Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Popeyes Chicken Obat Kangen Saya pada Louisiana

Popeyes Famous Louisiana Chicken yang belum lama kembali hadir di Indonesia, menjadi obat kangen saya pada Louisiana. Restoran ini pertama kali didirikan pada tahun 1972 di Louisiana oleh Al Copeland, yang bermimpi menyajikan ayam goreng sensasional dengan rasa terbaik.

Yes, Popeyes dimulai dari satu restoran dengan satu ide besar yang kini melayani pelanggan hampir di 4.000 restoran di seluruh dunia dengan rempah-rempah uniknya yang berasal dari campuran berbagai bumbu, yang menciptakan cita rasa yang khas dan berbeda dari restoran ayam goreng lainnya. 

FYI, nama Popeyes ini aslinya tidak terkait kartun Popeye ya, Guis! Tapi Restoran Popeyes sebenarnya dinamai pendirinya berdasarkan karakter Popye Doyle dalam film The French Connection (1971), sebuah film lawas yang menceritakan kisah detektif pada tahun 70-an. Itulah sebabnya dirimu enggak bakal nemu ilustrasi kartun Popeye yang terkenal itu. Meski memang dulu Popeyes pernah membeli hak untuk menggunakan nama pelaut pemberani Popeye untuk tujuan pemasaran selama 35 tahun.

Lalu, mengapa Popeyes Chicken bagi saya menjadi obat kangen pada Louisiana? 

Karena oh karena di periode 2009-2011 saya pernah tinggal di Louisiana dan sudah pernah mencicipi beberapa menunya!


Louisiana Itu Dimana?

Nah, sebelum lebih jauh cerita tentang kehadiran (kembali) restoran Popeyes di Indonesia, mungkin ada yang belum tahu Louisiana itu dimana... Yuks, cerita dulu kitaaa!

Buat yang menyimak per-bencana-alam-an, Louisiana ternama karena pernah diterjang Hurricane Katrina atau Badai Katrina, sebuah siklon tropis besar yang melanda Amerika Serikat pada 24–31 Agustus 2005 yang menyebabkan kerusakan yang besar di mana lebih dari 200.000 km² (seukuran Britania Raya) wilayah tenggara AS porak poranda karenanya, termasuk Louisiana, Mississippi, Alabama, Florida, dan Georgia.

Louisiana, mengalami dampak terbanyak, dengan korban meninggal 1.600 dari total 1.800 orang korban. Terjadi juga banjir besar yang menjadikan evakuasi 60.000 warga, penjarahan dan penodongan hingga Pemerintah Federal Amerika Serikat mengerahkan 25.000 prajurit dan para veteran dari Irak untuk menjaga keamanan di New Orleans dan sekitarnya.

Selain itu, Katrina membuat produksi minyak mentah AS di Teluk Meksiko juga hampir terhenti seluruhnya, sehingga harga minyak sempat mencapai rekor tertinggi pada US$70. Secara tidak langsung, mata uang Indonesia, rupiah, yang sedang berada dalam posisi lemah saat itu, juga sempat makin terpuruk akibat naiknya harga minyak ini.

Sampai-sampai Google pun mengabadikan peristiwa ini dalam sebuah Google Doodle bertajuk 'Hurricane Katrina' sebagai wujud simpati.



Well, saya nyasar ke Louisiana setelah suami saya mendapatkan beasiswa pada program Master of Business Administration (MBA) di Freeman School of Business - Tulane University, yang berlokasi di New Orleans, LA.

Oia sebelum lupa, LA di sini (penulisan di belakang koma setelah nama tempat/kota) itu singkatan dari Louisiana.., dan bukan Los Angeles, yaa. 

Jadi Louisiana ini adalah salah satu state (negara bagian) yang ada di United States/US atau biasa kita sebut Amerika Serikat. Penulisan daerah di Amerika itu depan adalah nama kota, lalu koma, selanjutnya singkatan nama state-nya.

