Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

"Cewek tuh kalau punya motor paling bisanya cuma naik doang, coba cek mesinnya, dijamin ambyarrr!"

Eits, baca komentar demikian emosi saya! Enak saja bicara. Jangan main sama rata dong! Enggak semua lho cewek enggak peduli sama motornya. Ada banyak kok yang merawatnya. Toh sekarang enggak mesti turun tangan sendiri, kan! Tinggal percayakan ke bengkel andalan seperti Planet Ban. Karena di Planet Ban kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru alias sistem servis terpadu!

Seperti saya yang baru-baru ini ganti oli motor matic di bengkel ini dan sekalian servis motor rasa baru di situ!

Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Tentang Servis Motor

Well, meski punya motor, masih banyak yang beranggapan servis motor tuh prioritas ke sekian, yang penting BBM selalu terisi, cus motor bisa dinaiki.

Padahal servis motor tuh perlu karena ini adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Di mana bagian yang dicek, di antaranya memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. 

Nah, kalau dirimu ingin punya motor yang kondisinya selalu prima, mesin awet, jarang ada kerusakan, dan performa motor tetap terjaga dengan baik, ya kamu wajib melakukan servis motor secara rutin. Minimal sih servis motor dilakukan 1-2 bulan sekali, atau saat pemakaian sudah mencapai jarak tempuh 2000 km (untuk motor keluaran lama) dan jarak tempuh 5000 km (untuk motor keluaran baru). 

Karena kalau tidak, performa motor akan mengalami penurunan, mesin jadi cepat panas, motor sering rusak, dan akhirnya kamu terpaksa mengeluarkan lebih biaya perbaikan lebih banyak!

Mau, kayak gitu? Enggak mau, kan?

Oia, karena setiap motor memiliki intensitas penggunaan yang berbeda, ada yang dalam satu bulan bisa menempuh 2000 km, ada yang membutuhkan lebih dari 2 bulan untuk mencapai jarak tempuh yang sama, maka waktu dan jenis servis pun bisa jadi berbeda. 

Bisa saja servis motornya masuk kategori ringan, antara lain ganti oli, cek dan ganti kampas rem, ganti busi, suspensi, lampu, karburator, aki, dan tekanan udara pada ban. Atau servis motor kategori berat, yang meliputi pemeriksaan dan perbaikan mesin atau melakukan penggantian komponen yang ada di dalam mesin, seperti skir klep, ganti seal, turun mesin, dan sebagainya.

Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Lalu bagian yang wajib dicek saat servis motor apa saja? Ini dia:

1. Oli Mesin

Pertama: oli mesin! Fungsinya penting sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karena itu, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 km. Sementara untuk biaya yang perlu kamu bayar, biasanya meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/ 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Kemudian, pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Ini mengingat fungsi oli gardan yang krusial untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Oia, untuk waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin ya, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Selanjutnya: busi, yang merupakan part atau bagian di motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Perlu kamu ingat bahwa jika busi tak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Next, keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan juga. Dan salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat kamu melakukan servis motor.

5. Filter Udara

Lalu, cek juga filter udara yang fungsinya menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Oia jangan lupa perhatikan tegangan pada aki yang idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak seperti ini harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Berikutnya, pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Nah, pada saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Last but not least,
dirimu perlu servis motor tune up, yaitu servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Oia, kadang-kadang tune up ini disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi, tenaaang, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan itu.

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor


Bengkel Servis Motor Terbaik

Gimana, masih mau bilang cewek enggak paham motor? Hihihi. Hari gini enggak perlu mesti 100% ngerti, sebab pergi ke bengkel servis motor yang bagus adalah solusi!

Nah, untuk mendapatkan servis motor yang bagus, ya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, bahkan bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru berapapun usia motormu. 

Mau tahu apa itu servis mesin rasa baru?

Well, servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Wahhh!!

Memang ya, manfaat melakukan servis di Planet Ban itu banyak, sebab:
  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga bisa meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Sehingga biaya servis jadi lebih hemat pastinya.
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

See, servis motor di Planet Ban manfaatnya banyak! Aselik, beda servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain.

Pasalnya, jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Nah, kalau kamu servis motor rutin di Planet Ban tuh seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Siapa coba yang enggak bahagia, servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru! Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Apalagi nih harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau sekaliii! Untuk: 

Servis motor injeksi cuma Rp20.000,- 
Service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,-  
Servis throttle body juga cuma Rp20.000,- saja!!

Well, sekarang kamu sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian yang wajib dicek saat servis motor. 

