Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terapkan 5 Good Money Habit agar Finansial Lebih Sehat

Gaiss, saat ini kita sebenarnya mendapatkan begitu banyak kemudahan untuk mengelola finansial secara optimal. Salah satunya lewat layanan bank digital yang memberi beragam fitur sehingga manajemen finansial lebih terstruktur dan mudah dikontrol. Namun fasilitas tersebut ternyata tidak cukup untuk mendukung keuangan kita terus membaik dan jadi semakin stabil.

Nah, demi mencapai kondisi finansial yang sehat dan stabil kamu harus bisa menerapkan sebuah kebiasaan yang baik. Kebiasaan baik dalam mengelola keuangan ini disebut sebagai good money habit. Menurut financial educator Prita Ghozie, good money habit ini memiliki peran yang sangat penting untuk diterapkan. 

Nah, yuk kita cari tahu apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut!

Terapkan 5 Good Money Habit agar Finansial Lebih Sehat
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/ibu-membantu-putrinya-dengan-pekerjaan-rumahnya-4260482/

Good Money Habit yang Perlu Diterapkan

Well, kebiasaan kita sehari-hari dan gaya hidup ternyata bisa berpengaruh langsung pada kondisi finansial. Jika kamu merasa saat ini finansialmu tidak cukup sehat, maka ubahlah kebiasaanmu dan mulai terapkan good money habit

Nah, berikut ini beberapa good money habit yang layak untuk kamu aplikasikan dalam kehidupanmu:
  • Prioritaskan Tagihanmu
Pertama kamu harus selalu menempatkan tagihan sebagai prioritas utama. Hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi kamu yang punya tagihan atau beban cicilan. Pastikan bahwa kamu selalu memiliki alokasi dana tersendiri agar pembayaran tagihan tidak pernah terlewatkan setiap bulannya.

Tagihan atau cicilan merupakan beban finansial yang hukumnya wajib untuk kamu tanggung. Jadi mau tidak mau kamu harus mengutamakan kewajiban ini dan jika perlu mengaktifkan sistem autopay dari bank digital sehingga pembayaran tagihan tidak pernah terlewat. Selain itu kamu juga harus paham pada kemampuan diri dan tidak mengambil cicilan lain di luar kapasitasmu.
  • Buatlah Anggaran Bulanan
Tentunya sangat disarankan bagi kamu untuk membuat atau menyusun anggaran bulanan. Percayalah, orang yang tidak punya rencana anggaran biasanya akan menghabiskan uang tanpa aturan dan akhirnya pengeluaran jadi jauh lebih besar dari seharusnya. Jika kamu ingin mengatur finansialmu dengan baik, maka buatlah rencana anggaran sesuai kebutuhan dan prioritas.

Dalam hal ini setiap orang pasti akan memiliki rencana anggaran yang berbeda-beda karena kebutuhan mereka juga tidak sama. Jadi kamu harus paham dulu apa saja yang kamu butuhkan dan bentuk pengeluaran apa saja yang menjadi tanggung jawabmu. Selanjutnya kamu bisa menyusun prioritas dan besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk masing-masing kebutuhan tersebut.
  • Gunakan Auto Savings
Jika kamu pengguna digital banking, maka cobalah untuk memanfaatkan fitur auto savings. Gunakan layanan perbankan digital yang memberikan fasilitas menabung dengan sistem penarikan otomatis. Jadi kamu tinggal menentukan berapa banyak uang yang akan ditabung dan kapan waktu penarikannya.