Misalnya: 
  • New Orleans, LA: kota New Orleans di negara bagian Louisiana
  • Los Angeles, CA: kota Los Angeles di negara bagian California
  • Houston, TX: kota Houston di negara bagian Texas
  • Miami, FL: kota Miami di negara bagian Florida
  • Chicago, IL: kota Chicago di negara bagian Illinois
Uniknya, state Louisiana yang terletak di Amerika bagian Selatan ini berbentuk seperti huruf L, sesuai dengan huruf depannya. Selain itu Louisiana adalah satu-satunya negara bagian di Amerika Serikat yang terdiri atas parish, yaitu pemerintah daerah setingkat dengan county di state lainnya (semacam Karesidenan zaman dulu di Indonesia). 

Memang, kota-kota di Louisiana memiliki warisan multikultural dan multibahasa, terutama dipengaruhi oleh budaya Prancis, Spanyol, dan Afrika abad ke-18, dibandingkan dengan sebagian besar kota-kota di Amerika Serikat lainnya. Di antara ciri khasnya adalah warisan musik jazz yang terkenal, fesival Mardi Gras, serta hidangan-hidangan khas seperti cajun, gumbo, jambalaya, dan beignet.

Nah, sensasi rasa bumbu Cajun (bumbu yang terbuat dari campuran aneka bubuk rempah dan cabai) khas Louisiana yang lezat dengan sistem pengolahan dan marinasi selama 12 jam menciptakan rasa ayam goreng Louisiana Cajun ala Popeyes yang renyah, juicy, dan nikmat. 

Lalu apakah rasa Popeyes di Amerika dan di Indonesia sama?

Seingat saya sih iya! Bahkan lebih enak sih rasanya, apalagi di sini saya bebas mau pilih menu yang mana dan merasa lebih tenang menyantapnya sebab sudah terjamin kehalalannya!

Menikmati Popeyes di Supermal Karawaci 

Well, setelah menghilang lebih dari 10 tahun, Popeyes kembali hadir di Indonesia. Menu andalan mereka, Louisiana Crispy Chicken, Louisiana Grilled Chicken, hingga Chicken Sandwich sungguh menggoda selera. Sejak 29 Desember 2022, Popeyes membuka gerai pertamanya di Margo City, Depok, yang disusul dengan beberapa gerai lainnya.

Nah, beberapa kali saya dan keluarga menikmati sajian menu khas Amerika bagian Selatan ini di Popeyes Supermal Karawaci. Sementara menu favorit saya di antaranya:

  • Classic Crispy Chicken
Fried chicken alias ayam goreng ada bertaburan, dijual di restoran dan di pinggir jalan. Nah, yang bikin Classic Cricpy Chicken di Popeyes itu spesial, Popeyes memarinasi ayam mereka selama 12 jam, baru dilapisi tepung lalu digoreng dengan suhu 340 F selama 12 menit. Ini memberi efek pada rasa ayam yang lebih berbumbu/tasty, kerenyahan akhir dengan bagian dalam yang juicy dan bagian luar yang crispy

  • Classic Biscuit
Jadi awal tinggal di Amerika, saya tuh bingung dengan penyebutan biscuit di sana. Kalau di Indonesia biscuit alias biskuit itu seperti produknya Oreo, Roma, Khong Guan, Monde dan lainnya yang biasa ada sebagai camilan terutama jadi suguhan di meja saat lebaran tiba. 

Sama halnya di KBBI arti biskuit/bis·ku·it/ nkue kering yang dibuat dari adonan tepung (terigu dan sebagainya) dan telur dengan atau tanpa diberi gula (biasanya dibuat di pabrik dan dijual dalam bentuk kalengan

Nah, biskuit yang ada di Indonesia ini sama dengan biscuit di Inggris. Sedangkan kalau di Amerika ini disebutnya cookies dan bukan biscuit. Sementara yang dimaksud biscuit adalah seperti yang dijual di Popeyes ini. 