Kini, yuk coba diingat lagi, kapan terakhir kamu servis motor kesayanganmu? Yuk ke Planet Ban saja jika perlu dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru!💖


Salam

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

35 komentar untuk " 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor"

  1. Bener-bener dibersihkan ya sampe detil ke dalam-dalam. Rekomen lah ini apalagi harganya juga terjangkau

    BalasHapus
  2. Suami dan anak sulung saya nih yang sering alpa soal service motor. Alasannya gak kuat ngantri. Pernah sih penasaran membuktikan omongan mereka. Eh, betul bener ternyata. Service motor di dekat rumah selalu hiruk pikuk. Untuk melapor dan serah terima motor aja lamanya nauzubillah. Sudah makan, balik, cari makan lagi, belum juga dipanggil hahahaha. Akhirnya sekarang selalu nitip sama tukang ojek.

    BalasHapus
  3. Wah iya, emang klo servis harus benar benar diperiksa semua yang penting ya mbak
    Servis motor emang harus ditempat yg terpercaya

    BalasHapus
  4. Oalaaahhh saya baru ngeh kalau di Planet Ban itu bisa servis motor juga, kirain cuman buat jual ban doang :D
    Saya suka nih Planet Ban, bannya beragam. Apalagi bisa servis motor, dan pas banget nih saya rencana mau servis motor, soalnya lampunya mati, hehehehe

    BalasHapus
  5. Penggunaan oli pabrikan memang disarankan daripada oli luar. Selain kemungkinan tidak cocok sehingga bisa merusak kinerja mesin, juga harganya belum tentu sesuai kualitasnya. Kalau oli khusus kan emang dirancang sesuai kendaraan nya ya

    BalasHapus
  6. Saya punya motor keluaran 93, karena rutin ganti sama servis tuneup, gak pernah mogok, kecuali kalo keujanan hehe, karena air suka masuk via tutup tangki yang udah tua....

    BalasHapus
  7. Aku pelanggan setia Planet Ban. Urusan ban cuma percaya sama Planet ban. E sekarang ada bengkelnya juga. Enak banget ini tinggal datang ke satu tempat urusan motor beres. Urusan servis motor aku selalu disiplin rutin ke bengkel. Wajib banget ini masalahnya kalau pas dipakai lalu mogok jadi mala bingung.

    BalasHapus
  8. Anakku nih, langganan Planet Ban karena lengkap dan servicenya memuaskan
    Dia paling gak bisa pakai sepeda motor yang gak mulus karena telat diservice
    Sepanjang jalan bakal ngomel penjang pendek :D

    BalasHapus
  9. Paling aman untuk servis motor memang di Planet Ban ya, teknisinya sudah paling tau bagian mana yang kudu dicek berdasarkan keluhan kita pengendara yang seringnya dibilang hanya bisa bawa motor doang.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, ada list harga ketika service di Planet Ban.
    Jadi kebayang kalau kalau ada tindakan plus plus untuk bantu kinerja motor lebih maksimal dan tetap awet.

    Di rumah tuh yang paling bagian service tuh, aku malahan.
    Wkkwkw...mang keadaan ideal masing-masing keluarga tuh beda yaa..

    BalasHapus
  11. Anggapan seperti itu perlu dipatahkan sama kita kita. Dengan adanya planet ban maka semua jadi lebih mudah nih

    BalasHapus
  12. Jangan hanya bisa bawa motornya aja tapi gak rutin buat service motornya ya mbak. Ini noted banget sih, karena dengan secara berkala motor dirawat jadinya bisa memperpanjang usia motornya juga

    BalasHapus
  13. Bener bangeeeet. Itu kan gunanya ada Planet Ban? Membantu para pemilik kendaraan untuk melakukan cek dan servis berkala. Percayakan aja pada ahlinya.

    BalasHapus
  14. Noted, Mba :-D
    Saya banget sih ini, pakai-pakai aja sering nggak ingat untuk servis :-(

    BalasHapus
  15. Servis motor nih penting banget ya apalgi kalau dipakai setiap hari pastinya sudah banyak onderdil yg aus dan harus diservice takutnya malah bikin mogok pas jalan kan repot heheh

    BalasHapus
  16. Di Medan ada planet ban gak ya...
    Saya termasuk orang yang care sama motor atau kendaraan yang saya pake.
    Karena saya ndak pagam mesin, jadi harus dirawat, kalo mogok di jalan, habislahhhhh

    BalasHapus
  17. Jadi malu aku kak Dian.. paling jarang ganti oli gardan. Waduuuh tau pake doank tapi ngerawat males.. huhuhuhu
    Baiklah.. nanti bawa aja ke planet Ban biar beres masalah..

