Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Rekomendasi Website Cari Kos-Kosan di Indonesia

"Alhamdulillah, Bun, akhirnya Aura penempatannya di Bali!"
"Wah, syukurlah! Ngekos dong nanti!"
"Iya! Oia, Bun, kos di daerah mana enaknya ya kalau di Denpasar kantornya?"
"Wah, dah lama enggak update akutuuu, sekian belas tahun dah pindah dari sana. Coba cek di website cari kos-kosan saja. Hari gini cari info kos-kosan mudah sekali, enggak perlu keluar masuk gang lagi atau tanya kesana-sini!"
"Iya, ya, biar anaknya ada bayangan, kepoin website cari kos-kosan dulu aja ya buat persiapan sebelum jalan minggu depan."
"Iya, baiknya gitu. Karena hari gini, mesti hati-hati, banyak kost bodong lho! Orang baru yang biasanya sering tertipu, sebab tergiur harga murah tanpa cek ini-itunya dulu! Dah kadung transfer di depan eh zonk lah itu kos-kosan! Makanya mending cari di website kos-kosan yang tepercaya saja! Apalagi, ada beberapa pilihan website cari kos-kosan di Indonesia dengan banyak pilihan kost eksklusif maupun kost biasa, yang masing punya-punya kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita!"

Rekomendasi Website Cari Kos-Kosan di Indonesia

Rekomendasi Website Cari Kos-Kosan 

Well, seiring pesatnya globalisasi, perpindahan manusia tuh tak asing lagi. Mereka berpindah tempat tinggal dari daerah asal untuk melanjutkan pendidikan, bekerja juga beraktivitas lainnya. Seperti halnya Aura, putri teman saya. Tak heran hunian sementara model kos-kosan pun bermunculan yang menjadi solusi bagi para pendatang ini. 

Nah, syukurnya, dengan majunya perkembangan teknologi, kos-kosan pun masif diiklankan lewat website cari kos-kosan sehingga para calon penghuni tinggal menentukan kost yang sesuai dengan kebutuhan. Yups, semudah itu memang hari gini cari kos-kosan!

Oia, apa saja sih website cari kos-kosan yang ada?

1. Cove

Layanan kost eksklusif dari Cove mengutamakan penghuninya, mempermudah, mempercepat dan membuat fleksibel penyewaan kos-kosan yang nyaman dengan harga yang transparan. Sebagai hunian yang mendukung gaya hidup perkotaan, Cove memungkinkan penyewa untuk tinggal, bekerja, dan berinteraksi dengan sistem sewa harian maupun bulanan. 

Dengan beberapa kelebihan, Cove menawarkan lokasi strategis, yang dekat dengan akses ke transportasi umum atau tempat keramaian. Lalu, tersedia fasilitas komplit, semua kamar sudah fully furnished dan dilengkapi fasilitas bersama seperti dapur, gym atau kolam renang. Juga, desain kamar kost eksklusif Cove nyaman, dengan memaksimalkan dari sisi fungsional dan estetika.

2. Mamikos

Website ini memudahkan calon anak kost untuk sewa dan juga melakukan pembayaran kost. Saat ini memiliki lebih dari 2 juta kamar kost yang tersebar di lebih dari 140 kota di seluruh Indonesia. Juga menyediakan layanan manajemen properti, untuk menjawab kebutuhan calon penghuni yang menginginkan kost eksklusif ataupun kost biasa. 

Mamikos menyajikan daftar rumah kost dengan data ketersediaan kamar yang akurat, fasilitas kost terperinci, dilengkapi dengan foto serta detail harganya, dengan kemudahan survei via fitur virtual tour agar calon penghuni mendapatkan kenyamanan dalam proses pencarian dan sewa kost sesuai kebutuhan mereka.

3. Papikost

Satu aplikasi untuk semua kebutuhan kost, mulai dari pemasaran dan pengelolaan bagi pemilik kost, yang memudahkan calon penghuni untuk menemukan kost yang sesuai dengan kebutuhan diri. Papikost membantu para pemilik kost untuk bertemu penghuni kost secara langsung. 

Penghuni kost bisa menemukan tempat tinggal yang pas dan menjelajahi berbagai pengalaman baru di sini. Pemilik kost dapat mengiklankan kosannya, mendapatkan tips dan dukungan, menerima penghuni kost, serta mengelola kost dengan mudah. Selain itu, Papikost juga menawarkan fitur menarik seperti: Mengeksplor Kost Secara Virtual, Booking Kost Langsung Lewat Aplikasi dan Lihat Riwayat Booking Kost.