Berikut penampakannya:


  • Chicken Sandwich
Ini menu favorit anak-anak saya. Memang sih di resto fast food sebelah ada menu yang serupa, tapi rasa Chicken Sandwich di Popeyes beda. Apalagi setelah menu aslinya, yakni sandwich sederhana yang terdiri dari sepotong ayam goreng buttermilk yang crunchy, tasty dan  juicy, mayones yang kaya rasa, dan pickles di atas roti lembutnya, ditambahkan American Cheese di dalamnya, makin top rasanya! 

Oia, Brioche Bun di Chicken Sandwich ini tuh tektsturnya lembut, sesuai asal katanya, brioche (diucapkan [bʁi. ɔʃ]), sebuah roti diperkaya tinggi asal Prancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut, agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur dan memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.

  • Louisiana Grilled Chicken
Di resto fast food yang menawarkan fried chicken atau burger sebagai sajian utama, jarang ada menu grilled chicken-nya. Nah, Louisiana Grilled Chicken di Popeyes tuh istimewa karena berbumbu Cajun dengan aneka rempah seperti paprika, bubuk bawang putih, basil, peterseli, hingga oregano.

Ayam panggang ini memiliki tampilan menarik, dengan warna coklat kehitaman bekas proses pembakaran di permukaannya. Pas jadi menu alternatif yang lebih sehat untuk mereka yang tengah mengurangi konsumsi gorengan juga. 

Meski memang karena mesti disiapkan dulu, pesan menu ini pakai nunggu, sekitar 10-15 menit hingga siap disajikan ke pelanggan.


@dianrestuagustina Popeyes Louisiana Chicken obat kangen saya pada Louisiana❤️ #popeyes #louisianachicken #supermalkarawaci ♬ 美食 好吃 开心 - 翼
Popeyes, Yes or No!


Well, meski Popeyes Famous Louisiana Chicken bisa jadi obat kangen saya pada Louisiana, tapi masih ada kurangnya juga. Beberapa menu yang ada di Amerika belum ada di sini hihi... Mungkin variasi menu di sini disesuaikan dengan budaya lokal atau memang belum dilengkapi mengingat Popeyes baru kembali lagi.

Tapi dengan standar harga yang kompetitif dengan resto fast food tetangga, Popeyes layak untuk dicoba! Oia, dirimu apakah sudah coba juga? Atau belum ada gerainya di dekat tempat tinggalmu? Semoga segera ada ya, biar bisa coba restoran cepat saji asal Louisiana ini!💖


Salam

Dian Restu Agustina 

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

30 komentar untuk "Popeyes Chicken Obat Kangen Saya pada Louisiana"

  1. Huhuhu di Medan belum ada kak.Dian..
    Jadi penasaran banget dengan Popeyes Chicken ini.
    Asyiknya menu gak melulu fried chicken ya kak
    Bahkan chicken grilled juga ada.
    Favorit anak-anak yang begitu kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sepertinya ayam popeyes ini belum banyak memiliki cabang di Indonesia ini? Kita di daerah masih agak susah mendapatkan nya. Kecuali yang di ibukota pastinya mudah ya

      Hapus
  2. Bumbu cajun, ini pertama kali saya tahu dan jadi penasaran dong.
    Tapi nambah info juga, masak ayam gak harus model digoreng aja ya

    BalasHapus
  3. Saya mesti ke Jakarta nih buat nyobain Classic Crispy Chicken nya Popeyes Louisiana yang dimarinasi 12 jam terlebih dahulu sebelum dibalur tepung dan di goreng. Kebayang rasa lezatnya sampai ke dalam dagingnya tuh, bukan cuma di permukaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita berdoa Bu, semoga Popeyes Chicken ini segera memiliki banyak gerai di berbagai daerah, sehingga kita tidak perlu ke ibukota, bisa ikut mencicipi nya ya

      Hapus
  4. Popeyes juga favorit keluarga nih mbak Dian, aku paling suka yang standar sih.. ayam goreng classic, ga pedes dan chicken popcorn buttermilk

    seneng banget bisa tinggal di Louisiana ya .. pasti kangen ke sana lagi!

