Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Skin Barrier di Usia Jelita

Guis, bulan ini saya berulang tahun. Alhamdulillah saat ini usia saya sudah jelita alias jelang lima puluh tahun. Usia yang sedang matang-matangnya di mana badan perlu perhatian dan perawatan ekstra sehingga meski bertambah angka usia, diri ini tetap sehat dan bahagia! Termasuk juga merawat kulit yang pada usia ini mengalami perubahan yang signifikan seperti menjadi lebih kering, tipis, dan rentan terhadap kerusakan lingkungan. Hiks! 

Well, di usia cantik saya kini, terjadi penurunan produksi kolagen, elastin, serta penipisan lapisan lemak dan kelembapan alami. Sehingga penting sekali merawat lapisan pelindung kulit (skin barrier) yang berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan eksternal, seperti polusi, mikroorganisme patogen, paparan sinar matahari, dan zat-zat kimia. Apalagi kondisi udara dan polusi Jakarta sedang parah-parahnya! Duh!

Lalu apa yang harus saya lakukan? Apakah mesti diam di rumah saja, rebahan, drakoran, enggak kemana-mana, agar kulit tetap terlindungi dan terjaga?

Tentu tydaaac! Saya tetap beraktivitas pastinya, sambil terus berupaya agar kulit saya selalu sehat terawat! 

Tips Merawat Skin Barrier di Usia Jelita

Apa itu Skin Barrier?

Well, istilah skin barrier yang hype belakangan, merujuk pada lapisan pelindung yang terletak di permukaan kulit manusia.dan berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan eksternal, seperti polusi, mikroorganisme patogen, paparan sinar matahari, dan zat-zat kimia.

Oia, skin barrier sendiri terdiri dari beberapa komponen utama, yakni:
  • Lapisan Stratum Corneum yang terdiri dari sel kulit mati yang terikat oleh lemak dan protein dan bertindak sebagai penghalang fisik untuk mencegah zat berbahaya masuk ke dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit.
  • Lipid Barrier yang terdapat di antara sel-sel kulit mati, membantu menjaga kelembapan kulit dengan mencegah penguapan air, juga membantu melindungi kulit dari serangan mikroorganisme dan bahan kimia.
  • Pigmen Kulit yang membantu melindungi tubuh dari paparan radiasi UV yang berbahaya yang dapat merusak DNA sel kulit dan menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit.
Nah, gangguan pada skin barrier dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit kering, iritasi, inflamasi, eksim, dan masalah kulit lainnya. Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan skin barrier dengan merawat kulit secara tepat, termasuk menggunakan produk perawatan yang sesuai, menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan, terutama di usia jelita!

Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Pentingnya Merawat Skin Barrier di Usia Jelita

So, ...penting untuk diingat bahwa perawatan kulit yang baik melibatkan penggunaan produk yang cocok untuk jenis kulitmu dan menghindari penggunaan bahan kimia atau produk yang dapat merusak skin barrier-mu. 

Oia, jangan ngasal pilih produknya ya, jika dirimu memiliki masalah kulit serius, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kulit dulu, untuk mendapatkan nasihat dan perawatan yang sesuai untuk kamu. 

Sementara terkait tips untuk merawat skin barrier pada usia menjelang lima puluh tahun alias jelita, berikut caranya ala saya:
  1. Pembersihan yang Lembut: gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan-bahan keras seperti alkohol dan parfum, hindari mencuci wajah dengan air yang terlalu panas/dingin, karena dapat mengiritasi kulit.
  2. Gunakan Produk yang Mengandung Peptida dan Antioksidan: Peptida dapat membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, yang penting untuk elastisitas kulit, Antioksidan seperti vitamin C dan E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  3. Hidrasi yang Cukup: gunakan pelembap yang kaya dan mengandung bahan-bahan seperti ceramides, asam hialuronat, dan gliserin yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memperkuat skin barrier
  4. Gunakan Produk dengan Retinol: bentuk vitamin A yang dapat membantu meningkatkan regenerasi kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Meski, penggunaannya perlu berhati-hati dan perlahan karena dapat menyebabkan iritasi
  5. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan: yang dapat merusak skin barrier dan menyebabkan penuaan dini. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi setiap hari
  6. Konsumsi Nutrisi yang Seimbang: asupan makanan yang kaya antioksidan, omega-3, vitamin, dan mineral dapat mendukung kesehatan kulit dari dalam. 
  7. Hindari Produk yang Mengiritasi: yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras yang merusak skin barrier. pilih produk dengan bahan lembut dan cocok untuk kulit sensitif. 
  8. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan: karena dapat merusak kesehatan kulit dan mempercepat penuaan. 
  9. Perhatikan Gaya Hidup Sehat: olahraga teratur, cukup tidur, dan mengelola stres yang dapat berkontribusi pada kesehatan kulit yang baik. 
  10. Konsultasi dengan Dermatologis: jika kamu merasa perlu, konsultasikan dengan seorang dokter kulit/dermatologis untuk rekomendasi dan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu.
Oia, tips ini mesti disesuaikan dengan masing-masing individu, yagesya, mengingat setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Sehingga penting untuk mencari tahu produk dan perawatan mana yang cocok untuk kebutuhan kulit kamu. dan ingat untuk selalu melakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum menggunakan produk baru secara keseluruhan.

