023, yang kedua sekitar sebulan setelahnya.

Dan, sebelum tindakan, diberikan obat kumur antibakteri terlebih dahulu sebelum tindakan operasi gigi bungsu dilakukan, dari hari itu hingga hari-H tiba.

Oia untuk biaya konsultasi dan rontgen gigi hari itu: Rp 830.000 (ditanggung asuransi)

Operasi Gigi Bungsu


Hari-H Operasi Gigi Bungsu 

Jadwal operasi gigi bungsu setelah Jumatan, jadi sampai rumah sakit si Mas salat Jumat dulu di masjid Ar-Rahmah RSPP, kami lanjut maksi, baru deh ke lantai 10 Instalasi Gigi dan Mulut. 

Sudah ada drg. Ahmad Zulkifli, SpBM dibantu seorang suster dan seorang perawat gigi (laki-laki). Ruangan periksa yang nyaman, peralatan lengkap dan canggih, tenaga medis yang mumpuni dan alunan lagu tahun 90-an, mengiringi jalannya operasi.

Sebelumnya saya sebagai pendamping pasien diminta menandatangani surat persetujuan tindakan dan diberikan penjelasan di antaranya:

  1. Sebelum tindakan dimulai, pasien akan diberikan bius atau anestesi lokal di sekitar gigi
  2. Akan dilakukan sayatan gusi, agar gigi bungsu lebih mudah dikeluarkan
  3. Setelah gigi dicabut bisa terjadi pendarahan, tapi dengan kehati-hatian InsyaAllah akan bisa diantisipasi. 
  4. Dengan mengikuti petunjuk dokter segala kemungkinan bahaya pasca operasi tidak akan terjadi
Kemudian, kelar tanda tangan dan penjelasan, dokter memulai tindakan dengan menyuntikan obat bius di area gusi yang bermasalah. Obat bius ini akan membuat gusi menjadi kebas atau mati rasa. Ditunggu dulu sekian waktu, sambil anak saya ditanya, sudah berasa kebas belum. Ya, ini berguna pasien tidak akan merasa sakit selama prosedur berlangsung. 

Selanjutnya dokter menutup luka sayatan dengan jahitan dan lubang bekas gigi dengan kain kasa. Dokter meminta anak saya untuk menggigit kain kasa tersebut selama sekitar satu jam supaya gumpalan darah terbentuk di bekas lubang gigi yang dicabut.

Tindakan operasi dan obat-obatan, total biaya: Rp 8.060.000 (di-cover asuransi)


Operasi Gigi Bungsu di RSPP Jakarta


Pasca Operasi Gigi Bungsu

Well, meski ini bukan yang pertama kali saya tanda tangan operasi - untuk si sulung ini, rasanya deg-degan juga. 

FYI, anak saya ini sudah pernah operasi usus buntu pada tahun 2019, di rumah sakit ini juga. Pernah kena bell's palsy tahun lalu dan mesti terapi sekian bulan. Belum lagi saat kecil sering banget asmanya kambuh sehingga harus sering rawat jalan (fisioterapi) ataupun pas kambuhnya parah harus rawat inap karena mesti diuapi secara berkala..

See, hidup saya enggak semuanya baik-baik saja! Seperti anak pertama yang lahir tidak sempurna dan 13 hari kemudian meninggal dunia, anak kedua yang sakit-sakitan, anak ketiga yang dikatain/di-bully stunting & tulang kering, suami yang..

Eh malah curhat kwkwk. Oia, semua yang saya tulis enggak ada niatan riya, hanya ingin berbagi pengalaman siapa tahu ada yang membutuhkan juga untuk menjaga kenangan.

Apapun semua saya syukuri, percaya jika Allah SWT selalu menempatkan semua sesuai porsi dan selaras ketentuanNya. 