Auto savings ini benar-benar akan membantu kamu untuk menyimpan dana atau menabung secara optimal. Jika kamu melakukannya secara manual, bisa jadi kamu akan lupa atau tanpa sadar sudah menghabiskan uang untuk kebutuhan lain. Hasilnya, kamu tidak akan bisa mencapai target tabunganmu. Jadi selama layanan digital banking menyediakan fitur tersebut, manfaatkan saja sebaik mungkin.

digibank by DBS
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-menulis-di-notebook-di-samping-macbook-1766604/
  • Evaluasi Finansial
Apakah kamu pernah melakukan evaluasi terhadap kondisi finansialmu sendiri? Hal ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan namun tidak semua orang menyadarinya. Bahkan masih banyak orang yang merasa bahwa evaluasi finansial pribadi tidak perlu dilakukan. Padahal ini akan membantu kamu untuk mengetahui apakah manajemen finansial sudah cukup baik atau belum.

Evaluasi finansial atau tracking transaksi dalam kurun waktu tertentu akan jauh lebih mudah untuk dilakukan jika kamu memakai layanan bank digital. Melalui layanan ini, riwayat transaksi akan tercatat dengan baik dan mudah ditelusuri. Selain itu kamu juga bisa lebih mudah mengecek jumlah saldo maupun angka tabungan yang berhasil kamu sisihkan.

Jika kamu sudah melakukan evaluasi maka kamu bisa membandingkannya dengan kondisi finansial di bulan sebelumnya. Evaluasi finansial ini dapat kamu lakukan secara rutin lalu kamu bandingkan dari waktu ke waktu. Pastikan bahwa kondisi finansialmu selalu berkembang jauh lebih baik dengan status pengeluaran dan pemasukan yang seimbang.
  • Cobalah untuk Konsisten
Tidak semua orang bisa membangun kebiasaan baik dalam mengelola keuangan mereka. Namun kamu bisa mencobanya dengan berusaha konsisten terlebih dahulu. Mungkin cukup sulit untuk membiasakan diri membuat rencana anggaran, mengevaluasi keuangan, bahkan menabung secara rutin. Namun kamu harus berusaha untuk bertahan dan membiasakan diri sedikit demi sedikit.

Pakailah layanan digital banking dengan fitur yang lengkap dan mudah untuk dijangkau. Ini akan sangat membantu kamu dalam mengelola finansial dengan efektif. Kamu juga akan merasa dimudahkan dengan adanya beragam fitur menarik di dalamnya. Jadi penerapan good money habit pun akan terasa jauh lebih menyenangkan dan praktis.

Gunakan Layanan Bank Digital yang Terpercaya

Kini kamu bisa mengelola finansial dengan lebih mudah dan aman menggunakan layanan digital banking dari digibank by DBS. Fitur-fitur yang ada di dalamnya akan memberikan kamu beragam kemudahan untuk mengaplikasikan good money habit yang sudah dibahas. Aksesnya sangat mudah karena tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone.

Melalui layanan digital banking ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas transaksi yang lengkap dan terjamin aman. Tracking pengeluaran pun lebih mudah karena riwayat transaksi mudah untuk diakses. Selain itu kamu juga bisa membiasakan diri berinvestasi lewat 150 pilihan produk investasi yang mereka tawarkan. 

Segera manfaatkan layanan bank digital dari digibank by DBS ini untuk membentuk finansial yang sehat dan stabil demi masa depan. Kamu bisa menggunakan beragam fitur menarik di dalamnya untuk mempermudah keperluan perbankan dan mengelola finansial secara efektif. Unduh Aplikasi digibank by DBS di Play Store atau App Store sekarang juga.💗



Salam

Dian Restu Agustina









Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

18 komentar untuk "Terapkan 5 Good Money Habit agar Finansial Lebih Sehat"

  1. Kalau mau finansial lebih sehat, pastikan jangan bergaya hidup boros. Belilah barang sesuai kebutuhan, bukan karena gengsi semata.

    BalasHapus
  2. Semuanya sudah kuterapkan, nomor 5 aja yang seringkali meleset. Kadang banyak pengeluaran tidak terduga yang tidak sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal.

    BalasHapus
  3. Auto saving ini udah aku terapkan di salah satu bank digital, namun pada akhirnya tetep diambil juga. hehe. mungkin karena kurang konsisten kali ya. sama budgeting yang kurang matang

    BalasHapus
  4. Masih jadi PR banyak orang nih ya, termasuk aku, hihihi.. Kalo mau mencapai good financial yah kudu konsisten nerapin poin-poin di atas.

