Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Transfer Online Mudah dan Praktis

Gaess..., dalam dunia bisnis, kegiatan transfer adalah hal yang sudah sangat umum. Bahkan, kegiatan ini sudah menjadi bagian penting untuk kelancaran transaksi jual bisnis. Cara ini banyak digunakan oleh berbagai pelaku usaha, baik UMKM rumahan hingga korporasi besar.

Kirim uang secara online ini memang sangat menguntungkan pihak-pihak yang saling berhubungan. Tidak hanya mudah dilakukan, tetapi cara ini juga dianggap cukup aman saat melakukan pembayaran, apalagi jika nominalnya tidak kecil.

Meskipun demikian, setiap orang tentu saja memiliki subjektivitas tentang 5bagaimana mereka melakukan pengiriman uang tersebut. Perbedaan preferensi ini juga berasal dari banyaknya pilihan media atau software yang tersedia dan mudah diakses masyarakat.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berbaju-hitam-memegang-smartphone-6353675/


Cara Transfer Uang Secara Online : Mudah, Cepat dan Aman


Bagaimana cara transfer uang online? Cara untuk transfer ini akan sangat bergantung pada platform apa yang kamu gunakan. Setiap platform umumnya memiliki cara atau metode yang berbeda. Namun tidak berbeda jauh, jadi jika ingin mencoba transfer antar bank juga bisa dilakukan dengan platform lainnya.

1. Mobile Banking

Mobile banking atau juga disebut dengan m-banking adalah cara kirim uang dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa mengunduh pada gadget dan menghubungkannya dengan rekening pribadi.

Setelah akun mobile banking terhubung dengan rekening, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan melalui ponsel. Namun untuk kirim uang ke bank yang berbeda, biasanya akan dikenakan biaya admin yang berbeda-beda setiap transaksi.

Namun sebelum mengunduh dan menggunakan mobile banking, kamu sebaiknya memastikan jika kartu SIM sudah terpasang pada slot 1. Ini sebagai antisipasi untuk memudahkan proses verifikasi.

2. Rekening Bersama

Rekening bersama adalah salah satu platform yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Pada akun rekening bersama, kamu bisa mendaftarkannya dengan nama pribadi dan orang lain (biasanya keluarga atau rekan bisnis).

Ketika menggunakan rekening bersama, penjual dan pembeli bisa mengirim uang secara online dengan lebih mudah dan praktis. Contoh dari penggunaan rekening bersama ini bisa kamu jumpai pada sistem pembayaran di marketplace.

3. Internet Banking

Hal yang membedakan internet banking dengan mobile banking adalah kamu tidak perlu menggunakan aplikasi perbankan saat menggunakan internet banking. Kirim uang dengan cara ini hanya mengandalkan akses internet saja.

Beberapa hal yang mungkin kamu butuhkan saat menggunakan internet banking, antara lain : kata sandi, ID pengguna dan nomor OTP yang berasal dari token atau nomor ponsel.

4. Dompet Digital

Kini masyarakat juga semakin banyak yang menggunakan dompet digital. Sebelum mengirim uang menggunakan dompet digital, pastikan jika kamu sudah mempunyai akun dan terisi cukup saldo di dalamnya.

Keuntungan dari penggunaan dompet digital adalah kamu bisa saling mengirim uang ke sesama pengguna dompet digital. Kini pengiriman uang dari dompet digital sudah bisa dilakukan ke berbagai bank konvensional hingga bank digital.

Menariknya, dompet digital juga banyak digunakan untuk membayar tagihan dengan QRIS. Bahkan, jika sedang beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon yang cukup besar.

5. Invoice Digital

Mengirim uang menggunakan invoice digital juga bisa kamu lakukan dengan smartphone. Invoice digital ini umumnya banyak digunakan antara pemilik usaha dengan pelanggannya secara bersama-sama.

Cara kerja invoice digital ini adalah pemilik usaha atau merchant nantinya mengirim sebuah link pada pelanggan. Link tersebut juga melampirkan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih pelanggan.

Untuk menggunakan invoice digital ini, kamu tidak dikenakan biaya tambahan. Cukup mengaksesnya menggunakan internet, mendaftar dan silakan gunakan semua fitur yang ada di dalamnya.

6. SMS Banking

Kamu juga bisa menggunakan SMS banking untuk mengirim uang dan berbagai layanan perbankan lainnya. Namun, fasilitas yang didapatkan tentu tidak sebanyak dengan menggunakan mobile banking atau internet banking.

Untuk SMS banking sendiri, kamu akan dikenakan pulsa. Sebelum menggunakan SMS banking, pastikan jika nomor ponsel sudah didaftarkan pada bank. Nantinya, pihak bank akan memberikan kata sandi.

Hal yang menarik dari penggunaan SMS banking adalah setiap transaksi memiliki format SMS atau ketikan yang berbeda. Kamu tidak perlu khawatir. Sebab semua format pesan sudah dilampirkan pada buku SMS banking yang kamu terima dari bank. Untuk nomor tujuan mengirim pesan, juga sudah ditentukan oleh pihak bank.