4. idKos

idKos menghubungkan pemilik dan pencari kost di Indonesia secara mudah dengan iklan kost yang telah terverifikasi. Website ini akan membantu pencari kost menemukan kost impian mereka lewat fitur pencarian, dan didukung tim yang akan ikut membantu mencarikan kost sesuai kenginan.

Oia, platform online ini menyediakan fitur yang praktis dan bermanfaat untuk membantu proses pencarian yang terus di-update data dan informasi yang tersedia di dalamnya. Beberapa fitur yang ada di dalam platform idKos memudahkan semua pengguna untuk memanfaatkan layanan mereka. Seperti: Fitur Cari Kost, Fitur Pemilik Kost, Fitur Berita, Fitur Lainnya, Filter Pencarian, Terhubung dengan WA, Chat dengan Penyewa dan lainnya.

5. Cari-kos

Platform yang menyajikan informasi mengenai kost yang disewakan di seluruh Indonesia. Dilengkapi dengan harga, fasilitas, dan gambar kost yang diunggah langsung oleh pemiliknya yang memberikan kemudahan bagi kamu yang mencari info kost. Kemudahan-kemudahan yang diberikan website Cari-kos di antaranya: adanya fitur filter harga kost yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan,  yang membantu dirimu mendapatkan kost yang sesuai budget dengan lebih cepat. 

Selain itu, terdapat juga filter jenis kost, jam bertamu dan juga filter fasilitas kamar kost yang dapat diatur sehingga calon penyewa bisa mendapatkan kamar kost yang nyaman sesuai kebutuhan mereka. Oia, informasi kos yang disewakan juga langsung diberikan oleh pemilik, yang pastinya sudah terkurasi kebenarannya oleh tim Cari-kos. Sehingga transaksi antara pemilik dan penyewa dijamin lebih cepat dan mudah.

6. Zipkos

Zipkos didirikan pada awal tahun 2021 dengan satu tujuan sederhana: meningkatkan kualitas hunian di Indonesia. Didukung oleh sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen properti lainnya, Zipkos berfokus di bidang hunian kos-kosan dengan tim manajemen operasional yang berpengalaman yang dengan bantuan teknologi, memastikan standar layanan dan keamanan yang modern.

Berkomitmen untuk meningkatkan kualitas properti dari sisi penghuni maupun pemilik, platform ini memiliki layanan profesional, menciptakan ruang tinggal yang lebih nyaman dan teratur, sembari melakukan optimalisasi properti yang dikelola untuk pemiliknya. Ini sesuai dengan misinya yakni Zipkos bertekad menjadi layanan yang bisa memenuhi baik kebutuhan pemilik maupun penghuni kost di Indonesia.

7. 99.co

Website properti ini mempunyai jumlah listing terbanyak di Indonesia, sehingga tak sulit bagi kamu yang ingin mencari kostan di berbagai kota. Oia, kamu tidak hanya akan menemukan rumah kost di 99.co ini, tetapi juga properti jenis lainnya baik yang disewakan maupun dijual. 

Nah, beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ini, seperti: Rentang Harga, Spesifikasi Bangunan (luas kamar dan sebagainya), FasilitasPpublik di Dekat Tempat Kost (ATM, pusat perbelanjaan, dan lain lain) dan Memilih Tempat Kost Sesuai dengan Jangka Waktu yang Diinginkan (mulai dari harian hingga tahunan)

Penutup

Well, mencari tempat tinggal sementara atau kost memang tidaklah mudah, apalagi setiap orang punya preferensi tersendiri dalam memilih tempat tinggal sementara ini. Banyaknya pilihan kost terutama di kota besar bisa membuat kamu bingung saat menentukan pilihan. Karenanya, pertimbangkan dulu matang-matang sebelum mengambil keputusan. 

Nah, semoga rekomendasi website cari kos-kosan di Indonesia ini bisa membantumu ya. See Ya!💜




Salam Semangat

Dian Restu Agustina

















Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "7 Rekomendasi Website Cari Kos-Kosan di Indonesia "

  1. Kos-kosan itu harus pinter-pinter milih ya, jangan sampai dapet yang zonk, hihihi. Btw bermanfaat banget nih tujuh website buat cari kos-kosan nya, jadi ga bingung lagi mau cari kos-kosan di Indonesia :D

    BalasHapus
  2. Senangnyaaaa
    Bisa cari kost via aplikasi dan terjamin
    Karena sekarang banyak penipuan
    Pakai foto kost lain untuk cari mangsa dan nyuruh bayar down payment

    BalasHapus
  3. Nyaman banget zaman sekarang ada aplikasi atau website yang bisa membantu menemukan kos-kosan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Enaknya kos ini lingkungan uda terjaga dan semoga aman. Fasilitas terjamin apalagi yang menyediakan sampai ke sarapan. Jadi gak perlu repot cari makan di luar sebelum berangkat.