Nah balik cerita lagi, tindakan operasi gigi bungsu berjalan hampir satu jam. Setelahnya drg. Ahmad Zulkifli, SpBM meresepkan obat dan menjelaskan jika:
  1. Setelah dapat obat, diminum, lalu kasa (yang di bekas luka) diganti yang baru
  2. Ada 4 obat yang diberikan, diminum sesuai aturan
  3. Sampai rumah pipi di bagian gigi tadi dikompres es
  4. Makan makanan bertekstur lembut
  5. Mengunyah makanan di gigi yang tidak sakit
  6. Akan ada pembengkakan di pipi yang akan mengempis setelah 3 hari
  7. Jika berkumur hindari mengocok mulut dulu
  8. Beristirahat dan hindari berkegiatan berat

Jadi, jadwal berikutnya adalah kontrol ke dokter gigi lagi hari ini Senin, 5 Juni 2023. Semoga semua sesuai harapan dan operasi gigi bungsu yang berikutnya juga lancar! Aamiin!💖


*Update: hari ini sudah kontrol dan semua baik. Sekitar sebulan disarankan menggosok gigi dengan pelan. Tetap berkumur dengan obat kumur yang diresepkan. Juga, di bagian gigi yang dicabut disemprot cairan anti infeksi, sebelum tidur. Biaya hari ini, total: Rp 410.000 (ditanggung asuransi)



Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

34 komentar untuk "Pengalaman Operasi Gigi Bungsu "

  1. Mantan rekan kerja daku juga ada yang operasi gigi bungsu. Tapi cuma bisa libur 2 hari aja waktu itu. Dan pada saat dia masuk lagi, eh baru muncul gigi bungsu saya. Alhamdulillah baik² aja, hanya aja pas numbuhnya itu gak banget, ngalahin PMS sakitnya huhu.#jadicurhat

    BalasHapus
  2. Suamiku abis operasi gigi bungsu juga mbak. Bengkak pipinya hampir seminggu. Mana harus bolak balik karena tensi darahnya tinggi, jadi harus beberapa kali batal operasi.

    BalasHapus
  3. Hepi banget ya, bisa perawatan gigi di klinik khusus perawatan gigi
    Peralatannya lengkap, dokternya pun ekspert karena banyak mendapat kasus
    Saya juga lebih suka mengantar anak ke klinik khusus seperti ini
    Karena bisa milih dokter ^^

    BalasHapus
  4. Ternyata kalo sering sariawan bisa disebabkan oleh gigi bungsu yang bermasalah juga ya, kirain karena kurang makan sayur dan buah saja. Untung cepat dioperasi ya Mba, semoga anaknya tumbuh sehat dan tidak ada masalah lagi ya sama giginya. Aamiin...

    BalasHapus
  5. Gigi bungsuku uda diambil semua, kak Dian.
    hihihi.. jadi aku 4x operasi gigi. MashaAllaa~

    Rasanya beneran dinikmati aja.

    Syafahullah, kakak.
    Semoga kakak Lekas sehat kembali. Bisa makan dengan baik dan enak lagi.

    Aku baru tau, kak Dian.
    Kalau operasi gigi bungsu ini kudu banyak hal yang diperhatian. Alhamdulillah, dapat masukan dan kisah pembelajaran terbaik dari artikel kak Di.
    Haturnuhun.

    BalasHapus
  6. Sesuai namanya gigi bungsu, saat muncul hmm sesuatu banget. Semoga operasi gigi bungsunya lancar-lancar ya mas dan segera recovery aamiinn

    BalasHapus
  7. Duh...alhamdulillah ya cepet ketahuan dan sembuhnya cepet. Foto rontgen giginya persis banget punya suami dulu. Gigi bungsu nabrak gigi depan sampai retak & busuk krn infeksi. Akhirnya yg ditindak gigi depannya yg retak tsb. Itu maaah hrs Drg cowok, susaaah nyabutnya. Duh...pakai pahat dong, kayak diancurin gitu giginya, lalu diambilin satu-satu pecahannya. Gigi bungsu pakabarnya? Dibiarin aja udah...Udah ketuaan juga usia pasien pas ketahuan...hihi

    BalasHapus
  8. Maaf mba aku nanha berapa biaya nya ?? Pakai bpps atau asuransi....

    sama persis nih sama suamiku gigi bungsunya juga miring jadi kadang suka kumat sakit... mau operasi paraahh bnget dah masa takuutt🤦 nti kusuruh baca blog mba dian😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tambahkan di atas ya, Mbak untuk info biayanya

      Hapus
  9. kak saya masih bolak-balik berfikir karena harus operasi gigi bungsu bagian atas nih, serem sih sebenarnya, pernah punya pengalaman yang bawah dan rada trauma gitu hehehe