Seperti saya yang memercayakan perawatan skin barrier kulit usia jelita saya pada Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series. Di mana dengan pemakaian secara rutin, kandungan 7X ceramide-nya dapat membantu memperbaiki skin barrier kulit saya, karena Body Serum dan Body Lotion Scarlett Loving Series merupakan produk pertama dengan kandungan tersebut!

Tips Merawat Skin Barrier
Manfaat Ceramide  Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Sepenting Apa sih Merawat Skin Barrier dengan 7X Ceramide?

Yes, saya rekomendasikan body care pertama dengan kandungan 7X Ceramide dari Scarlett ini karena mampu bantu merawat skin barrier secara optimal. Dengan aroma rose dan berries yang tahan lama, mencerahkan dan melembapkan, serta melindungi dari sinar UV untuk tampilkan pesona cantik dan anggunmu kapan dan dimana saja. 

Gimana enggak coba, 7X Ceramide tuh mampu bantu melembapkan dan memperkuat skin barrier serta melindungi kulit dari paparan luar seperti cuaca dan polusi!

Belum lagi kandungan lain seperti Glutathione yang adalah Antioksidan paling kuat untuk mencerahkan dan melembapkan kulit. Lalu, Titanium Dioxide yang akan melindungi kulit dari bahaya sinar UVA & UVB. Kemudian, 5 Phyto Oil yang merupakan Scarlett’s secret formula untuk mencerahkan. Juga,  Shea Butter yang mampu melembapkan kulit secara maksimal. 

Lanjut, ada Niacinamide yang bantu mencerahkan dan menyamarkan noda gelap kulit. Terus, Vitamin E / Tocopherol yang bantu menyejukkan, merawat kekencangan, kelembapan dan elastisitas serta melindungi kulit dari efek buruk sinar UV!

Pokoknya nih sebagai pioneer body care pertama dengan produk terlengkap yang menggunakan 7X Ceramide, Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series merupakan inovasi untuk rawat skin barrier yang berfokus pada kulit badan melalui kandungan 7X Ceramide. 

Nah, yang bikin saya makin happy, Loving Body Care Series ini memiliki karakter flirty, graceful, hopeless romantic yang bikin mood saya pun membaik!  Dengan wangi mewah rose dan berries yang tahan lama serasa menggunakan parfum seharian saja sayaaa. Lumayan jadi hemat enggak perlu pakai parfum lagi kan jadinya!

Worth the hype; series ini tuh asliiii paling ampuh untuk rawat kulit secara menyeluruh. Karena mengandung ingredients aktif yang aman untuk kulit sensitif, jadi bisa dipakai jenis kulit apa saja.

Formulanya akan meresap ke kulit secara sempurna dan tidak lengket ketika diaplikasikan, dan akan mencerahkan dan melembapkan seketika bahkan sejak sekali pakai saja. Di mana Scarlett Body Serum memiliki manfaat 3x mencerahkan dan meratakan warna kulit dengan non sticky ingredients. Sementara Scarlett Body Lotion bermanfaat ekstra mencerahkan dengan kandungan Glutathione sejak pemakaian pertama. 

Coba lihat deh before-after pemakaian saya di foto yang saya sertakan di artikel ini, kelihatan kan bedanya. Ini baru sekitar dua mingguan, enggak sabar saya menghabiskan produknya dan rutin pakai seterusnya yang tentu bakal lebih optimal hasilnya!

Oia, step pemakaian yang benar: pertama Body Serum lalu pemakaian Body Lotion di atasnya! Disclaimer: hasil mungkin bisa berbeda-beda pada setiap orang, yagesya!