    BalasHapus
  18. Sebagai perempuan, saya emang belum tahu banyak soal otomotif, dan setelah baca postingan ini jadi lebih tahu tentang bagian motor yang perlu perawatan.

    BalasHapus
  19. Sebagai perempuan, saya emang belum tahu banyak soal otomotif, dan setelah baca postingan ini jadi lebih tahu tentang bagian motor yang perlu perawatan.

    BalasHapus
  20. Kalau bagian2 penting ini selalu terawat, insyaallah performa sepeda motor pun prima, ya

    BalasHapus
  21. Aku percaya banget, semakin rutin melakukan service, maka semakin minim sparre part yang kudu diganti, karena semuanya terawat dengan baik. Kalaupun memang harus ada yang diganti atau di setting ulang, pastilah sesuatu yang wajar karena perawatan bulanan yang memang dibutuhkan.

    BalasHapus
  22. Para wanita wajib tau nih. Jadi inget pernah baca salah satu postingan dibohongi saat service motor karena ketidaktahuannya.

    BalasHapus
  23. di Sby ada planet ban juga.

    kapan2 aku mau coba ahhh

    service supaya motor sehaatt

    BalasHapus
  24. Saya perempuan yang termasuk tidak tahu komponen-komponen yang perlu diservis seringnya memasrahkan ke teknisinya.. Alhamdulillah tulisan ini mencerahkan

    BalasHapus
  25. Sebagai orang yang nggak punya kendaraan dan nggak bisa bawa kendaraan ini ilmu baru banget nih. Detail juga ya kalau mau servis kendaraan

    BalasHapus
  26. Bener banget, kendaraan itu harus diservis rutin biar kondisinya tetap prima tapi terus terang aku belum pernah bawa motor buat servis sendiri biasanya suamiku wkwkw, aku bisanya pakai doang dan kebetulan servisnya di Planet Ban juga soalnya lumayan deket rumah sih.

    BalasHapus
  27. Servis motor lama jadi rasa baru yang dimiliki Planet Ban sangat menarik nih. Apalagi harganya sangat terjangkau. Segala sesuatu emang seharusnya kita serahkan pada ahlinya ya

    BalasHapus
  28. Suami tim Planet Ban Mbak, seringnya ganti oli, service motor, dan isi angin alias pompa ban. Pelayanannya cepat dan aman terkendali motor kami.

    BalasHapus
  29. Perlu dicek juga, nih, tempat service kendaraan planet ban di tempatku. Kalau harganya terjangkau kaya gini, kayanya bakal sering-sering service motor, nih. Eitts,...setuju nih siapa bilang wanita nggak bertanggung jawab, bukannya malah lebih rajin dan peka, yaa. Kalo kerasa mesin nggak enak dikit, bawaannya pingin langsung pergi ke bengkel biar kendaraan tetap nyaman dipakai.

    BalasHapus
  30. Saya seringnya pakai ya cuma pakai aja mbak hehehee.... bagian mana saja malah ga merhatiin di motornya itu. Dulu pas masih sekolah, pakai motor lama, tau loh dimana letak busi dan gimana cara gantinya. Sekarang, bye bye hehehee... Mendingan untuk perawatan motor, langsung pasrahkan pada bengkel aja lah ya. Kan udah ada Planet Ban, dijamin beres.

    BalasHapus
  31. Suami saya langganan service di planet Ban nih. Emang bagus kok service mereka

    BalasHapus
  32. Banyak ya hal yang perlu di vek saat servis motor
    Pikirku selama ini kalau servis itu ya hanya cek apa yang g nyaman dari motor, ganti oli itu aja sih

    BalasHapus
  33. Waduh aku bukan pemotor aktif jadi nggak terllu ngerti soal ginian. Paksu yang bahkan nyaris tiap hari motoran pun kadang lupa service. Aduh mesti lebih perhatian sama motor nih

    BalasHapus
  34. Walaupun perempuan, kalau mengendarai sepeda motor harus paham hal2 mendasar tentang sepeda motor ya .... agar tahu cara merawat motornya. Makasih nih artikelnya, Mbak.

    BalasHapus
  35. Pertama kali kerja, aku kerja di perusahaan distributor spare part motor, Mak. tahun 2005 udah banyak cewek yang pake motor, termasuk teman-temanku. Yang suka servis motor di bengkelnya juga ga sedikit yang cewek. Sekarang apalagi, makin banyak yang melek sama perawatan motor. Ga kalah sama skin care-an ya

    BalasHapus