    BalasHapus
  10. Urusan sama gigi ini memang bikin deg2an ya, apalagi sampai harus dioperasi dan syukurlah berjalan lancar. Senang kalau dpt dokter yg dpt memberikan informasi baik serta pelayanan staff2 rumah sakit/klinik yg ok. Semoga operasi berikut berjalan lancar ya

    BalasHapus
  11. Merawat gigi itu memang perjalanan panjang ya. Dari satu pemeriksaan ke pemeriksaan yang lain. Dari satu tindakan ke tindakan lainnya. Huaaa butuh kesabaran ekstra. Tapi Bismillah ikhtiar sehat ya Mba. Aku pun sekarang karena ada posisi salah satu gigiku yang "tertidur" jadi berpengaruh ke rahang yang jadi miring, dan pasti sakit setiap kali menguap atau buka mulut saat makan. Dan rencananya baru akan check up dalam minggu2 ini, huhu

    BalasHapus
  12. alhamdhulilah ceet ketauan penyebabnya ya jadi bisa diatasi segera. kalo aku nggak sempet merasakan sakit gigi karena gigi bungsu soalnya jaman SMP mau pake kawat udah diambil sama dokter giginya hehehe

    BalasHapus
  13. Operasi gigi bungsu ini suka gimanaaaa gitu ya. Seumur segini saya masih hutang operasi gigi bungsu satu lagi. Masa iya ada 4 biji gigi bungsu saya yang gak benar. Nah yang terakhir ini, masih maju mundur aja. Habis sudah 3 kali mengalami, pengalamannya gimana gitu ya. Enggak sakit sih tapi jelas gak enak di mulut. Anaknya Mbak keren nih, dia biasa aja menjalaninya :)

    BalasHapus
  14. Alhamdullilah sudah kembali sehat, pengalaman masalah gigi bungsu memang ngak enak banget, jadi ingat pas masih kuliah setelah berbulan-bulan di tahan akhirnya harus dioperasi juga lumayan merepotkan urusan gigi bungsu ini, bikin ngak enak makan minum bahkan aku dulu sempat demam.

    BalasHapus
  15. Wah memang bukan main rasanya tumbuh gigi bungsu, sangat sakit sekali, merawat gigi itu memang bukan suatu kegiatan yang mudah huhuhu, tapi harus super telaten, gigi ku pun ada salah satu yang miring juga sepertinya, sakit nya bukan main, rencananya akan check up sebulan lagi deh.

    BalasHapus
  16. Waaah...jadi ingat lagi pengalaman bedah gibung-ku mba. Semua gibungku ga mau tumbuh karena ga dapat tempat, jadi dia menekan syaraf sehingga aku sering pussssiiing (waktu itu aku mikirnya sering pusing karena minusku nambah, eh tenyata karena gibung yg ngusel2 saraf wkwkw). Aku uda dua kali bedah gibung. masih ada dua lagi nih, tapi so far ga ada keluhan pusing, jadi biar aja deh hehehe.

    Eh ya, paska bedah yang kedua aku sempat ada benjolan yang cukup lama lho.. Ga sakit memang, tapi bikin wajah tampak ga simetris, kan aneh yaa. Sempet parno, tapi bersyukurnya itu cuma karena struktur tulang seputar gigi yg dicabut sedang remodelling (kayaknya ini istilah dokternya), dan lama2 pulih sih. Semoga si Mas ga ngalami yg gitu2 ya mbaak...sehat selalu mb Dian sekeluarga.

    BalasHapus
  17. Ternyata bisa menyebabkan sering sariawan juga yaa kalau gigi bungsu numbuhnya gak sesuai kayak gini. Alhamdulillah sudah dicabut, semoga gak ada masalah gigi lagi ke depannya ya, hehe.

    BalasHapus
  18. Sedetail Itu kalah periksa kesedihan perkotaan ya. Masalah gigi memang tidak bisa dipandang sebelah mata juga. Gak seperti di kampung, jangankan memeriksa ke dokter gigi, dokter giginya aja di puskesmas entah ada entah enggak, hehehe

    BalasHapus
  19. Gigi bungsu memang tidak mengenakkan ya. Beberapa waktu yang lalu anak gadisku juga operasi gigi bungsu. Sebelum operasi nangis bombay berulang kali tahan sakitnya.