    BalasHapus
  4. Waktu mau tinggal di Jogja aku sempet nih cari2 kos di website kayak gini mba, lebih memudahkan ya .. praktis sudah tau jenis tipe. Kamar and harganya.

    Tapi memang untuk lebih amannya sih tanya teman atau saudara dulu sebelum ke website untuk cari aman

    BalasHapus
  5. Ponakanku kemarin cari kost lewat mamikos mbak, bayar DP dan pelunasannya setelah datang menempati. Tanggalnya juga dihitung dari mulai menempati, bukan dari bayar DP. alhamdulillah dapatnya sesuai harapan. Bagi yang lokasinya jauh dari kota yang di tuju, website cari kost ini memang sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Hampir dua tahun lalu, saat si bungsu mau masuk Binus, aku cari infonya lewat MamiKos. Banyak banget referensinya. Di websitenya juga dia jelaskan soal plus minus dan foto kondisi terakhir dari tempatnya, jadi bisa kita amati dulu secara visual. Menolong banget memang layanan2 on-line seperti ini. Apalagi di masa-masa MABA akan masuk dan lokasi kita berjauhan dengan PT nya.

    BalasHapus
  7. Menurut saya, sekarang semakin dimudahkan mencari kos-kosan ya, Mbak Dian. Apalagi banyak website penyedia. Hanya memang harus cek dan ricek juga. Bisa juga cari rekomendasi dari teman. Apalagi kalau pas teman atau saudara itu sudah kos di sana juga.

    BalasHapus
  8. Mamikos nih yang sering banget kayaknya berseliweran di media sosial promosinya. Keribetan mencari kosan sekarag dimudahkan dengan teknologi ya, Mba. Tinggal berselancar di internet, bisa ketemu lokasi yang sesuai. Tapi memang tetap perlu survey langsung sih kalau aku, dan tanya pengalaman orang lain.

    BalasHapus
  9. Bagus nih lewat aplikasi gini nggak perlu muter-muter keliling kota buat cari kosan, mana bensin mahal lagi kan ya. Nah survey langsungnya nanti setelah ada gambaran yang kira cocok.

    BalasHapus
  10. Berhubung belum pernah ngekost, jadi tidak tahu sulitnya mencaribkost-kostan. Mungkin seperti mencari rumah ya. Harus benar-benar sesuai dengan standar yang kita maui.

    Ternyata banyak juga ya website yang menyediakan infonya. Saya xuma tahu 2, mamikos dan 99. Yang lain baru tahu dari sini

    BalasHapus
  11. Yang paling populer tuh mamikos, sering muncul di mesin pencarian. Syukur emang skrg pencarian kos ga kek dulu, kudu nyamperin satu satu dengan panas berkeringat. Cukup lewat aplikasi, jadi engganya aga malu. Tapi ya plus minus, kadang foto di app ada yg ga sesuai ma kondisi aslinya.

    BalasHapus
  12. Sekarang zaman makin canggih ya. Teknologi sudah banyak memberi manfaat. Cari apapun bisa via internet. Perkara cari kos-kosan aja bisa lewat internet. Aku setuju kalau nyari kost via internet kudu hati-hati juga. Emang harus cari di website yang tepercaya. Selain itu harus cek reviewnya juga. Aku saved informasi ini buat anak-anak yang mau sekolah jauh dari ortunya.

    BalasHapus
  13. Wah, enak banget yah sekarang. Cari kosan jadi lebih mudah dengan adanya berbagai website yang memberikan kemudahan dalam proses pencarian kost ini. Emang hal yang cukup sulit sih, mencari kost yang nyaman dan cocok dengan budget. Mau nyari langsung kadang suka ketemu sama Calo yang bikin harga sewa naiknya kagak ngotak.

    Btw, dari daftar di atas baru pernah coba Mami Kos dan 99 aja sih, yang lainnya belum coba karena keburu dapet kost an. ~hehe

    BalasHapus
  14. Duluu waktu zaman kuliah, Mamikos yang paling terkenal dan banyak dipake sama temen-temen. Cari kosan ini emang susah-susah gampang dan selektif ya, menyesuaikan kebutuhan, kenyamanan, keefektifan, dan budget juga. Makasih sama rekomendasi-rekomendasinya Kak, bisa saya coba nanti kalau mau cari kosan lagi :D

    BalasHapus
  15. Lucu juga nama-nama websitenya ya...
    Ada papikos, ada mamikos hehehe
    Waktu di Denpasar tempo hari, kita sibuknya nyari kontrakan rumah via website.
    Seperti Mba Dian bilang, nyari tempat tinggal itu susah susah gampil. Karena tiap orang punya kriteria sendiri-sendiri

    BalasHapus