Body Serum & Body Lotion Loving Series

Yuk, Rawat Skin Barrier di Usia Jelita dengan Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series

Well, senangnya kini Scarlett mudah didapatkan dimana-mana sehingga bisa jadi solusi merawat skin barrier bagi yang berusia jelita seperti saya, juga untuk kamu semua. Tapi dirimu mesti hati-hati, cek keaslian produknya dulu di https://verify.scarlettwhitening.com sebelum membeli! 

Atau untuk amannya, CO aja di linktree pembelian: https://linktr.ee/scarlett_whitening ini!

Mari kita semangat merawat skin barrier di usia jelita dengan Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series, untuk kulit sehat terawat hingga nanti!💓




Be Beauty Be You

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

51 komentar untuk "Tips Merawat Skin Barrier di Usia Jelita"

  1. Wah aku juga pake Scarlett tapi yang warna ungu mba variannya sekarang, sebelumnya persis pake varian yang ini juga. Senangnya kulit makin lembap dan cerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur aku tipe kulitnya kering jd hrs banget pilih body lotion yang cocok nah salah satunya Scarlett ini dengan kandungan yang oke aman di kulit pas di hati :P

      Hapus
  2. Kata orang, walau menjelang Jelita, yang penting semangat tetap remaja ya, Mbak hehehe. padahal justru menjelang jelita, kulit pun harus dirawat, termasuk Skin Barrier harus dirawat. Untung ada rangkaian Scarlett,yaitu Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betul banget pak, usia boleh jelita namun energi harus tetap seperti anak muda. Skincare pun juga harus lengkap di rumah, apalagi kalau pakai Scarlett berasa awet muda kalau saya pak

      Hapus
  3. Saya penasaran nih mau cobain Scarlett body serum nya, kalau body lotionnya udah nyoba sih, dan sukaaaa banget wanginya enak.
    Emang penting sih merawat skin barrier kulit kita, apalagi di usia-usia yang sangat matang ya Mba :D
    Bukan semata menghindari gaya hidup ga sehat aja, tapi kudu ada booster kek body serum dan lotionnya Scarlett

    BalasHapus
  4. Psstt tahu gak mbak, kan ini body care suka daku bawa bepergian, termasuk kalo lagi pas ngipen hehe. Soalnya suka sama wanginya dan juga bikin kulit jadi lembab. Sehingga jadi lebih PD gitu, terlebih kalau pas siang hari kan biar kulit gak kering

    BalasHapus
  5. Selamat ulang tahun untuk Mbak Dian. Semoga sehat selalu. Btw, saya selalu takjub dengan inovasi produk baru dari Scarlett. Body Serum belum pernah saya cobain tapi itu jadi penyempurna dalam melakukan serangkaian perawata tubuh menurut saya

    BalasHapus
  6. Usia jelita kak Dian tetap gak seperti banyak Perempuan di usia jelita. MasyaAllah.. Masih cantiiiiik dan awet muda lah..btw kak Dian.. Kita samaan loh pake Scarlett Whitening.
    Kemarin beli yang varian jolly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun pakai produk dari Scarlett, mbak. Komplit sih ya mneurutku dari perawatan tubuh dan juga wajah. Kita ga perlu bingung lagi cari produk skincare sudah dalam satu produk

      Hapus
  7. Memang isu besar ya buat yang umur 40-an ini. Tapi sekarang udah ada scarlett, sih. Produknya udah terbukti bagus dan nyata hasilnya

    BalasHapus
  8. Wah produk baru Scarlett untuk perawatan tubuh ya?
    Harus beli nihkarena saya belum punya
    selama ini cocok banget dengan Scarlett
    creamnya lembut, aromanya menyenangkan dan harganya terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju Ambu, aromanya Scarlett bikin mood jadi wokeehh..
      Apalagi dalam menjaga kesehatan kulit biar terjaga kelembabannya nih

      Hapus
  9. Mba Dian jelitanya kemanaaaa sihh nggak kelihatan gitu.. hihi. Merawat skin barrier tetap ya mba, walau jelita. Itu Scarlett enakeun deh, lembut. Kulit kaki aku ampuh banget pakai lotion Scarlett

    BalasHapus
  10. Usianya jelita, wajahnya masih jelita. Nggak ngira deh mba, hehehe.
    Soal merawat kulit gak kenal usia kan ya, selagi bisa ya harus.
    Bagus juga ya scarlett. Kurang informatif banget saya ya, belum tau produk scarlett yang ini. Wanna try deh