    BalasHapus
  5. Mau gaji sebanyaakkk apapun, kalo ngga punya good habit dalam hal finansial, ya ujung2nya boncoosss

    maka dari itu, pentiingg bgt terapkan hal hal.ini ya.
    asiknya ada digibank yg memudahkan hidup

    BalasHapus
  6. Apakah layanan auto saving ada di semua digital banking ya? Aku usah sering nyata pengeluaran. Tp untuk saving ini lbh suami yg melakukan

    BalasHapus
  7. Setuju banget nih dengan semua tipsnya Mbak. Mengatur keuangan itu memang harus konsisten dan disiplin ya. Hutang piutang dan tagihan harus diprioritaskan untuk diselesaikan. Begitu juga dengan tabungan atau investasi yang harus disiplin segera dipisahkan agar gak terpakai.

    BalasHapus
  8. Kebiasaan baik dalam mengelola keuangan emang perlu banget diterapkan gak hanya sekedar wacana. Bahkan segala pengeluaran dan pemasukan aku selalu ada pembukuannya sendiri. Supaya gampang dimanage

    BalasHapus
  9. Wah iya, harus punya good habit dalam mengelola keuangan ya mbak
    Menggunakan layanan bank digital memudahkan kita mengelola keuangan dengan baik

    BalasHapus
  10. Beberapa sudah aku coba terapkan, tapi ada yang belum bisa dan terus di coba, ternyata menerapkan Good Habit terutama untuk masalah keuangan bukanlah hal mudah, antar anggota keluarga harus saling bekerjasama agar finansial keluarga bisa dikelola dengan baik.

    BalasHapus
  11. Kadang ingin menerapkan kebiasaan baik dalam pengelolaan keuangan tapi seringnya pendapatan lebih kecil dari pengeluaran yang mengakibatkan susah menyimpannya dalam pos pos keuangan

    BalasHapus
  12. Aku baru tau, kak Dian kalau ada fitur auto savings dari bank digital.
    Yang pasti, dipaksa menabung ini tentunya baik banget. Apalagi pengeluaran tiap bulan uda pasti dengan pos-pos keuangan pokok dan pos-pos keuangan untuk bersenang-senang.

    BalasHapus
  13. Auto saving ini konsepnya semacam tabungan berencana gitu ya mba ..
    Memang wajib banget punya, kalau engga duit bakalan kayak air di ember bocor . Haha...
    Disiplin dan evaluasi juga.. keren semua tips nya mbak.. memang urusan keuangan nih ngga boleh main-main

    BalasHapus
  14. Sepakat nih Kak, menabung itu harus dipaksa di awal bulan, kalau ga gitu aku ga akan pernah nabung apalagi aku tipe yang ga bisa lihat uang di tabungan banyak, gatel pengen belanja hehehe

    BalasHapus
  15. Setuju mba aku Sudah menerapkan sebagian. Intinya bayar tagihan dulu baru deh kalau mau nabung atau beli sesuatu. Soalnya kalau tagihan atau tanggung jawab keuangan lainnya belakangan nanti pasti kurang uangnya

    BalasHapus
  16. memang seharusnya good money habit ini ditanamkan sejak dini ya pada anak-anak. jujur kalau saya baru pas dewasa begini nih tahu pentingnya bikin anggaran biar keuangan kita bisa termanage dengan baik

    BalasHapus
  17. Autosaving boleh juga tuh, kalau enggak autosavung biasanya duitnya autolenyap, hehe..

    BalasHapus
  18. dengan adanya digital banking sekarang ini bener bener simple
    meskipun nggak pegang buku tabungannya, tapi fiturnya lumayan lengkap, nasabah bisa mengontrol pengeluaran berdasarkan pos posnya
    ngebantu banget ini buatku

    BalasHapus