    BalasHapus
  5. Iya nih kayaknya aku tahu, beberapa kali lewat pas ke Supermall Karawaci, mall favoritnya orang Tangerang, kayaknya enak ya ayamnya, ntar deh kalau ke Lippo mau nyobain beberapa macam menu, apalagi anakku panggemar olahan ayam, mau di masak menu apa aja asalkan bahan dasarnya ayam, oke-oke aja.

    BalasHapus
  6. Aku termasuk salah satu yang kemarin waktu Popeyes ada lagi ikutan mengantri, kebetulan di Bintaro waktu itu sempat antri terus untuk beli si Popoyes ini. Begitu tau mau buka lagi waktu itu aku semangat banget, karena sudah kangen ceritanya.

    BalasHapus
  7. mbaaak makasih pengetahuannya tentang US, jadi itu LA yang di belakang adalah Louisiana sementara LA yang di depan adalah Los Angeles. Nama kota, nama state.
    Aku pernah lewatin Popeyes tapi belum tertarik nih, kupikir yaa fast food biasalah ternyata bumbunya yang bikin beda apalagi ada biskuitnya ini unik!

    BalasHapus
  8. Wah jadi penasaran mba sama rasa popeyes louisiana chicken nih, ternyata fried chickennya amerika banyak macamnya yaa... biscuitnya juga bikin penasaran mba Dian. Sekitaran Tangsel ada di mana ya?Bintaro apa BSD ya?

    BalasHapus
  9. Saja jadi pengen tau, apa Popeyes ini udah ada di kota saya belum, ya. Kalau ada, mau nyobain deh. Itung-itung nyicipin rasa fried chicken di Louisiana, meskipun belum pergi ke sana hehehe

    BalasHapus
  10. Serius mupeng ini mbaa, jadi pingin nyoba Popeyes, tampilannya menggoda selera, cara mba cerita juga lengkap bngt, next klp ke Jarswaci kyanya lngsung K sini deh, biasanya Merugame. Aplgi JD tau nih makna dibalik singkatan2 istilah tempat di daerah US sana. Thx mba for sharing.

    BalasHapus
  11. Waah jadi terobati yaa kangennya, apalagi sambil nyemil Popeyes Chicken Lousiana.
    Aku pernah makan juga, diajakin temen pas ke jakarta. Lumayan enak, duuhh itu menggoda lagii. Jadi lavaaaar...

    BalasHapus
  12. Omo.. ini Popeye yang diceritakan temen-temen saya di Jakarta. Kata mereka kangen, tapi aku sendiri belum pernah nyoba jadi kurang paham sehits apa rasanya. Baca cerita ini tambah lagi penasaran...
    Btw makasih banyak pengetahuannya soal LA, ya... jadi tahu, hihi.

    BalasHapus
  13. Waduh, belum pernah nyicipin nih.

    Mba Dian jadi bisa mengobati rasa rindu Kota Louisiana. Setelah sekian tahun akhirnya hadir juga di Indonesia.

    Perbedaan tentang biskuit antara Amrik dsngan Indonesia cukup jauh ya. Di sini biskyit kering, di sana kue basah.

    Meni do Popeyes Ondonesia cukup banyak, jadi bisa nyicipin berbagai hidangan nih.