    BalasHapus
  20. memang urusan dengan gigi ini ngga bisa main - main ya mba.. apalagi kalau banyak masalah yang terkait ya. baiknya kita kontrol teratur untuk menghindari masalah ya mba

    BalasHapus
  21. Wah, lumayan juga ya operasi gigi bugsu
    Namun syukurlah anak sudah membaik ya mbak
    Nggak enak juga kalau sakit gigi
    Pasti sangat mengganggu

    BalasHapus
  22. syukurlah mba segera ditangani, aku punya pengalaman juga operasi gigi bungsu, tapi udah agak telat karena ternyata gigi bungsu nya mengganggu gigi lainnya (gigi sebelahnya jadi pecah karena tertabrak)
    jadi memang penting banget untuk rutin periksa biar tindakannya cepat

    BalasHapus
  23. Aku pun termasuk yang protektif banget sama kesehatan gigi dan mulut, jadi memang si anakku ini rutin ku periksakan ke dokter gigi. Seperti kemarin, dia juga sempat ada cabut gigi susunya. Kuncinya memang kudu menjaga kesehatan gigi dan rajin kontrol sih ya mbak.

    BalasHapus
  24. Aku pernah mengalami dan rasanya itu Wow banget deh setelah operasi gigi bungsu lama penyembuhannya mungkin karena aku juga perawatannya kurang benar sehingga satu bulan baru enakan satu minggu itu sakitnya luar biasa

    BalasHapus
  25. Gigi bungsu rupanya gitu ya. Kadang tumbuhnya gak pas. Ya, saya baru tahu nih. Termasuk penyebab sering sariawan bisa jadi gigi bungsu yang tumbuhnya impaksi.

    Saya sebenernya niat mau cabut akar gigi geraham, tapi kayaknya mengerikan, saya masih maju mundur hahahaha. Baru scalling sama nambal gigi aja rasanya udah ngilunya minta ampun. 🤣🤣

    BalasHapus
  26. Suami aku pernah operasi ini. Duh kasihan juga karena ternyata gak semua dokter gigi bisa. Jadi suami nunggu dulu dan sempat pindah rumah sakit

    BalasHapus
  27. Asuransinya apa? Baik bgt mo cover semua. Tahu gini jd santai berobat gigi ya.

    Aku salut mba dian, rajin periksa gigi anak. Aku merasa nyezel selaramg. Jadinya anak susah ke dokter gigi.

    BalasHapus
  28. Rasanya gigi ini sering dicuekin, tapi kalau uda sakit, huhu..mashaAllaa.. pen nangis.
    Alhamdulillah, dengan langkah yang dilakukan dan diperiksa oleh dokter gigi yang ramah bisa jalani serangkaian operasi gigi bungsu dengan baik.

    BalasHapus
  29. wah tentu sakit banget ya rasanya. makanya perlu tindakan operasi yaa. alhamdulillah segera ditangani dan semoga lekas membaik ya mbak.

    BalasHapus
  30. Urusan gigi anak ini emang kadang bikin puyeng tapi keinget gigiku dulu jg gk bagus dan bolak balik dibawa ibuku ke dokter gigi huhu.
    Wah sehat2 buat si kakak ya mbak. Ini anakku keknya ada yang tumbuhnya mencelat juga giginya.
    Btw aku minta tolong bisikin donk asuransi yang mengcover tindakan gigi kyk gtu? thx

    BalasHapus
  31. Ada masalah dengan gigi bungsu pun bisa mengakibatkan sariawan ya, wah selama ini anggapan saya tuh kalau kena sariawan ya cukup kasih vitamin C aja.
    Anak sulung saya juga ada satu gigi yang tumbuhnya nggak rapi, tapi belum pernah diperiksakan sih karena nggak pernah ada keluhan. Hihi... ibunya sok syibuk sekali

    BalasHapus
  32. Aduh jadi ngilu nih baca tentang operasi gigi bungsu. Aku jadi inget anak sulungku juga. Kayaknya dia juga kudu operasi juga gigi bungsunya. Sering ngeluh kesakitan juga. Alhamdulillah ya dicover asuransi. Hmmm... kudu konsultasi dulu nih aku ke klinik kayak begini.

    BalasHapus
  33. Masya Allah emang ya.gam.sembarangan bisa nyabut gigi, apalagi gigi bungsu. Teman ku juga op gigi bungsu dua2nya mba, karena bengkak sampai terlihat sekali dari pipi dan lehernya

    BalasHapus