    BalasHapus
  11. Aku juga cocok mba pakai bodycare dari scarlett bikin kulit lembut dan harum, dah gitu harganya juga terjangkau.. mudah didapat

    BalasHapus
  12. Tapi mba Dian gak kayak usia Jelita deh. Kayak masih 30 an gitu. Awet mudaaa. Wah scarlett body lotion sama body serumnya ada kandungan 7X Ceramidenya ya. Cakep banget tuh buat skin barrier

    BalasHapus
  13. Akhir-akhir ini berasa banget kulit gampang kering. Selain karena faktor usia. Cuaca juga semakin mempengaruhi. Makanya memang harus rutin pakai lotion. Enak nih pakai produk Scarlett. Saya juga pakai. Berasa lembap langsung ke kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua perempuan pasti seneng ya dibilang awet muda. Makanya perlu usaha rutin perawatan. Suka sih dengan produk Scarlett. Membantu banget melembapkan kulit.

      Hapus
  14. Alhamdulillah usia jelita tapi seperti usia 23 tahun. Awet muda. Dan yang penting tetap sehat ya mba dan beraktifitas. Mba ini andalah aku nih pakai bodycare Scarlett. Wanginya tahan lama banget juga mba. Dan semerbak wanginya

    BalasHapus
  15. Wah semoga bahagia selalu ya Mbak di usia jelita ini. Dan semakin terawat kulitnya dengan Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series. Btw aku juga pakai kedua produk ini. Sukak sama wanginya juga :)

    BalasHapus
  16. serum scarlett yang loving series udah habis dong di rumah, ini ya bener-bener bikin kulit jadi lembut, lembab, sehat dan yang terpenting wangi seharian

    BalasHapus
  17. Mantap ini, apalagi kalo dipake terus gak keluar rumah, d ruangan ber Ac beberapa hari aja kayak gitu, ngefek banget

    BalasHapus
  18. Siapa sih yang gakenal sama produk Scarlett ini, sudah terkenal seantero raya ini, produk yang bagus dengan harga yang terjangkau dan gampang ditemui dimanapun, produk yang bagus untuk melembabkan kulit dan membantu mencerahkan kulit wanita indonesia.

    BalasHapus
  19. Bener deh, Mbak, di usia jelita ini memang perlu banget produk yang bisa merawat skin barrier kita. Akhir-akhir ini saya ngerasa kulit jadi kering banget, dipengaruhi oleh cuaca juga ya.
    Scarlett ini memang andalan banget untuk menjaga kelembapan kulit.

    BalasHapus
  20. Waah masa sih Mba Dian udah usia jelita, masih imut gitu lho looksnya hihi...pantesan pakai Scarlett products ya buat jaga skin barriernya... aku suka product scarlett tuh wanginya menggoda dan awet banget sih, varian apapun tuh wanginya seger banget

    BalasHapus
  21. Mbak Dian gak keliatan kalau sudah usia jelita loh, tapi sebagai perempuan kita perlu menjaga kesehatan kulit ya. Memang untuk menjaga skin barrier pun gak kalah penting, aku juga pakai si lotion dari Scarlett Whitening ini tapi kalau si body serumnya belum coba. Nanti deh ya aku cobain juga si body serumnya, pasti wanginya gak kalah enak nih sama lotionnya.

    BalasHapus
  22. Scarllet emang TOP kak. Sekali coba terus dirutinin langsung terlihat hasilnya dah

    BalasHapus
  23. Masyaallah ternyata ini to rahasianya busa glowing. Ga percaya kalo mbak Dian udh jelita ternyata skincare andalaannya scarlet. Ga hanya skincare tapi bodycare nya juga andalan banget

    BalasHapus
  24. Meskipun usia saya belum jelita. Tapi tetep perlu perawatan kulit ini. Maklum, cuaca panas dan kering sekarang ini bikin kulit saya makin kusam.

    BalasHapus
  25. Iya skin barrier ku juga sempat rusak katanya karena dehidrasi, harus lebih banyak minum dan pakai skincare tepat, keren nih Scarlett keluarin produk sekeren ini..ampuh buat kulit yaa

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah, selamat bertambahnya usia yang baru semoga harapan dan doa doanya terwujud ya Mak.
    Nah, aku setuju banget merawat skin barrier ini dengan Scarlett pula, brand yang memang udah terpercaya untuk merawat kulit.