    BalasHapus
  14. Aku Louisiana aja baru dengar. Otomatis belum pernah icip-icip ayam di Popeyes kaya apa. Pasti Mbak merasa nostalgia ya habis makan di sana. Kalau versi Indonesia, emang jadi lebih santai karena kemungkinan besar terjamin kehalalan-nya

    BalasHapus
  15. Seru banget mbaa Dian ngasih knowledge soal Lousiana, dan LA yg ada kota lalu koma itu bukan Los Angeles hihi. Oya aku udah lama penasaran sama ayam di Popeyes awal bulan September mau ke Karawaci ah buat nyobain

    BalasHapus
  16. jadi penasaran nih mau cobaan ini Popeyes resto yang banyak digandrungi. Kata anakku yang pernah ke Popeyes Chicken Sandwichnya enak banget. Nah pake kata banget jadi ngiler nih

    BalasHapus
  17. Ooo pantesan.. Iya ya ga ada gbr kartun popeye nya. Ternyata asal nama dr popye dan doyle. Baru tau loh saya. Kalau saya bilang cita rasanya agak manis ya. Kmrn pas liburan plg dr pulau pari, niatnya mau ke mc d sarinah yg baru. Apa daya.. Baru buka jadi ruameee.. Pindahlah kami ke seberang. Ke Popeyes ini. Abang beli nasi barbeque klo ga salah. Pas saya coba manis.

    BalasHapus
  18. Kemarin pas anter kakak ke mahad juga kami sengaja mencoba Popeyes. Karena di Bandung belum ada. Alhamdulillah, di Depok City, ada. Hehhee...
    Memang beda kalo kota besar dan daerah penyangganya.
    Karena merasa ini baru, rasanya memang beda ya.. sama ayam merk sebelah yang biasa aku makan. Jadi lahap makannya. Burgernya juga enaaakk pissaaan... Harganya, uuw~ sangat sangat terjangkau. Sukaakk banget.

    BalasHapus
  19. Wah ternyata ya Popeyes itu famours ya hihihi aku kudet mbak tapid di Grand WIsata aku lihat ada nih . Kapan-kapan mau nyobain deh apalagi anak-anak suka nih dengan jenis makanannya. Menunya ada beda dari menu di Amerika ya

    BalasHapus
  20. Wah saya jadi penasaran banget, Mbak
    Pasti anak anakku suka ini
    Ada enggak ya di Surabaya juga

    BalasHapus
  21. Ini ayamnya model ayam goreng tepung gitu kah mba Dian? Jadi penasaran, kek gimana rasanya? apakah sama kayak ayam mekdi, kaefci atau texas?

    BalasHapus
  22. Ya Allah Mba, membaca tulisan louisiana ini saya malah jadi ingat teman saya yang meninggal usai melahirkan anaknya, alfatiha buat almarhum.Btw bikin ngiler juga sih, apalagi ini kan makanan luar ya

    BalasHapus
  23. Popeyes ini semacam waralaba gitu ya mak? Itu chicken sweet sandwich yang menggoda baik tampilan maupun rasa yang menggugah selera.

    BalasHapus
  24. Wah, terbayarkanlah kerinduannya Mbak Dian pada negara Louisiana melalui makanan di Popeyes Famous Louisiana Chicken.

    BalasHapus
  25. Di salah satu mall di Medan, ada resto popeye ini.
    Tapi sama apa gak ya sama resto popeye yang mba Dian masuk?

    BalasHapus
  26. Waktu popeye booming, Saya suka banget sama kajoon rice-nya. Udah lama banget tak makan di popeye. Baca ini jadi mau mampir dan nyicipin, deh. Sekalian quality time, asyik

    BalasHapus
  27. Semoga secepatnya Popeyes Lousiana ada di Surabaya juga ya soalnya kok belum pernah denger juga. Biasanya kalau ada kuliner baru langsung viral. CHicken sandwich kayaknya enak banget tuh mbak

    BalasHapus
  28. Saat popeye booming aku belum coba tuh, Mba, ternyata enak banget ya, jadi pengen coba juga deh. Kebetulan kemarin ada temen yang review tambah mupeng deh sama rasanya

    BalasHapus