Bisa dilihat, jika aplikasi buat transfer uang lewat HP cukup banyak. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi yang mudah digunakan dan terjamin keamanannya.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-berbaju-hitam-memegang-smartphone-6353675/



Transfer Uang Aman dan Mudah Digunakan Lewat Bank Digital


Ketika melakukan transaksi keuangan secara online, sangat penting untuk mengutamakan keamanan. Untuk itulah, sebaiknya kamu memastikan jika aplikasi keuangan yang digunakan sudah memiliki dan memberikan jaminan tersebut untuk semua nasabahnya.

Rekomendasi bank digital untuk transfer yang terjamin keamanannya adalah dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. digibank by DBS memberikan kemudahan semua layanan perbankan, termasuk untuk transfer antar bank, secara online untuk semua nasabahnya.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan di digibank by DBS, antara lain :

  • Buka Rekening proses 100% digital
  • Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie
  • Atur keuangan lebih rapi dengan Tabungan Maxi dengan bunga tinggi s..d 7% per tahun (S&K berlaku) di 20 dompet
  • Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi

Bagaimana? Menarik, bukan? Semua keuntungan di atas bisa kamu dapatkan dari satu platform saja. Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam transaksi bisnis, mengingat digibank by DBS bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
Jadi tunggu apa lagi? Jika kamu ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai digibank by DBS dan keuntungan-keuntungan lainnya, silakan baca di sini!🩷


Salam

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

13 komentar untuk "6 Cara Transfer Online Mudah dan Praktis"

  1. Jaman now kemudahan dari bank digital amat terasa ya mbak Dian.
    Terlebih juga pelaku usaha pada memanfaatkan digitalisasi keuangan juga.
    Kemana² dan mau apa pun transaksinya bisa praktis digunakan.

    BalasHapus
  2. Sekarang mah sudah lebih cepat untuk urusan transfer keuangan, dengan pemanfaatan digital tinggal sat set semua beres deh.

    BalasHapus
  3. Transfer jadi lebih mudah dan gratis. Apalagi saat flash sale bisa berkali kali transfer bank ke saldo e-commerce , untungnya gratis.

    BalasHapus
  4. DBS emang tahu banget kebutuhan kita ya?
    Sehingga menyiapkan aplikasi digibank yang mempermudah semua urusan
    Semua transaksi menjadi lebih mudah, murah dan praktis

    BalasHapus
  5. Teknologi kekinian bikin semua kegiatan kita bisa lebih efisien dan efektif ya Mbak. Paperless, cepat dan ringkas. Semenjak ada mobile banking, saya juga lebih banyak menggunakan fasilitas ini untuk bertransaksi. Dulu masih pakai inet banking dengan token. Sekarang tools yang ada sudah lebih canggih lagi. Bawa cash di dompet serasa sudah ketinggalan jaman. Sekarang tinggal bawa handphone. Install aplikasi yang terhubung, semua proses pembayaran langsung bisa dilaksanakan.

    BalasHapus
  6. Kalau aku sih lebih nyaman menggunakan mobile banking. Selain cepat, praktis, juga aman...

    BalasHapus
  7. Seringnya sih transfer lewat mobile banking sekarang ini atau via dompet digital. DBS jadi rekomendasi bank digital untuk memudahkan layanan transfer. Banyak juga keuntungan lainnya dari digibank by DBS, proses pembuatan rekening baru pun lebih mudah secara online.

    BalasHapus
  8. Sekarang bertransaksi keuangan makin gampang ya. Aku dulu pengguna internet banding, tapi karena kurasa kurang praktis sekarang memilih pakai mobile banking.

    BalasHapus
  9. Transaksi perbankan semakin mudah nih dengan adanya digibank dari DBS. Bank digital yang bisa direkomendasikan untuk untuk memenuhi kebutuhan perbankan.

    BalasHapus
  10. Wah sekarang bertransaksi perbankan semakin mudah ya dengan digibank by DBS. Pakai smartphone plus internet aja sudah bisa transfer kemanapun.

    BalasHapus
  11. Andalanku banget mobile banking, jadi sekarang gak perlu pegang token hehe. Salah satu enaknya kita gampang kalau butuh apa2 tinggal transfer tapi godaan buat beli online ini kudu ditahan wkwk.
    Aku suka transfer dan transaksi digital krn ada catatan transaksinya jd bisa buat bahan evaluasi ketika terasa boros huhu

    BalasHapus
  12. Iya sih ya.. sekarang sejak ada bank digital, maka transfer uang semakin mudah dan praktis.
    Apalagi jika kelupaan bawa dompet, kini uda gak perlu resah, karena selama ada HP, bisa terhubung dengan dompet-dompet digital yang dimiliki.

    BalasHapus
  13. urusan transfer ini emang perlu banget soalnya di era digital ini serba cepat dan praktis, lewat hp transaksi jual beli beres tanpa macet dan antri ya

    BalasHapus