    BalasHapus
  27. Saya menggunakannya juga. Body care Scarlett ini beneran bisa membuat kulit kering saya sedikit melembut dan akhirnya lembab terjaga. Kalau warna kulit lebih cerah sih gak begitu terlihat maklum sayanya emang berkulit gelap

    BalasHapus
  28. Tosss ah dg sesama usia jelita hehehe. Skin barrier ini bisa dibilang benteng terdepan. Namun, demi mencapai hasil instan malah dilakukan cara-cara salah sehingga malah mengikis si benteng terdepan ini. Penggunaan produk yg teruji macem scarlett tentu bisa menjaga kekuatan dan kelestarian di skin barrier yaa (ahaha..lestari gitu lho).

    BalasHapus
  29. Saking sering merawat wajah, jadi lupa kalau badan pun butuh perhatian.
    Ini duet keren banget sii.. menggunakan Scarlett Body Serum & Body Lotion Loving Series untuk merawat skin barrier kulit agar tetap terjaga dengan baik dari kerasnya dunia ((aiih))

    BalasHapus
  30. Kalau yang dari saya lihat di videonya dokter tompi, skin barrier itu justru karena kebiasaan kita macem2in muka dari usia remaja. Emang perlu banget deh kalau ada produk bisa jaga skin barrier kita, macam scarlett ini

    BalasHapus
  31. Usia jelita bukan jadi alasan tidak merawat kulit y mbak
    Scarlett BOdy Care ini emang sahabat andalan

    BalasHapus
  32. Klo udah ga remaja lgi masih ada kesempatan utk rawat skin barrier dgn produk2 Scarlett ga ya? Trus aman untuk kulit sensitif dan punya riwayat eksim ga Kak?

    BalasHapus
  33. Saya suka sama produk-produk Scarlett. Tapi biasanya saya pake produk perawatan kulit wajah.
    Belom ada kesempatan untuk nyobain yang body carenya.
    Niatnya udah dari dulu. Eksekusinya aja yang belum.

    BalasHapus
  34. Aku suka banget sama tekstur dan wanginya Scarlett body serum sama body lotion yang seri Loving ini. Enaaakkk banget. Berasa lekas melembabkan sih ketika diaplikasikan ke kulit.

    BalasHapus
  35. Suka banget pakai produk skincare Scarlett, kebetulan aku juga pakai Loving Series, harumnya lembut dan enak di kulit, bikin lembap dan lebih rileks, tapi produk skincare Scarlett lainnya juga enak lho, terutama serum-nya, aku suka banget dan selalu repurchase.

    BalasHapus
  36. Lotion andalan banget ini buat kesehatan dan kecantikan kulit nih, apalagi harumnya itu loh bikin bahagia

    BalasHapus
  37. Aku udah coba keduanya juga mba dan enak nyaman sekali dipakai sehari2. Wanginya itu lho yang bikin nagih 😍😍😍

    BalasHapus
  38. Saya suka banget karena Scarlett itu wangi banget, kayak ada aromaterpinya gitu apalagi dipakainya pas mau tidur, suka banget seger

    BalasHapus
  39. Beneran nih testimoninya jadi kinclong ya mbak Dian!
    Aku juga suka scarlett - baunya enak banget

    BalasHapus
  40. Merawat tubuh dengan Scarlett emang paling tepat deh bkin kulit wangi trus lembab jadi pede walaupun usia sudah nambah terus yang penting kulit tetjaga dengan baik jadi awet muda terus

    BalasHapus
  41. Mbak aku tuh slain bikin putih penasaran sama Wangi nya secara scarlet memang produk yang punya wangi yang bikin nyaman

    BalasHapus
  42. Scarlett ini jadi pilihan tepat untuk kita yang ingin merawat kulit. produknya bisa bikin kulit terlihat lebih cerah, lembut dan wangi sepanjang hari.

    BalasHapus
  43. Scarlett yang selalu bikin invoasi. Luar biasa paripurna aneka produk perawatan tubuhnya. AKupun suka pakai he he

    BalasHapus
  44. Wah samaan nih kita lagi pake Scarlett Loving ini. Hasilnya udah keliatan ya meskipun baru dipake dua minggu. Wanginya juga enak dan tahan lama.

    BalasHapus
  45. Aku juga pakai produk Scarlett yang ini karena mengandung 7x ceramide. kandungan yang lagi famous dan bantu bikin kulit lebih sehat dan terawat

    BalasHapus
  46. Asal dilakukan secara rutin, pasti hasilnya akan terlihat maksimal yaa. Selain bisa untuk melembabkan, Scarlett ini juga ampuh untuk mencerahkan jugaa.

    BalasHapus